Mau Kulit Bebas Kusam? Ikuti Langkah Berikut Ini!


Sumber: canva.com

 

Kulit menjadi salah satu bagian tubuh yang memerlukan perhatian ekstra. Selain karena kulit adalah lapisan paling luar, kulit juga menjadi bagian tubuh yang sering terekspos. 

Banyaknya debu, paparan sinar matahari, polusi, dan hal-hal lain dari luar dapat menyebabkan kondisi kulit berubah. Salah satu dampaknya adalah kulit bisa menjadi berjerawat, kering, komedo, dan kusam.

Berbicara tentang kulit kusam, setiap orang pasti ingin memiliki kulit cerah dan sehat yang bebas kusam. Namun, meskipun kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, kulit kusam bisa menjadi masalah siapa pun. Oleh sebab itu, kulit perlu dirawat agar terhindar dari masalah tersebut.

Merawat kulit memang susah-susah gampang, akan tetapi, kamu dapat melakukan perlindungan agar kulitmu tetap sehat dan terawat. Untuk merawatnya, kamu memerlukan beberapa panduan agar kulitmu terhindar dari kusam dan tetap cerah.

Penasaran apa saja? Yuk, simak langkah-langkah untuk merawat kulit agar bebas kusam di bawah ini.


1. Rutin Menggunakan Tabir Surya

Sinar matahari bisa menjadi penyebab utama dalam membuat kulit menjadi kusam. Terlalu sering berada di bawah sinar matahari tentu tidak baik untuk kesehatan kulitmu. 

Sinar matahari bisa membuat kulit menggelap dan bahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan kulit. Untuk mencegahnya, kamu perlu menggunakan tabir surya secara rutin, baik untuk permukaan wajah maupun kaki dan tangan.

Bukan sebuah rahasia lagi jika tabir surya memerankan peran yang sangat penting untuk melindungi kulit tetap cantik dan tidak kusam. 

Tabir surya memiliki kandungan SPF yang akan mencegah kulit terpapar sinar matahari langsung. Saat ini, banyak produk tabir surya yang memiliki tekstur ringan sehingga mudah menyerap dan nyaman digunakan. Selain itu, ada juga berbagai produk tabir surya yang memiliki efek tone-up sehingga akan membuat kulitmu terlihat lebih cerah.


2. Lakukan Eksfoliasi

Kulit kusam bisa menjadi tanda bahwa telah menumpuknya sel-sel kulit mati. Untuk memperbarui kulit, sel-sel di kulit kita selalu melakukan regenerasi pada beberapa waktu tertentu. 

Sebelum masuknya siklus tersebut, akan ada penumpukan sel kulit mati pada permukaan kulit wajah yang menyebabkan kulit tampak lebih kusam. Eksfoliasi adalah solusi tepat bagi kamu untuk membuang sel-sel kulit mati tersebut.

Lakukanlah eksfoliasi rutin pada wajah setiap dua atau tiga kali seminggu. Cara ini efektif untuk menghindari kulit kusam dan membuat kulit wajah terlihat lebih segar dan sehat. 

Kamu dapat melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub yang dipijat lembut pada permukaan kulit. Selain itu, kamu juga dapat melakukan eksfoliasi dengan mudah melalui pemakaian skincare yang mengandung AHA dan BHA yang bisa mengangkat sel kulit mati.


3. Rutin Menggunakan Masker Wajah

Sumber: canva.com

 

Salah satu cara untuk melindungi dan mengembalikan kulit yang kusam adalah dengan rutin menggunakan masker wajah.

Produk kecantikan yang satu ini sebenarnya memiliki banyak fungsi dan manfaat lain selain untuk kulit kusam seperti menghilangkan flek hitam, melembapkan kulit, dan lain-lain. Namun, rutin menggunakan masker wajah adalah salah satu langkah preventif agar kulit tetap cerah dan tidak kusam.

Menggunakan masker juga bisa membuat rileks otot-otot pada wajah yang tegang sehingga bisa membuat wajah tampak awet muda. Kamu dapat menggunakan masker dalam bentuk sheet mask, masker krim, clay, dan lain-lain. 

Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan jenis masker pada kulit untuk menghindari terjadi iritasi pada kulit yang sensitif.


4. Bersihkan Wajah

Kebersihan wajah menjadi faktor utama untuk menghindari kulit kusam. Kotoran dan debu yang menumpuk pada permukaan kulit wajah setelah beraktivitas dapat membuat wajah menjadi lebih gelap.

 Jika dibiarkan terus-menerus bukan hanya kulit kusam yang akan menjadi masalahnya, melainkan permasalahan kulit lain seperti jerawat, komedo, kerutan, dan lain-lain.

Kamu bisa mencegahnya dengan rutin membersihkan wajah terutama setelah melakukan kegiatan di luar ruangan. Jika sering menggunakan makeup, kamu perlu melakukan double cleansing untuk mencegah tersisanya produk makeup pada permukaan kulit. 

Caranya mudah, cukup gunakan micellar water dan setelah itu, bersihkan menggunakan sabun cuci muka. Dengan melakukannya, kulitmu dapat bernapas dan terhindar dari penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan kulit kusam.


5. Jangan Lupa Pelembap

Saat kamu memiliki kulit yang berminyak, terkadang malas untuk menggunakan pelembap karena hanya akan membuat kulitmu tampak semakin berminyak.

Anggapan ini sudah seharusnya kamu buang jauh-jauh jika ingin kulit yang cerah dan sehat. Pelembap sangat penting untuk melindungi skin barrier-mu dari kerusakan. Selain itu, pelembap juga bisa membuat ketahanan make up jadi lebih lama.

Kondisi kulit orang berbeda-beda, untuk itu gunakanlah pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, gunakanlah pelembap yang memiliki label non-komedogenik dan untuk kulit kering, pilihlah pelembap yang memiliki kandungan dimetikon, asam hialuronat , lanolin, dan lain-lain. 

Ada banyak merek pelembap yang memiliki harga terjangkau sehingga tidak perlu khawatir dengan harga yang mahal. Jadi, jangan lupa pakai pelembap, ya!

Penutup

Kulit kusam memang tidak diinginkan oleh siapa pun. Namun, melakukan perawatan untuk mencegah masalah tersebut sepertinya masih diabaikan oleh beberapa orang. Untuk itu, jika kamu menginginkan kulit yang cerah, langkah-langkah di atas dapat membantumu. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.