4 Tips Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Tips mengatasi hiring tersumbat
Canva by @aisyahdian

Cuaca yang belakangan ini tidak menentu membuat pertahanan tubuh menjadi bekerja ekstra. Salah satunya adalah dengan menghasilkan lendir yang dapat menghalangi jalan napas. Oleh karenanya, banyak yang kemudian mencari cara mengatasi hidung tersumbat

Hidung yang tersumbat tentu saja akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Ditandai dengan kesulitan untuk bernapas. Lama kelamaan akhirnya proses bernafas pun terasa sangat berat.

Kesulitan bernapas tentu akan menyebabkan gangguan yang tidak sederhana. Mulai dari proses  bernapas, sampai penurunan konsentrasi melakukan berbagai kegiatan. Bahkan, sampai ada yang mengganggu kualitas tidur karena tidak mendapatkan oksigen dengan jumlah yang tepat.

Nah, untuk menghindari gejalanya semakin parah, Anda dapat mencoba untuk memahami ulasan di bawah ini tentang cara mengatasi hidung tersumbat. 


4 Tips Mengatasi Hidung Tersumbat 

Cara mengatasi hidung tersumbat di bawah ini tidak memerlukan peralatan yang rumit atau bahkan metode yang sulit. Beberapa diantaranya dapat dilakukan sambil beristirahat dan melepas lelah. 


1.Berjemur di Sinar Matahari Pagi

Jika Anda sudah merasakan gejala hidung tersumbat maka cara mengatasi yang pertama adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Lakukanlah ini selama 15 sampai 30 menit atau sampai badan menjadi hangat.

Jika memungkinkan arahkan seluruh tubuh yang tidak tertutupi kain menghadap sinar matahari. Tujuannya agar pemanasan alami membantu menghangatkan seluruh tubuh. Sebab sinar matahari juga sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh.

Anda dapat melakukan ini dari pukul 7 sampai 9 pagi, di mana sinarnya masih lembut dan tidak terlalu terik. Umumnya keringat akan keluar sedikit dan itu adalah pertanda tubuh membuang racun sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan tersebut.


2.Mandi dengan Air Hangat

Langkah pertama ketika anda merasa bahwa hidung tersumbat adalah dengar mandi menggunakan air yang hangat. Tujuan lah agar suhu tubuh menjadi lebih hangat dan uap air yang panas tersebut terhirup.

Jika Anda sudah merasa kedinginan untuk mandi maka cara lain adalah dengan merebus air hingga mendidih lalu masukkan ke dalam baskom atau ember. Selanjutnya tunjukkanlah kepala menghadap baskom sambil ditutup dengan handuk kecil.

Hidup secara perlahan uap panas yang keluar dari baskom untuk membantu mengencerkan lendir yang menyumbat hidung. Lakukan selama 10 sampai 15 menit saja.


3.Menggunakan Minyak Angin

Langkah berikutnya adalah anda dapat memanfaatkan minyak yang menghangatkan. Antara lain adalah minyak kayu putih, minyak angin, minyak gandapura, dan yang lainnya, Balurkan sekujur tubuh sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya efek aromaterapi dari pemanfaatan minyak ini dapat menghangatkan hidung sehingga lendir bisa menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan. 


4. Perbanyak Minum Air Putih Hangat

Walaupun hidung  tersumbat dan rasanya sangat sulit untuk bernafas sehingga bisa jadi Kita memilih untuk bernapas menggunakan mulut, Anda tetap harus minum. Jumlahnya pun sama sesuai dengan anjuran itu 8 gelas atau minimal 2 liter per hari.

Usahakan untuk mengkonsumsi air minum minimal suhu ruangan atau lebih baik lagi yang hangat. Tujuannya adalah untuk menjaga agar tubuh tidak kehilangan cairan. Sehingga kondisinya tidak memburuk.

Beberapa cara mengatasi hidung tersumbat di atas dapat Anda lakukan di sela-sela kesibukan menyelesaikan tanggungjawab. Namun semuanya dapat dilakukan dengan dengan mudah serta tidak menyita waktu.

Salah satunya adalah dengan menyiapkan sebotol air hangat untuk dibawa ke mana aja terutama pergi ke kantor  sehingga Anda bisa langsung meminumnya tanpa harus memasak air terlebih.


Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.