Proteksi Diri Dan Keluarga Dengan Vaksin

Proteksi Diri Dan Keluarga Dengan Vaksin

Melindungi diri dan keluarga sudah pasti menjadi tanggung jawab kita seutuhnya. Nggak perlu berdebat terlalu kencang. Mari kita tumbuhkan kesadaran dengan hati yang lapang.

Kita sudah sama-sama tahu apa yang harus kita lakukan kalau ingin kuat dan sehat. Memproteksi diri dengan vaksin merupakan sebuah keniscayaan yang harus kita lakukan. Kalau kita menyadari betapa pentingnya vaksin.  Apalagi di masa pandemi begini. Lakukan hal yang terbaik buat keluarga agar kita tidak menyesal di kemudian hari.

Vaksin Wajib Buat Balita


Setelah menginjak usia balita sudah seharusnya kita lindungi anak-anak kita dengan lima macam vaksin standar nasional Indonesia.  Lima vaksin wajib pada anak-anak kita agar terlindungi dari berbagai macam penyakit sering kita kenal dengan kata imunisasi. Yaitu,

·       Hepatitis B

·       BCG untuk mencegah Tuberkolosis (TBC), 

·       Polio

·       MR untuk Rubella

·       DPT untuk difteri, pertusis dan tetanus.

Vaksin Yang Diperlukan Oleh Orang Dewasa

Tak hanya balita, lewat perkembangan zaman dan sesuai kebutuhan. Vaksin sekarang juga sangat dibutuhkan oleh orang dewasa, ibu hamil serta orang yang bepergian ke suatu negara tertentu. Tentu saja tujuan diberikannya vaksin tersebut sebagai bentuk pencegahan terhadap suatu penyakit serta untuk menambah kekebalan dan daya tahan tubuhnya.

1.      Vaksin tetanus, diphtheria dan acellular pertussis (Td/Tdap)

Vaksin tetanus, diphtheria dan acellular pertussis (Td/Tdap) ini diberikan apabila orang mengalami cidera yang disebabkan tetanus seperti terkena paku, kawat yang berkarat dll. Selain itu Vaksin tetanus, diphtheria dan acellular pertussis (Td/Tdap) juga diberikan kepada ibu hamil untuk melindungi ibu dan janin dari ketiga penyakit tersebut. Biasa diberikan pada ibu hamil dengan usia kehamilan 27-36 minggu.

2.     Vaksin human papilloma virus (HPV)

Vaksin HPV sebenarnya sangat dibutuhkan oleh semua orang wanita yang aktif secara seksual. Mengingat angka kematian akibat virus human papilloma ini sangat meningkat drastis di Indonesia. Dengan menggunakan vaksin hpv ini setahun sekali seharusnya penyakit kanker serviks dapat kita cegah. Tapi sebelum menggunakan vaksin hpv kita harus papsmear dulu. Kareana setelah kita terinfeksi vaksin hpv ini tidak lagi berfungsi sebagai pencegahan lagi.

3.     Vaksin MMR

Vaksin MMR atau biasa disebut campak, gondok, rubella (measles, mumps, rubella atau MMR)

Orang dewasa diberikan vaksin ini untuk mengurangi resiko terkena penyakit campak. Tentu saja tujuannya agar dapat dianggap kebal terhadap penyakit campak dan gondok.

4.     Vaksin varicella

Vaksin Varicella ini diberikan kepada orang dewasa untuk mencegah penyakit cacar air. Tentu saja seharusnya vaksin ini diberikan kepada orang yang belum pernah menderita penyakit cacar saatu kalipun. Virus cacar ini biasa disebabkan oleh virus Varicella zozters

5.     Vaksin influenza

Vaksin influenza ini sebenarnya diberikan kepada orang dewasa yang menderita masalah jantung, paru-paru, ginjal, diabetes, epilepsi atau kondisi yang membahayakan fungsi pernafasan. Begitu juga dengan wanita yang sedang hamil serta kita yang hendak bepergian ke negara musim dingin untuk mengurangi efek tertular penyakit influenza yang sebenarnya sakit ringan namun terkadang memicu komplikasi sehingga berujung kepada keadaan yang membahayakan.

6.     Vaksin Pnemococcal Polyssharide

Orang dewasa yang didiagnosis dengan penyakit paru-paru kronis (termasuk asma), penyakit kardiovaskuler kronis, diabetes mellitus, penyakit hati kronis, alkoholisme kronis, gagal ginjal kronis, kondisi imunosupresif dan HIV harus menerima vaksinasi Pneumococcal polysaccharide.

7.     Vaksin hepatitis A

Orang dewasa sangat perlu melindungi dirinya dengan vaksin hepatitis A. sementara hepatitis A sendiri merupakan peradangan organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang tertular penyakit hepatitis A ini.  Virus hepatitis A sendiri menyebar sangat cepat diantaranya melalui konsumsi makanan/ minuman yang telah terkontaminasi tinja penderita hepatitis, tinggal satu rumah, berhubungan intim ataupun bepergian ke suatu daerah yang penderita hepatitisnya A nya banyak bisa menyebabkan kita terkena virus hepatitis A juga.

8.     Vaksin Hepatitis B

Vaksin hepatitis B harus diberikan pada orang yang berada pada risiko tinggi untuk memiliki penyakit hepatitis B, seperti orang dengan penyakit ginjal stadium akhir, pasien hemodialisis, orang sedang dalam pengobatan untuk penyakit menular seksual (PMS), infeksi HIV, penyakit hati kronis, pengguna obat ilegal, kaum pria homoseksual dan orang dengan lebih dari satu mitra seksual dalam enam bulan sebelumnya.

9.     Vaksin meningitis

Vaksin meningitis diberikan kepada orang dewasa untuk mencegah penyakit meningitis. Biasanya sebagai salah satu syarat wajib bagi orang yang hendak melakukan ibadah haji dan umroh di Arab Saudi. Meskipun vaksin meningitis ini sering ada pro dan kontranya. Namun melindungi diri kita agar terlindungi dari penyakit meningitis yang sangat membahayakan itu juga sangat penting.

Halodoc

Di tengah suasana pandemi seperti saat sekarang ini, tentu mengunjungi rumah sakit secara langsung bukanlah pilihan yang tepat. Pun langsung pergi ke dokter praktek kalau sekiranya tidak terlalu parah sakitnya juga harus kita hindari. Tapi terkadang rasa penasaran begitu menyergap. Membuat dalam hati bertanya-tanya, Apa yang terjadi pada diri kita, bagaimana caranya menanggulangi apabila terjadi sesuatu tanda-tanda sakit pada keluarga kita.

Tapi jangan khawatir, sekarang sudah ada Halodoc.com. Yaitu sebuah website yang membahas tentang kesehatan, gejala, serta cara menanggulangan apabila kita sakit. Selain itu ada fitur-fitur obat dan vitamin. Yang mana kita bisa mendapatkan resep obat sesuai dengan sakit yang kita keluhkan. Selain itu ada juga fitur Tanya Dokter yang dapat kita pakai apabila ada pertanyaan yang ingin kita tanyakan secara langsung kepada dokter.

So jangan kelamaan mikirnya, buruan download aplikasi halodoc di playstore. Biar berasa punya dokter pribadi dalam genggaman tangan kita sendiri.

Tempat Vaksin Di Jogjakarta


Tidak akan pernah ada kata terlambat untuk mencegah dan melindungi diri serta keluarga kita dari berbagai macam penyakit dengan cara vaksin. Kalau dirasa perlu segera ambil action jangan menunggu terlalu lama. Tumbuhkan segera kesadaran diri betapa pentingnya vaksin bagi tubuh kita.

Dan tentu saja, kalau ingin berkonsultasi dengan dokter yang sangat berkompeten di bidang vaksinasi segera deh buka aplikasi halodoc atau bisa juga melalui link Vaksin Yogyakarta. Disana kita bisa puas bertanya-tanya mengenai vaksin, janji serta konsultasi dengan dokter. Dan yang pasti kita akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan kita secara detail, jelas dan gamblang. Tanpa menerka-nerka apa dan bagaimana. Biar nggak salah pilih keputusan ya kan? Pokoknya kalau mau cari-cari info seputar kesehatan halodoc.com tempatnya.

4 makanan penambah imunitas tubuh

4 makanan penambah imunitas tubuh

Perkuat Imun Tubuh Tolak Virus Covid 19
Di musim pandemi begini mau tak mau kita harus memperkuat imun di tubuh kita. Yang awalnya sedang diet ketat, nggak boleh makan ini dan itu mari sejenak kita lupakan. Tapi beda dengan diet yang diharuskan dari dokter ya.

kamu yang ogah-ogahan makan buah, sayur, susu, madu, kurma yuk mari berdamai sejenak dengan makanan  penambah imun tubuh tersebut. karena hanya dengan tubuh yang memiliki kekebalanlah yang bisa bertahan dengan virus covid 19 ini.

1. Madu
Seperti yang kita tahu madu memiliki manfaat merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imun. Hingga metabolisme serta stamina tubuh akan menjadi lebih kuat. Itu madu juga dapat menjadi penangkal berbagai penyakit virus dan bakteri.

Tapi tidak semua orang suka dengan madu. Contohnya suami saya, saya harus mati-matian membujuk dia untuk meminum sesendok madu. Bahkan rasanya lebih susah ketimbang membujuk anak kecil buat meminumnya. 

Tapi sebagai istri yang smart tentu saya nggak mau kekurangan akal dong. Saya memasukkan sesendok makan madu dengan segelas kecil air hangat dan satu Iris perasaan jeruk nipis rasanya benar-benar segar, cocok sebagai mood booster di pagi hari. 

Sementara untuk malam hari saya menambahkan sesendok madu dalam segelas air teh pengganti gula pasir. 

Oh ya biarpun manis tapi madu Ini aman bagi penderita Diabetes lho. Karena madu memiliki kombinasi fruktosa dan glukosa yang dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah

Selain penambah imun tubuh madu juga berkhasiat untuk meringankan gejala sakit tenggorokan, flu dan batuk. Serta mempercepat proses penyembuhannya.

2. Sayur-sayuran
Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan sayur mayur yang melimpah ruah. Berbagai macam sayuran segar yang banyak vitamin dengan sangat mudah kita dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

- Brokoli
Brokoli mengandung vitamin A, B, C, E dan K. Serta mengandung kalium, magnesium, kalsium, fosfor Zinc zat besi. Selain itu brokoli juga dipercaya sebagai sayuran anti kanker penambah imun/kekebalan tubuh, serta memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Memasaknya pun sangat mudah dan cepat cukup direbus/ kukus/ tumis dibawah 5 menit sudah matang. Saya biasa memasukan brokoli dalam menu sehari-hari. Tumis, cap cay, brokoli ca daging sapi bahkan masak mie rebus saja dicampur dengan brokoli juga enak lho

3. Buah-buahan
Tanah air kita Indonesia raya ini kaya akan berbagai jenis buah-buahan. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Maka seharusnya di saat virus covid19 ini menyerang kita tidak lagi harus panik buying berbagai vitamin C hasil olahan pabrik.


Ada jeruk, apel, strawberry, anggur, jambu biji, jambu kristal, kelengkeng, pepaya, nanas dan lain-lain yang kaya dengan nutrisi serta vitamin C. Kita bisa membuat aneka juice buah-buahan alami yang lebih terjangkau harganya ketimbang vitamin C tablet ataupun botolan.

-Jeruk

Jeruk merupakan buah murah yang kaya akan vitamin C. Jadi tanpa mengkonsumsi vitamin C tablet atau UC 1000 kita masih tetap dapat vitamin C 1000 dari jeruk. Jeruk peras murni dari 3 atau 4 buah jeruk tanpa gula cukup tambahkan 1 - 3 pcs air es cukup segar diminum di siang hari.

Buah jeruk selain kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta menolak virus vitamin C pada buah jeruk juga dapat untuk memelihara kesehatan jantung, mencegah terjadinya batu ginjal, mengendalikan tekanan darah, serta mencegah terjadinya anemia

- Jambu Biji Merah
Jambu biji merupakan buah yang banyak kita temui di mana saja. Harganya sangat murah tetapi memiliki banyak manfaat imunitas tubuh kita. Diantaranya jambu biji  banyak mengandung vitamin C, vitaminA serta kalium dan antioksidan. Yang banyak berguna untuk mengurangi resiko virus penyakit flu, serta radang tenggorokan.

Buahnya sangat manis bisa dimakan begitu saja ataupun dijus. Tanpa tambahan Gula pun rasanya sudah sangat manis, jangan lupa saring dulua bijinya ya gaes.

4. Rempah - Rempahan Herbal
Tinggal di Indonesia ini kita memiliki banyak sekali varian rempah-rempah yang sangat berguna untuk meningkatkan daya imunitas tubuh kita. Ada jahe, temulawak, kunyit, sereh dan kencur. Kita bisa mengolahnya dengan cara dipotong halus, diparut atau diblender lalu direbus untuk dibikin jamu.

1) Kunyit Asam

Cara membuat jamu kunyit asam sangat mudah. Yaitu parut kunyit 3 ruas jari, lalu rebus dengan 1 liter air. tambahkan asam jawa 1/4 bungkus, gula aren kurang lebih 1/4 kg, gula pasir secukupnya untuk menambah mantap manis dan sedikit garam.

Rebus semua bahan dalam panci kurang lebih 10-15 menit dengan api sedang. Lalu saring rebusan kunyit asam, sajikan di gelas dalam keadaan hangat.

Jamu rebusan kunyit asam ini bermanfaat untuk melawan infeksi, meredakan nyeri haid, hingga mimpi ukuran tubuh. Dengan tubuh yang sehat maka semua virus-virus akan dapat dengan mudah kalah saat menyerang tubuh kita.

2) Jahe wangi.

Jahe berkhasiat untuk menambah kehangatan dari dalam tubuh kita. Di cuaca yang dingin, hujan akan membuat tubuh kita mudah terserang sakit flu dan demam. Minum jahe wangi setiap pagi dan malam hari menjelang tidur akan membuat tubuh kita lebih berenergi.

Cara membuat jahe wangi sangat mudah. Kita hanya perlu memarut atau memblender 3 ruas jahe ditambah 1 lembar daun pandan lalu seperempat gula aren merah. Lalu rebus selama 10-15 menit. Saring tuang di gelas dan sajikan. Selagi hangat.

3) Beras Kencur.

Bahan-bahan membuat beras kencur sebenarnya sangat mudah kita dapatkan yaitu siapkan , 1 sendok beras, 3 ruas jari kencur, 1 ruas jari jahe, gula merah 1/4 kg, 1 lembar daun pandan, serta 1 liter air.

Cara membuatnya rendam beras selama 10 jam, lalu sangrai beras sampai menguning kecoklatan. Rebus gula merah tambahkan daun pandan, kencur dan jahe yang sudah diparut serta beras yang sudah ditumbuk halus. Rebus kurang lebih 5-10 menit. Lalu saring masukkan dalam gelas dan jamu beras kencur pun siap untuk dihidangkan.
Fungsi dari beras kencur sendiri adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena di dalam beras kencur mengandung antioksidan yang dapat menghalau berbagai virus, radikal bebas, penyakit batuk , masuk angin, flu dan radang.

Selain itu campuran jamu beras kencur dapat memberikan sensasi rasa tenang dan hangat.
Hidup Sehat Kalahkan Diabetes Melitus

Hidup Sehat Kalahkan Diabetes Melitus

Berdamai Dengan Diabetes, bisa?


Pertama kali membaca artikel dari blogger parenting tentang berdamai dengan diabetes melitus jujur saya agak sangsi. benarkah diabetes bisa diajak berdamai?sepertinya itu penyakit yang akan terus menempel pada penderitanya dan tak mungkin untuk dihilangkan.

Setiap hari penderita diabetes melitus akan terus menerus mengkonsumsi obat-obatan ataupun suntikan insulin seumur hidup.

Perlahan namun pasti kesehatan akan terus menurun. Fisik yang kuat, sehat berubah menjadi mudah lemah dan lelah, penglihatan menjadi kabur, berat badan menjadi kurus. Dan apabila sudah terjadi komplikasi dengan penyakit lain akan makin memperparah keadaan.

Pengalaman pahit Diabetes di keluarga.
Ada luka yang menganga di dalam hati setiap kali mengingat penyakit ini. Diabetes melitus siapa sih yang belum mendengar kehebatan penyakit ini? bahkan di  dalam keluarga kami ini termasuk penyakit yang menjadi momok terbesar dan akan terus menghantui hidup kami sepanjang masa.

Almarhum Bapak meninggal karena komplikasi dari diabetes melitus percaya tidak percaya penyakit ini dipercayai sebagai penyakit turunan. Sebelumnya juga diturunkan dari kakek buyut, kakek dan keluarga besar bapak rata-rata menderita penyakit yang sama. Di dalam keluarga besar bapak rata-rata meninggal di rentang usia 20 sampai 50 tahun dan hampir semua mengidap penyakit diabetes melitus.

Memang tak semua menderita diabetes  yang sangat parah gitu tapi penyakit diabetes ini  bisa Memicu banyak komplikasi, ada yang Tbc, kanker , jantung, liver, gagal ginjal, glukoma, stroke, tekanan darah tinggi, dll.

Bayangkan kalau kita setiap hari mengkonsumsi obat/ suntik insulin, berapa lama ginjal kita akan bertahan? Setelah ginjal yang rusak kita harus cuci darah sebulan sekali bahkan bila makin memburuk kita bisa tidak terselamatkan lagi.

Dulu saya mengira bahwa penyakit diabetes melitus ini memang bener bener penyakit bawaan keluarga. Penyakit yang diturunkan dan diwariskan jadi memang tidak bisa dihindari lagi. Ya sudah terima saja dengan ikhlas dan legowo.

Jadi pada waktu saya sakit dan dokter  ahli penyakit dalam memvonis Sakit itu juga ada andilnya karena gula darah yang agak tinggi. Padahal kala itu usia saya baru di angka 30 tahun. Saya tahu saya siap, tapi kenapa secepat ini?

Bangkit dari keterpurukan.
Pulang dari rumah sakit sepanjang jalan saya merasa blank. Nggak tahu harus bagaimana dan melakukan apa.
Menatap nanar akan hasil lab, terdiam di pojokan. Bermacam-macam obat yang harus diminum sehari tiga kali, serta jadwal buat chek up seminggu lagi.

Pikiran sudah nggak bisa diajak kompromi. Saya cuma berfikir efek terburuknya apa nih? Berapa lama lagi sisa usia saya buat mengejar ketertinggalan satu tiket ke surga? Jujur saya sudah memikirkan ke arah sana. Dan jangan ditanya apakah saya berani? Saya takut setengah mati, setiap ingat saya bahkan menangis tersedu-sedu tanpa bisa dibendung lagi airmatanya.

Sampai suami saya angkat bicara bahwa ternyata selama ini ternyata sangat takut dengan gaya hidup saya. Jarang olahraga (hampir nggak pernah) Makan saya terlalu banyak karbo, mie ayam, mie bakso, nasi bahkan kalau lauknya cocok bisa habis dua piring.

Minum saya terlalu banyak manis, aneka macam minuman kaleng atau botol manis hampir nggak pernah terlewatkan setiap hari. Dan sayapun tidak mampu mengelak  membela diri karena semuanya benar.

Menu Makan, Mindset, Serta Gaya Hidup yang Sehat Bagi Penderita Diabetes.

