5 Tips Mudah Memilih Web Hosting Berkualitas

 



Web hosting menjadi poin penting yang harus dipikirkan baik-baik saat Anda akan memulai sebuah website. 

Karena web hosting ini merupakan sebuah media yang akan menyimpan beragam bentuk data website Anda mulai dari tulisan, gambar, juga video. 

Pastikan untuk memilih layanan hosting yang berkualitas dan bisa diandalkan agar website Anda bisa diakses dengan lancar sekaligus punya performa yang optimal.


Tips Memilih Hosting

Saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa hosting dengan berbagai bentuk spesifikasi. 

Penting sekali untuk tetap teliti menentukan mana layanan hosting terbaik yang bisa diandalkan. 

Berikut adalah 5 tips mudah memilih hosting yang berkualitas untuk website Anda:

1.  Pahami Kebutuhan Website

Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis hosting yang bisa digunakan saat ini. Setiap tipe hosting menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. 

Fungsinya pun berbeda dan ditujukan untuk jenis website yang tidak sama. Jadi, pastikan Anda mengetahui kebutuhan website sehingga bisa mendapatkan hosting yang spesifikasinya paling sesuai.

Misalnya untuk blog pribadi, Anda bisa menggunakan jenis shared hosting. Kemudian untuk website perusahaan atau toko online lebih disarankan memakai cloud hosting. 

Cobalah untuk mencari referensi lebih lengkap mengenai tipe-tipe hosting beserta spesifikasinya sehingga Anda tahu mana yang paling cocok dengan kebutuhan.


2.  Cek Performa Server

Penting sekali untuk memastikan server memiliki performa yang bagus agar website bisa dikembangkan dengan lancar.

Cari tahu dulu bagaimana kualitas server yang akan digunakan. Mulailah dengan melihat teknologi yang dipakai, kecepatan prosesornya, kapasitas RAM, network speed, dan harddisk. 

Selain itu pertimbangkan juga lokasi server yang menyediakan layanan hosting.

Setelah mempertimbangkan banyak faktor, maka Anda bisa menyimpulkan apakah server tersebut memang berkualitas atau tidak. Anda dapat menentukan apakah memang performa server cukup bagus sesuai kebutuhan website atau tidak. Jangan asal pilih server tanpa melihat detail spesifikasi yang ditawarkan server.


3. Pastikan Ada Dukungan 24 Jam

Sangat disarankan untuk memilih layanan web hosting yang menyediakan dukungan customer selama 24 jam. 

Website Anda akan diakses selama 24 jam yang artinya kendala bisa terjadi kapan saja. Kapanpun Anda membutuhkan bantuan teknis, tentu Anda harus bisa mendapatkannya dengan mudah.

Selain hadir 24 jam, customer support ini juga harus andal dan terampil dalam menyelesaikan berbagai masalah. 

Sangat menguntungkan jika customer support yang bekerja bisa memberi solusi tepat dalam waktu singkat. Perhatikan pula pilihan cara yang tersedia untuk terhubung dengan layanan CS. Jauh lebih baik jika pilihannya lengkap mulai dari panggilan telepon, chat, email, dan lain-lain.


4.  Pertimbangkan Harga

Penting sekali untuk mempertimbangkan harga sebelum mantap membeli layanan hosting. 

Penawaran harga masing-masing perusahaan bisa saja berbeda. Anda sebaiknya membuat perbandingan terlebih dahulu. 

Namun tidak hanya membandingkan harga, Anda juga perlu membuat perbandingan dari segi spesifikasi dan kualitas.

Pastikan bahwa layanan hosting yang akan Anda pilih memang menawarkan kualitas dan spesifikasi setara dengan harganya. 

Hal ini sebenarnya jauh lebih menguntungkan daripada memilih hosting yang murah tapi spesifikasinya tidak memuaskan dan tidak bisa memenuhi kebutuhan Anda. 

Tak ada salahnya membuat perbandingan dari beberapa tempat agar bisa dipilih mana yang terbaik.


5. Lihat Ulasan dari Pengguna

Bagi para pemula, mungkin akan lebih sulit menemukan layanan hosting yang tepercaya dan berkualitas. 

Tak perlu bingung sebenarnya karena mudah saja untuk mengetahui track record sebuah penyedia layanan hosting. Langsung saja baca review atau ulasan dari pengguna-pengguna sebelumnya. 

Ini akan jauh lebih mudah karena Anda bisa langsung menilai seperti apa kualitas layanan hosting tersebut.

Jauh lebih baik jika Anda memilih layanan hosting yang mendapat review positif dari banyak pengguna. 

Ini artinya layanan tersebut memang menawarkan kualitas dan bisa diandalkan. Jangan lupa, pastikan untuk membaca lebih dari satu ulasan agar bisa melihat dari berbagai sudut pandang penilaian.

DomaiNesia menjadi salah satu layanan penyedia web hosting berkualitas yang bisa dijadikan pilihan. 

Tersedia banyak penawaran tipe hosting dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Anda juga bisa mendapat banyak informasi menarik termasuk cara belajar coding lewat website DomaiNesia. Kunjungi website-nya atau hubungi layanan konsumen untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.


11 komentar

  1. Wah ini dia, kalau menurut mbak dian apa yg paling cocok untuk web saya

    BalasHapus
  2. Aku juga suka beli ketika review atau ulasannya bagus kak, serta untuk perbandingan harga aku selalu pastikan yg harganya murah dan kualitas bagus hehe

    BalasHapus
  3. Aku sekarang pakai semi VPS karena kebutuhan blog yang semakin besar. Pakai shared hosting sudah tidak mumpuni lagi :)

    BalasHapus
  4. Pengen banget memang pake hosting, Mba. Tapi karena belum ada jawaban yang pas selama ini, ya masih mandeg. Semoga ketika udah nemu nanti bisa coba pakai platform blog yang pakai hosting juga.

    BalasHapus
  5. Memilih dan memilah hosting akan menyenangkan jika sesuatu harapan. Website pun jadi lancar.

    BalasHapus
  6. aq pun kalo mau beli hosting selalu nyari dulu mana review nya yang bagus dan yang harganya bersahabat.

    BalasHapus
  7. Urusan hosting emang nggak bisa main-main. Penting banget untuk cari tahu spesifikasi dan kualitasnya. Agar nggak salah pilih dan bikin kita kerepotan sendiri karena kendala teknis masalah hosting. Domainesia mungkin bisa jadi salah satu alternatif bagus untuk pemilihan hosting.

    BalasHapus
  8. Biasanya aku sih lihat komen di reviewnya sih. Kalau bagus, aku pertimbangkan juga. Kalau kurang, ya ditinggal. Hehe..domanesia favorit juga nih

    BalasHapus
  9. ternyata banyak yang harus diperhatikan ya mbak sebelum emmilih hosting, membaca ulasan teman-teman blogger tentang hosting, jadi terbayang hosting mana yang recomended, saya masih baru jadi masih banyak mengamati saja dulu, terima kasih sharingnya

    BalasHapus
  10. Domainesia tanggap pelayanannya ya, ka, siap meluncur deh ke websitenya untuk gali ilmu coding. Thanks for sharing, ka.

    BalasHapus
  11. Nah, saya perlu banget yg 24 jam CS nya melayani. Kadang kan kita dapat job malam gitu urgent, tiba tiba jaringan server eror. Duh deg degan saya

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.