QRIS Aman, Mudah dan Menguntungkan untuk Indonesia Maju

 

Qris


QRIS merupakan solusi hidup lebih mudah. Apa pun transaksi jual beli yang kita lakukan menjadi lebih aman dan tentu saja sangat menguntungkan, baik dari sisi sebagai pelaku usaha ataupun sebagai masyarakat biasa pengguna QRIS sendiri.


Bisa dibilang, QRIS adalah solusi terhebat yang ada sejak 17 agustus 2019. Kehadirannya mampu mempermudah transaksi tanpa harus dicemaskan oleh begitu banyaknya hal yang ada ketika kita menggunakan transaksi cash atau uang tunai. Dengan QRIS, transaksi mudah ada dalam genggaman tangan kita.


Apa itu QRIS


QRIS atau disebut juga dengan Quick Response Code Indonesian Standard, yaitu standard QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran di Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).


QRIS sendiri merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan menggunakan QR Code Nasional.


Meskipun aplikasi pembayaran digital yang digunakan oleh para konsumen kita berbeda-beda, kita cukup menyediakan 1 kode QR saja.



Cara Menggunakan QRIS





Bagi sebagian orang menggunakan QRIS bukanlah hal yang mudah, karena sosialisasi dan pemahaman setiap orang tentu sangat berbeda-beda. Bagi sebagian orang yang sudah lanjut usia, mungkin memang belum terlalu familier dengan penggunaan transaksi nontunai.


Namun, sebagai anak milenial kita harus selangkah lebih maju, dong. Sudah saatnya kita meninggalkan cara-cara lama. Kalau ada yang mudah, cepat dan aman kenapa cari yang sulit, kan?


Cara menggunakan QRIS ini sebenarnya luar biasa mudah, sederhana dan sangat gampang.


Rasanya nggak ada alasan lagi kenapa kita tidak menggunakan pembayaran QRIS ini.


1. Pilih dan buka aplikasi pembayaran yang kita inginkan.

2. Scan code QRIS dan periksa nama merchant-nya,

3. Isi nominal dan bayar,

4. Selesai. Semudah itu kan transaksi pembayaran menggunakan QRIS.



QRIS Solusi Tepat Transaksi di Saat Pandemi Covid -19


Sebagai pelaku usaha ritel, saya paham betul bagaimana rasanya waswas ketika bertransaksi di masa pandemi Covid 19 ini. Dahulu, saya mengira pandemi hanya berlangsung beberapa bulan saja seperti kasus di Wuhan, sehingga saya memilih menutup tempat usaha.

Sampai waktu terus berlalu, kebutuhan hidup tetap berjalan dan mau tak mau sebagai pelaku usaha harus memberanikan diri membuka kembali.


“Lebih baik mati di luar rumah karena terus berusaha daripada mati di dalam rumah karena kelaparan”


Begitulah motto dari banyak pelaku usaha yang menguatkan saya. Dan ini memang benar adanya. QRIS menjadi solusi tepat bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bertransaksi di masa pandemi covid 19 ini.


Selain lebih praktis dan mudah, bertransaksi menggunakan QRIS dapat memperkecil risiko penyebaran virus corona karena transaksi nontunai ini dapat menghindari kontak langsung dengan pembeli.


Transaksi Aman dan Menguntungkan dengan QRIS


Mau diakui ataupun tidak, saat ini QRIS adalah metode pembayaran traksaksi  yang sangat mudah, simpel, cepat, dan aman.


Kita hanya perlu melakukan scan barcode menggunakan smartphone kesayangan kita, maka transaksi dapat dengan mudah berhasil kita lakukan. Ups, tapi tentu saja dengan catatan kita memiliki saldo di rekening dan ada koneksi internet di smartphone kita ya.


Apalagi dengan banyaknya promo diskon yang apabila kita menggunakan metode pembayaran dengan QRIS ini. Tentu saja selain menguntungkan para penjual, hal ini juga memanjakan kita sebagai pembeli. Ada yang diskon 20%, 25% atau bahkan ada yang buy one get one.


QRIS UNGGUL




QRIS mengusung semangat UNGGUL untuk sumber daya manusia unggul Indonesia Maju.


UNiversal

Penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran domestik dan luar negeri. Dengan kemudahan ini, kita tidak perlu lagi repot-repot menukarkan mata uang negara yang kita datangi.


GampanG 

Masyarakat Indonesia dapat bertransaksi dengan mudah dan aman hanya dalam satu genggaman smartphone.


Untung


Bertransaksi dengan QRIS secara tidak langsung menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung dengan sangat efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada smarthphone


Langsung


Transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan langsung seketika saat itu juga sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran. Dan keseimbangan finansial pemilik usaha itu sendiri.


Tujuan hadirnya QRIS di perekonomian Indonesia ini selain untuk  efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, tentu saja untuk lebih memajukan UMKM. Dan tujuan akhirnya adalah mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat untuk Indonesia lebih maju.






Manfaat QRIS Bagi Pemilik Usaha Bisnis/UMKM


Selain sebagai konsumen, QRIS juga membawa banyak manfaat serta keuntungan bagi para pemilik bisnis atau UMKM. Dengan mendaftar QRIS, kita bisa mendapatkan banyak kemudahan yang bisa menunjang bisnis kita lebih maju dan berkembang dengan pesat. 


Mempermudah Proses Transaksi


Dengan menggunakan QRIS, seluruh transaksi nontunai di toko kita akan berjalan lebih cepat dan mudah. Karena kita cukup menyediakan satu QR Code untuk menerima pembayaran digital dari berbagai aplikasi pembayaran berbeda.

Dengan adanya QRIS, kita bisa melayani pembayaran digital e-money dari berbagai bank dan e-wallet, seperti OVO, Gopay, Dana, LinkAja, dan ShopeePay.


Terhindar dari Uang Palsu, Uang Sobek dan Rusak


Dengan menggunakan QRIS, kita turut menumbuhkan cashless society  di lingkungan kita dan meminimalisasi risiko mendapatkan uang  palsu yang dapat merugikan usaha kita. Belum lagi risiko mendapatkan uang yang jelek dan terkadang robek (diisolasi).


Usaha Jadi Terlihat keren


Percaya tidak, dengan menampilkan 1 QR Code untuk menerima berbagai aplikasi pembayaran, usaha kita pun bisa tampak lebih rapi dan cantik. 

Kita tidak perlu mendaftar di berbagai merchant karena kita cukup mendaftar QRIS saja dan sudah bisa menerima pembayaran digital dari semua bank dan e-wallet.


Penutup

Demikianlah artikel singkat tentang QRIS serta manfaat QRIS bagi kehidupan kita, baik sebagai konsumen ataupun pemilik usaha bisnis UMKM untuk Indonesia Maju. Semoga dapat dipetik manfaatnya, terima kasih.




Get notifications from this blog

11 komentar

  1. Saya juga sekarang kemana-mana nggak bawa dompet nggak masalah, yang penting bawa hp. Butuh beli-beli tinggal scan aja.

    Semoga makin banyak merchant yang memberikan fasilitas pembayaran pakai QRIS ini ya

    BalasHapus
  2. Menggunakan QRIS itu lebih praktis sih menurutku. Apalagi jaman pandemi gini. Jadi Qris emang sebaiknya mulai digunakan bagi penjual dan qustomer juga. Selain cashless juga contacless, lebih aman, mudah dan simple.

    BalasHapus
  3. Keren ya BI kita sudah memikirkan bagaimana cara memperkuat sistem perekonomian di Indonesia, salah satunya dengan QRIS yang dijelaskan pada artikel kak Dian di atas. Dengan begitu, semua orang bisa belanja online, pembayaran dll memanfaatkan kode QR pada aplikasi, jadi lebih simpel dalam genggaman. Keren ya bukti bahwa literasi dan penguatan perekonomian benar2 mengikuti perkembangan digital yang ada saat ini,,,mantap !!!

    BalasHapus
  4. Jaman makin modern, penggunaan Qris jadi tuntutan sekaligus kewajiban. Dengan Qris semua termudahkan

    BalasHapus
  5. QRIS memang memudahkan dan menguntungkan. sekarang saya lebih banyak pakai cashless. Lebih mudah dihitung dan dipantau. Juga ga perlu bawa-bawa uang dengan risiko hilang.

    BalasHapus
  6. aku sebagai pecinta cashless, seneng banget ada QRIS ini memudahkan transaksi dimana aja dan kapan aja, cukup scan QR tanpa ribet langsung beres plus pastinya aman dong

    BalasHapus
  7. Sayangnya di banyak gerai, QRIS ini jadi pajangan aja. Padahal kalo dioptimalkan, yang namanya barcode global ini bisa mempermudah transaksi. Ini mah mesti balik lagi pake e-wallet khusus untuk pembayaran yang sama.

    BalasHapus
  8. Saya baru tahu tentang QRIS ini, info baru buat saya yang lahir dan besar di zaman old, hehehe.
    Menarik.untuk dipelajari sekaligus digunakan, tapi mesti dicoba deh.

    BalasHapus
  9. Dulu kita punya impian punya satu kartu sebagai gerbang pembayaran nasional. Satu kartu itu buat ATM, buat kartu tol, buat kartu kredit, buat kartu pembayaran, dan termasuk scan QRIS begini. Cuma kok ya di Indonesia itu susah banget yaaa. Padahal di Cina yang penduduknya semiliar lebih aja bisa kok pakai itu. Semoga QRIS ini menjadi pembuka yaaa untuk reformasi teknologi keuangan ke depan.

    BalasHapus
  10. aku juga lebih suka pakai QR Code ini untuk pembayaran. beberapa kali dan praktis. apalagi kalau lagi ada dana di shopeepay atau gopay. jadinya cashless dan enggak perlu pegang uang cash. makasih infonya.

    BalasHapus
  11. Makanya zaman sekarang lebih panik ketinggalan hape ketimbang dompet.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.