Solusi Menjaga Kesehatan dengan Tidur Berkualitas

 


Menjaga Kesehatan tubuh kita tidak hanya dengan berolahraga secara teratur, makan-makanan bergizi serta menjaga kebersihan diri. Melainkan ada cara yang paling penting yang harus kita perhatikan yaitu dengan cara menjaga Kualitas tidur yang baik.

 

Tidur yang baik dan yang berkualitas itu sangat berpengaruh pada Kesehatan psikologis kita lho. Apabila kita terkena insomnia, susah tidur di malam hari sebelumnya maka mood kita menjadi sangat tidak beraturan (moodiness) dan kita bisa saja rentan terkena depresi. Separah itu, tentu saja.

 

Jadi sebisa mungkin kita harus menjaga tidur kita agar mendapatkan kuantitas dan kualitas tidur yang baik, agar terhindar dari berbagai hal buruk yang bisa mengancam Kesehatan kita.

 

Bagaimana enggak coba, baru bangun tidur di pagi harinya. Bukannya badan segar bugar namun yang ada malahan badan pegel-pegel, kepala berkunang-kunang, lelah melanda, menguap. Yang diinginkan tentu saja menambah jam tidur menjadi 3-5 jam lagi ke depan. Sayangnya pekerjaan di depan mata tidak mengizinkan kita tidur lagi.

 

Lalu kejadian begitu berulang-ulang lagi keesokan harinya, minggu depannya lagi dan bulan depannya lagi. Sampai saya berfikir, wah ada yang tidak beres dengan kualitas tidur saya. Saya ingin berubah, namun entah mengapa bingung dari mana memulainya. Kedua mata dipaksa terpejam pukul Sembilan malampun percuma karena tidak bisa dipejamkan.

 

 

Webinar “Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas”

 



Jum’at 18 juni 2021 saya mengikuti sebuah Webinar “Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas” yang diadakan oleh Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN) dan Deltomed Laboratories (Antangin Good Night).

 

Disini saya mendapatkan banyak insight serta ilmu baru yang membuat saya mengangguk-angguk membenarkan paparan dari 2 nara sumber yang sangat kompeten di bidangnya seperti:

 

1.Dr (cand) dr Inggrid Tania.M.Si.(Herbal) Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI)

 

2.Bapak apt. Drs. Victor  S. Siringoringo S.E m.s.c.,Chief Business Development and R&D Deltomed Laboratories.

 

Pemaparan kedua narasumber ini benar-benar runut, jelas dan gamblang sekali. Saya yang selama ini masih memberikan excuse pada diri saya sendiri meskipun hampir setahunan belakangan ini terkena insomnia mendadak menjadi tersadarkan.

 

“Wah … ada yang tidak beres nih dengan tubuh saya, sudah saatnya saya mengubah gaya hidup saya agar bisa mendapatkan cara tidur berkualitas dan lebih sehat tentu saja menjadi tujuan utamanya”

 

Menurut pemaparan Dr (cand) dr Inggrid Tania.M.Si bahwa selama kita tidur terjadi proses detoksifikasi di dalam tubuh kita. Sekaligus untuk mempersiapkan organ dalam tubuh kita untuk kembali berfungsi normal keesokan harinya. Sayang seribu sayang proses tersebut tidak akan berfungsi menjadi normal kalau kita tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang terbaik.

 

Faktor Penyebab Gangguan Tidur

 



Selama ini mungkin kita tidak sadar kenapa insomnia bisa hadir dalam kehidupan kita. Mungkin kita merasa hidup kita selama ini baik-baik saja kog, tapi entah mengapa bisa sulit tidur. 


Mungkin saja ada beberapa gangguan yang harus kita waspadai seperti


Gangguan Fisik : Mungkin sedang merasakan sakit kepala dengan hebatnya, nyeri sendi, nyeri perut ataupun ada bagian tubuhnya yang sedang terluka.


Isu medis : Sleep Apnea dll.


Gangguan Psikologi/Psikiatrik : Stress, Depresi, Ansietas.


Gangguan Lingkungan : Lampu kamar terlalu terang, Suara berisik, anak-anak ribut.


Obat-obatan : sedang mengkonsumsi obat-obatan yag begitu keras dosisinya seperti obat hipertensi, obat anti depresi dll


Penuaan karena faktor usia : percayalah lansia di usia 65 tahun akan mengalami masalah dengan tidur. Bahkan beberapa orang menjelang usia 35an juga sudah mengalaminya (contohnya saja saya)


Bekerja di malam hari : dimana aktivitas kita berlawanan dengan biological clock.


Sebagai seorang blogger, terkadang ketika mengejar jadwal deadline mau-tak mau sampai jam 2 dini haripun saya jabanin. Tapi itu dulu, sekarang mungkin saya tidak akan melakukannya lagi, karena nikmat sehat lebih penting daripada mengejar cuan.

 

Herbal yang dapat memperbaiki kualitas tidur kita




1.Valerian

2.Hawthorn

3.St. John s Wort

4.Lavender

5.Hop

6.Rosemary

7.Chamomile

8.Passion Flower

 

Passion flower, valerian dan jahe dapat dikombinasikan agar kita mendapatkan efek yang sinergisitik dalam menginduksi tidur, meningkatkan total sleep time, memperbaiki kualitas tidur.


Serta membantu mencegah mengatasi efek buruk karena kurang tidur seperti masuk angin, badan meriang serta penurunan imunitas tubuh. Terlebih di masa pandemi seperti saat sekarang ini harus benar-benar mempertahankan imunitas tubuh kita kan?

 

Antangin Good Night

 



Seolah menjawab semua keresahan saya selama ini Antangin Good Night menjadi solusi terbaik untuk menormalkan kembali insomnia saya yang sudah berlangsung beberapa tahun terakhir.

 

Dengan bahan-bahan herbal alami seperti passion flower, valerien, jahe, mysristica dan sembung yang tak perlu diragukan lagi khasiatnya PT Deltomed Laboratories menjadikan Antangin Good Night solusi bagi masyarakat Indonesia yang memiliki gangguan susah tidur, meredakan masuk angin serta menghangatkan badan.

 

Per strip Antangin good night ini berisi 4 tablet dengan harga RP 5000 saja. Jadi per tabletnya hanya Rp 1.250 saja. Murah banget kan? Dengan dosis minum per hari sebelum tidur 2 tablet. Jadi per hari hanya menghabiskan Rp 2500 saja. Coba bandingkan dengan obat lainnya yang harganya bisa 10 kali lipat mahalnya Antangin good night ini termasuk terjangkau oleh semua kalangan ya.

 

Terlebih sudah ada izin edar dari bpom yang terbukti aman baik dari produksi maupun dari segi pengendalian mutunya. Selain itu antangin good night juga telah mengantongi ISO 9001 yang menjamin produknya telah memenuhi standard international terkait Quality Management System (QMS)

 

Penutup

 

Demikian coretan singkat saya tentang solusi menjaga kesehatan dengan tidur berkualitas. semoga bisa dipetik hikmahnya dan diambil manfaatnya.

 

 

 

 

 

Get notifications from this blog

18 komentar

  1. Betul banget, olahraga dan makan bergizi sebagai salah satu pelengkap untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi yang terpenting itu kualitas dan kuantitas tidur. Kalo tidur kita cukup dan berkualitas, maka moodnya bagus banget untuk beraktivitas. Saya sering ngalamin hal ini. Kalo kurang tidur, ya bawaannya males banget mau ngapa-ngapain.

    Wow jam 2 pagi masih ngeblog? Kalo saya sih nggak dulu deh, kasian badan bisa kelelahan.

    Sekarang beruntung ya, ada minuman herbal Antangin Good Night untuk membantu menjaga kualitas dan kuantitas tidur.

    BalasHapus
  2. Yes, tidur berkualitas bikin badan nyaman banget, sehat, cantik, bugar. Apalagi kalau tidur berkualitas juga bisa didapatkan oleh ibu yang punya baby kayak aku :) huhuu...seneng banget!

    BalasHapus
  3. Wah, aku banget nih. Sering nggak puas sama tidur malem. Penyebabnya sering kebangun tengah malem. Hehe..perlu dicoba nih Antangin Good night.

    BalasHapus
  4. Terkadang saya juga merasakan bagaimana pahitnya insomnia. Bangun tidur bukannya badan menjadi segar dan siap melakukan aktifitas eh malah mata terasa sepet dan pedes.

    Bukan hanya itu, kepala rasanya berat dan ingin kembali tarik selimut.

    Sayangnya, ada kegiatan lain yang harus segera diselesaikan. Sehingga, mau nggak mau harus bangun dan bersiap. Namun, apa yang terjadi?

    Moody parah. Kerjakan susah beresnya karena fokus kemana-mana. Kalau sudah begitu, rasanya merindukan akhir pekan. Berharap bisa tidur seharian.

    Namun, lagi-lagi itu juga bukan solusi. Kadang tidur seharian malah bikin badan sakit semua.

    Memang hanya Antangin Good Night yang bisa jadi solusi nih.

    BalasHapus
  5. Aku sendiri selalu berusaha tidur cukup. Dengan tidur cukup, buat kerja jadi enak. Mikir juga enak. Apalagi blogger yang kerjanya baca dan baca. Jadi kudu punya otak yang fresh supaya tetap bisa bekerja.

    BalasHapus
  6. Antangin good night ya. Saya harus coba nih. Saya suka tdr malam tp bkn insom. Karena nonton film, podcast or denger musik di YT

    BalasHapus
  7. Antangin Good Night memang bagus, resmi dan diakui bahkan di dunia perjamuan modern. Dan sangat membantu kita untuk bisa tidur lebih baik di saat membutuhkannya.
    Btw saya juga ikut webinar itu. Informatif sekali ya

    BalasHapus
  8. Buat mengubah pola tidur ini memang butuh upaya yang lama. Karena ia terbentuk juga dari kebiasaan begadang yang juga gak sebentar.

    BalasHapus
  9. Bener banget kak, tidur yang cukup dan berkualitas, sangat membantu dalam menghadapi hari yang sibuk. Siang hari juga ngga mengantuk,

    BalasHapus
  10. Wah, ini produk baru dari Antangin ya, Mbak? Kualitas tidur sangat berkaitan dengan produktivitas harian kita. Jadi memang tidur yang berkualitas ini penting banget

    BalasHapus
  11. Makasih kak solusinya. Saya sepakat kadang kalo sering begadang memiliki wajah yang lebih cenderung terlihat pucat/seperti orang kelelahan.

    Makainya itu saya ngurangi begadang. Walaupun kadang ada, cuma gak serirng. Kalo tidur 8 jam pastinya bangun juga jadi fresh, tubuh juga gak pegal2.. ini sudah saya buktikan..

    BalasHapus
  12. lama banget inget punya tidur yang berkualitas, suka kepikiran banyak hal gitu mbak, kadang malah sampe kebawa mimpi,,

    capek bgt di badan rasanya kalau tidur nggak enak itu yaaa

    BalasHapus
  13. Ngomongin soal insomnia jadi ingat sepupu aku. Dia tuh tersiksa banget dan benar2 mengganggu aktivitas hariannya. Penyebab awalnya sih karena dia sering begadang.

    Soal tidur ini, waktu dan porsi terbaiknya seperti yang dicontohkan Rasulullah. Tidur setelah isya dan bangun sepertiga malam. Ini udah dibuktikan oleh penelitian juga.

    Jadi sebagai muslim, kita sebenarnya udah punya panduan terbaiknya, cuma kadang dilalaikan. Saya slah satunya 🤭🤭🤭

    Semoga bisa merubah kebiasaan buruk ini.

    BalasHapus
  14. pandemi yang makin nggak terkendali ini jujur aja bikin tidur nggak nyenyak, kadang kebangun mikir ini itu. Hmm, semoga sehat selalu kita semua. Pengen nyoba juga deh Antangin Good Night.

    BalasHapus
  15. Saya lebih seneng nulis malam mbak, waktu yg lain pada tidur. Atau habis subuh. Langsung nyantol gitu krn gak ada yg ganggu. Tidur berkualitas menurutku gak harus 8 jam. 4 atau 5 jam yang penting nyenyak. Kalau insomnia beda lagi. Semoga kita semua bisa sehat dengan tidur yg cukup dan berkualitas ya mbak

    BalasHapus
  16. Kadang nggak dipikirkan, ternyata emang kualitas tidur itu bisa ganggu banget ke kegiatan sehari-hari ya mbak. Aku udah beberapa kali lihat iklannya Antangin Good Night ini sih, masih ragu coba, tapi kayaknya di kondisi zaman yang makin chaos, bakal beli ke apotek deh

    BalasHapus
  17. Sangat nyaman dan nikmat banget jika tidur berkualitas, pas bangun jadi seger ni badan

    BalasHapus
  18. Tidur yang berkualitas adalah yang cukup dua jam namun badan segar saat bangun. Ini dikenal dengan deep sleep dimana orang Jepang melakukannya.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.