Wisata Pantai Melawai Balikpapan

 

Pantai melawai balikpapan

Pantai merupakan wisata yang sangat mudah ditemukan di Balikpapan. Tapi wisata pantai strategis yang berada di tengah kota begini hanya ditemukan di Pantai Melawai. Oh ya selain strategis ini merupakan wisata yang sangat murah meriah bahkan free kecuali parkir motor/mobil tentu saja. 


Mendatangi pantai Melawai ini sarngatlah mudah. Selain menggunakan jasa ojek online juga bisa menggunakan kendaraan umum Balikpapan. Sekali naik taxi no 6 atau no 3 hanyalah Rp5.000.  hampir setiap sore hari disini terbilang rame orang menyaksikan sunset. Tapi tentu saja puncak keramaian ada di hari sabtu ataupun minggu sore.


Banyak anak-anak bermain pasir, membuat istana pasir, berenang, ataupun sekedar mengabadikan kenangan dengan berswafoto di deretan batu-batu karang. Waktu seolah cepat berlalu bila berada di pantai ini. Suasananya yang begitu menyenangkan membuat kita terkadang lupa waktu.


Kalau kamu memiliki hobby memancing, di dekat pantai Melawai ini juga disewakan kapal ketinting yang biasa dipakai buat orang-orang untuk memancing ke pinggiran laut seharian penuh. Kalau kamu pandai berenang dan mendayung, bisa pilih ketinting yang pakai dayung. Ratenya antara 100k-150k. sementara untuk ketinting yang menggunakan mesin biasa disewakan dari harga 250k-300k perhari.


Oh ya kalau pengen intip wisata murah di BSD bisa intip di blognya Bang Iyus ya. Sementara kalau cari oleh-oleh Balikpapan bisa cari Amanda brownies


Tapi kalau kamu sekedar ingin memancing di pinggiran, banyak juga orang yang memancing di pinggiran Pelabuhan Semayang. Umpan yang sering dipakai adalah udang hidup ataupun mpun-mpun. Meskipun seringnya boncos dan hanya mendapatkan ikan kecil-kecil tapi lumayan menyenangkan untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga.


Car Free Day Di Lapangan Merdeka

Car free day balikapapan


Tak jauh dari pantai melawai ada lapangan Merdeka. Setiap hari minggu pagi dan sore Kawasan lapangan Merdeka begitu rame dengan Car Free day. Banyak orang-orang yang jogging, bersepeda santai, senam ataupun sekedar berwisata kuliner seperti saya. Apalagi kalau ke lapangan Merdekanya bareng teman-teman satu geng, dijamin bubar dietnya.


Bisa dibilang wisata kuliner pada waktu Car free day itu yang paling menyenangkan karena hampir semua kuliner yang ada di Balikpapan tumplek blek disini. Mulai dari nasi kuning, nasi pecel, nasi sambal tumpeng, gudeg bahkan aneka minuman kekinian pun ada boba aneka rasa, es tebu, es dawet dll.  Jadi mungkin memang niat awal datang kesini memang untuk olah raga lari pagi, tapi kenyataannya olah raga untuk memilih menu makanan apa yang siap untuk dinikmati disini. Apalagi harga-harganya termasuk murah meriah dan tak membuat kantong menjadi jebol.


Selain wisata kuliner di car free day ada juga perpustakaan keliling, cek darah oleh pmi, aneka demo dan penggalanan dana untuk hewan reptile.

 

Wisata Kuliner Seru Di Melawai Balikpapan


Fix kamu belum ke Balikpapan kalau kamu belum mengunjungi street food di Melawai. Disini nih tempat nongkrongnya anak muda Balikpapan. Apalagi kalau di malam rabu gaul ataupun malam minggu dari ujung ke ujung pantai Melawai ini selalu rame. Kalau dulu kawasannya hanya sepanjang jalan dari Pelabuhan semayang sampai dekat lapangan Merdeka. Sekarang dibuka lagi Kawasan yang nggak tangung-tangung besarnya. Setidak Ini menunjukan bahwa  masyarakat kota Balikpapan mulai menggeliat lagi struktur ekonominya mengingat beberapa bulan pada waktu pandemi Kawasan pantai Melawai memang lebih terlihat sepi.


Wisata kuliner di melawai ini sebenarnya tidak ada yang istimewa banget. Kita hanya akan menemukan jagung bakar, bakso, lalapan ikan ayam bebek, pempek, aneka gorengan, es campur dan sop buah. Tapi bukan ini poinnya. Menikmati makan sore ataupun malam dengan orang terkasih sembari bercerita tentang hari esok diiringi deburan ombak yang memecah pantai dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi memang sangat menyenangkan. Asal jangan sampai pulang kemalaman karena pasti bisa masuk angin hehehehe


Makanan favorite di pantai Melawai

1.      Jagung Bakar


Jagung bakar di melawai ini memang menimbulkan efek magic. Bila lama tidak menikmatinya ada rasa rindu. Maka biarpun jauh-jauh tetap akan kita datang ke melawai bila sedang kangen dengan jagung bakarnya. Satu porsi harganya 10k dibakar dengan menggunakan mentega dan terakhir diolesi dengan racikan sambal yang sangat nendang. Wah pokoknya kalau habis makan ini bibir menjadi jontor menahan pedesnya. Tapi luar biasa nikmatnya sangat nagih

 

2.      Sop Buah

Sebenarnya ada es campur juga, tapi saya lebih memilih sop buah selain lebih banyak vitamin kan lebih fresh karena menggunakan buah-buahan yang segar. Perpaduan antara buah manga, semangka, melon, naga, peer, dan alpukad bersatu dalam manisnya susu kental manis, syrup coco pandan serta es batu yang menambah kesegarannya. Gimana? Membayangkannya saja sudah membuat ceria hati kan?

 

3.       Pempek Lina.


Di pantai Melawai ini ada satu pempek yang membuat saya jatuh cinta. Namanya pempek Lina. Rasa memang bukan yang juara sekali. Tapi harganya juga tidak terlalu mahal. 1 porsi pempek kapal selam besar, 1 pempek lenjer besar serta 1 pempek adaan dibanderol harga 21k. sangat terjangkau sekali bukan? Terlebih menikmatinya di pinggir pantai begini. Nggak usah terlalu berekpektasi yang besar karena ini adalah makanan yang merakyat sekali di pantai Melawai.

 

Get notifications from this blog

16 komentar

  1. wah makan sop buah di pantai, emang paling segerrrrr :D

    BalasHapus
  2. Wah ada pempeknya juga di pantai mbak?? Wah fix harus ke sini deh kalau ke Balikpapan..enak kali ya makan pempek sambil memandang eburan ombak di pantai

    BalasHapus
  3. kangeeen banget sih ke pantai, udah lama bangeeet dari semenjak beberapa tahun yang lalu gak ke pantai. terakhir tuh 2017 deh keknya. ngeliat pantai begini di balikpapan jadi kangen ke derawan lagi hehe. makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  4. Pantai nya bersih banget kak.... Pastinya seru banget berlari larian menyusuri pantai rame rame

    Ya kalau capek,jagung bakar siap disantap. Soalnya kalau di daerah tempat tinggal ibuku paling banyak yang jual jagung bakar dengan variant rasa manis atau pedas

    BalasHapus
  5. Dulu itu pantai melawai tahun 98an tempatnya orang pacaran gitu deh, wkwkwk. Paling suka dengan jajanan pisang gapitnya. Ahh, betapa aku rindu Balikpapan

    BalasHapus
  6. Dulu aku suka banget lho nongki di sana jelang mentari terbenam, semoga bisa ke sana lagi

    BalasHapus
  7. Di Jakarta Melawai tempat toko baju dan bahan kak wkwkwk, mpekpek jarang ya ada yang jual di pantai, seru ya makan mpekmpek di pantai sambil berjemur.

    BalasHapus
  8. Di Jakarta Melawai tempat toko baju dan bahan kak wkwkwk, mpekpek jarang ya ada yang jual di pantai, seru ya makan mpekmpek di pantai sambil berjemur.

    BalasHapus
  9. Udah kebayang..dipantai.. minikmati jagung plus kopi... hmmm...bisa tahan lama ini mah..ngeliatin deburan ombak yg ga ada habisnya

    BalasHapus
  10. Pokoknya kalau udah di pinggir pantai, semua makanan akan terasa enak ya Kak.
    Serunya kalau menghabiskan waktu di sore hari di pantai bersama keluarga.

    BalasHapus
  11. Serunya bisa mantai, saya dah lama gak kepantai, di rumah mertua jauh sama pantai nih

    BalasHapus
  12. Pantai melawai emang udah terkenal ya. Aku tu lama sekali belum ke pantai lagi. Terakhir ke pantai ya seingatku pas di HK. Wakakak.

    BalasHapus
  13. Anakku ngebet banget pengen ke pantai, tapi ya namanya lg pandemi, belum mungkin juga kan ya.
    Nama pantainya melawai, jd inget nama optik hehe

    BalasHapus
  14. Kalo pantai di tempat saya banyak dihiasi pohon cemara. Di bawah pohon2 Cemara banyak disediakan tempat2 bersantai sambil menikmati makanan atau minuman. Bersantai sambil di menikmati laut

    BalasHapus
  15. Duh, iya bener kak. Sambil mantai sambil makan jagung bakar bikin tambah mantep ya. Jadi kangen pengen mantai juga

    BalasHapus
  16. duh mbak aisyah aku udah lama bgt ga ke pantai. terakhir pas sebelum hamil ke ancol (plis deh pantainya ancol) paling enak memang menikmati pemandangan pantai ya mbak

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya