Sekoteng Minuman Herbal Pembangkit Stamina Dan Pencegah Masuk Angin

Sekoteng Minuman Herbal Pembangkit Stamina Dan Pencegah Masuk Angin

Sekoteng

Sekoteng adalah minuman yang dikenal berkhasiat untuk menghilangkan masuk angin. Terlebih bila suhu dingin, cuaca hujan ataupun dari habis bepergian jauh, terpapar angin setelah mengendarai kendaraan bermotor.

Selain itu sekoteng dipercaya sebagai pembangkit stamina serta membuat hati menjadi riang gembira. Nggak percaya? Coba deh dikala sedang gundah gulana kalian minum semangkok sekoteng, dipastikan suasana hati kalian akan menjadi gembira.

Perpaduan jahe merah, susu serta campuran aneka roti, agar, jelly dll membuat rasa yang pas. Apalagi diminum dikala cuaca dingin dan hujan seperti saat ini badan yang sedang masuk anginpun kembali segar dan sehat. Ssttt kabar baiknya di tengah pandemi yang ada, minuman sekoteng yang mana  bahan dasarnya jahe merah juga diyakini dapat mengusir virus covid lho. Gimana sudah enak, hangat dan nyaman khasiatnya beneran bukan kaleng-kaleng kan?

Resep sekoteng ala Tradisional Jawa

Minuman sekoteng sebenarnya sudah menjadi minuman wajib bagi suku jawa terlebih yang tinggal di area pegunungan. Dinginnya cuaca disana membuat minuman ini sangat populer. Dulu waktu saya masih tinggal di jawa Timur minuman sekoteng dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan. Nah kalau kalian sedang ke jogja coba deh cicipi minuman khas Jogja yang diulas di blognya kak Richa Miskiyya.

Sebenarnya membuat sendiri minuman sekoteng di rumahpun sangat mudah. Bahan-bahannya dapat dengan mudah kita temukan di dapur kita. Nah kalau kalian sedang santai yuk bikin sendiri sekotengnya. Apalagi kalau membuatnya dengan penuh cinta dijamin makin istimewa deh rasa sekotengnya.

Bahan-bahan dan persiapan membuat sekoteng

Resep dan bahan sekoteng

-Jahe merah 5-10 ruas jari. Dibersihkan, dibakar atau dipanggang lalu digeprak kasar. kalau mau lebih terasa pedas 70% di blender atau diparut. Lalu direbus sisihkan.
-Cairkan gula pasir untuk membuat simple syrup, tunggu dingin sisihkan.
-Masak agar-agar. pilih yang warna merah ataupun hijau. dinginkan lalu potong kotak-kotak.
-Masak Jelly, dinginkan. Potong kotak-kotak atau dicetak dalam cetakan jelly.
-Mutiara / pacar cina, masak lalu dinginkan.
-Klepon tanpa kelapa parut. Cara bikinnya cukup tepung ketan dibikin adonan kental, lalu diisi dengan gula merah. Rebus sampai mengembang dan matang. Angkat sisihkan.
-Kacang tanah sangrai sampai matang, buang kulitnya.
-Nata de coco.
-Roti tawar. Potong segi empat kecil-kecil.
-Gabin segi empat kecil sebagai pelengkap.
-Susu kental manis.
 

Cara membuat sekoteng

- Campur jadi satu air rebusan jahe merah, simple syrup dan susu kental manis. Aduk rata dan pastikan rasa manisnya menjadi pas.
- Masukan dalam mangkok semua isian lalu terakhir masukan gabin dan roti tawar.
Jadi deh, sekoteng yang sangat istimewa tersaji dalam waktu singkat.

Asal Usul Sekoteng

Sekoteng menurut asal muasalnya pertama kali malah berasal dari negeri tirai bambu aka China atau Tiongkok.

Istilah sekoteng sendiri berasal dari bahasa Hokkian yaitu su ko thung atau si guo tang (sup 4 buah). Isi sekoteng china tentu berbeda jauh dengan sekoteng dari Indonesia yang kaya dengan perpaduan rasa. 

Di China sekotengnya terbuat dari buah kering kelengkeng, biji teratai, kacang dan buah jail. Direbus dengan menggunakan gula batu. Kalau saya menyebutnya hampir mirip dengan dong soy. Biasa diminum untuk menghilangkan panas dalam serta sakit tenggorokan.

Su ko thung sendiri mulai dikonsumsi sejak masa dinasti Qin pada tahun 221-226 sebelum masehi. Pada masa kaisar Qin Shi Huang. Selain untuk meredakan panas dalam, minuman ini dipercaya untuk memperbaiki pencernaan tubuh.

Sementara di Singapore sekoteng disebut dengan Cheng Teng.  Bahan-bahannya pun banyak dijual di market place online seperti Tokopedia, Shopee, juga Lazada. Sementara toko offline biasa ada di toko Asia penjual bahan makanan Chinese juga banyak tersedia dengan harga perpaket antara Rp 50.000 - Rp 80.000

Bahan-bahan Cheng Theng ala Singapore

-Jamur es putih
-Red dates (hung cho/ angco)
-Gula batu secukupnya. Dirasa-rasa saja jangan terlalu manis.
-Kelengkeng kering. Kalau tidak ada bisa menggunakan kelengkeng kalengan yang ditiriskan air gulanya kalau menggunakan gula batu. Tapi kalau tidak bisa dipakai semuanya.
-Biji lotus
-Goji berry (kici)

Cara membuat Cheng Theng 

-Rendam jamur es putih dan biji lotus biar agak lunak.

-Rebus biji lotus, angco, dan gula batu. Lalu masukan kici dan jamur putih sampai bener-bener lunak dan matang. Rasa-rasa dan siap dihidangkan.

jadi teman-teman kalian sudah tahu kan manfaat dari sekoteng ala Indonesia ataupun sekoteng ala negeri asalnya? Apapun itu minuman ini karena sama-sama herbal pastinya sangat baik buat tubuh kita kan?
 
 
 

 

Berburu Oleh - Oleh Khas Balikpapan

Berburu Oleh - Oleh Khas Balikpapan

Balikpapan
Berwisata ke suatu daerah tentunya selain melakukan beberapa hal yang sangat menyenangkan, wisata kuliner, mencoba tempat spa yang recomended, mencari spot foto yang cantik tentu hal yang terpenting adalah berburu oleh-oleh khas daerah tersebut. Selain buat kenangan yang tak terlupakan tentu sebagai oleh-oleh ataupun cendera mata bagi keluarga maupun sahabat kita.
Peta kota balikpapan
Pict : balikpapan blogger
Nah kalau berwisata ke Balikpapan yang merupakan tanah kelahiran kakak Citra Pandiagan kemana sih kalau mau berburu oleh-oleh khas Kaltim tersebut? Tentu saja  perginya ke pasar Inpres, kalau mau agak modern sedikit boleh menyeberang ke Plaza Kebun sayur.

Jadi letak pasar Inpres dan Plaza Kebun  sayur itu berada di kelurahan Baru Ilir Balikpapan Barat. Keduanya sangat berdekatan. Hanya dipisahkan oleh jalan raya. Mencarinya pun sangat gampang. Letaknya strategis untuk dijangkau oleh kendaraan umum maupun pribadi.

Sebagai mana layaknya pasar tradisional tawar menawar menjadi suatu keharusan berbelanja disini. Mungkin bagi sebagian orang malas berbelanja dengan menawar, tetapi percayalah meskipun menggunakan transaksi tawar menawar harga barang-barang disini terkenal sangat murah bila dibandingkan dengan beberapa tempat yang membanderol dengan harga pas.

Karena sebagian besar pedagang disini merupakan suku Banjar maka disaat berbelanja, dan membayarnya akan ada akadnya. Bagi penjual biasa menggunakan kata "Terimakasih, jual-lah" sedangkan pembeli biasa mengatakan kata " Sama-sama Tukar lah / Beli. " dalam bahasa banjar tukar artinya membeli. Dulu awal-awal berjualan saya agak aneh mendengarnya, tapi sekarang sudah biasa.

Oleh - Oleh Khas Balikpapan

- Gantungan kunci
oleh oleh khas balikpapan murah

Gantungan kunci, dimana-mana menjadi oleh-oleh favorite. Harganya murah meriah per pcs hanya Rp 5000 dan bila membeli 1 lusin bisa lebih murah lagi. Cocok buat dibagi-bagikan sama rekan kerja kita di kantor. Murah, nggak makan tempat juga ringan.

- Batik Balikpapan

Di Balikpapan sendiri ada 3 pengrajin batik yang top banget. Yaitu batik Shaho yang terletak di Jl LKMD km 3,5 tetangga rumah sendiri nih. Batik Arnesta yang terletak di Sepinggan dan batik Ampiek yang terletak di jl Jendral Sudirman. Sementara motif batik Balikpapan yang paling terkrnal adalah motif mangrove, karamunting dan motif dugong.

- Kain Sasirangan
Meskipun kain batik sasirangan sebenarnya adalah batiknya orang kalimantan selatan, namun bisa dengan mudah di dapatkan di pasar Inpres maupun plaza kebun sayur. Perpaduan warna serta bahan batik sasirangan bisa membuat elegant pemakainya bila dipakai di acara resmi. Namun batik sasirangan harganya memang agak mahal untuk kwalitas premiumnya. Sepasang kain batik plus selendang dibanderol harga RP 250.000 - Rp 950.000. Sementara untuk bahan katun Rp Rp 150.000- Rp 200.000

- Gelang dan kalung batu permata
Anda pecinta batu permata? Anda berada di zona dan waktu yang tepat. Balikpapan gudangnya batu permata. Baik berupa cincin, bross, kalung dan gelang yang sangat cantik. Kalaupun tidak dipakai sendiri bisa banget dijadikan oleh -oleh buat mama atau adik tersayang.

Makanan khas oleh-oleh Balikpapan

Selain oleh -oleh yang berupa barang cindera mata. Kota Balikpapan juga memiliki banyak sekali makanan khas yang sangat enak sekali. Sekali mencoba pasti akan merindukan untuk datang mencicipinya lagi.

- Amplang kuku macan

Di urutan pertama ada Amplang yang menjadi juara. Bentuknya unik hampir menyerupai kuku macan, tapi ada juga yang agak panjang separuh jari tangan kita. Kerupuk khas Balikpapan yang dibuat dari olahan ikan  belida, ikan pipih, ikan tengiri, ikan bandeng ataupun dari kepiting. Biasanya dijual dalam kemasan kecil Rp 12.000 - Rp 35.000 tergantung varian rasa yang kita mau.

kerupuk amplang ini enaknya memang tiada duanya. Sekali mencoba pasti langsung habis 1 bungkus.

- Kepiting lada hitam Dandito
Kepiting lada hitam dandito balikpapan
pict : travelerien.com

Meskipun memakan olahan kepiting tentu lebih enak kalau dimakan dalam keadaan panas. Namun tak salah rasanya kalau membawa kepiting Dandito sebagai oleh-oleh. Rasanya nggak beda jauh kog dengan pada saat kita memakannya langsung di restorantnya.

Terdapat pilihan saus spesial Dandito serta saus lada hitam yang menjadi juara disini. Perporsi kepiting dihargai Rp 320.000 untuk kepiting jantan, petelur sementara untuk kepiting soka Rp 235.000. Oh ya per porsi kepiting ini cukup buat 3-4 orang ya. Karena pernah kami ber enam pesan 2 porsi nggak sanggup menghabiskannya

- ikan Asin pepija pipih

Meski agak terbilang mahal namun ikan asin pepija pipih ini menjadi pilihan oleh-oleh bagi keluarga. Rasanya sangat krispy kalau digoreng kering. oh ya, ikan asin pipih ini tidak asin lho, jadi kalau menggoreng sebaiknya ditambahin sedikit garam ataupun ditambahkan tepung bumbu. Harga per kg nya antara Rp 120.000- Rp 150.000. Kapan-kapan kalau ke Balikpapan beli deh, dijamin ketagihan makannya.

- Bolu gulung Jenebora
Makanan oleh -oleh Balikpapan
Pic : bolu gulung jenebora

Bolu gulung khas Balikpapan ini kelembutannya benar-benar menggoda selera. Terbukti menjadi pilihan favorite oleh-oleh sejak beberapa tahun belakangan ini. Dengan varian Rainbow naga, gulung durian serta selai coklat kacang yang nikmat serta brownies yang rasanya nyoklat banget.

Alamat gulung Jenebora ada 3 tempat. Toko utama di jl Jendral Sudirman no 429, di km 5 serta di Bandara Sepinggan.


Kuliner dan Resep Soto Banjar Balikpapan

Kuliner dan Resep Soto Banjar Balikpapan

Soto Banjar Balikpapan, ya Kuin Abdu


Rasa-rasanya belum afdol kalau ke Kalau berkunjung ke Balikpapan tetapi belum merasakan soto Banjar Kuin Abdu. Biarin deh kak ipeh alena punya aneka Ragam Soto Nusantara. Kalau saya tetep cinta soto Banjar. Padahal saya sih asli Jatim besar di jateng. Tapi pas nyicip soto Banjar fix saya jatuh cinta. Jatuh cinta gitu saja tanpa ada yang memaksa.
Jadi, Jadi soto Banjar Kuin Abdhu yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani Gunung sari ini termasuk kuliner legend yang menjadi  favorit soto kuin di Balikpapan. Banyak warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung ke Balikpapan pasti menikmati soto banjar kuin ini.

Hampir tiap sore Hingga malam menjelang selalu ramai hingga tak jarang kita harus antri untuk mendapatkan tempat duduk. Tapi semua Penantian itu menjadi kebahagiaan tak terkalahkan saat kita mendapatkan semangkuk soto banjar kuin yang panas. Dengan suiran ayam kampung, potongan telur bebek, perkedel kentang yang khas serta tak kalah nikmatnya disajikan dengan sate ayam dengan bumbu khas Banjar yang sangat menggoda selera.

Resep Soto Banjar Asli warisan keluarga

Soto Banjar itu aslinya sangat nikmat. Dari aroma rebusan kuahnya saja kita sudah bisa merasakan kenikmatannya. Apalagi kalau menikmatinya bersama keluarga besar, akan lebih terasa lagi nikmat.

bahan utama sajian isi Soto Banjar

- ketupat.
Soto Banjar Asli memakai ketupat yang di anyam Ketupat untuk soto banjar yang khas rasanya itu menggunakan daun Nipah. Ukurannya bisa sampai 5- 10 kali lipat ketupat biasa. Disamping itu hasil  hasil rebusan ketupatnya pun agak berserat kemerah-merahan muda khas ketupat yang dipakai untuk makan soto banjar. Potongan ketupat soto banjar pun yang asli ternyata tidak terlalu tebal, melainkan agak tipis agar kita mudah saat menyantapnya.

Tetapi karena ketupat yang menggunakan daun nipah itu merebusnya lebih lama. Orang lebih suka menggunakan ketupat  janur ataupun lontong yang terbuat dari plastik ataupun daun pisang.

- 1 ekor ayam kampung
Lebih enak kalau menggunakan ayam jago. Potong bagi 4. Rebus bersama bumbu halus soto. Setelah empuk suir-suir. Sisihkan. Biarkan tulang, sayap, kaki dan kepalanya dikuah agar menambah pekat rasa kaldunya.

- Soon.
Rendam 1 bungkus soon dengan air dingin biasa, setelah empuk lalu tiriskan.

- Perkedel.
 Soto Banjar yang khas memakai perkedel kentang yang ditambahi dengan singkong. Dengan perbandingan kentang singkong 7:3. Disinilah perbedaan perkedelnya dengan perkedel biasa yang memiliki tekstur lebih kesat.

- Telur bebek
Rebus telur bebek. Setelah matang potong tipis-tipis untuk taburan diatas penyajiannya.

- Daun Seledri, potong halus.

-Bawang merah dan bawang putih goreng.

- Jeruk nipis / limau kuit.

- sambal.

-kecap manis dan kecap asin.

Bumbu utama Soto Banjar
- 20 siung bawang merah + 15 siung bawang putih. haluskan.
- 1 buah bawang bombay. Potong, tumis sampai layu.
- 3-5 batang bawang pre. Potong, tumis hingga layu.
- 1 sdt merica, haluskan.
- 1/4 pala, haluskan.
- adas, kapulaga, kas-kas, bunga lawang/pekak, kayu manis. Boleh dihaluskan atau boleh juga dimasukan gitu saja ke dalam kuah. Biasanya dimasukan dalam kain putih lalu diikat agar rasanya bisa merasuk ke dalam kuah, tapi tidak takut masuk ke dalam mangkok waktu disajikan.
- 1 buah kentang ukuran kecil atau sedang yang sudah direbus. Dihaluskan, lalu dimasukan ke dalam kuah ketika hendak matang. Fungsinya agar kuah lebih terasa kental.
- 1 kuning telur rebus. Dihaluskan dimasukan ke kuah. bisa pilih salah satu antara kuning telur ataupun kentang rebus.
- Bawang putih goreng. Kira-kira 5 siung. Dihaluskan lalu dimasukan ke dalam kuah.

Cara memasak
- Tumis bumbu halus, setelah agak mengering masukan ayam. Tumis-tumis sebentar. Setelah agak kesat masukan air mendidih. Masukan juga bawang bombay dan bawang pre yang sudah ditumis layu.
- Masukan bumbu halus lainnya dan bumbu kering. Rebus dengan api sedang. Setelah mendidih dengan api kecil kurang lebih 1/2-1 jam lamanya. Cicipi rasanya. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa.
-soto banjar siap disajikan bersama keluarga.



Bakso Dan Mie Ayam Enak Di Balikpapan

Bakso Dan Mie Ayam Enak Di Balikpapan

Nanti kita akan cerita tentang nikmatnya semangkuk bakso
Cuaca mendung ditemani hujan gerimis gini paling enak ya makan bakso. Kuahnya yang panas mengepul dengan aroma khas rebusan tulang stengkel sapi ditambah tetelan yang menggugah selera benar-benar surganya orang yang lagi lapar.

Padahal niat hati sih nggak kepengen nge-bakso apalah daya hati nih terkadang mudah banget dibohongi, apalagi kalau mengingat-ingat kenangan masa lalu waktu menghabiskan semangkok bakso,  eh kog malah curcol gini wkwkw.

Lalu dietnya mulai kapan? Besooook lagi aja ya. Karena bagaimanapun kamu berhasil diet kalau hati kamu tak bahagia juga buat apa? Yang penting perut kenyang, lapar hilang dan hati senang. Yeee kaaan.
(Ahahaha jangan julid ya..)

Bicara bakso, Balikpapan ini surganya kuliner bakso. Banyak banget bakso legend yang membuatmu pengen makan lagi dan lagi. Aku yang awalnya hanya ingin menulis 5 jadi 10, pasti nanti akan bertambah sesuai jam terbang kulinerku hehehe. Okey, nggak usah lama-lama, intip yuk bakso  mana  aja yang enak di Balikpapan.

1. Bakso Kolor Ijo
Bakso kolor ijo ini sangat recomended.  Pentol baksonya besar dan rasa daging sapinya beneran terasa banget. Terletak di daerah Gunung Malang, tepatnya di parkiran Yova Mart.

Awalnya jangankan makan disana, baru lihat namanya aja sudah malas. Yang kebayang malahan buto ijo, jadi biarpun terkenal ya males aja.

Trus pada suatu hati, pas lagi dirawat di RSUD Gunung malang Operasi gigi bungsu. Jam 8 malam aku kelaparan parah, seharian puasa, eh jadwal operasi molor jadilah minta suami beliin bakso (tobat memang kan? Segitu cintanya aku sama bakso abis operasi gigi aja yang pengen dimakan bakso) awalnya yang pengen dimakan cuma kuahnya yang bening tapi lama-lama satu porsi habis.
Harga perporsi Rp 17.000

2. Bakso Wardoyo

Bakso Wardoyo adalah bakso idola rakyat Balikpapan. Coba deh tanya siapa yang belum tahu bakso wardoyo. Meski sempat terhembus fitnah macam-macam bakso wardoyo tetap bertahan dan semakin rame. Rasanya yang enak, dengan ciri khas tetelannya yang banyak luar biasa.

Seporsi Bakso wardoyo dibanderol dengan harga Rp 20.000. Terletak di Ringroad dan cabang satunya di jalan bjbj. Kedua tempatnya ini sangat ramai, nggak bakalan susah nyarinya pasti ketahuan dari jauh karena setiap lewat hampir tidak pernah sepi pembeli.

3. Bakso Lik Min
Bakso Lik Min Juga sangat terkenal di Balikpapan. Memiliki dua cabang yaitu di Marconi dan Mall Gajah Mada. Selain memiliki pentol yang besar juga terkenal banyak tetelannya.
Saya rekomendasikan yang di cabang Gajah Mada. Karena setelah perut kenyang kita makan bakso kita masih bisa berolahraga di mall Gajah Mada nya, shopping tipis-tipis untuk membakar kalori yang kita habiskan dari semangkok bakso plus tetelannya yang endes Markondes.

4. Bakso Milenium
Di area kilo tepatnya di pertigaan strat 1 di Jl DI. Panjaitan Gunung Samarinda ada bakso yang luar biasa enaknya. Apalagi kalau bukan bakso Millenium. Selain enak kuah baksonya ini bener-bener segar. Saking enaknya setiap kali beli makan di tempat saya masih membungkus untuk dibawa pulang

Per porsi bakso dan Mie Ayam Millenium dihargai Rp15.000. Termasuk murah bila dibandingkan dengan rasanya yang sangat istimewa.

Sementara pilihan minuman ada es jeruk dan es teh harganya sekitar Rp 5.000 per gelas

5. Bakso Popeye
Terletak di ruko sentra Eropa blok. AA3 No 19 Mall Fantasi Balikpapan Baru. Tempatnya sangat strategis, nyaman sehingga enak kalau kita mengajak teman atau saudara makan disana.

Bakso Popeye ini termasuk salah satu bakso favorite yang terkenal enaknya sejak dulu dengan menu andalan bakso cincang jumbo, puas banget makan bakso dan daging cincang di dalamnya.

Price list bakso popeye
- mie ayam Rp 15.000
- mie ayam bakso Rp 22.500
- bakso kelereng Rp 22.500
- bakso cincang jumbo Rp 30.000
- mie ayam bakso jumbo Rp 45.000
- Bakso Popeye (1 kg ) Rp 100.000

6. Bakso Bakar Klatak
Saat disebut dengan kata  Klatak, apa yang ada di pikiran kalian food lovers? Pasti yang terpikir adalah sate yang dibakar dengan jeruji besi ala solo/jogja. Ya kan?

Begitu juga dengan bakso Klatak yang beralamatkan di Jl Sungai Ampal no 26 Sumber Rejo Balikpapan Tengah. Mereka membakar baksonya dengan besi jadi bisa mendapatkan sensasi matang yang menyeluruh.

Rasanya benar-benar enak, karena ditambah dengan bumbu-bumbu rahasia ala bakso bakar Klatak. Dijamin sekali bakalan balik lagi, seperti saya yang bolak-balik pesan Via gofood/grabfood.

Selain enak harganya pun tergolong ramah di kantong.
- Bakso Bakar Jumbo Rp 24.000
- Bakso Bakar Ekonomis Rp 18.000
- Bakso Kuah Rp 18.000

7. Bakso Mbah Bagong
Nah kalau bakso Mbah Bagong ini Sebenarnya saya tahunya malah waktu viral di Facebook. Hari saya biasanya cuma di toko jadi jarang bepergian. Kalaupun makan bakso diluar saya akan membeli yang sudah trusted enaknya. Ataupun sekali merasakan hasil rekomendasi dari teman.

Terletak di Jl. Pangeran Antasari No 20 Sumber Rejo Balikpapan Tengah. Bakso Mbah Bagong ini sangat terkenal dengan bakso tumpeng nya. Jadi bakso yang dibentuk seperti tumpeng dengan isian daging cincang Plus cabe yang pedasnya luar biasa. Jadi kalau kita lagi galau sedih ataupun lagi pilek cocok nih makan bakso tumpeng, asal sedang tidak sakit tenggorokan aja ataupun batuk karena bisa dijamin lebih memperparah nya.

Tapi selain varian bakso tumpeng ada juga kok menu lain disitu yang dijual

- Bakso tumpeng original Rp 20.000
- Bakso tumpeng iga Rp 25.000
- Bakso tumpeng komplit Rp 28.000
- Bakso biasa Rp 13.000
- Bakso pentol besar+ biasa Rp 15.000
- Bakso super daging potong Rp 16.000
- Bakso iga Rp 20.000
- Bakso komplit Rp 20.000


Sekian dulu rekomendasi bakso di Balikpapan versi saya, next akan di update lagi kalau nemu bakso yang enak lagi. Bye bye, see you

Amanda Brownies Balikpapan Simbol Kebahagiaan Keluarga.

Amanda Brownies Balikpapan Simbol Kebahagiaan Keluarga.

Amanda Brownies, A Trully Brownies Taste
Brownies Rasa Original

Jam sudah menunjukan pukul 10:00 pagi. Perut perlahan-lahan meminta hak nya untuk sarapan. Satu gelas teh hangat tawar dan entah kenapa bayangan sepotong Brownies kukus Amanda rasa original begitu mengusik pikiranku. Ah rasa coklatnya yang lumer di lidah  benar-benar menggoda.

Kulirik suami yang masih tertidur pulas, hari minggu adalah waktu istirahatnya setelah 6 hari bekerja tanpa lelah. Tak ingin mengusik ketenangannya aku berniat pergi membeli Brownies Amanda sendiri.

Toh jaraknya sangat dekat dengan rumahku yang berada di km 3,5. Bergegas aku menggenakan gamis dan jilbab pink kesayanganku, tapi tiba-tiba ku urungkan niatku tersebut.  Saat kubuka pintu depan gerimis kecil seolah mencekal langkah kakiku.
Suasana mendung Balikpapan
Begitulah, tinggal di kota Balikpapan ini terkadang cuacanya memang suka tak bersahabat dengan istri manja sepertiku. Selain panas terik terkadang hujan gerimis selalu menemani. Tak jarang di berbagai wilayah malah sudah deras. Tapi masa iya aku putus asa? Owh tidak, aku tak selemah itu cinta. Seorang istri harus bisa tampil berani, mandiri, serta maksimal di hadapan suami dan keluarganya dengan cara apapun.
Grabfood preffered merchant
Kubuka dengan cepat aplikasi Grab Food, ku ketik Amanda Brownies lalu trada berbagai pilihan Brownies kesayangan muncul disana. Brownies Original dan Brownies Sarikaya menjadi pilihanku. Dan yang lebih membuatku terkejut lagi Di aplikasi Grab Food harga nya nggak berbeda dengan kedua outlet resminya di Jl Jendral Sudirman no 25 maupun di Jl Sukarno Hatta km 2,5. Malahan aku mendapatkan diskon Rp 10.000 karena memasukan kode promo "BAKULBLP" dan ongkirnya beneran murah hanya Rp 4.000. 

Siapa bilang kalau memasukan kode promo nggak ada driver yang mau ambil pesanan, buktinya dalam waktu sekian detik aku sudah mendapatkan driver yang mau pick up pesanan. Usut punya usut ternyata Amanda Brownies Balikpapan merupakan salah satu mitra Grab Resto Priority atau Peffered merchant. Selain ongkir murah juga banyak diskon berlimpah. 
pesanan brownies 

Jadi, masih ragu memesan Amanda Brownies dengan Grab Food Kuy buruan instal aplikasi yang di dedikasikan buat sejuta emak-emak yang mager seperti kita.

Amanda Brownies Bring Back Happinest

Sepuluh tahun yang silam, membeli Amanda Brownies tidak semudah seperti sekarang. untuk mendapatkannya butuh perjuangan. Bahkan pernah menebalkan muka  pura-pura ngidam biar dibelikan samba suami. Masalahnya, Amanda Brownies hanya ada di Bandung kan?Suami saat itu sampai nitip sama teman satu kantor setiap ada yang mudik ke Bandung.

Eh tapi lama-lama ketahuan dong, masa iya ngidamnya sampai berbulan-bulan nggak berhenti tapi perutnya nggak kunjung besar juga. Wkwkwk ketahuan deh bohongnya. Untungnya mereka semua baik, mengganggap kami sudah layaknya saudara hingga tanpa diminta selalu memberi oleh-oleh Amanda Brownies.
Setiap kali aku mendapatkan Amanda Brownies, aku memakannya sedikit demi sedikit. Sepotong brownies ini mampu menghidupkan kembali kebahagiaan kala aku sedang sedih, murung, ngambek dan lelah. Sisanya aku menyimpannya di lemari es. Awet banget, hampir satu minggu rasanya tidak berubah dan tidak keras. Dengan catatan menyimpannya diganti dalam kotak makan ya, bukan langsung dengan kardusnya begini.
Tentu saja, stok Amanda Brownies di setiap outletnya setiap hari selalu fresh. Nggak ada yang sisa kemarin dijual lagi. Benar-benar memperhatikan kwalitas terbaik demi kepuasan konsumen tercintanya.

Filosofi Amanda (Anak MAntu DAmai) 


Memiliki usaha bersama di dalam keluarga  besar bukanlah hal yang mudah. Tak jarang karena urusan keuangan persaudaraan bisa menjadi kurang baik. Konflik yang berkepanjangan terkadang menjadi pemecah belah.

Tapi tidak dengan usaha Amanda Brownies. Sejak 20 tahun yang lalu didirikan di Bandung kini malah semakin melebarkan sayap. Dari satu outlet yang dulunya hanya usaha rumahan kini menjadi 108 outlet dan akan terus bertambah.

Awalnya hanya ada satu varian rasa yaitu brownies original kini merambah menjadi 50 rasa dan varian produk berbeda. Di beberapa outlet utama kini sudah menambah pastry dengan produk unggulan seperti pisang bolen keju, cheese stick, serta aneka keripik pisang dan kentang.

Usaha keluarga Berbasic Syariah.

Aku termasuk orang yang sangat memperhatikan kehalalan makanan yang masuk dalam perutku. Dibilang agak pemilih nggak papa dibandingkan sudah terlanjur masuk ke perut. Sebelum membeli makanan aku akan mencari-cari logo halal nya. Aman rasanya  memakan makanan yang sudah bersertifikasi halal. Dan syukurlah, Amanda Brownies ini sudah mengantongi sertifikat halal MUI. Jadi nggak ragu-ragu lagi memakannya.
Surprisenya lagi menurut bapak Eko Agung Suprobo 15 menit menjelang adzan dan 15 menit setelah sholat seluruh outlet Amanda brownies tutup demi memberi waktu kepada seluruh karyawannya hak untuk  menjalankan ibadah sholat. Speechless kan? Allah dulu, Allah lagi, dan Allah terus. Semoga Berkah dan terus berkembang  usahanya ya, Amanda Brownies.
Rasanya beneran nggak salah kalau selama ini memilih Amanda Brownies menjadi snack favorit pilihan keluarga.

Harga Amanda Brownies Balikpapan 2020
Harga Amanda Brownies di Balikpapan ini termasuk sangat ramah di kantong apabila dibandingkan dengan beberapa kompetitor yang lain. Terlebih dengan rasa coklat khas dan kwalitas yang tak perlu diragukan lagi.

Paket Hemat Amanda Brow

Masih mau yang lebih murah? Amanda Brownies juga masih punya 3 paket ekonomis yang bisa kita bawa pulang. Yaitu "Paket Hemat Amanda Brow" yang selalu menjadi best seller sejak tahun 2018 - 2020. Ada paket Blue, Paket Pink dan Paket Choco. Dan ketiga paket tersebut sangat diminati customer hingga promonya masih tetap berjalan hingga sekarang.

Brownies Amanda Icon Terbaru Oleh - Oleh Nusantara

Dulu kalau mau mudik Jatim dari Balikpapan pasti yang dibawa Amplang dan ikan asin pipih. Kesukaan banget sih.  Tapi itu dulu.

Seiring usia orang tua yang kian mulai senja, oleh-oleh amplang bukan lagi favorit. Mereka membutuhkan kue-kue yang empuk, enak, yang manisnya pas dan tidak berlebihan sebagai teman minum teh ataupun sajian di meja saat sanak saudara mengunjungi.  Pas banget kan kalau Amanda Brownies sebagai simbol kebahagiaan kebersamaan keluarga.




Review Kuliner Balikpapan dan Resep Coto Makasar Andalan Keluarga

Review Kuliner Balikpapan dan Resep Coto Makasar Andalan Keluarga

Review Kuliner Balikpapan dan Resep Coto Makasar Andalan Keluarga
Coto Makasar Balikpapan
Di Balikpapan kuliner Coto Makasar terbilang lumayan banyak. Mungkin karena banyak warga Sulawesi yang tinggal disini. Tapi selain warga Sulawesi atau Makasar, ternyata kuliner Coto Makasar ini juga banyak dinikmati warga suku lain, contohnya saya yang asli Jawa Timur beneran Crazy In Love sama Coto Makasar.
Hampir tiap mendapatkan info Coto Makasar baru buka pasti saya datangi. Cuma sayangnya nggak semua sesuai dengan lidah saya.
Review Coto Makasar Balikpapan
Di Balikpapan Barat khususnya di Kebun sayur, saya punya 1 langganan Coto Makasar yang terbilang enak banget. Per porsi harganya Rp 25.000. Tempatnya pas di pojokan lapangan poni, yang dekat pertigaan menuju gunung 4 dan asrama bukit. Bukanya habis Magrib sampai jam 9 an malam biasanya sudah habis.

Rasanya sangat pas di lidah saya. Kekentalan sangat pas, tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Ketupatnya free mau makan berapa aja juga boleh. Tapi kalau saya paling banyak kalau pas laper banget paling banyak 2 pcs.

Resep Coto Makasar Andalan Keluarga

Nah kalau pas mau masak-masak sendiri di rumah, saya sertakan resep Coto Makasar ala Mamak mertua yang asli orang Banjar wkwkw so far aman di lidah, bisa dipakai pas arisan keluarga ataupun pengajian di rumah. Cocok dengan suasana yang dingin-dingin begini.

Bahan Coto Makasar
- Daging sapi 500 gram
- Jerohan daging sapi (hati, babat, paru, limpa, usus) lebih enak kalau semua jerohan lengkap tersedia.
- semua daging dan jerohan jangan dipotong. Dipotongnya pada saat mau penyajian.
- kacang 500 gram. Kacang disangrai, lalu dibuang kulitnya dam terakhir dihaluskan.
- Air cucian beras secukupnya (cucian kedua ya )
 - Susu cair, saya pakai 1/2 kaleng bear brand.

BUMBU HALUS:
- Bawang putih
 - Bawang merah
- Kemiri
- Ketumbar
- Merica
- Jintan
-Taoco

- Serai digeprak
- Lengkuas  di geprak

Bahan PELENGKAP:
- Daun bawang  potong kecil-kecil
 - Bawang putih goreng
- Bawang merah goreng
- Jeruk nipis
 -Sambal
- Ketupat sebagai pengganti nasi.

Cara Memasak
- Rebus air, setelah mendidih masukan jerohan dan daging . Kira -kira 2 menit, aduk rata, lalu buang air rebusan tadi. Cuci bersih daging dan jerohan sampai  semua darah dan kotorannya hilang.
Rebus daging dan jerohan.
- Rebus air setengah panci, lalu setelah mendidih masukan daging dan jerohan, tak lupa tambahkan garam untuk menambah cita rasa.
- Tumis bumbu halus berikut yang digeprek tadi setelah bumbu matang dan tercium aroma harum masukan ke bumbu dalam panci rebusan daging.
- Setelah daging empuk, masukan kacang tanah sangrai yang sudah dihaluskan, air cucian beras bersih dan susu cair.
- Koreksi Rasa, tambahkan kaldu penyedap, gula, garam.
- Potong-potong daging serta jerohan, susun di mangkok penyajian. Tambahkan daun bawang serta bawang goreng. Siram dengan kuah, sajikan.
Resep dan resto sambal gami Bontang

Resep dan resto sambal gami Bontang

Guys, tahu Gami nggak? Bukan Dami lho ya, tapi Gami. Bicara sambal Gami, pasti pikiran kita mau nggak mau akan pergi ke kota Bontang. Kota yang identik dengan sambal Gami ikan Bawis. Sambal yang dimasak diatas cobek tanah liat dan disajikan dengan keadaan panas-panas, minyak mengepul ala hot plate penampilan tradisional. 


Mau masak sendiri? Simple banget. Kita tinggal siapkan alat masaknya yaitu cobek tanah liat untuk memasaknya diatas kompur. Lalu bahan-bahan terserah kita, biasa sih cumi, udang, ikan bawis, kerang, dll. Sementara bumbu-bumbunya  yang harus kita siapkan antara lain,


Bahan halus :

-7 siung bawang merah

3 siung bawang putih

10 cabe rawit/sesuai selera

2 cabe merah besar

1/2 tomat kecil
1/2 bungkus terasi


Bahan iris
1 buah bawang bombay besar

1 buah tomat besar

1 tangkai daun kemangi


Cara masak : 

  • Goreng bahan utama sampai masak. Cumi, kerang, udang dll
  • Panaskan cobek, kasih minyak makan tumis bawang bombay setengah masak masukan bumbu halus, terasi dan tomat
  • Lalu masukan kerang, udang, cumi aduk-aduk rata terakhir masukan daun kemangi lalu angkat.
  • Jadi deh, sambal gami ala Bontang siap dinikmati bersama keluarga tercinta.


Resep sambal Gami sudah ada, tapi kalau males masak dan kebetulan tinggal di Balikpapan. Ada kog resto sambal gami yang lumayan recomended. Namanya "Gami in Paradise" Letaknya pas di Sungai Ampal.  harga juga so so ajah.