Bijak Pakai Kartu Kredit Agar Semakin Untung



Transaksi keuangan di era digital seperti sekarang ini dipermudah dengan banyaknya produk-produk perbankan, termasuk diantaranya adalah kartu kredit yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembayaran. 

Cukup dengan gesek saja nantinya pembayaran Anda sudah pasti terselesaikan dengan cepat. Bahkan dalam beberapa kondisi, sebenarnya kartu ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pinjaman uang, yaitu cukup dengan melakukan tarik tunai saja.


Apa Itu Kartu Kredit?

Sebagian diantara Anda mungkin masih asing, sebenarnya apa itu produk keuangan yang dikenal sebagai kartu kredit? Sebenarnya credit card sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah alat pembayaran, dikeluarkan oleh perbankan baik itu swasta maupun negeri yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran baik itu secara langsung maupun tunai. 

Di Indonesia bukan hal yang sulit untuk menemukan perusahaan atau bank yang menerbitkan kartu kredit tersebut, bebas jika seandainya ingin pilah-pilih yang paling sesuai kebutuhan.

Namun dalam pembuatannya sendiri memang tidak ada jaminan nantinya akan langsung approve, ada sejumlah syarat serta ketentuan yang harus dipenuhi oleh calon nasabah, jika seandainya tidak memenuhi syarat atau ketentuan yang diberikan tersebut. 

Maka secara otomatis nantinya apply Anda juga akan ditolak oleh bank. Bahkan sekarang ini selain hadir produk kartu kredit fisik atau konvensional, maka juga telah dihadirkan kartu kredit online yang bisa dijadikan sebagai solusi kemudahan dalam bertransaksi.


Tips Memakai Kartu Kredit Secara Sehat


Meskipun di satu sisi pemakaian kartu kredit menawarkan begitu banyak keuntungan, mulai diantaranya adalah kemudahan dalam bertransaksi, sampai dengan potensi untuk mendapatkan harga yang jauh lebih hemat atau murah, dibandingkan dengan bertransaksi secara tunai atau langsung. 

Namun yang patut untuk diketahui adalah fakta bahwa ada banyak orang yang justru mengalami masalah keuangan setelah menggunakan credit card.

Mungkin banyak diantara Anda yang kenal dengan istilah hutang kartu kredit, semakin dibiarkan maka akan semakin menumpuk jumlahnya, bahkan bisa menyebabkan masalah keuangan. 

Sederhananya adalah bahwa setiap transaksi yang dilakukan dengan memakai kartu kredit berpotensi untuk mendatangkan bunga, beban biaya tambahan. Sehingga jika terus dilakukan, maka secara otomatis nantinya tagihan Anda juga kian membengkak jadi lebih besar bukan. Jika tidak segera dibayar, maka nantinya beban jadi semakin besar lagi, bahkan mungkin akan menyulitkan Anda.

Sebagai langkah untuk antisipasinya, maka berikut ini ada beberapa tips yang dapat diterapkan agar Anda lebih bijak untuk pakai kartu kredit, yaitu:

 

1.      Memantau pengeluaran secara berkala, kartu kredit memang memberikan kemudahan dalam hidup untuk bertransaksi. Namun jangan sampai membuat Anda terlena dalam menggunakannya, bahkan bisa menyebabkan pengeluaran semakin boros. Sehingga hal yang dapat dilakukan adalah dengan aktif memantau pemakaiannya. Hal ini akan sangat membantu dalam mengendalikan pengeluaran Anda agar tidak berlebihan, lakukan pengecekan lewat tagihan bulanan.

 

2.  Membayar kewajiban tepat waktu, selanjutnya jangan lupa dengan kewajiban Anda secara nasabah yang aktif dalam memakai produk keuangan tersebut, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pembayaran kewajibannya. Hal ini juga harus dilakukan setiap bulan, sesuai dengan jumlah yang telah diberikan. Jangan sampai pembayaran melalui jatuh tempo atau nantinya akan dikenai dengan denda.

 

3. Tentukan batas pemakaian kartu kredit Anda, jangan terjebak dengan limit yang besar, karena jika semua limit tersebut Anda habiskan, maka hal ini akan membebani pembayaran. Sehingga hal yang paling penting adalah dengan menentukan batas pemakaian, sehingga tidak berlebih.

 

4. Jangan jadikan kartu kredit sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan Anda, contohnya adalah semua jenis kebutuhan bulanan dibayar dengan memakai kartu kredit. Ini termasuk kesalahan fatal yang nyatanya banyak dilakukan oleh pengguna credit card. Jika Anda membeli dan membayar semua tagihan dengan kartu kredit, maka siap-siap saja pengeluaran bulanan yang sebenarnya normal, meningkat beberapa persen, karena disertai dengan beban biaya bunga yang harus dibayarkan.

 

5.     Pikir baik-baik jika ingin melakukan tarik tunai dengan kartu kredit, meskipun bank penerbit sendiri pada dasarnya menawarkan sejumlah limit yang bisa ditarik tunai, sehingga ketika membutuhkan dana mendadak, maka Anda tinggal melakukan penarikan. 

