Superqurban Rumah Zakat Indonesia

Superqurban


Di masa pandemi seperti saat sekarang ini Superqurban menjadi salah satu solusi yang terbaik apabila kita ingin berkurban.


Program dari Rumah Zakat dinilai mampu meminimalisir kegiatan berkerumun di tempat keramaian yang sesuai dengan anjuran pemerintah karena pandemi serta melonjaknya angka Covid-19 di Indonesia.


Tentu saja kita tak perlu ragu dengan profesionalisme Rumah Zakat yang sudah pasti menerapkan Pro Kesehatan, Pro Syariah dan Pro Manfaat.


Superqurban untuk Ketahanan Pangan Masyarakat 3 T

 


Superqurban sendiri adalah program optimalisasi dan solusi qurban dari Rumah Zakat. 


Yang merupakan kolaborasi qurban sebagai wujud bentuk ketahanan pangan masyarakat dengan mengolah dan mengemas daging qurban  dalam bentuk kornet dan daging rendang.


Bahkan pada tahun 2019 Superqurban telah mendapatkan penghargaan sebagai Pengolahan dan Pengemasan Daging Qurban Pertama di Indonesia dari MURI.

 

Jadi buat kamu yang masih was-was berkurban di Rumah Zakat please, hilangkan keraguanmu itu. Karena pemotongan hewan qurban serta pengelolanya Superqurban sudah jelas sesuai Syariah.


Sesuai dengan Fatwa MUI Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Pengawetan dan Pendistribusian Daging Kurban Dalam Bentuk Olahan, bahwa daging qurban ini boleh diolah dalam kemasan sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih lama. 


“Semua proses pengelolaan qurban mulai dari penyembelihan, boning, deboning, hingga pengemasan menjadi kornet atau rendang dilakukan sesuai dengan standar Prokes pada hari raya Idul Adha dan Hari Tasyrik.

 

Seluruh sumber daya manusia yang terlibat sudah dipastikan kesehatannya, dan tidak ada kerumunan dalam prosesnya”

 

Manfaat Utama Superqurban




Pernah nggak sih melihat dalam satu lingkungan kita berlelebihan dalam memotong hewan qurbannya? Dalam 1 masjid bahkan bisa 15-18 sapi, belum kambingnya juga.


Lalu di hari yang sama kita sebagai ibu-ibu juga memotong sendiri hewan qurbannya dari majelis taklim 3-6 sapi. Tentu saja tidak Ada yang salah. Tapi pendistribusianya hewan qurban menjadi kurang merata.


Alangkah baiknya Jika Kita tetap bisa berqurban di lingkungan sekitar kita dan satunya kita berkurban melalui Rumah Zakat agar daging qurbannya sampai ke tangan masyarakat yang betul-betul membutuhkan.


Superqurban ini menjadi solusi yang tepat agar kita bisa berbagi ke tempat-tempat yang susah terjangkau aksesnya lewat perpanjangan tangan para relawan Rumah Zakat. Terlebih di masa pandemi seperti saat sekarang ini dimana akses serba terbatas.

  

Tidak hanya untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi saja namun superqurban juga disalurkan pada masyarakat yang terkena dampak bencana Alam.

 

Superqurban juga disalurkan kepada daerah-daerah yang  tertinggal, susah akses serta minim mendapatkan daging qurban.


Tak hanya di Indonesia saja, Superqurban juga menyaluran daging qurbannya kepada negara-negara yang mengalami bencana perang, kelaparan di empat negara, seperti Palestina, Suriah, Myanmar dan Bangladesh.


Kehadiran Superqurban sungguh sangat bermanfaat dan praktis untuk disalurkan kepada para korban pengungsi bencana Alam maupun korban di daerah perang. Kita hanya perlu membuka dan menghangatkannya sebentar maka daging lezat nan penuh gizi dapat segera kita nikmati


Mengenal Rumah Zakat

 


Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, qurban serta dana sosial lainnya melalui program - program pemberdayaan masyarakat di tangan para relawan yang sangat profesional di bidangnya.

 

Program - program pemberdayaan Rumah Zakat direalisasikan dengan menghadirkan Desa Berdaya serta masyarakat sebagai proses pemberdayaan wilayah binaan berdasarkan pemetaan potensi lokal.


Program pemberdayaan di Desa Berdaya oleh Rumah Zakat direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu:

 

1. Senyum Juara (pendidikan)

2. Senyum Sehat (kesehatan)

3. Senyum Mandiri (ekonomi)

4.Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan)


Visi Dan Misi Rumah Zakat




Rumah Zakat memiliki Visi yang sangat mulia yaitu menjadi lembaga filantropi Internasional berbasis pemberdayaan yang profesional. 


Sementara misinya adalah berperan aktif dalam membangun jaringan filantropi Internasional.


Sudah sangat jelas ya, visi Dan Misi Rumah Zakat pada intinya adalah untuk kebaikan dan kemanusiaan serta memfasilitasi kemandirian masyarakat

 

Launching Desaku Berkurban untuk Desa Minim Pequrban


Selain Superqurban Rumah Zakat juga mempunyai program baru yaitu Desaku Berqurban. 


Desaku Berqurban adalah penyaluran hewan qurban ke pelosok desa-desa yang sangat minim pemotongan hewan qurban.


Tentu saja hal ini bertujuan agar masyarakat desa yang sangat jarang merasakan daging qurban dapat menikmati hidangan istimewa bersama keluarga di hari raya Idul Adha. Selain itu Desaku Berqurban juga bertujuan sekaligus memberdayakan para peternak di desanya masing-masing.

 

Target Rumah Zakat 2021




Pada tahun sebelumnya, ada sebanyak 3.066 pequrban menitipkan hewan qurban dalam program Desaku Berqurban untukdibagikan kepada 23.027 penerima manfaat yang ada di desa yang diberdayakan oleh Rumah Zakat.


Dan pada tahun 2021 ini  sudah ada para peternak di 100 titik Desa Berdaya Agrobisnis binaan Rumah Zakat yang menyediakan hewan qurban untuk program Desaku Berqurban. 

 

Bapak Nur Efendi, selalu CEO Rumah Zakat, mengungkapkan, 


“Tahun ini kami menargetkan 20.000 pequrban berpartisipasi dalam program Superqurban dan Desaku Berqurban. Tujuannya agar semakin banyak masyarakat yang dapat terbantu dengan lebih maksimal dari program ibadah qurban”.

 

 

Sharing Adhin Abdul Hakim Relawan Rumah Zakat




Adhin Abdul Hakim seorang aktor, influencer dan relawan Rumah Zakat bercerita ketika dirinya menjadi seorang relawan yang mengantarkan Superqurban ke pelosok - pelosok daerah yang bahkan akses menuju ke daerah sanapun sulit .

 

Perjalanan Adhin membawa Misi menyalurkan Superqurban ke Dusun Patiro, Sulawesi Selatan bukanlah hal yang mudah. Sayapun sempat terhenyak, kaget dengan kondisi yang dialaminya bersama dengan tim relawan lainnya. 


Saya sempat hampir menangis membayangkan keadaan masyarakat disana.  Ada ya masyarakat yang masih hidup dengan pas-pas an banget. Rasanya saya harus banyak -banyak bersyukur serta harus banyak menyisihkan sebagian dari penghasilan Kita Karena dibawah Kita masih banyak masyarakat yang belum seberuntung kita


Menyeberang sungai dengan kedalaman sedada  orang dewasa. Melewati jalanan berbukit,  dengan keadaan tidak ada penerangan lampu di malam hari.


Masih Ada yang lebih membuat Saya mengelus dada lagi, keadaan masyarakat disana tidak ada sekolahan. Bahkan akses air bersihpun tidak ada. Mirisnya lagi  mereka tidak pernah makan yang namanya daging. Karena keadaan memaksa mereka Untuk hidup dibawah garis sederhana

 

 

Cara Berqurban di Rumah Zakat


Kita dapat Berqurban melalui cabang-cabang Rumah Zakat yang Ada di beberapa Kota besar. Atau Kita bisa langsung lewat website Rumah Zakat.org


1. Masuk ke website rumah zakat. Ketik https://www.rumahzakat.org/

 

2. Pilih kategori 'Superqurban', klik https://www.rumahzakat.org/superqurban

 

3. Pilih Superqurban yang sesuai dengan kemampuan Kita.

Qurban Kambing Kornet

Qurban 1/7 Sapi Kornet

Qurban Kambing Rendang

Qurban 1/7 Sapi Rendang

Qurban Sapi Kornet

Qurban Sapi Rendang.

 

4. Klik pilihan Qurbanmu.


5.Ketik namamu, lalu kamu bisa melakukan pembayaran, 'Bayar Sekarang'.

6. Lengkapi data diri donatur qurban seperti nama lengkap, email, no handphone, notifikasi melalui email atau SMS.

 

7. Pilih metode pembayaran. Untuk metode pembayarannya Rumah Zakat bisa dibilang sangat memudahkan. Bisa melalui virtual account, credit card, ewallet, convenience store alfamart, atau bank transfer.

 

8. Akan ada konfirmasi hasil transfernya kepada para pengqurban


Oh ya untuk transaksinya Kita bisa membayar melalui metode pembayaran  virtual account, credit card, ewallet, convenience store alfamart, marketplace atau bank transfer.


Jadi kamu yang menjelang Idul Adha ini masih bingung buat berqurban kemana dan bagaimana, kuy langsung saja join dengan Rumah Zakat.


Serahkan saja pada Rumah Zakat. Solusi berkurban yang Pro Kesehatan, Pro Manfaat serta Pro Syariah.


Alamat Rumah Zakat

Rumah Zakat berkantor pusat di Jl.Turangga No.33 Bandung. 


Call Center: 0804-100-1000 


WA/SMS di Nomor 0815-7300-1555.

 

Website Rumah Zakat : https://www.rumahzakat.org/

 


Get notifications from this blog

16 komentar

  1. Nah iya, berkurban di Rumah Zakat, sudah ada nama-nama yang membutuhkan ya. Kalau secara tradisional, saya perhatikan memang kurang merata. Kadang yang gak berhak dikasihkan juga.

    BalasHapus
  2. Superqurban memang paling top markotop!
    Sementara lembaga amil lain masih pake cara konvensional, RZ udah selangkah lebih maju.
    BRAVO!

    BalasHapus
  3. Masya Allah inovasi dengan Superqurban ini menurut daku bagus, karena bisa langsung bermanfaat kepada penerima. Apalagi disalurkan juga untuk empat negara tersebut. 👍👍

    BalasHapus
  4. Dengan adanya Fatwa MUI Nomor 37 Tahun 2019 Tentang Pengawetan dan Pendistribusian Daging Kurban Dalam Bentuk Olahan, makin yakin kita untuk ikut Superqurban di Rumah Zakat yaaa..
    Karena daging qurban boleh diolah dalam kemasan sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih lama.

    BalasHapus
  5. Superqurban emang top ya. Meminimalisir menumpuknya daging qurban di suatu lokasi, sementara ada lokasi lain yang tak pernah kebagian. pemerataan dan juga menjaga ketahanan pangan, terutama di daerah bencana

    BalasHapus
  6. Keren ya, selain Superqurban, Rumah Zakat punya program Desaku Berqurban, memudahkan umat Islam dalam berqurban

    Gak repot lagi cari hewan qurban dan harus disetorin ke mana

    BalasHapus
  7. Luar biasa. Super qurban menyalurkan qurban ke daerah-daerah yang memerlukan. Kita bisa ikutan juga nih kalo mau berqurban, tinggal setor aja ke Rumah Zakat.

    BalasHapus
  8. Kantor Rumah Zakat ini kebetulan tetanggaan dengan rumah kami saat masih tinggal di Bandung.
    Ya Allah semoga kita dimudahkan untuk mendapatkan rezeki dan bisa berkurban untuk menunaikan perintah Nya...

    BalasHapus
  9. Sesimpel itu ya, zaman sekarang memang seba mudah. Untuk Qurban sekalipun bisa dilakukan siapa saja

    BalasHapus
  10. Inovasi baru super qurban ini langsung disalurkan ke 4 negara dengan sasaran yg tepat

    BalasHapus
  11. Artikel yang pas banget menjelang Idul Adha. Jadi ada masukan untuk berkurban tahun ini. Bismillah semoga tahun ini bisa bekerjasama dengan Rumah Zakat.

    BalasHapus
  12. Persis seperti pertanyaan yang kerap berputar di kepala saya. Kalau qurbannya di daerah domisili yang sebenarnya adalah lingkungan orang berada, lalu daging qurban didistribusikan kemana? Eh, ternyata ke komplek kami juga. Lalu, orang-orang yang tinggal di daerah terpencil gitu, gimana dapat daging qurbannya?

    Alhamdulillah ya, pertanyaan ini terjawab salah satunya melalui SuperQurban. Semoga dimudahkan menyisihkan sebagian harta untuk berqurban. Aamiin.

    BalasHapus
  13. Keren banget inovasinya. Karena selama ini masih banyak terjadi pendistribusian hewan qurban yang tidak merata.

    BalasHapus
  14. Masya Allah, berqurbannya di Indonesia, tapi manfaatnya bisa sampai ke negara-negara saudara kita yang masih terlibat perang dan bencana kelaparan, kayak Palestina, Suriah, Myanmar, dan Bangladesh. Terima kasih Rumah Zakat.

    BalasHapus
  15. Pas banget nih ngebahas lembaga filantropi di saat mendekati haru raya Qurban ini. Noted kak. Semoga semakin berkembang pesat lembaga ini.

    BalasHapus
  16. wah Rumah Zakat solutif banget nih, apalagi Superkurbannya dialokasikan untuk desa pelosok yang jarang orang berkurban. Pasti jika kurban di taruh di sana, bakalan bermanfaat banget buat orang sekitar. Dan baru tahu juga kalo RZ bisa menjangkau negara lain yang memang membutuhkan. Benar2 inovatif RZ :)

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.