Inilah Reksadana saham dan Cara Dapatkan Keuntungan Maksimal



https://www.pexels.com/id-id/foto/pemasaran-pengusaha-orang-kopi-6801874/

Reksadana menjadi pilihan investasi di era pandemi yang sangat dicari. Salah satunya adalah reksadana saham yang memiliki return paling besar di antara jenis reksadana lainnya. Keuntungan yang besar juga memiliki konsekuensi dimana reksadana ini memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi dibanding reksadana lainnya.


Namun tidak perlu khawatir, karena reksadana sendiri merupakan sebuah instrumen investasi yang dikelola oleh manajer investasi. Reksadana didukung oleh komite investasi dan pengelola investasi yang sangat profesional di bidangnya.


Nah, apa pengertian dari reksadana saham, jenis-jenisnya, dan cara investasinya?


Apa itu Reksadana saham?


Pengertian dari reksadana saham ini tidak begitu berbeda dengan saham itu sendiri. Namun, yang membedakan adalah adanya manajer investasi yang mengelola investasi dari pengumpulan dana yang dilakukan investor.


Para manajer investasi ini akan mengelola saham dengan menjual atau membeli saham dengan menganalisis kondisi pasar. Dengan adanya reksadana ini maka pemodal atau investor akan mendapatkan rasa aman, dan bisa memaksimalkan keuntungannya.


Dalam reksadana ada instrumen lain yang digunakan, yaitu pasar uang, dan obligasi. Alokasi produk reksadana ke pasar uang dan obligasi ini akan mengurangi tingkat risiko. Sehingga para investor akan mendapatkan keuntungan yang maksimal sesuai dengan profil risiko para investor itu sendiri.


Cara Kerja Reksadana saham


Reksadana sendiri merupakan sebuah pengumpulan dana dari masyarakat yang kemudian dana tersebut dikelola oleh manajer investasi. 


Nah, cara investasi reksadana ini adalah sebagai berikut:


1. Investor yang ingin berinvestasi dalam reksadana membuka rekening di bank atau penyedia reksadana.


2. Setelah itu, investor akan memilih jenis reksadana yang ingin dibeli. Jenis reksadana saham yang dipilih ini biasanya disediakan dalam bentuk daftar reksadana yang ditunjukkan sesuai dengan scoring atau kinerja reksadana.


3. Investor akan memberikan jumlah dana yang akan diinvestasikan ke manajer investasi.


4. Setelah itu, manajer investasi akan mengelola dana tersebut ke dalam sektor efek. Proses ini dilakukan secara penuh oleh para profesional yang punya kredibilitas dalam mengelola dana investasi sesuai instrumen efek.


5. Investor akan mendapatkan imbal hasil dari proses yang dijalankan oleh manajer investasi tersebut.


Dalam investasi reksadana saham ini kamu tidak perlu bingung dalam proses investasi tersebut. Kamu cukup memberikan modal investasi kepada manajer investasi, kemudian mendapatkan imbal hasil yang menguntungkan.


Risiko Investasi Reksadana saham


Namun, kamu juga harus tahu risiko dari risiko saham ini. Karena saham sendiri memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi dari jenis reksadana lainnya. High return high risk menjadi hukum yang selalu terjadi dalam investasi.


Nah, apa saja risiko reksadana saham ini?


1.  Adanya risiko fluktuasi nilai investasi. 

Risiko ini disebabkan oleh perubahan instrumen investasi yang terjadi dari pembelian dan penjualan saham.


2. Risiko likuiditas ini terjadi ketika manajer investasi tidak bisa menyediakan dana ketika investor ingin menjual reksadananya.


3. Risiko wanprestasi, risiko ini terjadi karena pihak manajer investasi tidak bisa memenuhi kewajiban dalam mengelola investasi.


4. Risiko kondisi ekonomi dan politik. Risiko ini terjadi karena ada kebijakan pemerintah, dan kondisi ekonomi nasional maupun internasional yang berpengaruh pada kinerja suatu bank.


Itulah risiko yang bisa berpengaruh pada reksadana. Meski berbagai risiko tersebut persentasenya sangat kecil, tetap menjadi rambu-rambu setiap investor dalam berinvestasi.


Keuntungan Investasi Reksadana di digibank by DBS


Segera mulailah berinvestasi di reksadana bersama digibank by DBS. Disini kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dalam berinvestasi reksadana saham.


Nah, apa saja keuntungan investasi reksadana disini?


1. Terdapat 3 Pilihan Kategori Reksadana


Terdapat 3 kategori reksadana yaitu kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik. Daftar reksadana ini merupakan hasil riset dari PT Infovesta Utama yang merupakan perusahaan independen dalam riset investasi.


Dengan adanya daftar reksadana terbaik ini tentunya kamu bisa memilih produk terbaik dan mendapatkan keuntungan maksimal bersama digibank by DBS.


2. Berinvestasi Secara Berkala dan Fleksibel


Ketika berinvestasi disini kamu akan mendapatkan Single Investor Identification (SID). SID ini menjadi identitas kamu yang sah sebagai investor di pasar modal.


Kemudian, dengan fitur yang disediakan di dalam Aplikasi digibank by DBS kamu bisa melakukan pembelian secara berkala tiap bulannya, dan menentukan besaran nominal sesuai keinginan. Jadi, kamu bisa berinvestasi lebih fleksibel.


3. Bisa Mulai dengan Rp 100 Ribu


Tidak perlu menunggu modal besar, hanya dengan Rp 100 ribu kamu sudah bisa berinvestasi dan mulai mendapatkan keuntungan.


4. Terdapat lebih dari 50 produk reksadana yang bisa dipilih


Kamu bisa melakukan investasi melalui platform digibank by DBS ini secara full tanpa harus datang ke kantor cabang, atau pertemuan fisik lainnya. Meski secara online, digibank by DBS berani menjamin keamanannya secara penuh.


Hal ini juga sudah dibuktikan bahwa digibank by DBS telah mendapat penghargaan “Bank Teraman di Asia” oleh Global Finance selama 12 tahun berturut-turut. Hal ini menjelaskan bahwa digibank adalah bank digital terbaik dan dapat dipercaya dalam transaksi secara digital.


Saat ini terdapat lebih dari 50 produk reksadana. Anda bisa memilih produk reksadana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Digibank by DBS dapat membantu memberikan informasi terkait reksadana yang memiliki kinerja serta scoring yang baik. 


5. Hanya dengan Satu Aplikasi bisa Daftar, Beli, Jual, dan Switch Investasi 


Melalui Aplikasi digibank by DBS ini semua transaksi dalam berinvestasi reksadana bisa dilakukan dengan mudah. Mulai dari membeli , menjual, hingga switch reksadana bisa dilakukan di dalam aplikasi ini.


Selain itu di dalam aplikasi juga disediakan semua informasi. Mulai dari prospektus, scoring reksadana, hingga notifikasi ketika profil risiko tidak sesuai dengan tingkat risiko produk yang kamu pilih. Dengan aplikasi ini kamu bisa berinvestasi layaknya para profesional.


Kirim Uang ke Luar Negeri Melalui Aplikasi digibank by DBS


Digital banking digibank by DBS ini juga bisa digunakan untuk mengirimkan ke luar negeri. Langsung saja simak caranya mengirimkan uang ke luar negeri hanya melalui smartphone.


1. Instal Aplikasi digibank by DBS dari App Store atau Play Store.


2. Setelah terinstal buka aplikasi dan pilih menu “Transfer”.


3. Lalu pilih “Transfer Valas”.


4. Pilih negara penerima.


5. Pilih bank penerima dan sesuaikan dengan rekening penerima.


6. Masukan sandi dan lakukan autentikasi.


7. Masukan berapa jumlah uang yang akan dikirim.


8. Masukan sandi kembali dan lakukan autentikasi.


9. Pilih “Lanjut”, pengiriman akan segera diproses.


Dengan digital banking digibank by DBS ini semua bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi. Segera download Aplikasi digibank by DBS untuk semua layanan mulai dari pengiriman valas, investasi reksadana, dan banyak hal lainnya.


Itulah pengertian, cara investasi, hingga reksadana saham yang harus kamu tahu. Karena itu pilih digibank by DBS dan investasikan uang kamu sekarang juga untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. 

Get notifications from this blog

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.