Friendship Till Jannah

Friendship Till Jannah

Thanks For Friendship Forever And Pizza
Friendship Forever
Tanpa terasa waktu terus berlalu. Tahun demi tahun terus berpacu tiap detik ke menit hingga tak mampu kita menolehnya lagi. Ada pahit serta manis proses kita bertemu, berkenalan, berteman hingga menemukan  sahabat

Tak perlu disesali dan ditangisi. Yang pergi biarlah pergi, yang ada mari kita peluk erat-erat. Dibawa doa, minta sama Allah agar persahabatan yang ada bisa membawa kita ke surga. Nah kalau mau intip artikel tentang persahabatan silahkan mampir ke blog kak mia, ibu dosen yang selalu menginspirasiku.

Bagaimana Menjadi Teman Yang Baik
genk pizza

Tak dapat kita pungkiri hidup di dunia ini kita membutuhkan banyak sekali teman. Salah satu nasehat dari almarhum Bapak saya yang masih saya ingat Sampai detik ini Adalah.
"Kalau kamu tahu dicubit itu sakit Maka jangan pernah mencubit orang lain. "
Sesimple itu untuk menjadi seorang teman yang baik. Intinya jangan pernah berusaha menyakiti orang lain demi kebahagiaan diri sendiri. Pegang lisan dan kedua tanganmu, rasakan apakah kamu akan baik-baik saja bila mendapatkan perlakuan yang sama.

Sahabat yang baik adalah sahabat yang selalu menjadi cermin untuk diri kita. Apabila kita baik maka akan terlihat baik. Begitu pula sebaliknya, apabila kita salah dia akan senang hati  menegur kesalahan kita. Bukan membiarkan kesalahan kita lalu menertawakan di belakang kita. 

Bersahabat Hingga ke Syurga

Life so short

“Jika engkau mempunyai sahabat yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah, maka peganglah erat dia, jangan pernah engkau melepaskannya. Karena mencari sahabat baik itu sangatlah sulit, tapi melepaskannya sangat mudah.”

Sahabat yang baik adalah sahabat yang mampu menjemput kita di neraka dan membawa kita kembali ke surga. Sahabat yang bisa memberikan syafaat kita dihari kiamat kelak.

Dalam sebuah Taklim yang saya ikuti beberapa bulan yang lalu dijelaskan bahwa di dunia ini kita memiliki 7 macam teman. Yaitu, 

1. Ta’aruffan 
Teman yang kita kenal secara kebetulan. Contohnya, seperti bertemu di dalam pesawat,  bandara, terminal bis, station, pelabuhan dll.

2. Taariihan
Teman yang kita dapatkan karena faktor sejarah. Contohnya seperti  teman satu sekolah, satu kampung halaman, satu almamater, dll.

3. Ahammiyyatan
 Teman yang kita dapatkan karena suatu kepentingan. Yaitu teman bisnis, teman satu partai politik, dll

4. Faarihan
Teman yang kita dapatkan karena satu hobi tertentu. Misalnya hobi masak, hobi mancing, hobi merangkai bunga, hobi nyanyi, hobi dandan dll.

5. Amalan
Teman yang kita dapatkan karena satu profesi tertentu. Contohnya bidan, perawat, dokter, guru,  guru, tentara, polisi dll.

6. Aduwwan
 Teman yang awalnya terlihat sangat baik. Tapi dihatinya sebenarnya menyimpan penuh kekebencian. Berhati-hatilah dengan hati yang kalian miliki, karena bisa jadi terbersit rasa cemburu iri hati hingga menjadi teman Aduwwan.

7. Hubban Iimaanan
Teman baik yang suka mengingatkan juga membawamu selalu ke jalan Allah. Contohnya teman satu taklim, teman satu pengajian, teman yang benar-benar baik dan layak untuk dijadikan sahabat baik.  Persahabatan yang dilandaskan karena ketakutan kepada Allah.

Apabila penghuni surga tidak menemui teman di dunianya, lalu bertanya kepada Allah SWT : "Yaa Rabb...kami tidak melihat sahabatku yang sewaktu di dunia, shalat bersama kami, puasa bersama kami dan berjuang bersama kami"

Maka Allah SWT berseru : "Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar dzarrah." (HR Ibnu Mubarokh)

Berteman dan berbuat baiklah dengan siapa saja tetapi bersahabatlah dengan yang baik.
Team banyak teman 

Bukan berarti kita membatasi diri kita untuk berteman dengan semua orang.  Tidak, justru kita harus bisa berbuat baik kepada semua orang. Jaga perasaan orang sebagaimana kamu menjaga perasaanmu sendiri.

Hidup ini begitu singkat, alangkah indahnya kalau kita memiliki banyak teman dari semua kalangan. Tak perlu menganggap dirimu tinggi. Merendah dan membungkuklah sedikit agar bisa diterima di semua lingkungan.

Tetapi kita memang harus membatasi kepada siapa orang yang berhak masuk dalam ranah sahabat dihati kita. Bersahabatlah dengan pedagang parfum agar bisa terciprat harumnya parfum tersebut. Kepribadian kita, sedikit banyak akan dipengaruhi oleh lingkaran sahabat kita, jadi berhati-hatilah dalam memilih sahabat dekat.

Tips Menjadi Sahabat Terbaik
Gank pizza

Mempertahankan sebuah persahabatan tidak semudah menuliskan kata-kata mutiara di status sosial media kita. Sebuah persahabatan membutuhkan satu komitmen yang kuat agar tetap bisa terjaga keutuhannya. Jangan sampai gara-gara kesibukan kita persahabatan menjadi retak dan hilang begitu saja.

1. Memupuk Rindu Bertemu
Apabila kita tinggal satu kota usahakanlah bertemu. Tak perlu setiap minggu, cukup sebulan sekali. Seberapapun sibuknya  dirimu, luangkanlah waktu 1-2 jam buat ngopi bareng ataupun makan siang bersama sembari menanyakan kabarnya. 

2. Saling pantau media sosial


Mpers

Hampir semua kita menggunakan sosial media bukan? Bahkan persahabatan yang indah juga banyak berawal dari social media. Nggak perlu setiap saat online, cukup masukan sahabatmu ke dalam list close friends. Jadi ketika mereka update status, post foto/video akan masuk dalam notifikasi kita. Jangan lupa berkomentar ataupun berikan tanda love ya agar sahabat tahu kita selalu ada untuk mereka.

3. Saling Memberi Dukungan.
Jalan kehidupan manusia itu kadang seperti menaiki bianglala. Sesaat ada diatas, sesaat datar dan sesaat berada di titik paling bawah. Ketika kehidupan sedang tidak bersahabat yang paling dibutuhkan  adalah pelukan hangat, genggaman tangan serta dukungan.
Genggam erat tangan sahabatmu saat dia membutuhkanmu. Jadilah pendengar yang baik,  orang yang pertama mengusap air matanya.

4. Katakan Tidak Pada Cemburu
Pernahkah kalian merasakan cemburu yang teramat sangat karena sahabat kita memiliki sahabat yang lain? Perasaan tersisihkan akan menjadi bom waktu yang dapat merusak persahabatan itu sendiri.
Kalau kalian masih memiliki rasa itu, secepatnya mulai hilangkan dari sekarang. Percayalah cemburu itu nggak ada enak-enaknya. Yang ada hanyalah sisi minus pada diri kita dan sahabat kita sendiri.

5. Jangan Bersaing Dengan Sahabat.
Memiliki sahabat dengan hobi, usaha dan pekerjaan yang sama terkadang membuat retak hubungan persahabatan. Setiap orang pasti ingin lebih unggul dari pada orang lain. Tapi please  jangan lakukan ini pada sahabat kalian. Persaingan hanya akan membuat persahabatan jadi buruk, karena ada rasa saling ingin megalahkan dan dikalahkan.
Rezeki, Jodoh, Maut sudah ditentukan oleh Allah. Tak ada salahnya mengambil satu langkah mundur, mengalah demi sahabat bukanlah hal yang merugikan.

6. Beri Ucapan Pertama kali.
Friendship day

Usahakan menjadi orang yang pertama kali mengucapkan kata selamat berulang tahun, selamat atas kelahiran putra -putrinya, selamat atas kemenangan lomba yang dia ikuti dll

Megengan Tradisi Yang Menyatukan Hati

Megengan Tradisi Yang Menyatukan Hati

Secuil Kebersamaan Tradisi Megengan


Di Ngawi, tepatnya di desa Ngrambe kampung halaman saya setiap menjelang bulan puasa H-1 selalu ada tradisi Megengan. Yaitu membawa satu bungkus nasi berserta lauk-pauknya yang ditaruh di dalam baskom ditutupi daun pisang dan taplak meja.

Awalnya saya mengira tradisi apaan sih kayak gitu? Toh Nggak ada dalam Hadits Kita harus melakukan tradisi seperti itu? Jadi lebih baik nggak usah dilakukan deh.

Tapi makin kesini saya makin bisa bertoleransi. Ini hanyalah satu salah satu tradisi kalaupun toh dilakukan juga tidak berdosa. Karena tujuan awalnya adalah silaturahim. Mempererat hubungan persaudaraan antar Tetangga. 

Oh ya acara megengan ini biasanya satu KK membawa 1 buah baskom nasi dan lauk pauknya dibawa ke masjid setelah ba'da Ashar. Lalu sampai di masjid kita taruh di tengah ruangan. Setelah semua berkumpul biasa akan ada sedikit Tausiah dari ustadz mengenai penyambutan bulan Ramadhan (malamnya sudah tarawih kan?) Lalu dibacakan doa trus pulang deh.

Oh ya, biasanya makanannya yang dibawa pulang akan saling tukar menukar. Ini yang sesi seru nya, dapat punya siapa ya? Hehehe meskipun rata-rata ya sama menu nya.

Menu yang biasa ada dalam acara megengan.

-  Nasi Putihmudah si Uduk.
Nasi putih kira-kira cukup kenyang untuk dimakan 2-4 orang. Di desa yang rata-rata petani nggak pernah pelit nasi. Kadang cukup sampai kita makan sampai buat sahur lho. 

- Ayam 
Satu potong ayam (ayam 1 dibagi 4) biasa dimasak rujak, bacem, curry. Tergantung dari yang memasak. Disinilah serunya biarpun sama-sama ayam kadang kita mendapatkan masakan yang beda

- Telur Rebus
Telur rebus matang jangan dikupas. Biasa kita mendapatkan 1-2 pcs telur rebus.

- Kering Tempe
Tempe dipotong kecil-kecil korek api. Digoreng lalu dibumbui dengan cabe Rawit, cabe merah,  bawang merah, bawang putih, gula merah dan kecap. 

- Mie goreng / Bihun goreng
Ini juga tergantung pada kesukaan yang memasak. Nggak harus mie kuning ataupun mie bihun putih. Yang penting dimasak dengan cara digoreng dicampur dengan sayuran sop-sop-an.

- Kerupuk
Indonesia tentu identik dengan kerupuk. Entahlah nggak lengkap rasanya makan tanpa kerupuk. Begitu juga isian makanan megengan ini juga ada kerupuknya. Biasanya yang digoreng kerupuk merah, kerupuk opak dan kerupuk rengginan. 3 macam kerupuk ini biasanya ada semua.

- Buah Pisang
Pisang memang buah yang paling mudah didapat. Terlebih di perdesaan. Hampir setiap rumah memiliki pohon pisang. Buah yang enak, manis, mudah didapat serta murah. Pisang yang dipakai biasa pisang raja/ pisang ambon.

- Snack. 

Aneka snack sebagai penyertanya biasa isinya macam-macam. Tapi yang pasti ada yaitu apem. Entah itu apem goreng ataupun apem yang di kukus.
1. Apem
2. Kue lapis
3. Bolu gulung
4. Donat
5. Lumpia
6. Dadar gulung
7. Bolu kukus
8. Cantik manis


Megengan tahun ini sih memang agak berbeda keadaannya. Duduknya pada jauh-jauhan. Sosial distancing tetep berlaku meski di perdesaan lho. Salut sama warganya. Merekapun patuh memakai masker kain. Semoga pandemi ini lekas berlalu. Rindu banget pengen pulang rasanya.
Kuliner dan Resep Soto Banjar Balikpapan

Kuliner dan Resep Soto Banjar Balikpapan

Soto Banjar Balikpapan, ya Kuin Abdu


Rasa-rasanya belum afdol kalau ke Kalau berkunjung ke Balikpapan tetapi belum merasakan soto Banjar Kuin Abdu. Biarin deh kak ipeh alena punya aneka Ragam Soto Nusantara. Kalau saya tetep cinta soto Banjar. Padahal saya sih asli Jatim besar di jateng. Tapi pas nyicip soto Banjar fix saya jatuh cinta. Jatuh cinta gitu saja tanpa ada yang memaksa.
Jadi, Jadi soto Banjar Kuin Abdhu yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani Gunung sari ini termasuk kuliner legend yang menjadi  favorit soto kuin di Balikpapan. Banyak warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan pasti menikmati soto banjar kuin ini.

Hampir tiap sore Hingga malam menjelang selalu ramai hingga tak jarang kita harus antri untuk mendapatkan tempat duduk. Tapi semua Penantian itu menjadi kebahagiaan tak terkalahkan saat kita mendapatkan semangkuk soto banjar kuin yang panas. Dengan suiran ayam kampung, potongan telur bebek, perkedel kentang yang khas serta tak kalah nikmatnya disajikan dengan sate ayam dengan bumbu khas Banjar yang sangat menggoda selera.

Resep Soto Banjar Asli warisan keluarga

Soto Banjar itu aslinya sangat nikmat. Dari aroma rebusan kuahnya saja kita sudah bisa merasakan kenikmatannya. Apalagi kalau menikmatinya bersama keluarga besar, akan lebih terasa lagi nikmat.

bahan utama sajian isi Soto Banjar

- ketupat.
Soto Banjar Asli memakai ketupat yang di anyam Ketupat untuk soto banjar yang khas rasanya itu menggunakan daun Nipah. Ukurannya bisa sampai 5- 10 kali lipat ketupat biasa. Disamping itu hasil  hasil rebusan ketupatnya pun agak berserat kemerah-merahan muda khas ketupat yang dipakai untuk makan soto banjar. Potongan ketupat soto banjar pun yang asli ternyata tidak terlalu tebal, melainkan agak tipis agar kita mudah saat menyantapnya.

Tetapi karena ketupat yang menggunakan daun nipah itu merebusnya lebih lama. Orang lebih suka menggunakan ketupat  janur ataupun lontong yang terbuat dari plastik ataupun daun pisang.

- 1 ekor ayam kampung
Lebih enak kalau menggunakan ayam jago. Potong bagi 4. Rebus bersama bumbu halus soto. Setelah empuk suir-suir. Sisihkan. Biarkan tulang, sayap, kaki dan kepalanya dikuah agar menambah pekat rasa kaldunya.

- Soon.
Rendam 1 bungkus soon dengan air dingin biasa, setelah empuk lalu tiriskan.

- Perkedel.
 Soto Banjar yang khas memakai perkedel kentang yang ditambahi dengan singkong. Dengan perbandingan kentang singkong 7:3. Disinilah perbedaan perkedelnya dengan perkedel biasa yang memiliki tekstur lebih kesat.

- Telur bebek
Rebus telur bebek. Setelah matang potong tipis-tipis untuk taburan diatas penyajiannya.

- Daun Seledri, potong halus.

-Bawang merah dan bawang putih goreng.

- Jeruk nipis / limau kuit.

- sambal.

-kecap manis dan kecap asin.

Bumbu utama Soto Banjar
- 20 siung bawang merah + 15 siung bawang putih. haluskan.
- 1 buah bawang bombay. Potong, tumis sampai layu.
- 3-5 batang bawang pre. Potong, tumis hingga layu.
- 1 sdt merica, haluskan.
- 1/4 pala, haluskan.
- adas, kapulaga, kas-kas, bunga lawang/pekak, kayu manis. Boleh dihaluskan atau boleh juga dimasukan gitu saja ke dalam kuah. Biasanya dimasukan dalam kain putih lalu diikat agar rasanya bisa merasuk ke dalam kuah, tapi tidak takut masuk ke dalam mangkok waktu disajikan.
- 1 buah kentang ukuran kecil atau sedang yang sudah direbus. Dihaluskan, lalu dimasukan ke dalam kuah ketika hendak matang. Fungsinya agar kuah lebih terasa kental.
- 1 kuning telur rebus. Dihaluskan dimasukan ke kuah. bisa pilih salah satu antara kuning telur ataupun kentang rebus.
- Bawang putih goreng. Kira-kira 5 siung. Dihaluskan lalu dimasukan ke dalam kuah.

Cara memasak
- Tumis bumbu halus, setelah agak mengering masukan ayam. Tumis-tumis sebentar. Setelah agak kesat masukan air mendidih. Masukan juga bawang bombay dan bawang pre yang sudah ditumis layu.
- Masukan bumbu halus lainnya dan bumbu kering. Rebus dengan api sedang. Setelah mendidih dengan api kecil kurang lebih 1/2-1 jam lamanya. Cicipi rasanya. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa.
-soto banjar siap disajikan bersama keluarga.



Peluang Usaha Istri Setelah Menikah

Peluang Usaha Istri Setelah Menikah

Smart Wife vs Lazy Wife 


Andai saja saya saat itu bisa lebih pintar memanage waktu seperti mbak Ida Raihan. yang bisa mendapatkan penghasilan Dari Freelancer. Pasti saya tidak menyesali tiga tahun yang terbuang sia-sia di masa lalu.

Sebenarnya setelah menikah saya memiliki cita-cita yang sangat mulia. Yaitu, murni menjadi seorang ibu rumah tangga. Cukup berada di dalam rumah saja, mengurus segala keperluan suami dan anak-anak. Pokoknya saya hanya ingin menjadi istri yang sholehah.

Ckckckck percayalah itu pikiran sesaat anak umur 20 an yang baru menginjakan kaki dalam rumah tangga. Suami terlalu banyak memanjakan saya. Dia tahu banget kerjaan saya setiap hari setelah beliau berangkat kerja saya berangkat tidur. Kaum rebahan istilah kerennya sekarang. Masak, makan, tidur nonton Drakor.Eh bukannya tugas istri emang cuma kayak gitu ya. Dan saya sudah merasa keren dong menjadi istri yang Sholehah pada masanya.

Nasehat Super Mamer

Kalau kalian berasal dari keluarga yang sudah mapan secara finansial, mungkin bisa skip kalimat saya di bawah ini. Atau jika kalian merasa sebaik-baiknya istri yang tetap berada di dalam rumah. Menerima seberapapun hasil kerja keras suami Kalian, please no debat ya.

I feel you, saya pun pernah merasakan hal yang sama. Cukup nggak cukup segitu aja, disabarin aja kalau memang kurang.

Tapi ada satu waktu dimana ibu mertua saya memberikan satu nasehat yang "Nggak Banget" sempat mau ngamuk rasanya.
"Jadi seorang istri itu harus mandiri, harus pintar mencari uang sendiri. Jadi mau apa-apa nggak perlu mengandalkan gaji suami. Ya kalau suami bakalan berumur panjang, kalau tiba-tiba meninggal bagaimana? Siapa yang bakalan mengcover kehidupan anak-anak?" 
Dalam hati, serius nih mamer? Yang anaknya siapa sih ckckck. Tapi kalau dipikir ya emang bener sih. Saya harus belajar bisnis nih. Pertimbangan kala itu kalau punya usaha sendiri akan sangat mudah mengatur waktu. Beda dengan kalau bekerja di kantor gitu, apalagi kalau masih magang duh gaji dan waktu yang dikeluarkan tidak sebanding, apalagi kalau sudah berkeluarga.

Stabilitas Financial keluarga
Memiliki satu keran mata pencaharian dengan dua keran tentu hasilnya sangat berbeda. Anggap saja penghasilan istri bisa dipakai buat kebutuhan sehari-hari sementara penghasilan dari suami buat ditabung ataupun investasi yang lainnya.

Lagipula memiliki penghasilan yang lain itu melegakan. Nggak ada lagi tuh rasa bersalah ketika menghamburkan uang buat beli kebutuhan kita sendiri, membiayai hobi-bobi kita syukur-syukur kalau hobi suami juga bisa kita biayai, memberikan hadiah buat keluarga, mengirim uang buat orang tua semau kita, ataupun buat jalan-jalan atau kulineran bareng teman satu genk.

Yups bener bilang mamer. "Uangku ya uang ku, uang suami ya uangku" disini suami nggak protes sih soalnya ilmunya diberikan langsung dari mamer. Ngasih wejangannya di depan suami pula hahaha indahnya era transparancy keluarga.

Kalau memiliki usaha takut menelantarkan keluarga kita, sebenarnya banyak kok peluang usaha yang dapat kita lakukan tanpa mengganggu keharmonisan rumah tangga.

Kita tetap bisa berusaha di dalam rumah ataupun Kalau di luar rumah Kita sesuaikan jadwal kita dengan jadwal suami. Misalnya buka toko setelah suami berangkat kerja ataupun pulang sebelum suami berada di rumah. Ketika suami libur usahakan ikut libur juga agar suami tidak merasa disepelekan.

Yang terpenting kebersihan rumah terjaga, usahakan selalu tersedia makanan entah memasak ataupun membeli sayur matang. Urusan laundry bisa diserahkan sama ahlinya. Yang penting kita jangan juga terlalu capek agar kita tidak melalaikan tugas utama kita sebagai seorang istri.

Peluang Usaha Istri Setelah Menikah
Di era yang serba canggih begini peluang berwirausaha sebenarnya sangat banyak. Kita diberi kemudahan yang luar biasa sekali. Kita bisa mempergunakan social media sebagai media promosi. Caranya post di instagram, facebook, grup jual beli, marketplace Semacam Lazada, shopee, Tokopedia ataupun di status whatsapp kita. Kita hanya butuh kamera, pencahayaan yang terang serta produk buat difoto.

-  Butik / Distro / children fashion

Membuka usaha di bidang fashion, terkadang memang membutuhkan modal yang banyak. Belum lagi sewa ruko atau toko, stok produk serta alat buat mendisplaynya. Selain itu kita juga butuh waktu untuk standby disana minimal jam 10 pagi - 5 sore. Agak melelahkan memang.

Tapi kita juga bisa tetap berusaha di bidang fashion tanpa perlu mengeluarkan uang untuk modal usaha yang sangat besar. Kita bisa memulai usaha Dari bawah. Dengan cara menjadi reseller suatu produk /toko.

Atau kita bisa kerjasama dengan suatu toko untuk menjualkan barang di lingkungan rumah kita atau pada waktu arisan dengan sistem kredit. Keuntungan lumayan banyak. Bisa 25%-50% dari harga barang.

- Penjahit

Kalau kalian memiliki kemampuan menjahit baju berbahagialah. Ucapkan selamat tinggal pada satu hal yang menggelisahkan dalam hal financial.

Masalahnya kerjaan jahit-menjahit selalu dibutuhkan sepanjang masa. Entah cuma merombak jahitan, memotong baju yang kepanjangan ataupun menjahit borongan yang disetorkan pada toko/boutique tertentu. Salah satu pekerjaan yang bisa kita kerjakan dari rumah.

- Minimart /Toko Sembako

Usaha sembako itu tidak akan pernah ada matinya. Bahkan di masa paling sulit seperti saat sekarang ini sembako akan tetap dicari. Biarpun margin keuntungan sembako itu tidak bisa besar, namun perputaran keuangannya bilang sangat cepat dibandingkan dengan usaha lain. Lagi pula usaha sembako tidak perlu dengan toko yang besar pokok membuka usaha sembako di depan rumah kita. Kita bisa memulainya dari satu etalase kecil. Perlahan namun pasti usaha tersebut akan bertambah dan bertambah setiap harinya.

Kita tidak perlu repot-repot belanja ke pasar. Ketika usaha sudah jalan akan banyak mobil-mobil sales yang menawarkan belanjaan kepada kita dengan harga yang sama murahnya ketika kita belanja grosir di pasar atau pusat grosir.

- Makanan Online

Emak-emak zaman now itu bisa banget kita jadikan target market untuk berjualan makanan via online. Doyan makan tapi males masak kayak saiya.

Kalau nggak mau mengambil resiko membuat masakan dengan jumlah yang banyak. Bikin woro-woro open PO di timeline Facebook atau Instagram satu hari sebelumnya. Bikin sesuai jumlah pesanan saja.

Target Market nya, biasanya makanan yang lagi hits pada saat sekarang ini itu yang banyak dicari orang. Atau bikin makanan sesuai thema bulannya. Misalnya bulan puasa bikin po makanan buat berbuka/takjil. Atau Open Po kue-kue kering buat menyambut lebaran.

- Blogger/Youtuber/Influencer.

Tak perlu modal banyak, laptop canggih ataupun camera yang super keren untuk menjadi seorang blogger, youtuber, ataupun influencer.

Cukup satu hape kwalitas sedang, koneksi internet lalu mulai deh menulis. Nggak perlu domain, thema blog yang keren. Mulai saja dulu dari yang gratisan. Perlahan-lahan diperbaiki seiring waktu berjalan pasti bisa. Kalau belum-belum sudah nyerah ya memang susah.

Gunakan accaunt instagram, kalau kalian memiliki followers lebih dari 3K, Congratulation. Satu langkah kalian untuk banyak dikenal orang menjadi lebih mudah. Mulailah dengan mereview makanan, kosmetik, masakan, tempat wisata dll. Ikuti giveaway, Challenge, campaign ataupun lomba menulis yang sering diadakan di Instagram.

Nggak perlu berfikir yang muluk-muluk, memberi informasi bagi orang lain yang bermanfaat itu berpahala lho. Mungkin orang yang membaca tidak berterimakasih, tapi pahala itu Allah yang kasih. Kejutannya suka menyenangkan banget lho.

Tahu nggak kalau blog Kalian itu sebenarnya bisa mendatangkan rezeki, penghasilan serta pahala yang tak disangka-sangka?

Pengalaman saya bisa berkenalan dengan banyak teman itu dari blog. Dulu ada Multiply (adakah anak mpers disini) Persahabatan tetap terjaga indah sejak masih gadis bahkan kini sudah pada memiliki anak 2-3 juga dari blog. Segitu amazingnya dunia blogger ini.

Trus tiba-tiba dikasih deh hadiah dari Allah hadiah cash menang lomba. Hadiah dari nge-review produk, hadiah menghadiri lounching produk baru dll. Seru kan? Hyuks mari ngeblog. Jangan sia-siakan waktumu, karena dipakai produktif ataupun pasif kelak jatah usia kita tetap akan berkurang.



Bakso Dan Mie Ayam Enak Di Balikpapan

Bakso Dan Mie Ayam Enak Di Balikpapan

Nanti kita akan cerita tentang nikmatnya semangkuk bakso
Cuaca mendung ditemani hujan gerimis gini paling enak ya makan bakso. Kuahnya yang panas mengepul dengan aroma khas rebusan tulang stengkel sapi ditambah tetelan yang menggugah selera benar-benar surganya orang yang lagi lapar.

Padahal niat hati sih nggak kepengen nge-bakso apalah daya hati nih terkadang mudah banget dibohongi, apalagi kalau mengingat-ingat kenangan masa lalu waktu menghabiskan semangkok bakso,  eh kog malah curcol gini wkwkw.

Lalu dietnya mulai kapan? Besooook lagi aja ya. Karena bagaimanapun kamu berhasil diet kalau hati kamu tak bahagia juga buat apa? Yang penting perut kenyang, lapar hilang dan hati senang. Yeee kaaan.
(Ahahaha jangan julid ya..)

Bicara bakso, Balikpapan ini surganya kuliner bakso. Banyak banget bakso legend yang membuatmu pengen makan lagi dan lagi. Aku yang awalnya hanya ingin menulis 5 jadi 10, pasti nanti akan bertambah sesuai jam terbang kulinerku hehehe. Okey, nggak usah lama-lama, intip yuk bakso  mana  aja yang enak di Balikpapan.

1. Bakso Kolor Ijo
Bakso kolor ijo ini sangat recomended.  Pentol baksonya besar dan rasa daging sapinya beneran terasa banget. Terletak di daerah Gunung Malang, tepatnya di parkiran Yova Mart.

Awalnya jangankan makan disana, baru lihat namanya aja sudah malas. Yang kebayang malahan buto ijo, jadi biarpun terkenal ya males aja.

Trus pada suatu hati, pas lagi dirawat di RSUD Gunung malang Operasi gigi bungsu. Jam 8 malam aku kelaparan parah, seharian puasa, eh jadwal operasi molor jadilah minta suami beliin bakso (tobat memang kan? Segitu cintanya aku sama bakso abis operasi gigi aja yang pengen dimakan bakso) awalnya yang pengen dimakan cuma kuahnya yang bening tapi lama-lama satu porsi habis.
Harga perporsi Rp 17.000

2. Bakso Wardoyo

Bakso Wardoyo adalah bakso idola rakyat Balikpapan. Coba deh tanya siapa yang belum tahu bakso wardoyo. Meski sempat terhembus fitnah macam-macam bakso wardoyo tetap bertahan dan semakin rame. Rasanya yang enak, dengan ciri khas tetelannya yang banyak luar biasa.

Seporsi Bakso wardoyo dibanderol dengan harga Rp 20.000. Terletak di Ringroad dan cabang satunya di jalan bjbj. Kedua tempatnya ini sangat ramai, nggak bakalan susah nyarinya pasti ketahuan dari jauh karena setiap lewat hampir tidak pernah sepi pembeli.

3. Bakso Lik Min
Bakso Lik Min Juga sangat terkenal di Balikpapan. Memiliki dua cabang yaitu di Marconi dan Mall Gajah Mada. Selain memiliki pentol yang besar juga terkenal banyak tetelannya.
Saya rekomendasikan yang di cabang Gajah Mada. Karena setelah perut kenyang kita makan bakso kita masih bisa berolahraga di mall Gajah Mada nya, shopping tipis-tipis untuk membakar kalori yang kita habiskan dari semangkok bakso plus tetelannya yang endes Markondes.

4. Bakso Milenium
Di area kilo tepatnya di pertigaan strat 1 di Jl DI. Panjaitan Gunung Samarinda ada bakso yang luar biasa enaknya. Apalagi kalau bukan bakso Millenium. Selain enak kuah baksonya ini bener-bener segar. Saking enaknya setiap kali beli makan di tempat saya masih membungkus untuk dibawa pulang

Per porsi bakso dan Mie Ayam Millenium dihargai Rp15.000. Termasuk murah bila dibandingkan dengan rasanya yang sangat istimewa.

Sementara pilihan minuman ada es jeruk dan es teh harganya sekitar Rp 5.000 per gelas

5. Bakso Popeye
Terletak di ruko sentra Eropa blok. AA3 No 19 Mall Fantasi Balikpapan Baru. Tempatnya sangat strategis, nyaman sehingga enak kalau kita mengajak teman atau saudara makan disana.

Bakso Popeye ini termasuk salah satu bakso favorite yang terkenal enaknya sejak dulu dengan menu andalan bakso cincang jumbo, puas banget makan bakso dan daging cincang di dalamnya.

Price list bakso popeye
- mie ayam Rp 15.000
- mie ayam bakso Rp 22.500
- bakso kelereng Rp 22.500
- bakso cincang jumbo Rp 30.000
- mie ayam bakso jumbo Rp 45.000
- Bakso Popeye (1 kg ) Rp 100.000

6. Bakso Bakar Klatak
Saat disebut dengan kata  Klatak, apa yang ada di pikiran kalian food lovers? Pasti yang terpikir adalah sate yang dibakar dengan jeruji besi ala solo/jogja. Ya kan?

Begitu juga dengan bakso Klatak yang beralamatkan di Jl Sungai Ampal no 26 Sumber Rejo Balikpapan Tengah. Mereka membakar baksonya dengan besi jadi bisa mendapatkan sensasi matang yang menyeluruh.

Rasanya benar-benar enak, karena ditambah dengan bumbu-bumbu rahasia ala bakso bakar Klatak. Dijamin sekali bakalan balik lagi, seperti saya yang bolak-balik pesan Via gofood/grabfood.

Selain enak harganya pun tergolong ramah di kantong.
- Bakso Bakar Jumbo Rp 24.000
- Bakso Bakar Ekonomis Rp 18.000
- Bakso Kuah Rp 18.000

7. Bakso Mbah Bagong
Nah kalau bakso Mbah Bagong ini Sebenarnya saya tahunya malah waktu viral di Facebook. Hari saya biasanya cuma di toko jadi jarang bepergian. Kalaupun makan bakso diluar saya akan membeli yang sudah trusted enaknya. Ataupun sekali merasakan hasil rekomendasi dari teman.

Terletak di Jl. Pangeran Antasari No 20 Sumber Rejo Balikpapan Tengah. Bakso Mbah Bagong ini sangat terkenal dengan bakso tumpeng nya. Jadi bakso yang dibentuk seperti tumpeng dengan isian daging cincang Plus cabe yang pedasnya luar biasa. Jadi kalau kita lagi galau sedih ataupun lagi pilek cocok nih makan bakso tumpeng, asal sedang tidak sakit tenggorokan aja ataupun batuk karena bisa dijamin lebih memperparah nya.

Tapi selain varian bakso tumpeng ada juga kok menu lain disitu yang dijual

- Bakso tumpeng original Rp 20.000
- Bakso tumpeng iga Rp 25.000
- Bakso tumpeng komplit Rp 28.000
- Bakso biasa Rp 13.000
- Bakso pentol besar+ biasa Rp 15.000
- Bakso super daging potong Rp 16.000
- Bakso iga Rp 20.000
- Bakso komplit Rp 20.000


Sekian dulu rekomendasi bakso di Balikpapan versi saya, next akan di update lagi kalau nemu bakso yang enak lagi. Bye bye, see you

Dapur Minimalis Ala Emak Modern

Dapur Minimalis Ala Emak Modern

Minimalis Sebuah Gaya Hidup Sederhana Yang Menyelamatkan segalanya.
Belajar dari Uda Fadli, yang berbagi cara hidup sederhana ala anak muda sayapun juga jadi tertarik untuk menulis serta menerapkan  gaya hidup sederhana ala emak-emak rumahan.

"Minimalis atau pelit?" Itu adalah pertanyaan pertama yang ditunjukkan suami kepada saya waktu saya menerangkan beberapa gaya hidup minimalis yang akan saya terapkan sehari-hari di rumah. 

Yang paling penting sebenarnya adalah masalah makanan. Sebelumnya suami sangat jarang bawa bekal makan ke kantor. Kira-kira bakal malu-maluin nggak ya? Layak makan nggak masakan saya. Tapi semua ke khawatiran tersebut luntur karena ternyata banyak dari teman-teman satu kantor yang bawa bekal makan siang juga setiap hari.

Oh ya, kami pada istri punya juga dong whatsapp group. Jadi ada apa-apa bisa sharring. Seringnya sih berbagi resep menu masakan. Tapi sering juga buat sarana curcol. Nggak papa, yang penting bermanfaat.

Berawal dari kerinduan kampung Halaman.

Saya berasal dari Ngawi. Kota yang terkenal serba murah, rakyatnya makmur gemah ripah loh jinawi. Bisa dibilang sejak kecil sangat jarang beli beras, sayur-sayuran dan buah-buahan karena selalu tersedia di kebun dan sawah milik keluarga. 

Begitu juga dengan ayam, telur dan kolam ikan. Hahahaha mendadak pengen mudik kalau ingat begini.

Ritme hidup yang serba mudah membuat hidup menjadi nyaman dan damai. Nggak terlalu memaksakan diri mengejar rezeki. Dan rasanya hal itu tertanam dalam alam bawah sadar saya. Sayang beberapa tahun belakangan ini hidup jadi agak berubah. Saya jadi kehilangan ketenangan selama ini.

Terdampar di kota minyak
Saat ini saya berdomisili di kota Balikpapan. Satu kota yang terkenal dengan tingkat kemahalan kebutuhan sehari-harinya. Dulu awal tinggal disini saya agak shock. 

Tapi hidup toh harus tetap berjalan. Seberapa susahnya bertahan ya harus tetap semangat. Kalau nggak cukup ya harus diakali bagaimana caranya agar cukup. 

Lalu teringat dengan beberapa teman suami. Secara gaji mereka bahkan lebih dibawahnya suami. Punya anak 2-3, membiayai sekolah, bahkan masih ada yang ngontrak rumah. Kalau mereka bisa bertahan hidup Bukankah harusnya saya lebih bisa?

Hari ini saya pengen menulis sedikit rahasia dapur Minimalis ala dapur saya. Bismillah, niat menulis kali ini sama sekali nggak ada niat menggurui ya Mom's. Ini hanya sebagian kecil dari tips dan trick dari saya murni agar bisa menambah pundi-pundi tabungan demi impian besar saya yang belum terwujud.

Usia semakin menua, kebutuhan semakin hari semakin meningkat. Kesehatan mulai menurun. Kalau terus-terusan hidup boros, jajan diluar lalu kapan bisa sehat? Msg, gula tinggi, minyak-minyak goreng, rendah serat bisa menjadi kekhawatiran yang nyata.

Kapan bisa menabung buat impian besar? Takutnya sebelum bisa melakukan banyak kebaikan, belum sempat menunaikan ibadah haji malah sudah sakit-sakitan.
Duh padahal untuk biaya haji sendiri biayanya tak juga sedikit. Slot waiting List di Balikpapan sendiri 26 tahun. Saya harus benar-benar mengencangkan ikat pinggang dua kali lipat dari biasanya agar bisa berhaji. Itu yang terbesit dalam fikiran saya saat itu saat belum memiliki tabungan haji.

Pembukuan Dapur Keluarga

Beberapa bulan terakhir saya benar-benar membukukan pengeluaran harian, masalah terbesar saya adalah biaya makan.  Sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Biaya sekali makan termurah di Balikpapan pasti antara Rp 15.000 - Rp 35.000, dikali 2 karena suami juga otomatis jajan diluar dan terakhir dikali 30 hari. Dan jujur saya agak terkejut karena jumlahnya fantastis banget. Anggap sekali makan Rp 25.000 x 3 : Rp 75.000 x 2 = 150.000 x 30 = Rp 4.500.000 . 

Kalau saja bisa ditabung 50% dari pengeluaran makan tersebut sudah lumayan banget. Padahal jujur nominal sekali makan kadang lebih dari segitu, apalagi pas makan dengan teman-teman sekali makan minimal Rp 50.000 - Rp 100.000. Saya harus secepatnya berubah nih agar tidak berlarut-larut borosnya.

Ternyata salah satu keborosan saya hanyalah urusan perut. Kenapa pula sekarang di marketplace isinya pre order kuliner, di aplikasi ojek online serta aplikasi pemesanan ticket pesawat isinya promo makanan meskipun sudah diskon ya tetep saja mahal. Kalau sesekali nggak papa ya, tapi kalau tiap hari?

Padahal hal tersebut bisa diakali dengan membawa bekal makan. Saya hanya perlu bangun 1/2 jam lebih cepat, habis subuh nggak boleh tidur lagi (berat sumpah ini berat) selain lebih hemat juga akan lebih sehat. 

Kami (saya dan suami) saat ini hanya tinggal berdua. Jadi please jangan disamakan dengan yang tinggal bertiga ataupun berlima. Sudah pasti budget pengeluarannya tidak bakal sama. 

Dulu waktu masih tinggal bersama dengan ibu mertua saya termasuk yang paling bahagia. Urusan dapur dan  segala sesuatunya diatur mamak mertua. Tinggal kasih uang bulanan beres. karena saya kebetulan sibuk di toko jadi urusan dapur beliau yang atur. Pagi-sore-malam selalu ada masakan yang mengenyangkan. Bahkan makan siang dianterin ke toko dalam keadaan panas-panas (maka nikmat punya mertua sayang manalagi yang akan aku dustakan?)  Lagipula masakan mama mertua itu ter the best jadi saya sih nggak pengen merebut daerah kekuasaan beliau, wkwkw (alasan clasic menantu kesayangan *malas)

Nah setelah tiga tahun tinggal dirumah sendiri ini saya kebingungan dengan keuangan yang mengalir bak air bah. Suami kerja, istri punya usaha tapi tabungan minus? Lalu salahnya dimana? Bahahaha sumpah merasa tertuduh gitu soalnya suami sudah memasrahkan segalanya kesaya, eh belum akhir bulan tabungan sudah kosong saja.

Sehat itu mahal? Ah nggak juga.

Sebulan Rp 2.000.000 cukup nggak sih? Awalnya saya tertawa ngakak dengan kegilaan tersebut. Niat hidup ingin minimalis atau kurang nutrisi nih? Tapi jujur ini jadi tantangan tersendiri, terlebih suami sudah menyerahkan segala sesuatunya kepada saiya sebagai pemegang kekuasaan dapur.

Saya nggak boleh egois. Selain sederhana harus memastikan kebutuhan nutrisi, gizi dan vitamin terpenuhi. Apalah artinya hidup sederhana tapi malah sakit-sakitan. Biaya ke dokter dan rumah sakit mahal kakak. Nggak semuanya tercover BPJS.

Kebutuhan selama sebulan di dapur sehat saya

- Listrik Rp 300.000
-Pulsa + kuota : 250.000
- Pdam Rp 100.000
- Gas melon (2) Rp 40.000
- Sembako Rp 250.000
- Daging, ayam, ikan Rp 400.000
- Sayur mayur Rp 150.000
- Buah - buahan Rp 400.000

Setelah bikin list belanja satu bulan saya bahagia banget dong ya karena totalnya hanya Rp 1.900.000 masih ada banyak sisa dari yang biasa saya keluarkan tiap bulannya hanya untuk biaya makan. Wish me luck.

Tips agar kebutuhan dapur tercukupi dengan budget yang terbatas.

-Belanja kebutuhan dapur ke Pasar tradisional. Beberapa barang dijual sangat murah di pasar tradisional ketimbang di minimart. Dalam kasus tertentu saya memilih membeli di nenek-nenek yang sudah tua dan tanpa menawar harganya. Barangnya dapat sedekahnya pun tepat sasaran.

- Belanja ke minimart (giant dan hypermart) di jam-jam sore/malam. Banyak roti, sayur, buah dan ikan/daging dijual dengan harga diskon 20-50%

- Beli beberapa barang pada saat diskon. Tapi pastikan hanya beli 1-2 pcs. Perhatikan tanggal expirednya.
Beberapa barang sengaja di diskon karena tanggal berlakunya sudah mendekati expired date.

- Apabila belum diperlukan tak perlu kalap belanja seperti orang lain hanya gara-gara transferan gaji sudah masuk ATM.

- Beli kemasan kecil.
Berbeda dengan beberapa orang yang menyarankan membeli dalam kemasan besar lebih murah. Tapi untuk kepraktisan saya menyarankan membeli dalam kemasan kecil, selain lebih murah, tertata rapi juga alam bawah sadar kita akan terbentuk agar selalu berhemat.

-Food preparing
Selain lemari es kita tertata rapi, bahan makanan juga akan lebih awet. susun sayuran dll dalam kotak sayuran yang rapi. Beri alas kain atau tisyu dapur untuk mencegah cepat berair.
2 Cara Mengisi Liburan Yang Menyenangkan

2 Cara Mengisi Liburan Yang Menyenangkan

Hi everybody apa kabarnya hari ini? Di hari jumat yang penuh berkah ini Bagaimana keadaannya? Sudah mulai bosan di rumah? Sama, saya pun juga. 
*curcol mode on* nggak papa mari Saling menguatkan sebagai emak-emak yang biasanya super power full menjadi emak-emak rumahan yang sholehah.
Rindu Ta'lim, pengajian, jalan bareng teman, kulineran,  nonton, dan tentu saja rindu buka toko. Meski hasilnya tak seberapa tapi menghasilkan uang sendiri itu menyenangkan. Sekedar info, Ketika tulisan macam begini dibuat berarti dompet saya sedang menipis sementara lihat kalender gajian suami masih lama wkwkwk. Abaikan kalimat terakhir.

Tapi apapun itu stay at home adalah hal yang paling bijak untuk kita lakukan sat ini. Hal yang terbaik untuk memutus rantai penyebaran virus Corona. Jadi sabar sabar ya. Banyak kog hal-hal positif yang bisa kita lakukan dari rumah selain mengerutu dalam hati yang tidak ada manfaatnya

Ingat Allah, ingat Dosa kejar pahala.
Nah agar nggak mati bosan hal terbaik yang paling bisa kita lakukan adalah mendekatkan diri kepada Allah, berusaha menambal sulam dosa dan kesalahan kita di masa lalu. 

Ingat-ingat deh dosa apa yang sering kita lakukan sama Allah dan Soulmate aka suami. Meski Kadang kita tahu itu bukan lupakan dosa besar tapi tetap aja berawal dari titik-titik bisa menjadi noda. Nah saat berada di dalam rumah begini adalah waktu yang tepat untuk kita Muhasabah diri lalu mencari cara untuk memperbaiki nya

1. Memperbaiki hubungan dengan Allah

Pernah nggak sih merasa putus asa dengan keadaan sekarang ini. Kalau saya jujur iya. Setiap sore melihat live dari instagramnya pak Walikota membuat dada deg-deg an tak menentu. Angka odp, pdp, bahkan yang positif covid 19 semakin hari semakin bertambah.

Kemana lagi hati akan mencari ketenangan kalau tidak memasrahkan diri pada pemilik hati, Allah swt. Banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan agar semakin dekat dengan Allah.

- Menjaga wudhu kita dari waktu ke waktu.
Sebagai pedagang di pasar terkadang susah bagi saya untuk tetap menjaga wudhu. Nggak mungkin juga saya bolak-balik ke toilet untuk wudhu. Kecuali pas waktu sholat zuhur, ashar ataupun magrib. Nah dengan berada di rumah ini Saya berusaha banget untuk bisa menjaga wudhu saya setiap saat. Believe me, ini bisa menjadi perubahan yang sangat baik saat kita bisa terus menjaga wudhu pikiran kita menjadi sangat tenang.

- Sholat di Awal waktu
Saat kita sibuk bekerja, biasanya akan sangat susah untuk bisa sholat tepat di awal waktu. Berulangkali bahkan saya sholat menjelang akhir waktu. Terlebih bila banyak pembeli ataupun waktu stock barang datang. Tanpa sadar kita telah melalaikan Allah. Please, maafin saya Ya Allah.

Saat berada di rumah begini sudah seharusnya kita mengubah semua kebiasaan buruk tersebut. Adzan berkumandang kita sudah siap diatas sajadah dengan menggunakan mukena. Semoga bisa terus istiqomah begitu seterusnya.

- Sholat Sunah tanpa terburu-buru
Di hari biasa jangankan sholat sunah, salat wajib sangat terburu-buru. Nah di momen seperti ini kita bisa memperbaiki sholat Sunnah kita. Dimulai dari salat qobliyah ba'diyah, lalu dilanjut salat Tahajud dan salat Dhuha.

Saat kita sudah membiasakan mengerjakan salat salat sunah tersebut Percaya deh hati kita akan menjadi lebih tenang

- Membayar hutang puasa Ramadhan atau Puasa Sunah

Bulan Ramadhan sudah didepan mata Siapa yang masih memiliki hutang puasa? Hayo tunjuk tangan. Segera lunasi hutangmu ya gaes agar tidak semakin menumpuk. Bulan puasa tinggal beberapa hari lagi nih.

Bagi yang tidak memiliki hutang boleh nih waktu yang tersisa ini kita mencoba untuk latihan puasa Ramadhan. Misalnya puasa Senin. Kamis.

-Tilawah Al Qur'an setiap saat
Di saat hati kita merasa galau, lelah, letih, cemas melanda. Membaca (tilawah) kitab suci Al Qur'an terbukti bisa menenangkan jiwa kita. Karena Alquran adalah kitab yang diberkahi oleh Allah, yang dapat menuntun kita ke jalan yang lurus tidak ada sedikitpun kebatilan di dalamnya.

Selain itu membaca Alquran adalah sebaik-baiknya amal perbuatan yang dapat menjadi syafaat (penolong) kita di hari kiamat.

-Mendengarkan Tausiah, nasyid di Youtube

Dimusim pandemi seperti saat ini, kita memang dilarang untuk mengikuti kajian-kajian atau perkumpulan yang bersifat memgumpulkan orang banyak. Seperti ta'lim pengajian dan lain-lain yang biasa kita lakukan untuk mendengarkan tausiyah ustadzah ustadz.

Tapi tak ada yang tidak mungkin, zaman sudah sangat maju sekarang. Hanya bermodalkan kuota internet kita bisa kau tetap mendengarkan tausiah di YouTube ataupun di radio-radio dan di televisi. Jadi nggak ada alasan kan meskipun kita berada di rumah kita tetap bisa mengikuti kajian Islami.

2. Memperbaiki hubungan suami - istri
Kira-kira dosa apa sih yang paling besar yang kita lakukan terhadap suami? Kalau saya sih, mudah ngambek, suka ngeyel atau membantah, sesekali pernah marah apalagi kalau pas pms. Nah pas nih waktunya untuk menebus kesalahan. Apalagi kalau suaminya sedang berada di rumah (work from home)

-Manjakan suami dengan menu favoritnya.
Di musim pandemi gini rasanya jajan diluar menjadi pilihan terakhir. Yang paling aman ya masak sendiri. Meski Agak repot karena harus masuk ke dapur minimal sehari 3 kali untuk menu makan. Belum lagi untuk bikin kue, jajanan, ataupun kudapan manis. Tapi, rasa lelah itu terbayar kog saat melihat ekpresi puas di wajah suami saat menghabiskan makanan kita.

- Ciptakan kenangan Indah Bersama
Selama ini ketemu suami berapa jam sekali dalam 24 jam? Suami ngantor dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Sementara saya berada di toko dari jam 9 pagi sampai jam 7 malam. Pulangnya sisa-sisa kelelahan.

Hari Sabtu dan Minggu terkadang diisi dengan jadwal di luar suami mancing bersama gank-nya, Sementara saya sibuk dengan arisan, shopee, tokopedia dan terkadang kegiatan blogger. Fix nggak lagi sehat hubungan. Jarang ada bener-bener waktu 24 Jam Bersama.

Nah dengan adanya stay-at-home ini kita bisa benar-benar punya waktu berdua yang sangat berkualitas. Berjemur di pagi hari, olahraga pagi, ataupun di sore hari main badminton di pekarangan sebelah rumah.

Oh ya setelah merebaknya virus corona ini suami melarang saya untuk berbelanja baik kepasar maupun di minimarket. Semua hal yang pergi keluar rumah di handle sama beliau, terharu kan? Terlihat banget tanggung jawab dan rasa sayangnya terhadap keluarga untuk melindungi.

- Manjakan Pandangan suami

Selama stay at home Apa kabar baju dinas? Kita tidak lagi perlu menggunakan gamis beserta jilbab panjang. Singkirkan jauh-jauh daster batik yang konon rasanya sangat nyaman itu. Siapkan babydoll cantik, lingerie yang seksi buat suami jatuh cinta lagi dan lagi kepada kita.

Percayalah memanjakan mata suami itu berpahala. Selain juga membuat suami makin sayang sama kita. Nah kalau udah Sayang apapun pasti akan diberikan kepada kita. Trust me it's work


4 makanan penambah imunitas tubuh

4 makanan penambah imunitas tubuh

Perkuat Imun Tubuh Tolak Virus Covid 19
Di musim pandemi begini mau tak mau kita harus memperkuat imun di tubuh kita. Yang awalnya sedang diet ketat, nggak boleh makan ini dan itu mari sejenak kita lupakan. Tapi beda dengan diet yang diharuskan dari dokter ya.

kamu yang ogah-ogahan makan buah, sayur, susu, madu, kurma yuk mari berdamai sejenak dengan makanan  penambah imun tubuh tersebut. karena hanya dengan tubuh yang memiliki kekebalanlah yang bisa bertahan dengan virus covid 19 ini.

1. Madu
Seperti yang kita tahu madu memiliki manfaat merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imun. Hingga metabolisme serta stamina tubuh akan menjadi lebih kuat. Itu madu juga dapat menjadi penangkal berbagai penyakit virus dan bakteri.

Tapi tidak semua orang suka dengan madu. Contohnya suami saya, saya harus mati-matian membujuk dia untuk meminum sesendok madu. Bahkan rasanya lebih susah ketimbang membujuk anak kecil buat meminumnya. 

Tapi sebagai istri yang smart tentu saya nggak mau kekurangan akal dong. Saya memasukkan sesendok makan madu dengan segelas kecil air hangat dan satu Iris perasaan jeruk nipis rasanya benar-benar segar, cocok sebagai mood booster di pagi hari. 

Sementara untuk malam hari saya menambahkan sesendok madu dalam segelas air teh pengganti gula pasir. 

Oh ya biarpun manis tapi madu Ini aman bagi penderita Diabetes lho. Karena madu memiliki kombinasi fruktosa dan glukosa yang dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah

Selain penambah imun tubuh madu juga berkhasiat untuk meringankan gejala sakit tenggorokan, flu dan batuk. Serta mempercepat proses penyembuhannya.

2. Sayur-sayuran
Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan sayur mayur yang melimpah ruah. Berbagai macam sayuran segar yang banyak vitamin dengan sangat mudah kita dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

- Brokoli
Brokoli mengandung vitamin A, B, C, E dan K. Serta mengandung kalium, magnesium, kalsium, fosfor Zinc zat besi. Selain itu brokoli juga dipercaya sebagai sayuran anti kanker penambah imun/kekebalan tubuh, serta memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Memasaknya pun sangat mudah dan cepat cukup direbus/ kukus/ tumis dibawah 5 menit sudah matang. Saya biasa memasukan brokoli dalam menu sehari-hari. Tumis, cap cay, brokoli ca daging sapi bahkan masak mie rebus saja dicampur dengan brokoli juga enak lho

3. Buah-buahan
Tanah air kita Indonesia raya ini kaya akan berbagai jenis buah-buahan. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Maka seharusnya di saat virus covid19 ini menyerang kita tidak lagi harus panik buying berbagai vitamin C hasil olahan pabrik.


Ada jeruk, apel, strawberry, anggur, jambu biji, jambu kristal, kelengkeng, pepaya, nanas dan lain-lain yang kaya dengan nutrisi serta vitamin C. Kita bisa membuat aneka juice buah-buahan alami yang lebih terjangkau harganya ketimbang vitamin C tablet ataupun botolan.

-Jeruk

Jeruk merupakan buah murah yang kaya akan vitamin C. Jadi tanpa mengkonsumsi vitamin C tablet atau UC 1000 kita masih tetap dapat vitamin C 1000 dari jeruk. Jeruk peras murni dari 3 atau 4 buah jeruk tanpa gula cukup tambahkan 1 - 3 pcs air es cukup segar diminum di siang hari.

Buah jeruk selain kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menolak virus vitamin C pada buah jeruk juga dapat untuk memelihara kesehatan jantung, mencegah terjadinya batu ginjal, mengendalikan tekanan darah, serta mencegah terjadinya anemia

- Jambu Biji Merah
Jambu biji merupakan buah yang banyak kita temui di mana saja. Harganya sangat murah tetapi memiliki banyak manfaat imunitas tubuh kita. Diantaranya jambu biji  banyak mengandung vitamin C, vitaminA serta kalium dan antioksidan. Yang banyak berguna untuk mengurangi resiko virus penyakit flu, serta radang tenggorokan.

Buahnya sangat manis bisa dimakan begitu saja ataupun dijus. Tanpa tambahan Gula pun rasanya sudah sangat manis, jangan lupa saring dulua bijinya ya gaes.

4. Rempah - Rempahan Herbal
Tinggal di Indonesia ini kita memiliki banyak sekali varian rempah-rempah yang sangat berguna untuk meningkatkan daya imunitas tubuh kita. Ada jahe, temulawak, kunyit, sereh dan kencur. Kita bisa mengolahnya dengan cara dipotong halus, diparut atau diblender lalu direbus untuk dibikin jamu.

1) Kunyit Asam

Cara membuat jamu kunyit asam sangat mudah. Yaitu parut kunyit 3 ruas jari, lalu rebus dengan 1 liter air. tambahkan asam jawa 1/4 bungkus, gula aren kurang lebih 1/4 kg, gula pasir secukupnya untuk menambah mantap manis dan sedikit garam.

Rebus semua bahan dalam panci kurang lebih 10-15 menit dengan api sedang. Lalu saring rebusan kunyit asam, sajikan di gelas dalam keadaan hangat.

Jamu rebusan kunyit asam ini bermanfaat untuk melawan infeksi, meredakan nyeri haid, hingga mimpi ukuran tubuh. Dengan tubuh yang sehat maka semua virus-virus akan dapat dengan mudah kalah saat menyerang tubuh kita.

2) Jahe wangi.

Jahe berkhasiat untuk menambah kehangatan dari dalam tubuh kita. Di cuaca yang dingin, hujan akan membuat tubuh kita mudah terserang sakit flu dan demam. Minum jahe wangi setiap pagi dan malam hari menjelang tidur akan membuat tubuh kita lebih berenergi.

Cara membuat jahe wangi sangat mudah. Kita hanya perlu memarut atau memblender 3 ruas jahe ditambah 1 lembar daun pandan lalu seperempat gula aren merah. Lalu rebus selama 10-15 menit. Saring tuang di gelas dan sajikan. Selagi hangat.

3) Beras Kencur.

Bahan-bahan membuat beras kencur sebenarnya sangat mudah kita dapatkan yaitu siapkan , 1 sendok beras, 3 ruas jari kencur, 1 ruas jari jahe, gula merah 1/4 kg, 1 lembar daun pandan, serta 1 liter air.

Cara membuatnya rendam beras selama 10 jam, lalu sangrai beras sampai menguning kecoklatan. Rebus gula merah tambahkan daun pandan, kencur dan jahe yang sudah diparut serta beras yang sudah ditumbuk halus. Rebus kurang lebih 5-10 menit. Lalu saring masukkan dalam gelas dan jamu beras kencur pun siap untuk dihidangkan.
Fungsi dari beras kencur sendiri adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena di dalam beras kencur mengandung antioksidan yang dapat menghalau berbagai virus, radikal bebas, penyakit batuk , masuk angin, flu dan radang.

Selain itu campuran jamu beras kencur dapat memberikan sensasi rasa tenang dan hangat.