Kuliner dan Resep Soto Banjar Balikpapan

Soto Banjar Balikpapan, ya Kuin Abdu


Rasa-rasanya belum afdol kalau ke Kalau berkunjung ke Balikpapan tetapi belum merasakan soto Banjar Kuin Abdu. Biarin deh kak ipeh alena punya aneka Ragam Soto Nusantara. Kalau saya tetep cinta soto Banjar. Padahal saya sih asli Jatim besar di jateng. Tapi pas nyicip soto Banjar fix saya jatuh cinta. Jatuh cinta gitu saja tanpa ada yang memaksa.
Jadi, Jadi soto Banjar Kuin Abdhu yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani Gunung sari ini termasuk kuliner legend yang menjadi  favorit soto kuin di Balikpapan. Banyak warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan pasti menikmati soto banjar kuin ini.

Hampir tiap sore Hingga malam menjelang selalu ramai hingga tak jarang kita harus antri untuk mendapatkan tempat duduk. Tapi semua Penantian itu menjadi kebahagiaan tak terkalahkan saat kita mendapatkan semangkuk soto banjar kuin yang panas. Dengan suiran ayam kampung, potongan telur bebek, perkedel kentang yang khas serta tak kalah nikmatnya disajikan dengan sate ayam dengan bumbu khas Banjar yang sangat menggoda selera.

Resep Soto Banjar Asli warisan keluarga

Soto Banjar itu aslinya sangat nikmat. Dari aroma rebusan kuahnya saja kita sudah bisa merasakan kenikmatannya. Apalagi kalau menikmatinya bersama keluarga besar, akan lebih terasa lagi nikmat.

bahan utama sajian isi Soto Banjar

- ketupat.
Soto Banjar Asli memakai ketupat yang di anyam Ketupat untuk soto banjar yang khas rasanya itu menggunakan daun Nipah. Ukurannya bisa sampai 5- 10 kali lipat ketupat biasa. Disamping itu hasil  hasil rebusan ketupatnya pun agak berserat kemerah-merahan muda khas ketupat yang dipakai untuk makan soto banjar. Potongan ketupat soto banjar pun yang asli ternyata tidak terlalu tebal, melainkan agak tipis agar kita mudah saat menyantapnya.

Tetapi karena ketupat yang menggunakan daun nipah itu merebusnya lebih lama. Orang lebih suka menggunakan ketupat  janur ataupun lontong yang terbuat dari plastik ataupun daun pisang.

- 1 ekor ayam kampung
Lebih enak kalau menggunakan ayam jago. Potong bagi 4. Rebus bersama bumbu halus soto. Setelah empuk suir-suir. Sisihkan. Biarkan tulang, sayap, kaki dan kepalanya dikuah agar menambah pekat rasa kaldunya.

- Soon.
Rendam 1 bungkus soon dengan air dingin biasa, setelah empuk lalu tiriskan.

- Perkedel.
 Soto Banjar yang khas memakai perkedel kentang yang ditambahi dengan singkong. Dengan perbandingan kentang singkong 7:3. Disinilah perbedaan perkedelnya dengan perkedel biasa yang memiliki tekstur lebih kesat.

- Telur bebek
Rebus telur bebek. Setelah matang potong tipis-tipis untuk taburan diatas penyajiannya.

- Daun Seledri, potong halus.

-Bawang merah dan bawang putih goreng.

- Jeruk nipis / limau kuit.

- sambal.

-kecap manis dan kecap asin.

Bumbu utama Soto Banjar
- 20 siung bawang merah + 15 siung bawang putih. haluskan.
- 1 buah bawang bombay. Potong, tumis sampai layu.
- 3-5 batang bawang pre. Potong, tumis hingga layu.
- 1 sdt merica, haluskan.
- 1/4 pala, haluskan.
- adas, kapulaga, kas-kas, bunga lawang/pekak, kayu manis. Boleh dihaluskan atau boleh juga dimasukan gitu saja ke dalam kuah. Biasanya dimasukan dalam kain putih lalu diikat agar rasanya bisa merasuk ke dalam kuah, tapi tidak takut masuk ke dalam mangkok waktu disajikan.
- 1 buah kentang ukuran kecil atau sedang yang sudah direbus. Dihaluskan, lalu dimasukan ke dalam kuah ketika hendak matang. Fungsinya agar kuah lebih terasa kental.
- 1 kuning telur rebus. Dihaluskan dimasukan ke kuah. bisa pilih salah satu antara kuning telur ataupun kentang rebus.
- Bawang putih goreng. Kira-kira 5 siung. Dihaluskan lalu dimasukan ke dalam kuah.

Cara memasak
- Tumis bumbu halus, setelah agak mengering masukan ayam. Tumis-tumis sebentar. Setelah agak kesat masukan air mendidih. Masukan juga bawang bombay dan bawang pre yang sudah ditumis layu.
- Masukan bumbu halus lainnya dan bumbu kering. Rebus dengan api sedang. Setelah mendidih dengan api kecil kurang lebih 1/2-1 jam lamanya. Cicipi rasanya. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa.
-soto banjar siap disajikan bersama keluarga.



Get notifications from this blog

43 komentar

  1. Wow, saya belum pernah nyobain Soto khas Banjar nih. Setelah baca postingan ini jadi penasaran..

    Soon itu apa yak, kok baru dengar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soon sohun atau kayak mie gelas itu kan ya? yang tidak direbus tetapi cukup dijerang air panas doang sebelum ditaruh di mangkok soto.... Soto di Jawa ada yang pakai gitu juga.

      Hapus
  2. Saya akan coba bareng istri. Soalnya saya ada keturunan Banjarmasin, dari nenek hehe
    Makasih resepnyaa

    BalasHapus
  3. langsung lapar baca ini, sebagai penyuka soto banjar dan orang yang bolak balik ke samarinda pastinya lewat balikpapan. Next Wajib kesini. traktir ya kak

    BalasHapus
  4. Wah, ternyata soto banjar ini justru disajiinnya pake ketupat ya. Udah gitu pake ayam kampung pula. Tambah nikmat pastinya

    BalasHapus
  5. Ini boleh buat disimpan dulu buat menu buka puasa, kalau lebih bisa buat sahur juga. Perut kosong, enak makan yang anget-anget

    BalasHapus
  6. Wah aku belum pernah cobain soto banjar. Ternyata ada perkedelnya juga ya. Izin comot resepnya ya Kak untuk dicoba hehehe, ibu saya penggemar soto Lamongan. Mungkin soto Banjar bisa jadi pilihan buat beliau ketika pengin masak soto

    BalasHapus
  7. Buat menu buka puasa sama sahur kayaknya mantep banget ini kak.

    Btw baru ngerti perbedaan soto banjar sama soto ayam biasa hehe

    BalasHapus
  8. Nah ini soto banjar juga terkenal yaa Mbak Aisyah... wah saya kl lihat nama Aisyah auto-maunyanyi nih hihi... makasih resep soto banjarnya ya Mbak... pingin dieksekusi jg tp list sy udah panjang nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, di postingan Mba Aisyah ini saya baru dapat info tentang rempah bernama kas-kas atau khas-khas/khus-khus ya. Katanya kl bikin soto Banjar ga pake si kas-kas ini bakal gak dapet deh citarasa otentik khas Banjar, Kalimantan Selatan ya

      Hapus
  9. Ya Allah, puasa-puasa baca artikel soto banjar. Wkwkw.. cobaan banget. Btw khas banget makannya pake ketupat ya mbak. Karena kan biasanya makan soto ma nasi.

    BalasHapus
  10. Enak sekali sepertinya... Makanan jenis soto dimana2 ada. Punya khas masing2

    BalasHapus
  11. wah jadi penasaran kak rasa soto banjar kyk apa? perasaan sy semua soto sama aja ga bisa bedain sy kecuali kuahnya ada yg bening kaldu dan ada yg berlemak santan. Nah klo soto banjar ini dari penampakannya unik karena dimkan pake sate.. waww rasanya pasti unik ya?? ga kebayang nih perpaduan rasa nya kyk apa..nanti klo di Jkt pas ketemu soto banjar tak icip deh... sumpah penasaran rasanya hehehe...

    BalasHapus
  12. Saya juga suka Soto Banjar. Kuahnya menurut saya beda. Tapi kalo makan Soto Banjar, saya gak pernah pakai lontong atau ketupat. Pasti saya pilih pakai nasi hangat dengan taburan bawang goreng di atasnya.

    BalasHapus
  13. aduh kayanya enak banget soto banjar,aku belum pernah coba bikin, pernahnya mie instan rasa soto banjar...wkwk sedep benerrr eh indomi beneer

    BalasHapus
  14. Saya belum pernah nyoba nih. Eh, di sana nama jeruk juga limau? Padahal limau itu artinya jeruk, dalam bahasa Minang. Pernah di Minang soalnya, hehe

    BalasHapus
  15. Jadi kangen balik ke balik papan... secara kuliner disana lumayan banyak..etapi memang di Indonesia ini kuliner memang ragamnya luar biasa banyak... dan saya beruntung pernah merasakan soto ini..meskipun belum bisa bikinnya

    BalasHapus
  16. Ahhh saya suka banget sama soto banjar ini, apalagi makannya abis jalan-jala di pasar apung. Duh k jadi pengen ke sana lagi deh. Seger banget sumpah ini soto, jeruknya mungkin ya yang buat seger. Tapi emang semua isinya juga suka banget. K folbek blog yaa hihi makacih

    BalasHapus
  17. Kayaknya enak banget ya. Saya pecinta soto banget. Bahkan indomie aja saya paling suka yang rasa soto. By the way saya baru tahu kalau di sana makan soto pakai ketupat. Ehehe

    BalasHapus
  18. Mbak Aisyah tinggal di Balikpapan yah. Sudah 21 tahu saya tidak ke sana. dulu saya besar di Balikpapan. Tapi untungnya dapat mertua orang banjarmasin sehingga suka dimasakkan soto Banjar. hehehe

    BalasHapus
  19. Wah, sotonya pakai ketupat ya Mbak, saya belum pernah makan soto dengan ketupat, kalau pakai nasi sering. Pengen cobain Soto Banjar jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan saya penasaran, apa di Padang ada yang jual Soto Banjar ya, kalau tidak ada kayaknya bisa dibuat sendiri dengan resep yang sudah Mbak kasih tadi.

