Strategi Menabung Sejak awal Menikah untuk Biaya Pendidikan Anak dan Dana Pensiun

 


Finansial menjadi salah satu faktor terpenting yang akan menentukan masa depan kita . Hal ini harus disadari betul dan dipersiapkan dengan sebaik mungkin. 

Bagaimanapun juga kemapanan finansial di masa depan tidak akan bisa diperoleh dengan mudah begitu saja. Dibutuhkan persiapan yang matang dan hal tersebut harus dimulai sedini mungkin.

Pentingnya Biaya Pendidikan Anak


Sebenarnya ada banyak sekali bentuk kebutuhan yang harus dipersiapkan dananya sejak dini. Salah satunya adalah biaya pendidikan anak. 

Hal ini menjadi bentuk kebutuhan yang cukup esensial apalagi jika sudah ada rencana untuk menikah dan akan memiliki anak di masa depan. Demi mencegah kesulitan finansial mencukupi biaya sekolah anak maka penting sekali untuk direncanakan sejak awal.

Masa awal pernikahan menjadi waktu yang tepat untuk mempersiapkan uang pendidikan anak di masa depan. Mengapa di masa awal menikah? Apakah tidak terlalu awal? Tentu saja tidak! 

Salah satu kunci penting dalam manajemen finansial adalah persiapkan dana sebelum kebutuhannya ada. Jauh sebelum punya anak, sangat disarankan untuk mulai mempersiapkan dana pendidikannya terlebih dahulu.

Perlu dicatat, saat ini biaya pendidikan semakin mahal. Coba bayangkan saja, jika tidak ada persiapan finansial yang matang maka akan sangat sulit untuk mencukupi kebutuhan biaya tersebut. Bahkan bisa saja di masa depan nanti biaya pendidikan bertambah besar dan semakin memberatkan jika tidak ada persiapan sama sekali.

Sebelum punya anak dan harus menanggung beban biaya pendidikan, maka sebaiknya dipersiapkan dulu. Masa awal pernikahan menjadi waktu yang sangat pas untuk mulai menabung biaya pendidikan anak. Alokasikan dana ini di wadah yang tepat dan pastikan untuk tidak menggunakannya sampai nanti tiba waktu anak-anak membutuhkan biaya pendidikan.

Bagaimana jika belum ada calon anaknya? Kesampingkan dulu masalah tersebut. Lebih baik fokus dulu pada tujuan menabung. Jika nanti mendapatkan anaknya maka bisa didiskusikan lebih lanjut. Lakukan pembagian yang tepat agar beban pendidikan anak ini terasa lebih ringan karena ditanggung bersama.

Persiapan Dana Pensiun



Selain biaya pendidikan anak, dana pensiun juga menjadi salah satu aspek yang penting untuk dipersiapkan sejak dini. Masih muda dan masih kuliah, apakah tidak terlalu awal untuk mempersiapkan dana pensiun di masa tua? Jelas tidak! Sama halnya seperti biaya pendidikan anak tadi, dana pensiun ini juga wajib dipersiapkan sebelum dibutuhkan.

Seperti apa masa pensiun yang diinginkan? Sepertinya semua orang berharap bisa menikmati masa pensiun yang nyaman dengan kondisi finansial yang mapan, bukan? Jika ini yang diharapkan maka persiapan finansial sejak dini sangatlah penting untuk dilakukan.

Mulai berkomitmen menabung sejak dini untuk persiapan dana pensiun adalah sebuah hal yang sangat baik. Meskipun mungkin belum ada pemasukan besar, namun konsistensi adalah kunci penting. Konsisten saja sisihkan dana untuk dialokasikan sebagai persiapan pensiun. Jika sudah bekerja dan mendapat penghasilan maka jumlah dana yang disisihkan bisa ditambah lagi.

Sama seperti persiapan biaya pendidikan anak, dana pensiun ini harus dialokasikan ke aset yang tepat. Pastikan bahwa dana pensiun tersebut ditabung ke tempat yang tidak mudah dijangkau dalam waktu dekat. Harus ada komitmen untuk mengambil dana pensiun tersebut jika waktunya sudah tiba.

Cara Menabung Sejak Awal Menikah

Pada dasarnya menabung itu cukup mudah untuk dilakukan. Prinsip penting dalam menabung adalah menyisihkan uang yang dimiliki sampai terkumpul dalam jumlah tertentu. Proses ini sangat disarankan untuk dilakukan sejak dini. Berikut ini beberapa strategi mudah menabung sejak kuliah yang bisa diterapkan:

1.   Catat Sumber Pemasukan

Pertama, catat dulu sumber pemasukan yang dimiliki. Sebagai istri pemasukan bisa berasal dari banyak sumber. Sebagian besar pemasukan yang dimiliki berasal dari gaji suami. Selanjutnya pemasukan bisa berasal dari pendapatan bekerja sendiri  jika memang  beruntung mendapat subsidi dari orang tua dan ada juga yang sudah bekerja sampingan sehingga bisa mendapat pemasukan tambahan.

Buat rincian dari mana sumber pemasukan yang diperoleh setiap bulan. Jika perlu catat juga berapa jumlahnya sehingga bisa tahu ada berapa uang yang bisa ditabung. Saat mencatat pemasukan ini, tidak ada salahnya untuk mulai membagi alokasi dana. Misalnya, berapa banyak untuk kebutuhan sehari-hari dan berapa banyak yang bisa disisihkan untuk menabung.

2.  Tentukan Tujuan Menabung

Selanjutnya tentukan tujuan menabung. Ini juga menjadi kunci penting dalam keberhasilan menabung dan manajemen finansial. Harus ada tujuan yang jelas jadi ada motivasi dan arah penggunaan dana juga tepat. Selain biaya pendidikan anak dan dana pensiun seperti yang disebutkan tadi, bisa juga digunakan tujuan finansial lain sesuai kebutuhan.

Tujuan menabung ini juga akan menentukan seperti apa metode menabung yang dipakai. Apakah hanya ingin menabung secara konvensional di bank? Apakah ingin disimpan dalam bentuk logam mulia? Apakah ingin diubah menjadi bentuk investasi ke beberapa aset? Pilihan ini bisa diambil berdasarkan tujuan menabung tadi.

3.  Pilih Metode Menabung yang Tepat

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, segera pilih metode menabung seperti apa yang ingin dilakukan. Pelajari dulu ada berapa banyak pilihan cara menabung yang bisa diambil. Misalnya, menabung konvensional dengan membuka rekening khusus di bank. Bisa juga dengan menabung dalam bentuk aset reksadana di aplikasi smartphone.

Ingat, sesuaikan metode menabung dengan tujuannya. Jika tujuan menabung adalah untuk mempersiapkan biaya pendidikan dan dana pensiun, maka bentuk tabungan yang mengarah ke investasi jangka panjang bisa jadi pilihan. Hindari bentuk tabungan konvensional karena nilai uang bisa tergerus inflasi dan malah berkurang di masa depan.

4.  Gunakan Kalkulator Menabung



Ini dia tips yang paling penting dalam menabung yaitu memakai kalkulator menabung. Kalkulator yang dimaksud di sini adalah alat untuk menghitung nilai tabungan kita dalam jangka waktu tertentu.

Tujuan dari penggunaan kalkulator ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak dana tabungan yang bisa terkumpul jika menabung dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu tertentu pula.

Bingung harus memakai kalkulator menabung seperti apa? Gunakan beberapa fitur kalkulator yang super lengkap yang ada di savingscalculator.org. 

Website ini menawarkan fitur perhitungan dana tabungan dengan mudah dan hasilnya juga terbilang sangat akurat. Cara pemakaiannya pun begitu praktis karena tinggal isi data yang dibutuhkan.

Lewat fitur perhitungan yang ada di savingscalculator.org kita semua bisa memiliki data yang akurat sebelum mulai menabung. Jadi ada perhitungan yang tepat berapa lama dana tabungan bisa mencapai target. Tentunya dengan jumlah tertentu dana yang disisihkan ke dalam tabungan tersebut.

