6 Tips Memilih Cloud VPS Terbaik di Tahun 2023

 

 sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-yang-duduk-di-dekat-meja-menggunakan-macbook-1181449/


VPS atau Virtual Private Server merupakan sebuah layanan server virtual yang punya sumber data hanya untuk satu pengguna. Tentu saja VPS ini berbeda dengan shared hosting, karena pada shared hosting, sumber dayanya digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus. 

Jika memiliki traffic website yang cukup tinggi, tentu saja lebih baik Anda memilih menggunakan VPS. Namun yang menjadi pertimbangan di sini adalah bagaimana cara memilih cloud VPS terbaik?

Memilih Cloud VPS Terbaik

Saat ini ada begitu banyak penyedia layanan VPS di Indonesia. Seiring dengan minat pengguna VPS yang semakin meningkat pula. Untuk Anda yang sedang cari cloud VPS, berikut beberapa tips memilihnya.

1.      Ketahui Kebutuhan

Hal pertama yang wajib dipahami ketika sedang cari VPS adalah melakukan identifikasi kebutuhan Anda terlebih dahulu. Ini karena semakin banyak kebutuhan, maka semakin besar sumber daya VPS yang dibutuhkan. Mulai dari situs yang semakin besar atau semakin kompleks, terlebih jika situs yang dimiliki dibuat untuk tujuan bisnis.

VPS tentu tidak hanya punya fungsi sebagai sumber daya untuk menyimpan dan menjalankan situs web saja, namun banyak hal lain yang bisa dilakukan. Identifikasi kebutuhan, membantu Anda lebih mudah merencanakan kebutuhan VPS. Karena migrasi VPS prosesnya jauh lebih rumit dibanding shared hosting.

2.     Kapasitas Bandwith

Saat memilih cloud VPS terbaik, pastikan Anda tahu berapa kapasitas bandwith yang disediakan. Bandwith sendiri merupakan kecepatan maksimum halaman web, jadi semakin tinggi bandwith maka semakin cepat proses transmisi data. Pilih penyedia VPS yang menyediakan bandwith besar  tanpa perlu membayar kelebihan bandwith pada penggunaan normal,  tanpa kuota traffic agar semua layanan yang berjalan di VPS bisa di akses.

3.    Kapasitas RAM dan CPU

Boleh saja jika Anda mencari cloud VPS yang harganya murah, karena saat ini Anda memang bisa menemukan pilihan VPS murah Indonesia. Namun pastikan VPS yang ditawarkan berkualitas. Terutama masalah kapasitas RAM dan CPU pada server VPS, apalagi jika Anda menjalankan lebih dari satu situs web dalam satu VPS.

Biasanya besaran kapasitas RAM dan CPU ini tergantung dari paket VPS yang digunakan. Paling tidak VPS yang digunakan berjalan di RAM dengan kapasitas 4GB. Semakin tinggi paket yang dipilih biasanya semakin banyak pula website yang bisa dimasukkan dan tidak perlu takut web mengalami overload.

4.    Perhatikan Penyimpanan

Berikutnya, penting juga untuk memperhatikan media penyimpanan meski sudah memilih RAM dan CPU dengan kapasitas mumpuni. Saat ini lebih efektif untuk memilih penyimpanan dengan SSD dibanding hardisk. Karena secara kecepatan juga lebih unggul, meski harganya jauh lebih mahal. Dukungan penyimpanan yang cepat tentu dapat melayani proses transmisi data cepat dan proses loading website juga cepat tentunya.

5.    Teknologi yang Digunakan

Karena ada banyak penyedia layanan VPS saat ini, maka saat beli cloud VPS perlu memperhatikan teknologi apa saja yang digunakan. Mulai dari banyaknya dukungan perangkat lunak hingga versi kernel yang digunakan. Karena memang ada beberapa aplikasi, yang tidak mendukung versi kernel tertentu atau harus menggunakan versi kernel terbaru. Kinerja server yang bagus tentu juga berpengaruh pada kualitas SEO sebuah website.

6.    Lokasi Data Center

Saat memilih cloud VPS terbaik, pastikan mengetahui lokasi data center karena akan berpengaruh pada kualitas layanan. Jika target situs Anda adalah Indonesia, maka pastikan lokasi data center di Indonesia pula agar kinerja dan kecepatan akses lebih baik. Penggunaan VPS local tentu lebih disarankan bagi Anda yang punya target pengunjung Indonesia pula.

 

Itu tadi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih cloud VPS terbaik. Untuk yang sedang cari VPS pastikan pilih penyedia yang tepat agar bisa mendapatkan VPS berkualitas. 

Anda bisa mengandalkan salah satu penyedia cloud VPS dari Nevacloud. Di Nevacloud, Anda bebas mengelola server dengan mudah dan juga cepat serta murah. Anda bisa mengelola server hanya dalam satu dashboard saja, Anda juga bisa mendapatkan keamanan ekstra untuk server virtual yang dipilih.

Cloud server murah Nevacloud menawarkan biaya penggunaan VPS yang sangat terjangkau dengan performa terbaik, serta fitur lengkap bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa memilih paket cloud VPS sesuai kebutuhan dan budget pastinya, hanya di Nevacloud.            

      


You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.