Muncul Flek Coklat sebelum Haid, Tanda Normal atau Penyakit?

 

Muncul Flek Coklat sebelum Haid, Tanda Normal atau Penyakit?

Haid atau menstruasi merupakan sebuah siklus normal yang terjadi pada tubuh wanita. Namun, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai jika siklus ini muncul dengan beberapa kondisi tak lazim. 

Salah satunya adalah muncul flek coklat sebelum haid dengan intensitas yang bervariasi. Sebenarnya apa arti dari flek coklat ini? Apakah tanda normal atau sebuah indikasi penyakit?


Penyebab Flek Coklat

Sebenarnya kemunculan flek coklat sebelum menstruasi sangat umum terjadi. Namun bisa saja hal ini menjadi indikasi bahaya tergantung intensitas dan gejala lain yang dirasakan. 

Lebih baik simak dulu beberapa kemungkinan penyebab flek coklat sebelum haid berikut ini:


1.   Gejala PMS

Pertama, flek coklat sebelum haid bisa merupakan sebuah gejala PMS. Sebelum masuk ke siklus menstruasi, biasanya tubuh akan menunjukkan beberapa tanda.

 Mulai dari munculnya jerawat, nyeri perut, hingga flek coklat keluar dari vagina. Ini merupakan tanda-tanda normal, selama memang tidak ada gejala lain yang mengarah pada kondisi abnormal.

Flek coklat sebagai gejala PMS umumnya akan muncul satu atau dua hari sebelum masa menstruasi tiba. Namun bagi setiap orang bisa saja berbeda-beda. Flek coklat ini kemudian akan diikuti dengan keluarnya darah menstruasi.


2.  Pengaruh Stres

Flek coklat juga bisa dipicu oleh stres. Umumnya stres akan memicu perubahan hormon yang tidak menentu. Flek coklat ini menjadi salah satu bukti gejolak hormon yang tidak stabil akibat stres. 

Jika memang muncul flek coklat sebelum haid dan tidak ada tanda-tanda rasa sakit lainnya, cobalah untuk mengelola stres lebih baik lagi.

Lakukan hal-hal yang disukai dan istirahat yang cukup. Buang segala pikiran negatif dan mulailah untuk berpikir secara tenang. Cara ini mungkin bisa secara efektif menurunkan stres dan mengembalikan gejolak hormon normal seperti sedia kala.


3.  Perimenopause

Adanya flek coklat sebelum masa haid tiba juga bisa menjadi makna adanya perimenopause. 

Ini merupakan gejala pada masa transisi menuju menopause. Biasanya kondisi ini dialami oleh wanita usia 40 tahun ke atas. Tentu saja ini bukanlah hal yang perlu ditakuti karena pada dasarnya menopause dan gejala-gejala yang menyertainya adalah indikasi normal.

Flek coklat ini muncul karena adanya penurunan jumlah hormon estrogen dalam tubuh. Faktor ini kemudian akan memengaruhi siklus menstruasi. Itulah mengapa bisa muncul flek coklat sebelum masa haid, yang bisa saja diikuti keluarnya darah menstruasi atau tidak.


4. Efek Samping Kontrasepsi

Bagi wanita yang mengonsumsi obat kontrasepsi atau pil KB, flek coklat ini bisa saja merupakan bentuk dari efek samping.

Memang benar jika kontrasepsi bisa memengaruhi keseimbangan hormon. Jika memang terasa mengganggu maka bisa dikonsultasikan kepada dokter dan diganti jenis kontrasepsi lain. Contohnya seperti KB spiral atau IUD yang tidak memicu keluarnya flek coklat.


5.  Indikasi Penyakit

Flek coklat juga bisa menjadi sebuah indikasi penyakit dan penting untuk diwaspadai. Biasanya flek coklat akan muncul saat terjadi infeksi jamur, bakteri, maupun virus. 

Namun flek coklat sebagai indikasi penyakit ini akan disertai berbagai gejala. Mulai dari nyeri perut, rasa gatal dan nyeri di bagian vagina, serta munculnya aroma tidak sedap pada area vagina.

Perhatikan baik-baik gejala yang dirasakan tubuh saat muncul flek coklat sebelum haid

Jika memang tak ada gejala lain yang mencurigakan maka flek coklat ini adalah sebuah tanda normal. 

Usahakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan mengelola stres sebaik mungkin agar masalah flek coklat ini bisa teratasi. Konsultasikan pada dokter jika masalah berlanjut disertai gejala lain.

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.