      Hapus
  20. Soto banjar ternyata beda ya dari soto lain pada umumnya, ada ketupatnya juga. Hmm, menarik sih. Sudah disediakan resep juga, kalau berhasil mana tau bisa buka wrung soto banjar ahahaha

    BalasHapus
  21. Ternyatavada kuning telur rebus ya dicampur di kuah? Pantes kuah sotonya beda dari yang lain, kental gitu.

    BalasHapus
  22. Waah pasti enak nih kalo disantap pas berbuka puasa.
    Ternyata soto Ditiap daerah berbeda-beda racikannya meski punya nama yg sama. Tapi itulah Indonesia dgn keberagaman kuliner yg menjadi ciri khas di tiap-tiap daerah

    BalasHapus
  23. duh nikmat banget ini teh, pengeeen soto. meski belum pernah nyobain soto banjar ini sih. tapi mau cobaa ah, keknya sedap. hmmm buka puasa pakai soto ah, hihi

    BalasHapus
  24. Bangga rasanya lahir dan besar di daerah asal Soto Banjar. Emang ini makanan yang enak banget, Indomie Rasa Soto Banjar Limau Kuwit aja jadi favorit temen-temenku di kampus yang ada di Bintaro dulu. Kalau aku lebih suka pake nasi sih daripada ketupat, hehe. Kalau disini nyebutnya Nasi Sop, kalau Soto ya pake Ketupat itu

    BalasHapus
  25. Agak nyesel dulu saya waktu ke Kalsel tapi gak nyoba soto Banjar, eh tapi ini sama gak ya sama yg di Kalsel? Atau ada yg beda resepnya?

    BalasHapus
  26. Aku udah donk makan soto Banjar. Tapi daalm bentuk kemasan swharga 2500an. Mie instant

    Bahannya lebih banyak dari soto Jawa ya. Eh Banjar kan Jawa juga ya.

    BalasHapus
  27. Sekilas tadi saya kira irisan warna putih di mangkuk itu daging kelapa muda, Mbak. Sempet surprise, unik banget nih soto. Oh ternyata itu irisan telur bebek ya, Mbak? hehehe

    BalasHapus
  28. Soto Banjar dengan Coto Makassar hampir mirip ya kak..
    Aku suka makan Coto Makassar semenjak kuliah. Soalnya di kantin ada menu itu .

    BalasHapus
  29. Sista tanggung jawab nih... Jadi kangen makan soto Banjar hahaha... Duh paling suka dulu makan soto bening ini dibandingkan soto medan yang full santan hihi... Dua-duanya enak tapi lagi diet ngurangi makanan bersantan... Coba ah resepnya

    BalasHapus
  30. isian nya gak jauh beda ya dari soto pada umumnya tapi mungkin yang membedakan adalah bumbunya. jadi penasaran deh pengen nyicipin.

    BalasHapus
  31. Kelihatan dari gambar fotonya sangat enak sekali, apalagi kalo makan di siang hari di bawah pohon yang ribun. di temani es tebu pasti tambah jos

    BalasHapus
  32. Wah nikmat banget nih soto banjar ya
    Toppingnya enak-enak, sotonya seger hmmm

    BalasHapus
  33. aduh, soto banjar aasli banjar gimana rasanya yaa,,,

    aku selalu makan soto banjar tiap tahun krna dirumah temen yg natalan pasti masak soto banjar trus undang kita temen2nnya buat ngabisin sotonya

    asli enak bgt

    BalasHapus
  34. Saya dulu pernah kerja di warung makan..salah satu menunya soto banjar ini..enak

    BalasHapus
  35. Kalau mau giat di dapur, masakan yang susah sebenernya bisa kita buat juga.
    Orang jual soto banjar di daerahku masih jarang. Ada beberapa pedagang, masakannya enak. Tapi tutup di masa pandemi ini... Ternyata resepnya nggak sesulit apa yang kukira... layak coba nih

    BalasHapus
  36. Saya belum pernah nyoba yang asli dari asaknya. Cuma nyoba warung khas banjar yang ada di Jogja. Rasanya memang mantab...

    BalasHapus
  37. lihat fotonya langsung jadi laper. saya tahunya soto lamongan sama soto betawi. jadi kepo nih sama soto banjar. kayaknya enak bingit...

    BalasHapus
  38. Penasaran sama rasa soto Banjar, btw kas-kas itu bikin saya Googling, penasaran seperti apa

    BalasHapus
  39. Hmm Wonderful Indonesia yaa dari Sumatera sampai Papua punya makanan khas.. Dari soto Medan sampe soto Banjar enderus marendeuss semua ya,, top deh

    BalasHapus
  40. Ini kalau pakai ketupat namanya soto banjar tapi kalau pakai nasi namanya akan berubah menjadi nasi sop banjar. Bingung kan...

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya