Mengenal Kurs Valuta Asing dan Peluang Investasinya



Kurs valuta asing merupakan perbedaan nilai mata uang negara kita dengan valuta asing (Valas). Biasanya kurs valuta asing berbeda tiap beberapa hari sekali, namun dalam kondisi tertentu bisa berubah dalam hitungan jam.

 

Kalau anda penasaran silakan cek kurs mata uang asing di website resmi bank https://www.hsbc.co.id/ Anda akan melihat nilai jual dan beli mata uang yang berasal dari negara lain. Perbedaan yang sangat signifikan antara nilai beli dan jual ini kemudian menjadi salah satu daya tarik untuk menjadikannya sebuah investasi yang layak untuk dicoba.

 

Secara singkat, makna dari tiga kata itu adalah mata uang yang digunakan dalam perdagangan internasional yang dinyatakan dengan nilai mata uang suatu negara, misalkan 1 USD setara dengan Rp 14,360 kurs belinya (nilai yang digunakan ketika akan menukar dolar ke rupiah), sedangkan kurs jualnya adalah Rp 14,395 (nilai yang digunakan saat menukar rupiah ke dolar).

 

Misalkan kita punya uang 10 juta rupiah, ketikan akan menukarkannya ke dolar maka dibagikan dengan nilai jual dolar saat itu (dalam contoh ini kurs jual adalah Rp 14,360), maka hasilnya adalah 696,378 … USD.

 

Sebaliknya, jika ada uang 10 USD ingin ditukar menjadi rupiah, maka dikalikan dengan kurs jual saat ini, yakni dikali dengan Rp 14,395 maka hasilnya adalah Rp 143,950.

 

Kurs Valuta Asing dan Investasi

 

Investasi pada kurs mata uang ini cukup berpotensi untuk beberapa kalangan dibandingkan trading investasi lainnya. Bahkan jika dilihat dari segi keamanan untuk investasi jangka panjang, uang justru lebih baik jika dilihat dari pondasinya sebab ada bank-bank central besar dan kuat.

 

Berbeda dengan jenis invest lain yang hanya bergantung pada permintaan dan penawaran di pasar (ketika ramai dicari harga naik, ketiga sepi harga turun drastis).

 

Namun, hal itu tentu tidak sesederhana yang kita lihat. Kita memerlukan ilmu, strategi dan pemilihan waktu yang tepat kapan kita harus membeli dan menjual mata uang asing ini agar mendapat keuntungan.

 

Salah satunya adalah dengan sering memantau pergerakan nilai naik turun valuta asing yang kita pilih. Bukan hanya itu saja, ketepatan memilih mata uang juga cukup penting, ada baiknya memilih mata uang yang memiliki kekuatan dalam hal ekonomi negara.

 

Lantas, Apa Saja Kelebihan Investasi Uang?

 

Berinvestasi pada nilai kurs ini memang banyak manfaatnya dibandingkan dengan investasi lainnya. Berikut adalah beberapa poin kelebihan-kelebihan yang dapat Anda rasakan:

 

1. Nilai yang Cukup Stabil

 

Mata uang asing atau valas (valuta asing) cenderung stabil dan akan jarang ditemui jatuh anjlok seperti halnya investasi lain. Meskipun mengalami penurunan, tidak terlalu jauh jatuhnya. Pun ketika naik juga cenderung tidak terlampau jauh tergantung pada perkembangan ekonomi yang terjadi saat itu.

 

2. Tiap Tahun Kian Kuat

 

Nilai mata uang asing juga mudah diprediksi dan hal tesebut memudahkan kita untuk memutuskan kapal harus beli dan kapan akan menjual untuk memperoleh keuntungan. Anda tidak perlu khawatir jika untuk investasi jangka panjang mata uang akan menurun seiring berjalannya waktu, sebab hal itu sangat jarang terjadi.

 

3. Mudah dan Murah

 

Hal ini disebabkan karena nilai likuiditas valuta asing sangat tinggi dan Anda bisa transaksi di bank mana saja. Prosesnya pun cukup mudah dan tidak perlu ada tambahan biaya pihak dari ketiga.

 

Investasi dalam hal apapun memiliki resiko yang harus ditanggung. Ada yang kecil ada pula yang besar, semakin besar resikonya maka semakin besar pula hasilnya (high risk, high return).

 

Untuk jenis investasi kurs valuta asing, dapat dikatakan memiliki resiko yang kecil sekali. Meski hasilnya memang tidak sebesar lainnya tetapi tidak ada salahnya memilih mata uang asing sebagai investasi jangka panjang untuk simpanan masa depan, bukan?

 

 

 

Get notifications from this blog

15 komentar

  1. Sebagai seorang pemula dari kemaren2 suka bingung sendiri, gegara mau mulai investasi tapi masih bingung mau invest dimana. Kayaknya invest di kurs valuta asing ini bagus juga

    BalasHapus
  2. Saya pribadi masih belum berani invest di kurs, mungkin karena saya belum faham ya?

    BalasHapus
  3. investasi investasi kurs valuta asing emang harus pandai membaca pasar

    mengikuti berita sehingga tau kapan harus beli dan menjual

    saya pernah belajar dan lumayan nyut nyutan :D

    BalasHapus
  4. Kurs valuta asing berubah-ubah, bahkan ada salah satu kurs yang menjadi takaran negara lain. Literasi seperti ini membantu pembaca untuk mengenal investasi utamanya kurs valuta asing.

    BalasHapus
  5. Belajar literasi valuta asing dan kurs bisa dari artikel ini. Jadi semakin mengenal.

    BalasHapus
  6. Kurs valuta asing berubah-ubah, bahkan ada salah satu kurs yang menjadi takaran negara lain. Literasi seperti ini membantu pembaca untuk mengenal investasi utamanya kurs valuta asing.

    BalasHapus
  7. Sebagai generasi milenial tentunya investasi sangat penting sekali dilakukan, untuk mempersipakan hari tua baik secara fisik dan finansial.

    Mengenal valuta asing sama halnya kita belajar ekonomi, kita akan semakin melek dengan literasi keuangan dan memanfaatkan peluang bisnis dan investasi sesuai kondisi mata uang saat itu. Ini juga bekal terbaik untuk masa depan.

    BalasHapus
  8. Suami dan saya pernah tinggal di luar negeri untuk sekolah suami dan bekerja. Maka suami dapat penghasilan mata uang asing. Ini sengaja kami simpan dan investasi kurs valuta asing, Insya Allah buat sekolah anak-anak nanti.

    BalasHapus
  9. Belajar dan memahami trading tentunya akan semakin mendukung kesempatan kita untuk mendapatkan profit dari dunia investasi. Jadi sebelum terjun secara langsung, kita harus memiliki modal pengetahuannya terlebih dahulu.

    BalasHapus
  10. Kalau saya dari dulu belum berani untuk investasi valas, karena memang harus benar-benar tahu pasar. Suami sempat berpikir ke arah itu, tapi masih maju mundur nih. Tapi, memang lumayan juga hasilnya kalau diperhatikan.

    BalasHapus
  11. Ohh jadi kalau kita jual dolar nilainya sedikit lebih rendah ya dari harga standar? Aku ada tabungan di paypal, dikit sih, tapi kalo dirupiahin lumayan juga buat bayar bulanan listrik dan PAM. Atau biarin aja dulu sampai nanti nilainya tinggi lagi ya?

    BalasHapus
  12. Wh investasi valas menguntungkan juga ya mbak..pengen coba tapi suka bingung apa hrs pegang fisik uangnya ya?

    BalasHapus
  13. Betuuul mbak, kalau punya rejeki sebaiknya nabung dollar - dinar itu juga bagus banget. Selain tipis dan mudah disimpan yaaa

    BalasHapus
  14. kurs valuta asing ini emang investasi yang cukup stabil ya mbak, asal tidak ada hal-hal urgent yang menimpah suatu negara dan dunia. kursnya biasanya gak banyak berubah. kayak dolar sudah beberapa tahun ini berada dikisaran 13-15ribu rupiah.

    BalasHapus
  15. Iya ya, kurs valuta asing ini cukup stabil. Saat turun gak anjlok banget. Daripada investasi yang lain, investasi valas ini lebih bagus. Temen-temenku banyak nih yang invest di USD. Katanya lumayan. Tapinya kudu modal besar ya biar kerasa. Kalo sedikit mah gak kerasa. Hehehe. :D

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.