Cara Mudah Memasak Nasi Sehat Dengan Kompor Gas


Tips memasak nasi di kompor
Nasi terbaik


Masak Nasi Cepat Matang Dengan Kompor Gas


Cara memasak nasi dengan kompor gas sebenarnya terbilang sangat gampang lho. Selain aroma serta rasanya nasi lebih enak, pasti juga lebih sehat daripada memasak menggunakan rice cooker. Ops, disini saya bukan buzzer yang bertugas membuat kalian meninggalkan rice cooker kesayangan di rumah ya, tapi pengalaman memang mengajarkan saya lebih menghargai Kesehatan jiwa dan raga ketika memasak menggunakan kompor gas daripada menggunakan rice cooker.


Nggak percaya? Hihihi sini coba deh jujur dan hitung berapa kali kalian semua sakit hati lalu jantung berdetak lebih cepat dari biasanya tapi bukan karena jatuh cinta melaninkan khawatir ketika membuka tutup rice cooker pada saat jam makan tiba, namun lupa memencet tombol cook pada rice cooker? Hayooo ngaku.


Pasukan yang suka jantungan dan yang pernah sakit hati sini-sini berpelukan dan curhat sama saya. Terlebih kalau pas waktunya menjamu tamu ataupun mertua yang mau makan di rumah kita kan. Malunya itu pasti berlipat-lipat ? Hahahaha ( devil smile…)


So, daripada kejadian seperti itu terus berulang terjadi pada kita. Mending kita coba memasak nasi pakai kompor gas. Selain sehat, aman, caranyapun sangat mudah. Dijamin deh nggak sampai 30 menit nasi sudah matang.


Masak Nasi Langsung Dengan  Dandang

Masak nasi dengan dandang


Ada yang tahu nggak cara memasak nasi langsung dengan dandang? caranya disiram dengan air mendidih langsung di dalam dandang? Jadi cara masak nasi ini super duper simple. Irit panci kotor, nggak sibuk pindahin sana-sini. Masak nasi  langsung dengan dandang begini biasa dipakai kalau kita memasak nasi dengan jumlah lumayan banyak. 

Seperti waktu ada acara doa, yasinan, syukuran ataupun arisan di rumah. Saya jujur sempat kaget dengan cara masak begini, tapi ternyata berhasil. Saya benar-benar takjub dengan teman-teman yang pernah mengajari saya metode masak begini.

Jadi cara memasaknya adalah didihkan air di dandang terpisah. setalah mendidih di dandang yang lain masukan beras diatas sarangan. Lalu siram dengan air mendidih sampai air melebihi batas normal air. Kira-kira diatas sarangan dandang lebih sedikit. tutup. Sesekali aduk-aduk sebentar. Masak dengan api sedang. Biarkan kurang lebih 20-30 menit tergantung banyak sedikitnya beras. Sesekali aduk lagi untuk memastikan airnya sudah mulai berkurang. Dan beras yang kita masukan tadi telah berubah menjadi nasi putih yang pulen, harum dan sehat. Siap dinikmati Bersama keluarga.

Cara Masak Nasi Dengan Panci Presto

Masak nasi dengan panci presto
Masak Nasi Dengan presto


Awalnya sebenarnya saya memang segala-galanya suka memakai panci presto. Simple, cepat dan irit gas. Mulai dari bikin soup, bikin bubur kacang hijau, bubur ayam, ayam presto juga bandeng presto. Entah kenapa saya juga iseng memasak nasi memakai panci presto. Wah ternyata bisa lho, mau cobain juga? Jadi caranya hampir sama dengan kita memasak nasi biasa pada umumnya, hanya saja ukuran airnya bisa dikurangi sedikit.