Jadi mau sembuh dengan meminum obat atau berupaya hidup sehat? saya memilih hidup sehat. Saya sadar keuangan saya tidak terlalu banyak untuk membeli obat-obatan yang diresepkan dokter. Sekali periksa, test lab, Usg dan obat habis Rp 2.500.000. Toh ujung-ujungnya juga harus merubah gaya hidup dan menu makan kita? Lebih baik uangnya dipakai buat beli bahan makanan yang menunjang kesehatan kita.

Meski ada pilihan kedua yaitu memakai bpjs. Tapi saya tidak ingin ketergantungan obat, cukup rasanya mengambil pelajaran dari pengalaman masa lalu keluarga saya. Saatnya saya bebas dari diabetes.

Cara alami yang saya lakukan biar bisa terbebas dari diabetes adalah pertama-tama mengubah mindset saya agar semangat menghadapi hidup untuk sembuh.

Menolerir sakit, tapi segera berbenah setelahnya. menyadari bahwa, oke saya memang sakit, tapi ini bukan akhir dari segalanya. Wahai tubuh, mari bekerja sama agar kita kembali sehat.

Saya berusaha menumbuhkan semangat hidup saya kembali. Saya memiliki keluarga yang masih butuh dengan kehadiran saya dan yang terakhir adalah membangun kesadaran bahwa bekal saya belum cukup untuk menghadap Allah. Saya masih harus banyak berbuat kebaikan di sisa usia saya agar bila saya meninggal bisa mendapatkan surga.

Saya mau mengubah ritme kehidupan saya. Mulai dari bangun pagi melaksanakan salat subuh biasanya dilanjut dengan tidur lagi hingga jam 8 pagi berubah menjadi lanjut jalan kaki di sekitar kompleks Rumah. Pulang, lanjut dengan minum jus ataupun buah potong.

Sarapan pagi yang biasanya dengan lontong sayur, nasi kuning ataupun nasi putih telur ceplok mata sapi tidak ada lagi di meja makan. Sebisa mungkin saya menghindari nasi dan olahan tepung kalau pas laper banget Saya memilih memakan tahu, tempe, daging, ayam ataupun telur. Sekedar info, protein akan membuat kita menjadi lebih lama kenyangnya.

Yang terakhir konsisten. Hindari minuman manis, kalau pas pengen ya minum saja satu-dua teguk. Setelah itu jangan diteruskan. Perbanyak minum air putih hangat 2-3 liter sehari. Dan terakhir berdoa sama Allah agar diberi kesembuhan.

Virus Corona China, Bagaimana kita menghadapinya?

Virus Corona China, Bagaimana kita menghadapinya?

Virus Corona China, Bagaimana kita menghadapinya?
Minggu-minggu terakhir ini kita dikejutkan dengan Virus baru yang mewabah di Wuhan - China. Virus mematikan itu bernama Novel Coronavirus atau 2019-nCoV. Agak serem sih mengingat virus ini mirip kaya Sars ditahun 2003 lalu. Masih lekat dalam ingatan bagaimana berbulan-bulan harus ketat menjaga segalanya demi kesehatan. Tiap hari mantengin tivi selalu ada kabar kematian, beneran serem kala itu. Anak sekolah libur total, kalau nggak penting banget beneran nggak keluar rumah. Terasa banget suasana dingin dan mencekam kala itu.

Beberapa gejala seperti demam, lemas, batuk kering, pilek dan sulit bernapas adalah tanda-tanda awal terjangkitinya Virus Corona. Panas yang tak kunjung turun juga sakit kepala dan nyeri otot yang berlangsung selama beberapa hari. Bahkan bagi sebagian orang bisa lebih berat. Dari gejalanya, virus ini mirip seperti Severe Acute Respitory Syndrome (SARS).

Buat kita yang tinggal di Indonesia mungkin cara terbaik menghindari virus ini adalah dengan cara jangan berpergian ke negara China, termasuk Hong Kong, Taiwan dan Macau. Terlebih di musim dingin begini virus akan dengan cepat berkembang.