Melalui perhitungan ini, kita semua bisa lebih mudah menentukan strategi menabung. Apalagi jika ada beberapa target yang harus dipenuhi. Jika ternyata target terlalu lama tercapai dan tidak sesuai harapan maka jumlah tabungan bisa diubah. Tentu saja ini bisa dilakukan dengan perencanaan yang matang khususnya dalam mengoptimalkan pemasukan.

Savingscalculator.org kini benar-benar Menjadi solusi untuk membantu siapa saja untuk menabung dan mempersiapkan dana masa depan. Manajemen finansial jadi jauh lebih mudah dan efektif karena ada perhitungan yang akurat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan mulailah memperhitungkan finansial masa depan dari sekarang.




15 komentar

  1. Saya juga setuju menabung dilakukan seawal mungkin. Kita nggak pernah tahu bagaimana anggaran kebutuhan di masa depan. Sebaiknya, amankan pos finansial selagi masih muda dan produktif.

    BalasHapus
  2. Biaya pendidikan harus jadi prioritas kita. Tapi tetap ya, menyekolahkan anak di sekolah yang biayanya masih terjangkau.

    BalasHapus
  3. wahh ini aplikasi baru ya sepertinya.. saya mau mencoba juga. memang saat menikah saya dan suami mulai mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak

    BalasHapus
  4. Menabung ini memng harus dipaksakan, walaupun sulit. Apalagi di awal pernikahan yang masih pas-pasan. Terima kasih tipsnnya mbak

    BalasHapus
  5. Kalkulator menabung gini pastinya membantu banget ya, terutama buat kita yang emang udah ada target tertentu. Jadi tahu harus menabung berapa banyak untuk mendapatkan/mencapai target tersebut. Saya mau coba fitur-fitur lainnya ah

    BalasHapus
  6. Mengatur keuangan memang hal yg sangat penting

    Menabung demi hal2 baik jg butuh
    Strategi jitu yah.

    Makasi rekomendasi nya Kak

    BalasHapus
  7. Wow banget nih. Tapi dah telat banget kalau mau dipraktekkan . Soalnya sudah menikah. Tapi Masya Allah jadi pengingat buat saya lebih bisa mengontrol diri dan mengatur keuangan lebih baik

    BalasHapus
  8. Iya nih, sejak awal nikah harus rajin nabung buat anak kelak dan masa depan jg pastinya. Makasih tips.y kam

    BalasHapus
  9. Setiap bulan saya mencoba untuk disiplin dengan pos-pos keuangan, termasuk di dalamnya menabung. Memang sulit sih hahaha. Tapi harus dilakukan agar gak terjebak dengan euforia tanggal muda dan semua tujuan finansial pun bisa tercapai pada waktunya.

    BalasHapus
  10. menanbung memang sangat penting ya mba untuk berjaga-jaga, savingcalculator ini bisa jadi rekomendasi untuk saya yang sering kebingungan dalam menyisihkan uang untuk menabung

    BalasHapus
  11. Artikelnya membantu banget buat merencanakan masa depan dan gimana cara nabung yang bener

    BalasHapus
  12. Bisa dicoba nih, aku tim yang sering boncos tiap bulan. Apalagi terkait isu resesi kudu siap2 banget

    BalasHapus
  13. Aplikasi ini membantu banget, biar konsisten nabung walaupun sulit pada awalnya.

    BalasHapus
  14. Penting buat kita menabung sejak dini karena banyak hal sewaktu-waktu yang bisa terjadi. Apalagi sekarang semua harga serba melonjak tinggi tidak diiringi dengan pemasukan yang stabil. Semoga kita semua bisa menabung dengan pintar yaa

    BalasHapus
  15. Asik banget karena meski menabung, tapi kalau ada goals atau tujuannya, menjadi lebih bersemangat mewujudkan impian yang ingin dicapai. Kalkulator menabung ini bisa jadi tolak ukur juga ya.. Savingscalculator.org kudu dimanfaatkan agar strategi menabung dan finansial planning yang lebih sehat.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.