Masak nasi seperti kita memasak bahan lain pada umumnya. Tutup rapat tapi sebelum ditutup pastikan karetnya terpasang pas. Masak menggunakan api sedang sampai berbunyi mendesis tandanya mendidih, tunggu 1-2 menit menggunakan api sedang tadi, selanjutkan kecilkan api sedikit. Tunggu 3-4 menit lalu matikan api. Tunggu sampai dingin dan jangan coba-coba dibuka. Setelah kira-kira lima menitan akan berbunyi klik tandanya tutup bisa dibuka. Jadi deh memasak nasi dengan menggunakan panci presto. Selain terbilang paling cepat matangnya dan irit dalam penggunaan kompor gas.

 

Masak Nasi Dengan Cara Steam





Steam juga berlaku untuk memasak nasi lho, nggak harus buat nasi mpasi. Namun juga bisa kita pakai buat masak nasi orang dewasa. Cara memasaknya juga sangat simple. Namun biasa hasilnya masak nasi dengan metode steam begini nasinya agak lembut dan tidak terlalu keras. Cocok buat kita yang memiliki masalah dengan lambung dimana harus mengkonsumsi nasi lembut.


Caranya masukan beras yang sudah dicuci bersih dalam panci kecil ataupun rantang yang penting bahannya tidak plastik. Beri air secukupnya seperti kita biasa masak nasi. Lalu steam kurang lebih 15-25 menit. Tak perlu capek mengaduk-aduk nasi sudah matang dan siap untuk dinikmati. Gimana simple banget kan masak nasi dengan metode begini? Sayapun rasanya begitu amazing.


Masak Nasi Dengan Cara Meliwet



Nasi liwet adalah nasi putih dengan pelengkap sayur labu siam tumis, telur pindang, sayur krecek juga opor ayam kampung. Biasa dimakan buat sarapan pagi di daerah Solo-kartosuro, sedaaapnyaaa. Ops salah, tiba-tiba saya tersadar, mungkin kerinduan ini sudah terlalu berat akan kampung halaman sehingga menu makan nasi liwet begitu  menggoda iman.

Jadi, sebenarnya yang ingin saya tulis disini adalah nasi liwet yang beneran dimasak dengan metode liwet. Di jawa timur maupun jawa tengah masih ada beberapa yang memasak nasi menggunakan 


kompor gas dengan metode liwet. Alat masaknya Namanya kendil namun di daerah lain menyebutnya Kastrol.




Yang sangat saya suka dari nasi yang dimasak menggunakan metode liwet ini adalah kerak nasinya. Kerak nasi kalau masih hangat-hangat gini dimakan dengan menggunakan kelapa muda parut, sambal terasi dan dikasih sedikit garam rasanya ugh… nikmat banget. Terkadang simbok sengaja masak nasi dengan metode liwet hanya untuk makan kerak nasinya ini. Makan bareng-bareng satu keluarga terasa sangat nikmat. Atau kalau nggaka kerak nasinya di jemur dan setelah kering di goreng lalu ditaburi garam halus. Namanya intip, tapi jangan salah seiring perkembangan zaman intip nasi ini sangat susah ditemukan, jadi kehadirannya menjadi sangat istimewa.


Memasak nasi dengan cara liwet sebenarnya terbilang mudah, saking mudahnya kita bisa disambi nonton drama korea di dapur. Jadi kurang lebih dengan beberapa cara memasak diatas, beras dicuci, dimasukan ke dalam panci, kasih air sesuai takaran biasa satu ruas jari diatas beras lalu lanjut masak dengan api sedang, tutup tapi jangan terlalu rapat agar air tidak mendidih kemana-mana. Aduk-aduk lalu tunggu sampai air agak habis. Lalu ubah api menjadi super kecil atau api lilin. Tutup rapat panci. Aduk-aduk lagi lalu setelah air habis matikan api dan tutup rapat panci beras tadi. Tunggu sampai kurang lebih 15-30 menit maka nasi sudah bisa dinikmati Bersama lauk makan yang lainnya.

 

Cara Masak Nasi Manual 

Dari semua cara memasak nasi menggunakan kompor gas cara memasak nasi dengan cara manual yaitu mengaron adalah yang paling favorite buat saya. Menurut saya hasilnya paling enak, nasinya pulen juga lebih terasa harum aromanya.


