4 makanan penambah imunitas tubuh

Perkuat Imun Tubuh Tolak Virus Covid 19
Di musim pandemi begini mau tak mau kita harus memperkuat imun di tubuh kita. Yang awalnya sedang diet ketat, nggak boleh makan ini dan itu mari sejenak kita lupakan. Tapi beda dengan diet yang diharuskan dari dokter ya.

kamu yang ogah-ogahan makan buah, sayur, susu, madu, kurma yuk mari berdamai sejenak dengan makanan  penambah imun tubuh tersebut. karena hanya dengan tubuh yang memiliki kekebalanlah yang bisa bertahan dengan virus covid 19 ini.

1. Madu
Seperti yang kita tahu madu memiliki manfaat merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imun. Hingga metabolisme serta stamina tubuh akan menjadi lebih kuat. Itu madu juga dapat menjadi penangkal berbagai penyakit virus dan bakteri.

Tapi tidak semua orang suka dengan madu. Contohnya suami saya, saya harus mati-matian membujuk dia untuk meminum sesendok madu. Bahkan rasanya lebih susah ketimbang membujuk anak kecil buat meminumnya. 

Tapi sebagai istri yang smart tentu saya nggak mau kekurangan akal dong. Saya memasukkan sesendok makan madu dengan segelas kecil air hangat dan satu Iris perasaan jeruk nipis rasanya benar-benar segar, cocok sebagai mood booster di pagi hari. 

Sementara untuk malam hari saya menambahkan sesendok madu dalam segelas air teh pengganti gula pasir. 

Oh ya biarpun manis tapi madu Ini aman bagi penderita Diabetes lho. Karena madu memiliki kombinasi fruktosa dan glukosa yang dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah

Selain penambah imun tubuh madu juga berkhasiat untuk meringankan gejala sakit tenggorokan, flu dan batuk. Serta mempercepat proses penyembuhannya.

2. Sayur-sayuran
Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan sayur mayur yang melimpah ruah. Berbagai macam sayuran segar yang banyak vitamin dengan sangat mudah kita dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

- Brokoli
Brokoli mengandung vitamin A, B, C, E dan K. Serta mengandung kalium, magnesium, kalsium, fosfor Zinc zat besi. Selain itu brokoli juga dipercaya sebagai sayuran anti kanker penambah imun/kekebalan tubuh, serta memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Memasaknya pun sangat mudah dan cepat cukup direbus/ kukus/ tumis dibawah 5 menit sudah matang. Saya biasa memasukan brokoli dalam menu sehari-hari. Tumis, cap cay, brokoli ca daging sapi bahkan masak mie rebus saja dicampur dengan brokoli juga enak lho

3. Buah-buahan
Tanah air kita Indonesia raya ini kaya akan berbagai jenis buah-buahan. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Maka seharusnya di saat virus covid19 ini menyerang kita tidak lagi harus panik buying berbagai vitamin C hasil olahan pabrik.


Ada jeruk, apel, strawberry, anggur, jambu biji, jambu kristal, kelengkeng, pepaya, nanas dan lain-lain yang kaya dengan nutrisi serta vitamin C. Kita bisa membuat aneka juice buah-buahan alami yang lebih terjangkau harganya ketimbang vitamin C tablet ataupun botolan.

-Jeruk

Jeruk merupakan buah murah yang kaya akan vitamin C. Jadi tanpa mengkonsumsi vitamin C tablet atau UC 1000 kita masih tetap dapat vitamin C 1000 dari jeruk. Jeruk peras murni dari 3 atau 4 buah jeruk tanpa gula cukup tambahkan 1 - 3 pcs air es cukup segar diminum di siang hari.

Buah jeruk selain kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menolak virus vitamin C pada buah jeruk juga dapat untuk memelihara kesehatan jantung, mencegah terjadinya batu ginjal, mengendalikan tekanan darah, serta mencegah terjadinya anemia

- Jambu Biji Merah
Jambu biji merupakan buah yang banyak kita temui di mana saja. Harganya sangat murah tetapi memiliki banyak manfaat imunitas tubuh kita. Diantaranya jambu biji  banyak mengandung vitamin C, vitaminA serta kalium dan antioksidan. Yang banyak berguna untuk mengurangi resiko virus penyakit flu, serta radang tenggorokan.

Buahnya sangat manis bisa dimakan begitu saja ataupun dijus. Tanpa tambahan Gula pun rasanya sudah sangat manis, jangan lupa saring dulua bijinya ya gaes.

4. Rempah - Rempahan Herbal
Tinggal di Indonesia ini kita memiliki banyak sekali varian rempah-rempah yang sangat berguna untuk meningkatkan daya imunitas tubuh kita. Ada jahe, temulawak, kunyit, sereh dan kencur. Kita bisa mengolahnya dengan cara dipotong halus, diparut atau diblender lalu direbus untuk dibikin jamu.

1) Kunyit Asam

Cara membuat jamu kunyit asam sangat mudah. Yaitu parut kunyit 3 ruas jari, lalu rebus dengan 1 liter air. tambahkan asam jawa 1/4 bungkus, gula aren kurang lebih 1/4 kg, gula pasir secukupnya untuk menambah mantap manis dan sedikit garam.

Rebus semua bahan dalam panci kurang lebih 10-15 menit dengan api sedang. Lalu saring rebusan kunyit asam, sajikan di gelas dalam keadaan hangat.

Jamu rebusan kunyit asam ini bermanfaat untuk melawan infeksi, meredakan nyeri haid, hingga mimpi ukuran tubuh. Dengan tubuh yang sehat maka semua virus-virus akan dapat dengan mudah kalah saat menyerang tubuh kita.

2) Jahe wangi.

Jahe berkhasiat untuk menambah kehangatan dari dalam tubuh kita. Di cuaca yang dingin, hujan akan membuat tubuh kita mudah terserang sakit flu dan demam. Minum jahe wangi setiap pagi dan malam hari menjelang tidur akan membuat tubuh kita lebih berenergi.

Cara membuat jahe wangi sangat mudah. Kita hanya perlu memarut atau memblender 3 ruas jahe ditambah 1 lembar daun pandan lalu seperempat gula aren merah. Lalu rebus selama 10-15 menit. Saring tuang di gelas dan sajikan. Selagi hangat.

3) Beras Kencur.

Bahan-bahan membuat beras kencur sebenarnya sangat mudah kita dapatkan yaitu siapkan , 1 sendok beras, 3 ruas jari kencur, 1 ruas jari jahe, gula merah 1/4 kg, 1 lembar daun pandan, serta 1 liter air.

Cara membuatnya rendam beras selama 10 jam, lalu sangrai beras sampai menguning kecoklatan. Rebus gula merah tambahkan daun pandan, kencur dan jahe yang sudah diparut serta beras yang sudah ditumbuk halus. Rebus kurang lebih 5-10 menit. Lalu saring masukkan dalam gelas dan jamu beras kencur pun siap untuk dihidangkan.
Fungsi dari beras kencur sendiri adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena di dalam beras kencur mengandung antioksidan yang dapat menghalau berbagai virus, radikal bebas, penyakit batuk , masuk angin, flu dan radang.

Selain itu campuran jamu beras kencur dapat memberikan sensasi rasa tenang dan hangat.

Get notifications from this blog

28 komentar

  1. Wah setuju kak Oya untuk sayur mungkin bisa ditambah daun kelor kak.Karena kbtulan aku pnya tumbuhan ya depan rumah . Seminggu 3 x wajib ada satu kelor ini dirmh bisa dibuat sayur bening atau pepes ikan atau sayur sop. Menambah imunitas juga Alhamdulillah jadi ga cepet capek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Share resepnya dong mba, penasaran sama daun kelor
      Katanya banyak manfaatnya, tapi belum pernah nyoba sih hehe

      Hapus
  2. Aku rajin minum madu dan kurma. Makan buah2an dan sayur2an menjadi menu wajib dlm keluarga. Gara2 suamiku nih yang paling rajin urusan kesehatan, sekeluarga wajib mengonsumsi yg mbak sebut di atas hehehe. Semoga imunitas tubuh kita kuat ya aamiin.

    BalasHapus
  3. Sekarang kami rutin bikin ramuan jamu, terdiri dari: jahe, kencur, sereh, dll, dicampur. Suegerrrr dan menyehatkan.
    Semoga kita semua sehat sehat yaaaa

    BalasHapus
  4. Pas banget jambu biji merah dikebun sedang berbuah lebat, bisa dipetik tiap hari terus di jus. Murah meriah daripada harus beli vitamin C ke apotik

    BalasHapus
  5. Benar banget. Asupan makanan sehat seperti madu, sayur, buah dan rempah-rempah termasuk yang menguatkan imun tubuh. Suka semua dengan pilihan minuman rempahnya, menghangatkan tubuh dan menyehatkan.

    BalasHapus
  6. Madu, jus sayur dan buah selalu kami konsumsi setiap hari mbak terutama saat ada covid-19 seperti sekarang. Yang alami jauh lebih baik apalagi nyari vit C juga mulai susah sekarang..

    BalasHapus
  7. Mengapa brokoli ngga masuk sayuran dan jambu serta jeruk kw buah buahan?
    Apapun itu, bangsa Indonesia sungguh beruntung ya?
    Semua yang berfungsi menambah imunitas, tumbuh disini

    BalasHapus
  8. Hikmah dari corona ini banyak yg kembali ke makanan herbal ya. Seperti jamu-jamuan yg sudah banyak ditinggalkan kini mulai disukai dan diburu lagi banyak orang. Makan sayur dan buah juga jadi ajang pengenalan dan penekanan yg tepat pada anak. Hehehe...
    Anak saya mendadak suka sayur dan buah karena takut Corona hahaha

    BalasHapus
  9. Benar ya, alam Indonesia sangat kaya, sudah memiliki semua hal terbaik untuk kesehatan. Buah-buahan, sayuran, madu, sampai rempah-rempah, bisa meningkatkan imunitas. Subhanallah.

    BalasHapus
  10. Makasih tipsnya mbak..
    Klo rutin konsumsi makanan2 ini tak perlu khawatir klo kehabisan vitamin di apotik ya.
    Ada yg alami untuk menjaga ketahanan tubuh

    BalasHapus
  11. Banyak bahan alami untuk menambah imunitas tubuh ini ya mbak. Tapi daripada rempah-rempah dan madu, aku lebih suka sayuran dan buah-buahan aja terutama jambu biji merah :)

    BalasHapus
  12. Kondisi seperti ini jaga imunitas tubuh dengan bahan-bahan makanan yang seperti disampaikan tersebut bisa dikatakan masih mudah ditemukan di sekitar kita. Semoga cepat pulih ya keadaan ini

    BalasHapus
  13. Di kondisi saat ini memang harus jaga imun tubuh ya. Alhamdulilah semuanya aku konsumsi sehari2. Mudah2an kita semua sehat2 ya. Teyap semangat

    BalasHapus
  14. Karena di tempatku jambu biji berlimpah. Sampai tetangga kebanyakan pada mesen jambu biji sama abang sayur online. Alhamdulillah memang yaa makanan yang sehat termasuk yang gampang ditemui

    BalasHapus
  15. dulu sering banget minum jamu karena ada langgangan ibu yang suka mampir ke rumah, nah semenjak punya nikah udah gak pernah, kangen juga sama beras kencur dan kunyit. bikin seger banget di badan tuh

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah saya memang konsumsi semuanya hampir tiap hari, kecuali untuk buah. Masih suka males-malesan euy. Tapi saya tambahkan dengan vitamin.

    BalasHapus
  17. Mba Aisyah,, pernah juga nerima share-an WA dari teman, terkait yg no 4, ttg rempah2an herbal, kunyit gak disarankan di masa wabah seperti ini. Justru kunyit sangat efektif sebagai reseptor virus

    BalasHapus
  18. Informasinya sangat bagus mbak, sangat bergna buat aku, aku taunya beli vitamin C aja. dan saat ini aku membeli banyak Vitamin C agar imunitas baik.

    BalasHapus
  19. Asli kak.. harga barang yang kakak sebut mengalami kenaikan.
    Jeruk langka di Medan ini.
    Vitamin c juga habis
    Trus jambu merah , jahe, dan rimpang semuanya baik harga..

    Kayaknya semua berburu makanan penambah imun ya kak

    BalasHapus
  20. Di rumah saya ada madu dan jahe, khusus untuk jahe sekarang ini harganya melambung tinggi di pasaran. Memang makanan-makanan di atas itu lagi digandrungi untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit

    BalasHapus
  21. Kalo sekarang saya sedia wedhang uwuh di rumah. Bikin hangat dan bikin rasa greges-greges di badan hilang

    BalasHapus
  22. Duh mba, ini saya coba semuanya di rumah. Ya sayur dan buah wajib. Ya madu, ya jamu, pokoknya jadi takut banget karena corona. Hahaha. Semoga kita semua sehat-sehat yaaa Mba Ai, dan budaya sehatnya tetap kita pertahankan, meski pun pandemi ini nanti berakhir.

    BalasHapus
  23. Pas banget, setuju semuanya soalnya aku memang jadi lebih suka minum jamu kalau pagi, jahe kalau malam... Sehat selalu buat kita semua

    BalasHapus
  24. Mkasih banget kak buat tipsnya. Aku jadi penasaran pengen nyobain beras kencur. Apalagi disini banyak kencur .

    BalasHapus
  25. Dalam kondisi seakrang, konsumsi jamu dan madu menjadi minuman rutin setiap hari. Sayangnya madu murni lebih sulit didapatkan sekarang, jadi ya beli seadanya di pasaran.

    BalasHapus
  26. buah, sayur dan rempah itu emang imunitas yang mudah didapat ya mba, daripada minum obat yang berkimia lebih baik yang alami seperti ini ya mba, tanpa ada efek samping. setuju deh, yuk perbanyakan makanan seperti ini supaya tubuh semakin kuat imunnya, hihi.

    BalasHapus
  27. Mbak saya dari zaman gadis udah minum kunyit asem diajarin ibu. Biasanya kl lg haid minumnya biar lancar katanya. Btw logikanya menambah sistem imun tubuh juga yaa...scr banyak darah yg keluar kitanya jd lemes kan ya

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya