Apa Itu Investasi S&P 500 dan Cara Berinvestasi dengan Dana Indeks

 

 

Dana indeks 500 Standard & Poor’s adalah salah satu investasi paling populer saat ini. Indeks S&P 500 yang menjadi dasar dana ini telah mengembalikan rata-rata sekitar 10 persen setiap tahunnya secara konsisten, dan mewakili ratusan perusahaan terbaik Amerika Serikat. Dengan dana indeks S&P 500 Anda memiliki peluang untuk menguasai pasar.

Faktanya, investor legendaris Warren Buffett telah lama menyarankan investor untuk membeli dan menahan dana indeks S&P 500. Jadi, jika Anda mempertimbangkan satu untuk portofolio Anda, inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai dengan cek harga index S&P 500 Pluang.com.

 

Apa Itu Dana Indeks?

Dana indeks adalah jenis dana investasi, baik reksa dana atau ETF, yang didasarkan pada indeks. Indeks adalah kumpulan saham yang telah ditentukan sebelumnya, dan dana indeks hanya meniru komposisi saham dalam indeks, daripada mencoba memilih saham mana yang akan mengungguli. Jadi dana indeks adalah investasi yang dikelola secara pasif, hanya menyesuaikan kepemilikannya saat indeks yang mendasarinya berubah.

Dana indeks biasanya dibuat di sekitar tema tertentu. Misalnya, ada indeks untuk perusahaan berdasarkan lokasi geografis mereka (seperti A.S.), ukurannya (perusahaan besar, seperti dalam S&P 500), sektor mereka (seperti semikonduktor atau perawatan kesehatan), atau apakah mereka membayar dividen. Sebuah indeks mungkin juga hanya terdiri dari obligasi, atau hanya obligasi dengan kualitas dan durasi tertentu.

 

Apa Itu S&P 500?

Meskipun ada hampir semua indeks, yang paling terkenal didasarkan pada Dow Jones Industrial Average, Standard & Poor’s 500, dan NASDAQ 100. Dari jumlah tersebut, Indeks S&P 500 telah dilihat sebagai penentu arah pasar saham Amerika. Dana indeks ini berisi sekitar 500 perusahaan terbesar di Amerika Serikat, dan ketika investor berbicara tentang “mengalahkan pasar,” S&P 500 sering dianggap sebagai patokan.

Sebaliknya, Dow Jones Industrials hanya berisi 30 perusahaan, sedangkan NASDAQ 100 berisi sekitar 100 perusahaan. Sementara kepemilikan indeks ini tumpang tindih, S&P 500 berisi berbagai perusahaan terluas di seluruh industri dan merupakan yang paling terdiversifikasi dari ketiga indeks tersebut.

 

Cara Membeli Dana Indeks S&P 500

Sangat mudah untuk membeli dana S&P 500. Anda dapat mengatur akun Anda untuk membeli dana indeks dengan auto-pilot, sehingga Anda hampir tidak perlu memantau akun, atau Anda dapat memasukkan perdagangan Anda secara manual.

  1. Temukan dana indeks S&P 500 Anda

Sebenarnya mudah untuk menemukan dana indeks S&P 500, bahkan jika Anda baru mulai berinvestasi. Bagian menarik dari dana indeks adalah memiliki saham dan bobot yang persis sama dengan dana lain berdasarkan indeks yang sama. Dalam hal ini, seperti memilih di antara lima restoran McDonald’s yang menyajikan makanan yang persis sama. Mana yang akan Anda pilih? Anda mungkin akan memilih restoran dengan harga terendah, dan biasanya sama dengan dana indeks.

 

Dalam berinvestasi, membayar lebih tidak selalu menghasilkan pengembalian yang lebih baik. Faktanya, hubungan antara biaya dan pengembalian seringkali terbalik. Karena dana ini sebagian besar sama, pilihan Anda bukanlah keputusan “membuat atau menghancurkan.” Anda dapat mengharapkan untuk mendapatkan kinerja indeks, apa pun itu, dikurangi rasio pengeluaran atau biaya apapun yang Anda bayarkan. Jadi biaya merupakan pertimbangan penting di sini. Pilih dana Anda dan catat simbol ticker-nya, meliputi kode abjad dari tiga hingga lima huruf.

 

  1. Buka akun investasi Anda atau buka akun baru

Setelah memilih dana indeks, Anda tentunya ingin mengakses akun investasi Anda, apakah itu 401(k), IRA, atau akun pialang kena pajak biasa. Akun ini memberi Anda kemampuan untuk membeli reksa dana atau ETF, dan Anda bahkan mungkin dapat membeli saham dan obligasi nanti, jika Anda memilih untuk melakukannya.

 

Jika tidak memiliki akun, Anda harus membukanya, yang dapat dilakukan dalam 15 menit atau kurang. Anda akan menginginkan yang cocok dengan jenis investasi yang direncanakan. Jika Anda membeli reksa dana, cobalah mencari broker yang memungkinkan Anda untuk memperdagangkan reksa dana tanpa biaya transaksi. Jika Anda membeli ETF, carilah broker yang menawarkan ETF tanpa komisi, praktik yang sudah menjadi norma.

 

  1. Tentukan seberapa banyak Anda mampu untuk berinvestasi

Anda tidak harus kaya untuk mulai berinvestasi, tetapi Anda harus memiliki rencana. Dan rencana itu dimulai dengan mencari tahu berapa banyak yang dapat Anda investasikan. Anda akan ingin menambahkan uang secara teratur ke akun, dan harus merencanakan untuk menahannya di sana setidaknya selama tiga hingga lima tahun agar pasar memiliki cukup waktu untuk bangkit dan pulih dari penurunan besar.

 

Semakin sedikit Anda dapat berinvestasi, semakin penting untuk menemukan broker yang menawarkan biaya rendah, karena uang itulah yang dapat digunakan untuk investasi. Setelah Anda mengetahui berapa banyak yang dapat diinvestasikan, pindahkan uang itu ke akun pialang Anda. Kemudian atur akun Anda untuk secara teratur mentransfer jumlah yang diinginkan setiap minggu atau bulan dari bank Anda. Atau Anda dapat mengatur akun 401(k) Anda untuk memindahkan uang dari setiap gaji.

 

  1. Beli dana indeks

Setelah Anda mengetahui dana indeks S&P yang ingin dibeli dan berapa banyak yang dapat diinvestasikan, buka situs web broker Anda dan atur perdagangannya. Tetap berpegang pada formulir entri perdagangan broker yang mudah, yang sering muncul di bagian bawah layar. Masukkan simbol ticker dana dan berapa banyak saham yang ingin Anda beli, berdasarkan berapa banyak uang yang Anda masukkan ke dalam akun.

 

Jika Anda dapat memindahkan uang ke akun pialang secara teratur, banyak pialang mengizinkan Anda mengatur jadwal investasi untuk membeli dana indeks secara berulang. Ini adalah pilihan bagus bagi investor yang tidak ingin mengingat untuk melakukan perdagangan reguler. Anda dapat mengaturnya dan melupakannya.

 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.