Megengan Tradisi Yang Menyatukan Hati

Secuil Kebersamaan Tradisi Megengan


Di Ngawi, tepatnya di desa Ngrambe kampung halaman saya setiap menjelang bulan puasa H-1 selalu ada tradisi Megengan. Yaitu membawa satu bungkus nasi berserta lauk-pauknya yang ditaruh di dalam baskom ditutupi daun pisang dan taplak meja.

Awalnya saya mengira tradisi apaan sih kayak gitu? Toh Nggak ada dalam Hadits Kita harus melakukan tradisi seperti itu? Jadi lebih baik nggak usah dilakukan deh.

Tapi makin kesini saya makin bisa bertoleransi. Ini hanyalah satu salah satu tradisi kalaupun toh dilakukan juga tidak berdosa. Karena tujuan awalnya adalah silaturahim. Mempererat hubungan persaudaraan antar Tetangga. 

Oh ya acara megengan ini biasanya satu KK membawa 1 buah baskom nasi dan lauk pauknya dibawa ke masjid setelah ba'da Ashar. Lalu sampai di masjid kita taruh di tengah ruangan. Setelah semua berkumpul biasa akan ada sedikit Tausiah dari ustadz mengenai penyambutan bulan Ramadhan (malamnya sudah tarawih kan?) Lalu dibacakan doa trus pulang deh.

Oh ya, biasanya makanannya yang dibawa pulang akan saling tukar menukar. Ini yang sesi seru nya, dapat punya siapa ya? Hehehe meskipun rata-rata ya sama menu nya.

Menu yang biasa ada dalam acara megengan.

-  Nasi Putihmudah si Uduk.
Nasi putih kira-kira cukup kenyang untuk dimakan 2-4 orang. Di desa yang rata-rata petani nggak pernah pelit nasi. Kadang cukup sampai kita makan sampai buat sahur lho. 

- Ayam 
Satu potong ayam (ayam 1 dibagi 4) biasa dimasak rujak, bacem, curry. Tergantung dari yang memasak. Disinilah serunya biarpun sama-sama ayam kadang kita mendapatkan masakan yang beda

- Telur Rebus
Telur rebus matang jangan dikupas. Biasa kita mendapatkan 1-2 pcs telur rebus.

- Kering Tempe
Tempe dipotong kecil-kecil korek api. Digoreng lalu dibumbui dengan cabe Rawit, cabe merah,  bawang merah, bawang putih, gula merah dan kecap. 

- Mie goreng / Bihun goreng
Ini juga tergantung pada kesukaan yang memasak. Nggak harus mie kuning ataupun mie bihun putih. Yang penting dimasak dengan cara digoreng dicampur dengan sayuran sop-sop-an.

- Kerupuk
Indonesia tentu identik dengan kerupuk. Entahlah nggak lengkap rasanya makan tanpa kerupuk. Begitu juga isian makanan megengan ini juga ada kerupuknya. Biasanya yang digoreng kerupuk merah, kerupuk opak dan kerupuk rengginan. 3 macam kerupuk ini biasanya ada semua.

- Buah Pisang
Pisang memang buah yang paling mudah didapat. Terlebih di perdesaan. Hampir setiap rumah memiliki pohon pisang. Buah yang enak, manis, mudah didapat serta murah. Pisang yang dipakai biasa pisang raja/ pisang ambon.

- Snack. 

Aneka snack sebagai penyertanya biasa isinya macam-macam. Tapi yang pasti ada yaitu apem. Entah itu apem goreng ataupun apem yang di kukus.
1. Apem
2. Kue lapis
3. Bolu gulung
4. Donat
5. Lumpia
6. Dadar gulung
7. Bolu kukus
8. Cantik manis


Megengan tahun ini sih memang agak berbeda keadaannya. Duduknya pada jauh-jauhan. Sosial distancing tetep berlaku meski di perdesaan lho. Salut sama warganya. Merekapun patuh memakai masker kain. Semoga pandemi ini lekas berlalu. Rindu banget pengen pulang rasanya.

1 comment

  1. Tradisi yang menyenangkan untuk dilakukan ya sista. ..

    ReplyDelete

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya