Friendship Till Jannah

Thanks For Friendship Forever And Pizza
Friendship Forever
Tanpa terasa waktu terus berlalu. Tahun demi tahun terus berpacu tiap detik ke menit hingga tak mampu kita menolehnya lagi. Ada pahit serta manis proses kita bertemu, berkenalan, berteman hingga menemukan  sahabat

Tak perlu disesali dan ditangisi. Yang pergi biarlah pergi, yang ada mari kita peluk erat-erat. Dibawa doa, minta sama Allah agar persahabatan yang ada bisa membawa kita ke surga. Nah kalau mau intip artikel tentang persahabatan silahkan mampir ke blog kak mia, ibu dosen yang selalu menginspirasiku.

Bagaimana Menjadi Teman Yang Baik
genk pizza

Tak dapat kita pungkiri hidup di dunia ini kita membutuhkan banyak sekali teman. Salah satu nasehat dari almarhum Bapak saya yang masih saya ingat Sampai detik ini Adalah.
"Kalau kamu tahu dicubit itu sakit Maka jangan pernah mencubit orang lain. "
Sesimple itu untuk menjadi seorang teman yang baik. Intinya jangan pernah berusaha menyakiti orang lain demi kebahagiaan diri sendiri. Pegang lisan dan kedua tanganmu, rasakan apakah kamu akan baik-baik saja bila mendapatkan perlakuan yang sama.

Sahabat yang baik adalah sahabat yang selalu menjadi cermin untuk diri kita. Apabila kita baik maka akan terlihat baik. Begitu pula sebaliknya, apabila kita salah dia akan senang hati  menegur kesalahan kita. Bukan membiarkan kesalahan kita lalu menertawakan di belakang kita. 

Bersahabat Hingga ke Syurga

Life so short

“Jika engkau mempunyai sahabat yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah, maka peganglah erat dia, jangan pernah engkau melepaskannya. Karena mencari sahabat baik itu sangatlah sulit, tapi melepaskannya sangat mudah.”

Sahabat yang baik adalah sahabat yang mampu menjemput kita di neraka dan membawa kita kembali ke surga. Sahabat yang bisa memberikan syafaat kita dihari kiamat kelak.

Dalam sebuah Taklim yang saya ikuti beberapa bulan yang lalu dijelaskan bahwa di dunia ini kita memiliki 7 macam teman. Yaitu, 

1. Ta’aruffan 
Teman yang kita kenal secara kebetulan. Contohnya, seperti bertemu di dalam pesawat,  bandara, terminal bis, station, pelabuhan dll.

2. Taariihan
Teman yang kita dapatkan karena faktor sejarah. Contohnya seperti  teman satu sekolah, satu kampung halaman, satu almamater, dll.

3. Ahammiyyatan
 Teman yang kita dapatkan karena suatu kepentingan. Yaitu teman bisnis, teman satu partai politik, dll

4. Faarihan
Teman yang kita dapatkan karena satu hobi tertentu. Misalnya hobi masak, hobi mancing, hobi merangkai bunga, hobi nyanyi, hobi dandan dll.

5. Amalan
Teman yang kita dapatkan karena satu profesi tertentu. Contohnya bidan, perawat, dokter, guru,  guru, tentara, polisi dll.

6. Aduwwan
 Teman yang awalnya terlihat sangat baik. Tapi dihatinya sebenarnya menyimpan penuh kekebencian. Berhati-hatilah dengan hati yang kalian miliki, karena bisa jadi terbersit rasa cemburu iri hati hingga menjadi teman Aduwwan.

7. Hubban Iimaanan
Teman baik yang suka mengingatkan juga membawamu selalu ke jalan Allah. Contohnya teman satu taklim, teman satu pengajian, teman yang benar-benar baik dan layak untuk dijadikan sahabat baik.  Persahabatan yang dilandaskan karena ketakutan kepada Allah.

Apabila penghuni surga tidak menemui teman di dunianya, lalu bertanya kepada Allah SWT : "Yaa Rabb...kami tidak melihat sahabatku yang sewaktu di dunia, shalat bersama kami, puasa bersama kami dan berjuang bersama kami"

Maka Allah SWT berseru : "Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar dzarrah." (HR Ibnu Mubarokh)

Berteman dan berbuat baiklah dengan siapa saja tetapi bersahabatlah dengan yang baik.
Team banyak teman 

Bukan berarti kita membatasi diri kita untuk berteman dengan semua orang.  Tidak, justru kita harus bisa berbuat baik kepada semua orang. Jaga perasaan orang sebagaimana kamu menjaga perasaanmu sendiri.

Hidup ini begitu singkat, alangkah indahnya kalau kita memiliki banyak teman dari semua kalangan. Tak perlu menganggap dirimu tinggi. Merendah dan membungkuklah sedikit agar bisa diterima di semua lingkungan.

Tetapi kita memang harus membatasi kepada siapa orang yang berhak masuk dalam ranah sahabat dihati kita. Bersahabatlah dengan pedagang parfum agar bisa terciprat harumnya parfum tersebut. Kepribadian kita, sedikit banyak akan dipengaruhi oleh lingkaran sahabat kita, jadi berhati-hatilah dalam memilih sahabat dekat.

Tips Menjadi Sahabat Terbaik
Gank pizza

Mempertahankan sebuah persahabatan tidak semudah menuliskan kata-kata mutiara di status sosial media kita. Sebuah persahabatan membutuhkan satu komitmen yang kuat agar tetap bisa terjaga keutuhannya. Jangan sampai gara-gara kesibukan kita persahabatan menjadi retak dan hilang begitu saja.

1. Memupuk Rindu Bertemu
Apabila kita tinggal satu kota usahakanlah bertemu. Tak perlu setiap minggu, cukup sebulan sekali. Seberapapun sibuknya  dirimu, luangkanlah waktu 1-2 jam buat ngopi bareng ataupun makan siang bersama sembari menanyakan kabarnya. 

2. Saling pantau media sosial


Mpers

Hampir semua kita menggunakan sosial media bukan? Bahkan persahabatan yang indah juga banyak berawal dari social media. Nggak perlu setiap saat online, cukup masukan sahabatmu ke dalam list close friends. Jadi ketika mereka update status, post foto/video akan masuk dalam notifikasi kita. Jangan lupa berkomentar ataupun berikan tanda love ya agar sahabat tahu kita selalu ada untuk mereka.

3. Saling Memberi Dukungan.
Jalan kehidupan manusia itu kadang seperti menaiki bianglala. Sesaat ada diatas, sesaat datar dan sesaat berada di titik paling bawah. Ketika kehidupan sedang tidak bersahabat yang paling dibutuhkan  adalah pelukan hangat, genggaman tangan serta dukungan.
Genggam erat tangan sahabatmu saat dia membutuhkanmu. Jadilah pendengar yang baik,  orang yang pertama mengusap air matanya.

4. Katakan Tidak Pada Cemburu
Pernahkah kalian merasakan cemburu yang teramat sangat karena sahabat kita memiliki sahabat yang lain? Perasaan tersisihkan akan menjadi bom waktu yang dapat merusak persahabatan itu sendiri.
Kalau kalian masih memiliki rasa itu, secepatnya mulai hilangkan dari sekarang. Percayalah cemburu itu nggak ada enak-enaknya. Yang ada hanyalah sisi minus pada diri kita dan sahabat kita sendiri.

5. Jangan Bersaing Dengan Sahabat.
Memiliki sahabat dengan hobi, usaha dan pekerjaan yang sama terkadang membuat retak hubungan persahabatan. Setiap orang pasti ingin lebih unggul dari pada orang lain. Tapi please  jangan lakukan ini pada sahabat kalian. Persaingan hanya akan membuat persahabatan jadi buruk, karena ada rasa saling ingin megalahkan dan dikalahkan.
Rezeki, Jodoh, Maut sudah ditentukan oleh Allah. Tak ada salahnya mengambil satu langkah mundur, mengalah demi sahabat bukanlah hal yang merugikan.

6. Beri Ucapan Pertama kali.
Friendship day

Usahakan menjadi orang yang pertama kali mengucapkan kata selamat berulang tahun, selamat atas kelahiran putra -putrinya, selamat atas kemenangan lomba yang dia ikuti dll

16 comments

  1. Baca ini jadi kangen sahabat-sahabat saya. Semenjak ikut suami pindah jadi jauh deh sama mereka. Tpi kalau lagi balik ke sana berusaha menyempatkan bertemu dan kami banyak ngobrol. Walau jauh tapi tetap saling support satu sama lain.

    ReplyDelete
  2. pengalaman sy berteman dan bersahabat dng tmn masa kecil tapi malah kena tipu karena memanfaatkan kedekatan dan kepercayaan...hehe.terkadang waktu bisa mengubah segalanya...Bersyukur lah kak jika punya teman till jannah...ikut senang sy mendengarnya..

    ReplyDelete
  3. Suka sekali bersahabat hingga ke surga... Semoga kita semua diberikan kesempatan memiliki sahabat yang baik dan menjaga sampai ke surga hihi... Aku ini tipe orang yang dekat dengan siapa aja tapi ga punya sahabat, macam mana ya hihi

    ReplyDelete
  4. Saya lebih memilih sedikit teman tapi berkualitas. Karena semakin tua. Entah kenapa teman juga terseleksi dengan sendirinya

    ReplyDelete
  5. jadi kangen sama sahabat-sahabat pas kuliah, sudah pada berkeluarga semua jadi semakin sulit ketemu haha. jadi paling via whatsapp aja si seseruannya. makasih mba pengingatnya

    ReplyDelete
  6. Teman yang tipe ke 6 gak banget ya kak
    Alhamdulillah aku banyak ketemu temen yang tipe 7. Mengingatkan itu membuat kita bahagia karena ada yang mengkoreksi.

    ReplyDelete
  7. Aku termasuk yang sedikit sahabat, untuk relasi alhamdulillah ada lumayan banyak, sesama emak-emak pedagang online. Kalau dihitung, cuma dua sahabat deket banget. Udah kaya adek sendiri jadinya.

    ReplyDelete
  8. Aku tuh punya temen sedari smp sampe sekarang masih komunikasi akrab, kadang kita juga masih meet up meski udah mulai banyak kesibukan masing-masing
    Salah satu hal yang bikin kita bertahan tuh, ga sungkan marahin kalo yang lain salah hehehe

    ReplyDelete
  9. Sahabat itu saling dukung ya bukan saling bersaing. Pingin dong jd sahabatnya Mba Aisyah, pinter masak n keibuan banget yaa... Happy friendship till jannah ❤️

    ReplyDelete
  10. Biar pertemanan juga semakin hangat, bisa juga diterapkan konsep berbagi hadiah Mbak. Btw, biar pertemanan bisa sampai ke syurga, kata ustadz, bisa diterapkan ukhuwah islamiyah, hhe

    ReplyDelete
  11. Saya sepakat dengan ungkapan sedikit teman, tapi berkualitas. Mungkin maksudnya lebih ke sahabat ya..

    ReplyDelete
  12. Teman itu ibarat daun banyak di mana mana ada dan sahabat itu ibarat sebagai sesuatu yang berharga. Semoga kita semua diberikan kesempatan memiliki sahabat yang baik dan menjaga sampai ke surga. Amin Amin Amin

    ReplyDelete
  13. Wow, ternyata pertemanan juga ada nama dan jenisnya sendiri-sendiri ya. Baru tau dari baca postingan ini aku tu. Makasih Say.

    ReplyDelete
  14. Sahabat... Untuk selamanya... Kau dan aku sahabat...untuk selamanya...selama-lamanya... Setiaaa...

    Haha bacanya sambil nyanyi yaa Mbak Ais

    ReplyDelete
  15. Kak, Uda Fadli ada ngomongin tentang Tahaddu Tahabbu. Oke juga idenya. Saling memberi hadiah biar makin cinta.

    ReplyDelete
  16. Salut padamu tu. Bisa faham tingkatan pertemanan dalam sehari hari. Thanks. Semoga kita bisa menjadi saudara hinggN kelak di firdaua,-Nya.

    ReplyDelete

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya