Cara Membuat Opor Ayam Tanpa Santan

 



Beragam menu olahan ayam sudah menjadi menu favorit masyarakat Indonesia, salah satunya adalah opor ayam. Anda bisa membuat opor ayam tanpa santan atau membuat opor telur sederhana untuk lauk sehari-hari. Selain itu, opor juga biasa ditemukan pada hari raya lebaran yang biasa dimasak oleh masyarakat saat merayakannya.


Jika Anda suka memasak, cobalah untuk memasak opor ayam tanpa santan. Opor ayam tanpa tambahan santan dapat dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk lansia. Bahkan, kalorinya pun sedikit lebih rendah jika dibanding dengan tambahan santan.


Lantas, bagaimana cara membuat opor ayam tanpa menggunakan santan sebagai bahan tambahannya? Berikut merupakan ulasannya untuk Anda.


Bahan Pembuatan Opor Ayam Tanpa Santan


Opor ayam merupakan menu nusantara yang banyak disukai oleh masyarakat di berbagai kalangan. Untuk membuat opor ayam ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 1 jam. Lalu, bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan?


1 ekor ayam broiler/kampung

3 sdm minyak sayur

2 lembar daun salam dan daun jeruk

1 batang serai, digeprek

2 cm lengkuas, digerek

6 butir kemiri, disangrai

3 butir bawang merah

5 siung bawang putih

4 cm kunyit

2 cm kencur

1 cm jahe

 1/2 sdt jintan

1 sdt ketumbar, merica, gula pasir

1 sdm garam


Anda perlu menyiapkan bahan-bahan tersebut terlebih dahulu sebelum memulai memasak opor ayam tanpa santan. Pastikan Anda mencuci bersih semua bahan bumbu tersebut sebelum diolah.


Cara Membuat Opor Ayam Tanpa Santan




Jika Anda sudah menyiapkan bahan-bahan di atas, selanjutnya adalah cara membuatnya. Di sini, pastikan Anda sudah menyiapkan beberapa peralatan memasak seperti wajan, spatula, sendok, pisau, dan lain sebagainya.


Sebelum memulai pemasakan, Anda perlu menghaluskan bumbu-bumbu terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya dengan cara menguleknya atau melumatkan semua bahan bumbu (kecuali daun-daunan, lengkuas, dan serai).


Jika sudah menghaluskan bumbu, Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya yaitu pemasakan opor ayam.


Pertama, potong-potong ayam menjadi 4 atau 8 bagian. Lalu, cuci bersih dan tiriskan. Sambil menunggu ayam tiris, panaskan minyak goreng secukupnya dan tumis bumbu halus hingga harum dan matang.


Setelah itu, masukkan potongan ayam tadi ke dalam wajan berisi tumisan bumbu, aduk sampai ayam kaku dan warnanya berubah menjadi putih. Jika sudah, masukkan 500 mL air bersih ke dalamnya.


Masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan serai yang sudah digeprek sebelumnya. Gunakan api kecil untuk memasaknya sampai ayam mulai empuk dan kuahnya menyusut. Jika sudah lumayan menyusut dan ayam matang, Anda bisa langsung menyajikannya.


Tips Membuat Opor Ayam Tanpa Santan


Saat membuat opor ayam, ada sejumlah tips yang perlu Anda ketahui agar hasilnya bagus dan rasanya mantap. Opor ayam tanpa menggunakan santan bisa menggunakan ayam kampung, ayam jantan, atau ayan negeri. Pemilihan jenis ayam ini tergantung dari selera Anda. Selain itu, Anda juga bisa memotongnya menjadi 4, 8, atau 12 bagian tergantung dari selera.


Supaya aroma kuah opor ayam kuning tersebut tetap gurih dan harum walaupun tanpa santan, sebaiknya sangrai sebentar beberapa bumbu seperti kemiri hingga agak kecoklatan dan timbul aroma harum.


Setelah itu, saat merebus opor ayam tanpa santan, gunakan api kompor kecil agar bumbu meresap, kuahnya mengental, dan daging ayam bisa empuk hingga ke dalam. Hal ini berlaku juga untuk pembuatan olahan ayam lainnya yang perlu direbus.


Sajian Opor Ayam yang Lezat


Opor ayam yang sudah dimasak dan sudah matang tentu tak sabar untuk segera dicicipi. Olahan opor ayam yang satu ini bisa dikonsumsi bersama nasi hangat atau lontong. Namun, biasanya pada saat hari raya lebaran, opor ayam dikonsumsi bersama lontong atau ketupat. Sebab, rasanya akan lebih nikmat dan menambah variasi konsumsi karbohidrat.


Opor ayam ini dapat bertahan selama beberapa hari. Berbeda dengan opor ayam santan yang mungkin hanya bisa bertahan lebih sebentar dibanding tanpa santan. Opor ayam dengan santan juga perlu menggunakan teknik memasak yang tepat agar santan tidak mudah pecah ketika dimasak.


Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan topping lainnya seperti tahu, tempe, atau kentang di dalam opor tersebut. Biasanya juga sejumlah sayuran ditambahkan seperti tomat, wortel, atau lobak. Jangan lupa juga untuk menambahkan potongan daun bawang dan bawang goreng di atas sajian opor ayam tanpa santan ini agar rasanya lebih nikmat.


Itu dia pembahasan mengenai cara membuat opor ayam tanpa santan yang bisa diolah hanya dalam waktu kurang lebih 1 jam saja. Anda bisa langsung mencobanya di rumah untuk menu sajian makan sehari-hari.


 


You Might Also Like

18 komentar

  1. Kok pas bgt ini mbaaa

    Aku juga lagi ngurangi per santan an.

    Wahh bs bgt aku terapkan tipsnya nih.
    Gosah pakai santan tetap lejaatttt yah

    BalasHapus
  2. Ini cocok untuk diet kolesteol. Suamiku juga kurang suka santan Mbak, kecuali kalau saya buatkan juga lontong/ketupat untuk menemani opornya. Pasti ambil kuah juga banyak. Thanks buat resepnya ya Mbak, next time dieksekusi.

    BalasHapus
  3. Opo ini pas banget..
    Menu yang selalu aku rindu kalau pulkam ke Surabaya. Bukan gak bisa masak opor sendiri, tapi masakan opor ayam Ibu terasa lebih istimewa.

    MashaAllah~
    Dengan menu opor ayam tanpa santan, hangatnya sampai dan gak khawatir dengan kolesterol naik.

    BalasHapus
  4. Oke juga nih resepnya apalagi buat aki yg kadang nggak nyediain santan di rumah, bisa jd inspirasi masak opor yg lebih simpel nih

    BalasHapus
  5. Mbaa terimakasihh resepnya inii cocok banget buat aku yang ga suka santann makanya jarang banget masak opor huhu.. noted

    BalasHapus
  6. Wah, baru tahu kalau opor ayam bisa juga dimasak tanpa santan. Jadi lebih aman untuk menjaga kadar kolesterol ya, Kak. Makasih resepnya.

    BalasHapus
  7. Santan memang bisa digantikan dengan kemiri. Rasanya tak kalah enak. Katanya, santan ditambah daging agak tinggi kolesterol. Nah, kemiri bisa menggantikan santan dan lebih aman dikonsumsi.

    BalasHapus
  8. wah kurang dari sejam sudah matang dan yang paling hepi tanpa santan, pas buat usia jelita kayak saya menunya, lebih sehat, dan tentu jadi ga gampang basi ya

    BalasHapus
  9. Baru tahu opor tanpa santan nyoba ah...lebih sehat tànpa khawatir kolesterol

    BalasHapus
  10. Wah aku belum pernah nyobain masak opor ayam tanpa santan karena selama ini yang ada dimindset yang bikin opor ayam gurih dan lezat adalah santannya, padahal ada beberapa orang yang karena kondisi kesehatannya harus rela diet santan alias sama sekali ngak mengonsumsi santan. Harus nyobain nih, apalagi hari raya sudah ngak lama lagi.

    BalasHapus
  11. Suka banget dengan opor ayam sejak nikah. Anak-anak suka banget bikinan Mbahnya.. padahal nggak pernah nyoba selama di kampuang.. tapi belum pernah coba bikin sendiri resepnya mau coba ah

    BalasHapus
  12. wah aku angkut resepnya mbak... aku juga lagi mengurangi konsumsi santan ini. mantap dah

    BalasHapus
  13. Tetap enak ya mbak walaupun tanpa santan? Bagus juga nih untuk dicoba bagi yang berniat diet dan menjauhi segala macam gorengan dan santan.

    BalasHapus
  14. Waaah boleh juga nih dicoba. Tanpa santan mestinya jadi lebih sehat

    BalasHapus
  15. cocok banget buat saya yang suka opor tapi kurang suka dengan santan apalagi sekarang ada lambung bisa saya cobain niy mba

    BalasHapus
  16. Wah ternyata bisa juga opor ayam tanpa santan ya. Pasti lebih sehat. Save dulu ah kapan kapan mau recook.

    BalasHapus
  17. opor ayam tanpa santan sepertinya biss dicoba nih, kuahnya pasti lebih sugar. Kuncinya ada di api kecil ya biar kuah kental dan bumbu meresap

    BalasHapus
  18. Walau tidak bersantan masih tetap ada lemaknya ya Mbak. Jadi tetap gurih. Kapan-kapan mau coba resep opor ayam tanpa santan ini.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.