Tapi kalaupun kita tetap harus pergi kesana karena urusan yang sangat urgent seperti perjalanan bisnis / pekerjaan yang harus kita lakukan adalah menjaga kesehatan kita agar tetap sehat dan fit. Jangan sampai kelelahan yang mengakibatkan kesehatan dan daya tahan tubuh kita menurun.

Tips Dan Trik menghadapi Virus Corona
1. Jaga kebersihan sebelum dan setelah bepergian.
pakai masker bila bepergian
- Pastikan memakai masker sekali pakai, setelah bepergian sampai ditempat tujuan/ rumah segera buang masker tersebut ke tempat sampah.
- Pakai sarung tangan. Lakukan hal yang sama seperti masker, setelah sampai di tempat tujuan segera lepas sarung tangan dan ganti yang baru.
- Lakukan hal yang sama dengan baju/jilbab, jaket, kaos kaki, sepatu juga sendal. Biasakan memakai sekali pakai lalu cuci bersih. Tambahkan Dettol Pada pencucian terakhir buat membunuh kuman.
- Setelah bepergian dari luar rumah segera mandi keramas, gunakan air hangat dan agak panas untuk membuang kuman-kuman yang menempel.
- Jangan memegang sarana public dengan tangan kosong. Paling tidak gunakan tissyue untuk menekan lift, berpegangan handel eskalator, mrt, bus, kapal laut dll. Lalu semprot/oleskan lotion anti bakteri secepat mungkin. Kalau memungkinkan segera cuci tangan dengan air yang mengalir.
- Jangan menyentuh mulut dan hidung dan mata dengan tangan yang tidak bersih (belum sterril)
- segera menjauh kalau ada orang bersin, flu ataupun batuk disekitar kita.

2. Jaga kesehatan kita.

- Pastikan tubuh kita dalam keadaan sehat ketika keluar rumah. Dengan kondisi yang sehat virus tidak akan mudah menyerang kita.
- Cukup minum air putih, usahakan minum air putih hangat sesering mungkin agar tenggorokan tidak kering.
- Konsumsi vit C. Perbanyak makan buah untuk mendapatkan Vit C alami. Vit C sangatlah penting sebagai benteng agar kita tidak mudah sakit.
- Hindari makan di Restoran, paling tidak pastikan kebersihan restoran tersebut. Tingkat kematangan masakannya, jangan memakan masakan yang setengah masak apalagi mentah.

3. Segera ke dokter secepat mungkin bila dirasa badan tidak sehat. 

Batuk, pilek, panas, demam, flu, sesak nafas mungkin hanya gejala sakit yang biasa. Bisa jadi kita akan mengganggap enteng sakit itu. Tapi apabila kita sedang berada di negara yang sedang siaga terhadap virus Corona ini bukanlah gejala sakit yang biasa. Lebih cepat terdeteksi akan lebih mudah disembuhkan.

4. Jaga kebersihan tempat tinggal.

- sebisa mungkin jauhkan rumah kita dari binatang peliharaan yang mengundang virus. Bisa jadi peliharaan ayam, burung, ular, kura-kura. Pada hari biasa memiliki hewan peliharaan adalah hal yang menyenangkan. Tapi tidak pada saat virus corona sedang merebak begini.
- Tambahkan Dettol pada saat mencuci baju, mengepel lantai serta lap perabotan rumah kita. Kita juga bisa menambahkan bayclean/ pemutih pakaian untuk lantai karena terbukti ampuh buat membunuh kuman. Bersihkan rumah kita setidaknya 2-3 kali sehari.
- Cuci perabotan makan kita, piring, sendok, mangkok gelas lalu sterrilkan dengan alat dish dryer sterillizer agar tak ada kuman yang menempel saat kita makan

Semoga coretan sederhana ini bermanfaat dan semoga kita serta keluarga kita dilindungi Allah serta dijauhkan dari virus-virus yang mematikan ini. Aamiin.

 pakai masker sekali pakai atau maksimal 4 jam sekali ganti dengan yang baru
Beli alat dish dryers sterrilizer mini gini agar kuman yang menempel pada peralatan makan kita mati