Mobile Banking, Cara Kerja dan Keuntungan yang Diberikannya

 

C:\Users\Anggra\Downloads\pexels-anete-lusina-5721014.jpg

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pengusaha-pria-tangan-jalan-5721014/ 


Di era yang canggih seperti sekarang ini, berapa kali dalam sebulan kamu mengunjungi bank? Mungkin tidak sering, berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Saat ini semua kebutuhan dapat kamu lakukan dengan mudah menggunakan Mobile Banking atau M-Banking. 


Dengan menggunakan M-Banking, kita tidak perlu datang ke bank hanya untuk melakukan pengecekan transaksi. M-Banking pada dasarnya merupakan layanan yang dibuat oleh pihak bank agar kamu bisa melakukan berbagai macam transaksi keuangan dari ponsel pintarmu. 


Kamu juga tidak perlu cemas dengan masalah keamanan transaksi karena sistem yang dimiliki M-Banking dibuat dengan sedemikian rupa, sehingga bila ingin melakukan transaksi, pemilik harus memasukkan password yang sudah didaftarkan.


Fungsi Mobile Banking


Dengan berjalannya waktu, fungsi yang dimiliki M-Banking semakin bertambah, sehingga kamu dapat menggunakan M-Banking untuk berbagai kebutuhan. M-Banking bukan hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi terima dan kirim uang.


Berbagai macam tagihan bisa dengan mudah kamu bayar menggunakan aplikasi mobile banking seperti membayar tagihan internet, tagihan listrik, tagihan PAM, kartu kredit dan yang lainnya.


Bukan hanya itu, jika kamu ingin melakukan transaksi belanja seperti pembayaran di marketplace, kamu bisa menggunakan nomor Virtual Account atau VA.


Dengan berbagai macam fungsi yang dimiliki M-Banking, tentu hal-hal yang berhubungan dengan keuangan bisa lebih mudah dan cepat. 


Cara Kerja Mobile Banking


Sebenarnya, bagaimana cara kerja yang dimiliki M-Banking ini. Cara kerja yang dimiliki M-Banking sama dengan layanan lain yang bank berikan. Untuk menggunakan M-Banking, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke bank. 


Bila sudah selesai melakukan pendaftaran, kamu bisa menggunakan layanan aplikasi mobile banking dengan mengakses menu yang sudah terinstal di ponsel. Kamu harus mengunduh kemudian menginstal aplikasi terlebih dulu. 


Jika aplikasi sudah terinstal, dengan baik, kamu diharuskan memasukkan User-ID serta password untuk melakukan login. Nantinya, kamu bisa memilih menu transaksi yang tersedia serta diminta memasukkan OTP atau PIN ketika melakukan transaksi. 


Keuntungan Menggunakan Mobile Banking


C:\Users\Anggra\Downloads\pexels-tima-miroshnichenko-6693631.jpg


Sebagai salah satu layanan unggulan bank, tentu saja ada berbagai keuntungan menggunakan M-Banking. Berikut beberapa diantaranya, seperti:


1. Lebih Praktis


M-Banking begitu digemari karena sangat praktis. Ketika sudah menggunakan M-Banking, kamu tidak perlu lagi ribet pergi ke bank untuk melakukan pembayaran tagihan. Semua dapat kamu lakukan secara langsung dari genggaman tangan. 


2. Mutasi Rekening Tercatat dengan Rapi


Ketika sudah menggunakan Mobile Banking, kamu tidak perlu menyimpan banyak struk pembayaran serta mengecek satu persatu transaksi yang kamu lakukan. M-Banking sudah mencatat real-time semua transaksi tersebut.


Bukan hanya itu, kamu juga dapat memasukkan keterangan dari setiap transaksi. Bila di ATM kamu harus memasukkan kode khusus untuk semua berita transaksi, dengan menggunakan M-Banking, kamu dapat mengeditnya dengan menggunakan huruf. 


3. Bisa Mengetahui Sumber Dana dengan Mudah


Keuntungan yang satu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis. Dengan menggunakan Mobile Banking, kamu bisa mengetahui darimana sumber dana yang masuk sehingga tidak perlu meminta pada pelanggan untuk melakukan pengiriman bukti transfer serta melakukan pengecekan saldo di ATM secara manual. 


Tentu saja metode ini akan terasa bila kamu pebisnis yang masih menyatukan rekening pribadi serta rekening untuk usaha.


4. Transaksi Selama 24 Jam Bisa dari Mana Saja 


Seperti yang kita ketahui, e-commerce beroperasi hingga 24 jam. Sehingga, ketika kamu ingin melakukan transaksi saat tengah malam sekalipun, kamu bisa melakukannya dengan mudah dari mana saja. 


5. Transaksi Bisa Dilakukan dengan Aman


Harus diakui jika keamanan transaksi merupakan salah satu keunggulan yang ditawarkan mobile banking. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, aplikasi ini dibuat dengan sedemikian rupa untuk dapat meminimalisir risiko kerugian serta penipuan. 


PermataMobile X, Solusi M-Banking Terpercaya


Saat ini hampir semua bank menyediakan layanan mobile banking. Namun, sebagai nasabah tentu saja kamu harus memilih bank yang bisa diandalkan untuk solusi keuanganmu. Salah satu pilihannya adalah PermataMobile X


PermataMobile X merupakan aplikasi M-Banking yang dimiliki PermataBank. PermataMobile X mempunyai berbagai macam fitur sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan perbankan serta memudahkan transaksi yang kamu lakukan. 


Berikut berbagai kelebihan yang dimiliki PermataMobile X, antara lain:


1. Menggunakan Teknologi Canggih


PermataMobile X memiliki teknologi canggih sehingga terdapat ratusan fitur perbankan di dalamnya yang bisa memudahkan transaksimu. 


2. Transaksi Terjamin Aman


Dengan menggunakan PermataMobile X, transaksi perbankan yang kamu lakukan akan dijamin aman. PermataMobile X juga memiliki fitur login dengan menggunakan sidik jari serta face ID.


3. Lebih Praktis


Dengan menggunakan PermataMobile X, kamu bisa membuka rekening, cek mutasi, transfer, membayar kartu kredit, hingga mengajukan KTA. Bayangkan, semua hal tersebut bisa kamu lakukan hanya menggunakan 1 aplikasi Mobile Banking saja.  


Selain memiliki berbagai macam kelebihan, ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan menggunakan PermataMobile X, seperti:


-Cek mutasi rekening hingga mencapai 12 bulan

-Melakukan pembayaran berbagai tagihan

-Isi ulang token listrik, pulsa, voucher game dan lainnya

-Membuat rekening tabungan, pengajuan KTA, mengajukan kartu kredit

-Melakukan transaksi pembelian, penjualan serta switching Reksa Dana

-Melakukan pembayaran dengan menggunakan fitur QR Pay

-Melakukan tarik tunai di semua gerai Indomaret dengan menggunakan fitur mobile cash

-Mengirim WhatsApp Gift yakni transfer dana yang disertai dengan kartu ucapan

-Melakukan pengajuan kenaikan limit kartu kredit 


Dengan berbagai keuntungan dan fitur yang dimiliki PermataMobile X, yakin tidak ingin mencoba mobile banking canggih ini? 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.