Namun yang harus diperhatikan disini adalah beban bunga atau denda jika melakukan tarik tunai lewat kartu kredit cukup besar. Kecuali digunakan untuk kebutuhan darurat, maka alangkah baiknya bagi Anda menghindari tarik tunai lewat kartu kredit ini.

 

Pastikan juga tidak asal dalam memilih lembaga penerbit kartu kredit, karena hal ini akan mempengaruhi benefit yang nantinya Anda dapatkan. Serta beban biaya tambahan yang harus dibayarkan. Cukup percayakan kepada bank BCA yang menawarkan banyak pilihan jenis kartu kredit  terbaik, dengan beban bunga dan iuran tahunan yang rendah. Pembuatannya sendiri bahkan mudah karena sekarang ini sudah ada fasilitas apply online.

You Might Also Like

14 komentar

  1. Gaya hidup mempengaruhi juga sih ya seseorang jadi punya cc. Sehingga yg seperti kak Dian bilang, buat kebutuhan hidup aja malah pakai CC. Ini yang kerap bikin salah paham dalam memanfaatkan cc

    BalasHapus
  2. Bener banget, Mbak. Mesti bijak-bijak memakai kartu kredit. Orang dekatku pernah lupa diri dalam makai kartu kredit, akhirnya ya nyusahin keluarga besar. Tapi pernah baca juga pengalaman orang yang disiplin dan bijak memakai kartu kredit untuk usahanya.

    BalasHapus
  3. Jujur sih aku belum pernah pake kartu kredit, emang belum ada kebutuhan kesitu. Cuma memang bener perlu bijak ketika menggunakan kartu kredit, intinya jangan sampe hanya untuk pemenuhan gaya hidup hedon, gunakan sewajarnya saja sesuai kebutuhan.

    BalasHapus
  4. Setuju banget Mbak Aisyah
    Menggunakan kartu kredit, asalkan bijak, sangat menguntungkan
    Karena kartu kredit mencerminkan kepercayaan bank pada pemiliknya
    Kartu kredit juga memberi banyak fasilitas

    BalasHapus
  5. Kartu kredit mah bukan barang baru lagi ya, yang penting ya itu dia kita harus bijak dalam penggunaannya klo kebablasan berbahaya.

    BalasHapus
  6. Saya sampe sekarang belum pernah pakai kartu kredit
    Beneran takut banget ngga bisa kendalikan diri, hehee
    padahal kalau paham aturan malah bisa untung ya mbak...

    BalasHapus
  7. Kalau bagi saya dan suami, CC itu sifatnya adalah BALA BANTUAN dalam keadaan terdesak atau pembayaran secara cash dan debit tidak memungkinkan. Jadi tidak digunakan untuk keperluan konsumtif. Biar tidak terlibat dalam utang dan riba yang bisa melenakan. Memang cara ini butuh kedisplinan dan kesadaran tinggi. Tapi bukan tidak mungkin kita lakukan.

    BalasHapus
  8. Sebenarnya, kalau digunakan secara bijak, penggunaan kartu kredit itu memberikan keuntungan tersendiri ya
    Apalagi klo bisa memanfaatkan promo yang ada

    BalasHapus
  9. Bener banget Mbak. kalau pakai kartu kredit itu harus bijak, biar nggak boncos atau malah gali lobang tutup lobang. apalagi sekarang banyak promo juga. Bisa dipake buat beli tiket pesawat murah juga pas mudik.

    BalasHapus
  10. Ih jadi penasaran sama BCA kartu kredit. Tapi bener sih kak, kartu kredit memang memberi kemudahan di satu sisi, di sisi lain kalau kitanya gak bijak, tau-tau gak bisa bayar cicilannya. Penting banget emang bijak menggunakan kartu kredit jangan sampai kalap dan kelewat waktu pembayarannya

    BalasHapus
  11. Penggunaan kartu kredit memang jadi ngebantu banget, terutama yang sering bepergian keluar negeri atau belanja barang-barang luar negeri. Tapi konsekuensi kemudahannya itu juga ada, jadi kadang sampai lupa yaa.. masih ada tanggungan cicilan barang, misalnya..

    BalasHapus
  12. Setuju sih, pemakai kartu kredit harus mempunyai limit pemakaian sendiri. Karena yg aku tau, jika pembayaran kartu kredit kita bagus, biasanya limitnya akan semakin besar. Jadi jika tergiur memakai kartu kredit hingga batas limit, wah bisa bahaya banget.

    BalasHapus
  13. memakai kartu kredit memang ada positif dan negatifnya ya... tapi jika dipergunakan dengan baik dan bijak harusnya sih aman ya dan malah bisa menguntungkan juga dengan promo-promonya yang menarik

    BalasHapus
  14. Kapan hari liat vt yang mengulas perbandingan beli rumah dengan kartu kredit vs beli rumah dgn kredit agunan bank. Intinya, kartu kredit jika digunakan dengan bijak, sebenarnya menguntungkan.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.