Pilih Investasi Reksadana untuk solusi Finansial Anda di Masa Depan


https://pixabay.com/photos/money-profit-finance-business-2696219/



Ingin berinvestasi dengan mudah dengan produk yang tepat? Mencari produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Dalam hal ini, Anda bisa pilih produk investasi Reksadana yang menawarkan keuntungan maksimal. 


Pengertian istilah Reksadana secara umum, yakni wadah yang digunakan untuk menghimpun dana yang diperoleh dari masyarakat pemilik modal. Selanjutnya, dana tersebut akan diinvestasikan ke dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.


Pernyataan ini sesuai dengan yang tertera dalam Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995, pasal 1 ayat (27). Berdasarkan pernyataan tersebut, terdapat 3 hal yang perlu Anda pahami terkait Reksadana. 


Yang pertama adalah adanya dana dari masyarakat pemilik modal, kedua adalah dana yang diinvestasikan pada portofolio efek. Serta terakhir, yakni dana yang dikelola oleh manajer investasi.


Jenis Investasi Melalui Reksadana


Reksadana menjadi salah satu alternatif terbaik sebagai pilihan investasi Anda. Siapa saja bisa berinvestasi menggunakan reksadana. Khususnya saja bagi Anda yang tidak punya banyak waktu maupun keahlian dalam berinvestasi. 


Bagi Anda yang pemula dan belum mempunyai terlalu banyak pengetahuan maupun pengalaman berinvestasi, Reksadana jadi pilihan tepat. Banyak keuntungan reksadana yang tentunya bisa Anda sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan berinvestasi.


Apabila dilihat dari portofolio investasi yang dimiliki, terdapat beberapa jenis layanan perbankan reksadana. Ketahui beberapa jenis reksadana di bawah ini sebagai pertimbangan pilihan investasi terbaik Anda. 


1. Reksadana Pasar Uang


Reksadana Pasar Uang juga seringkali disebut sebagai Money Market Fund, di mana sistem investasinya adalah pada Efek yang bersifat Utang. 


Sedangkan untuk jatuh temponya sendiri menerapkan jangka waktu pendek, yakni kurang dari 1 tahun. Adapun tujuan investasinya adalah untuk menjaga likuiditas maupun pemeliharaan modal.


2. Reksadana Pendapatan Tetap 


Reksadana Pendapatan Tetap disebut juga Fixed Income Fund yang melakukan investasi berupa Efek bersifat Utang dengan minimal 80% dari aktivanya. 


Risiko yang dimiliki jenis investasi ini juga relatif lebih tinggi dibandingkan Reksadana Pasar Uang. Mengingat tujuannya adalah demi menghasilkan tingkat pengembalian dana yang lebih stabil.


3. Reksadana Campuran


Pilihan investasi selanjutnya, ada Reksadana Campuran atau Balanced Fund. Di mana jenis Reksadana ini akan melakukan investasi berupa Efek bersifat Ekuitas dan juga Efek bersifat Utang.


4. Reksadana Saham 


Equity Fund atau yang disebut Reksadana Saham adalah jenis investasi yang dilakukan setidaknya hingga 80% dari aktivanya melalui Efek bersifat Ekuitas. 


Sesuai namanya, investasi ini menggunakan aset saham dengan risiko yang tentu saja cukup tinggi. Meski begitu, jenis reksadana ini mampu menghasilkan tingkat pengembalian atau keuntungan yang tinggi pula.


Saat berinvestasi saham tentunya Anda harus paham betul cara mainnya, agar tidak merugi. Tentunya ada peraturan khusus yang harus anda ketahui tentang investasi saham. Namun ini disarankan untuk yang sudah berpengalaman dan siap menghadapi risiko-risiko besar. Atau Anda juga bisa tetap belajar investasi saham bersama DBS treasure.


Sebagai pilihan investasi, Anda bisa memilih  layanan Reksadana yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan. Produk layanan investasi yang tepat bisa Anda percayakan melalui DBS Treasures.


Investasi Reksadana Online Bersama DBS Treasures


Bersama DBS Treasures, maka Anda sebagai nasabah prioritas akan mendapatkan berbagai akses ke berbagai jenis produk investasi, termasuk investasi jenis Reksadana. Produk investasi jenis Reksadana kini bisa Anda beli dengan mudah secara online. 


DBS Treasures menghadirkan layanan investasi yang mudah melalui platform digital. Anda bahkan dapat mengatur investasi secara berkala. 


Fitur ini juga mampu membantu Anda dalam mengurangi risiko market timing hingga eliminasi faktor emosi saat pengambilan keputusan terkait investasi. Hanya dengan menentukan jumlah, periode investasi, serta tanggal debit, maka Anda akan dapatkan layanan DBS tersebut.

 

Tentunya masih banyak lagi keuntungan Reksadana bersama DBS treasures yang bisa Anda rasakan. Beberapa di antaranya seperti:


Lebih mudah melakukan investasi dalam satu aplikasi atau satu tempat, dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa terhalang waktu dan jarak. Ini tentunya sangat praktis dan menghemat waktu. Sehingga juga menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki kesibukan.


Tak perlu khawatir untuk untuk investasi reksadana bersama DBS resources karena keamanan dan proteksinya sangat terjaga. 


Lalu apalagi keuntungan reksadana bersama DBS Treasures? 


- Dikelola Profesional


Semua pilihan produk investasi dari DBS Treasures dikelola oleh Manajer Investasi yang terkemuka. Hal ini pastinya akan menjamin bahwa kinerja produk akan dioptimalkan.


- Mendapatkan Wawasan

Adapun keuntungan berinvestasi melalui produk Reksadana DBS adalah memberi Anda kemudahan berinvestasi. Produk juga didukung adanya para tim ahli finansial yang bekerja secara proaktif dan handal, menyampaikan analisa pasar dan peluang terkini kepada Anda.


- Mengurangi Risiko


Anda bisa mengurangi risiko investasi melalui diversifikasi dengan penyebaran dana ke berbagai aset investasi Anda.


Adapun keuntungan lain yaitu pemegang reksadana bisa menjual kepemilikannya kembali. Di mana harga jualnya bisa ditetapkan berdasarkan harga dari nilai aktiva bersih di hari yang sama.


Investasi Reksadana di DBS Treasures priority banking ini bekerja sama dengan manajer investasi yang nantinya akan senantiasa mengelola investasi Anda.


Bank DBS Indonesia telah terdaftar dan diawasi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, sehingga jelas bahwa produk investasi yang ditawarkan juga aman. 


Investasi Reksadana di DBS Treasures menghadirkan kinerja transparan dan mudah dibandingkan, serta semuanya wajib lapor atas informasi yang sama pada pihak investor. Hal ini memungkinkan investor menjadi mudah dalam membuat perbandingan antara satu dan lainnya. 


DBS Treasures senantiasa membantu Anda dalam mendapatkan layanan investasi Reksadana yang optimal. Anda bisa berinvestasi lebih mudah dengan berbagai layanan yang tersedia di sini.


Referensi

https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham

https://www.idx.co.id/produk/reksa-dana/

https://www.dbs.com/spark/index/id_id/site/pillars/2018-ingin-investasi-reksa-dana-pilih-dulu-produk-yang-sesuai-dengan-kepribadianmu.html

https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/reksadana/ut-saving-plan

https://www.cermati.com/artikel/amp/cara-investasi-reksadana-yang-menguntungkan-dan-mudah

Get notifications from this blog

11 komentar

  1. kemaren pas acara bahas reksadana dikasih tips kalo baiknya utamain di pasar uang, apalah aku yang lebih banyak naruhnya di RDPT hihihi, tapi paling gak biar belajar mengalami dikit2 mengenai reksadana ya mbak Dian

    BalasHapus
  2. Hmm, harus belajar banyak nih tentang jenis2 reksadana. Harus dipilih sesuai kebutuhan dan risiko kita juga ya. Mau reksadana pendapatan tetap, pasar uang, saham, atau campuran. Aku tertarik sama yang campuran sih.

    BalasHapus
  3. Aku udah berinvestasi reksadana sejak 2 tahun lalu, salah satu investasi yang risikonya minim sih ini menurutku. Apalagi reksadana ini ada manajer investasi di dalamnya yang pastinya udah berpengalaman dalam melakukan investasi

    BalasHapus
  4. Diantara pilihan reksadana, aku suka yg rekasadana pendapatan tetap meskipun resikonya tinggi ya daripada reksadana uang, karena reksana pendapatan tetap itu demi menghasilkan tingkat pengembalian dana yang stabil

    BalasHapus
  5. DBS ini lengkap sekali. Adanya Investasi Reksadana di DBS Treasures tentu akan membuat kita nyaman karena menghadirkan kinerja transparan dan mudah dibandingkan, serta semuanya wajib lapor atas informasi yang sama pada pihak investor.

    BalasHapus
  6. Aku belum paham betul mengenai Reksadana ini. Ingin belajar yang lengkap & menyeluruh biar paham risiko & keuntungannya, bukan sekedar kemakan trend ikut-ikutan.

    BalasHapus
  7. Pengelolaan secara profesional dan sesuai dengan karakter saya, itu salah satu alasan mengambil reksadana. Tampaknya DBS punya yang saya mau.

    BalasHapus
  8. Pandemi ini mengharuskan kita berpikir kreatif ya mba termasuk ikut investasi apa yang harus kita lakukan agar bisa survive

    BalasHapus
  9. Banyak nih investasi reksa dana untuk nyemplung harus banyak pengetahuan tentang investasi ini.

    Aku sih belum pernah berinvestasi di reksadana. Jadi harus banyak pengetahuan yang dicari. Artikel ini aku jadi tahu banyak jenis-jenisnya ya. Kudu jeling dalam memilihnya.

    BalasHapus
  10. Reksadana banyak jenisnya ya. Harus jeli nih lihat peluang yang ada tapi hitung juga risiko yang ada.

    DBS Treasure ini bisa jadi jalan buat pemula ketika ingin berinvestasi ya.

    BalasHapus
  11. wah ternyata banyak jenisnya, aku belum coba sih mbak investasi di reksadana. jadi tertarik sih dan mau baca lagi lebih detail

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.