Jadi memasak dengan cara  mengaron adalah beras dicuci, lalu siapkan air secukupnya didihkan. Setelah air mendidih masukan beras, aduk-aduk sampai air habis. matikan kompor, tutup sejenak kurang lebih 10 menit segera tanggarkan dandang diatas kompor, tunggu air mendidih lalu kukus beras yang sudah kita aron tadi. Aduk-aduk sebentar 10-20 menit pasti nasinya sudah matang.


Masak nasi dengan cara dikukus dengan menggunakan dandang ini sebenarnya resep turun temurun dari mbah. Caranya memang sangat jadul tapi tetap paling istimewa. Yah begitu juga hidup, kita memang tidak boleh meninggalkan sesuatu yang telah usang, karena sesuatu yang tidak kita suka terkadang itulah yang terbaik buat kita… eaa… #ngomong apaan sih ini .


Jadi kalian suka memasak nasi di kompor dengan cara yang bagaimana? Sharring yuks di kolom komen. Eh tapi sebelum saya akhiri ada beberapa tips nih mudahan bermanfaat ya,


Tips cara mudah memasak nasi dengan kompor gas


1. Takaran Beras



Menakar beras untuk hitungan 1 piring penuh biasa gunakan takaran cup yang kita dapat waktu membeli rice cooker. Tapi kalau tidak ada bisa gunakan ukuran gelas belimbing standart. Ataupun menggunakan mug kaleng bekas susu kental manis.


Di rumah saya saat ini masih terbilang kuno karena sampai detik ini masih menggunakan ukuran beras mug susu kental manis. Selain itu warisan dari mertua juga takarannya pas banget. Untuk sekali makan berdua dengan porsi yang Indonesia banget (baca banyak) satu mug kaleng susu sudah lebih dari cukup.


Ada satu nasehat dari mama mertua yang masih saya ingat sampai sekarang bahwa jangan sampai pendaringan (tempat beras) kosong. Minimal kalau belum ada uang buat beli usahakan sisakan 1 mug beras untuk masak keesokan harinya. Hal ini dipercaya juga agar keuangan kita kalau habis tidak sampai habis-bis, usahakan minimal ada buat hidup besok.


2. Takaran Air Memasak Nasi

Dalam menakar air sebenarnya aturan paling baku adalah satu ruas jari diatas beras. Tapi ternyata itu juga harus dilihat jenis berasnya juga. Baru atau lama, termasuk beras yang butuh banyak air atau tidak. 

3. Alat Masak Beras Dengan Kompor Gas

Memasak nasi menggunakan kompor gas sebenarnya tidak membutuhkan peralatan yang khusus. Kalau tidak ada nggak usah khusus untuk membeli peralatan yang baru. Cukup gunakan yang ada saja. Contohnya ketika tak ada panci bisa gunakan wajan buat mengaron beras. Bisa juga menggunakan gunakan panci kecil yang biasa kita pakai untuk membuat mie instan. Ataupun panci yang biasa kita pakai buat masak di rice cooker. Apapun itu bisa kita manfaatkan kog. Terlebih di zaman dimana minimalis lifestyle booming begini kita kan tidak memerlukan perabotan yang macam-macam. Tergantung pintar-pintarnya kita mempergunakan alat masak yang ada.


Dandang ataupun kukusan seharusnya setiap rumah ada ya, karena memasak dengan gaya mengukus akhir-akhir ini lebih sehat daripada menumis ataupun menggoreng. Tapi kalaupun tidak ada bisa kog menggunakan wajan taruh panci kecil di dalamnya. Lalu tinggal tutup. 10-15 menit masak juga pasti sudah matang nasinya. Viola sesimple itu kan masak nasi menggunakan kompor gas. Aku ataupun kamu sudah pasti bisa memasaknya.

 

4. Agar Nasi Tidak Cepat Basi



Pernah nggak merasa kesal dengan nasi yang dimasak di pagi hari lalu tiba-tiba sore sudah basi? Atau lebih parahnya memasak nasi menjelang berbuka puasa lalu ketika mau sahur di pagi harinya nasi becek, berair daan berbau seperti susu nggak enak gitu. Fix nggak bisa dimakan kan? Mau masak sudah nggak sempat lagi karena sudah menjelang imsyak. Kesel banget pasti ya? Sayapun begitu huhuhu maafkan kalau akhirnya saya malah jadi curcol disini.


Ini juga sebenarnya yang membuat saya lebih suka memasak pakai kompor gas daripada rice cooker. Karena biarpun dingin nasinya tetap kesat, mau menghangatkan nggak sampai 5 menit juga pasti sudah hangat. Eits tapi jangan lupa di cek dulu air dalam dandangnya ya, jangan sampai niatnya mau menghangatkan malahan gosong karena airnya habis.




Jadi sebenarnya hal itu bisa kita atasi dengan cara mencuci beras sebersih mungkin. Lalu ketika mengaron beras kasih 1-2 potong air perasan jeruk nipis, jeruk lemon ataupun jeruk limau. Sebagai penyempurna agar aromanya lebih wangi dalam air kukusan beri 1-2 potong daun pandan. Dijamin deh nasi hasil masakannya akan menjadi pulen, kesat, dan aromanya menggoda selera.


5. Aron Nasi Sekali Banyak.



Terkadang yang membuat malas masak nasi menggunakan kompor gas ini adalah proses awal dan mengaronnya. Untuk menghemat waktu sesekali saya mengaron nasi sekali banyak. Contohnya 1 kg beras. Karena yang makan hanya berdua, 1 kg beras cukup untuk kami makan sebanyak 3-5 kali makan. 


Jadi saya mengaron sekaligus 1 kg. Lalu saya mengukus nasi secukupnya saja sekali makan. Sisanya setalah dingin langsung saya taruh di kotak makan, saya bagi kira-kira secukupnya sekali makan dan saya masukan ke dalam lemari es. Nanti ketika mau masak nasi saya tinggal mengukus 1 tempat nasi lalu begitu seterusnya sampai habis. ini selain praktis juga lebih menghemat waktu persiapan.


6. Aduk Nasi Setelah Matang



Tips terakhir adalah setelah nasi matang, segera aduk-aduk agar air yang terperangkap dengan nasi bisa turun ke bawah dan tidak membuat nasi menjadi lembek juga benyek. Oh ya nasinya kalau sudah matang bisa dimasukan di pemanas, thermos nasi ataupun dibiarkan di panci, tapi sebisa mungkin tutupnya dikasih lap putih bersih, agar air yang berembun ke atas tidak jatuh lagi ke dalam nasi.

 


22 komentar

  1. Ini pakai dandang nasi jg bisa buaaanngggeetttt

    BalasHapus
  2. Sudah lama gak pernah masak nasi di kompor. Kalau mati lampu tiba tiba biasanya masak pakai kompor. Pakai dandang rasa nasinya memang beda ya mbak. Kesannya lebih utuh dan kering gak lembek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw keraknya yang bikin rindu masak nasi di kompor. Dijemur lalu kasih ketumbar dan garam sedikit. Digoreng jadi cemilan yang enak.

      Hapus
  3. Kalau orang orang jaman dulu malah ga suka pake rice cooker. Budeku sukanya nasi di aron hehehe

    BalasHapus
  4. Waktu masih SMP saya malah ga bisa masak pakai rice cooker. Jadi selaku masak dengan dandang. Sekarang koq kebalikannya hahah

    BalasHapus
  5. Kalau cara masak nasi dengan lansgung disiram air panas, memang diterapkan pas ada acara, Mbak Dian. Di sini juga. Malah sarangannya pakai anyaman bambu bentuk kerucut, lalu masaknya pakai kayu bakar di pawon hehehe. Kalau cara pakai panci presto sampai disteem saya baru tau.

    Tapi memang paling idealnya masak nasi dengan mengaron dulu, baru dikukus. Dan memang, pas nasi matang, langsung diaduk ya, biar uap air dalam nasi keluar. Termasuk pas pakai rice cooker. Makanya saya heran ada juga yang nasinya pas matang tidak diaduk hehehe.

    BalasHapus
  6. Walaupun dari dulu sampai menikah sangat jarang masak dengan kompor tapi Alhamdulillah aku bisa. Karena ibuku sudah kasih tahu caranya. Aku paling suka masak sistem siram di dandang itu mbak, lebih simple.

    BalasHapus
  7. ternyata banyak sekali yaa berbagai cara memasak nasi,, tapi saya cuman bisa masak nasi pakai kompor dan di rice cooker itu aja huhu

    BalasHapus
  8. Saya sudah tiga tahunan ini masak nasi pakai panci dandang dan sudah enggak suka pakai rice cooker, lebih lezat menurutku

    BalasHapus
  9. Aku masih sering masak nasi dengan kendil mbak. Apalagi klo lagi pengen makan intip. Di sini jarang yang jual intip, jadinya kalau pengen makan intip ya ngliwet dulu.

    BalasHapus
  10. Awalnya saya beli magic com buat membantu meringankan pekerjaan. Selain itu boros listrik banget. Tapi lama-lama beralih lagi ke kompor gas. Katanya memang jauh lebih sehat dan nasi juga gak cepat basi.

    BalasHapus
  11. Jadi pingin masak nasi pakai dandang, kayak jaman belum ada rice cooker dulu. Rasa nasi lebih enak

    BalasHapus
  12. Informasi yang sangat bermanfaat kak, karena kami termasuk keluarga yang sering kelupaan nyalain tombol on wkwkwkwkwk. Sukses selalu kakak ^^

    BalasHapus
  13. Tips yang nomor 4 saya diajarin ibu dulu masukin daun pandan, Mba Ais... kl perasan jeniper baru tahu dari baca artikel ini. Hmm, seru ya, ternyata gak cuma dua cara menanak nasi. Saya biasanya kl listrik padam, beralih ke manual, yg pake dandang itu.

    BalasHapus
  14. Saya termasuk emak jadul, lebih suka masak nasa dengan cara diaron. Sekeluarga kurang suka makan nasi yang dimasak pakai rice cooker

    BalasHapus
  15. ya ampyun kalo inget masak nasi pake dandang jadi inget pas para emak-emak masak untuk acara sunatan saya dulu hhe.

    BalasHapus
  16. Saya yang bisanya itu selain pake rice cooker or magic jar, masak nasinya manual dan diliwet, tapi saya usahakan jangan sampai berkerak. Karena di daerah kami tidak terbiasa makan kerak nasi seperti yang mba ceritain. Dan tidak pinter mengolahnya menjadi intip. Walaupun saya suka sekali intip.

    Ibu saya dulunya sering masak nasi secara manual.
    sedangkan ketika ngekos saya masak nasinya dengan cara ngeliwet.

    BalasHapus
  17. oooh aku baru tahu kalau bisa masak nasi pake panci presto
    boleh juga ya dicoba
    tapi aku lebih penasaran kalau masak nasi ngeliwet

    BalasHapus
  18. Wah lengkap sekali info seputar menanak nasinya. Aku yang pernah masak manual, steam (nasi tim) dan pakai alat penanak nasi. Yang lain belum pernah. Karena merantau, seumur berumah tangga masak cuma untuk serumah, jarang ada tamu atau saudara. Kalau ada acara arisan biasa pesan karena ga punya alat-alat untuk masak sendiri hihihi
    Tapi pernah lihat sih Ibu masak nasi yang disiram air mendidih di dandang itu...

    BalasHapus
  19. Mbaaaa, nasi yang dimasak pake dandang itu emang sangat enak dan terasa pulen.
    Tentu sangat berbeda dari yang hasil rice cooker.
    Alhamdulillah,kami juga keluarga yang memasak manual.
    Sistem karu sih kalo kami nyebutnya

    BalasHapus
  20. Masih ada lho beberapa restaurant yang masaknya di dandang, dan rasanya punya ciri khas sendiri ya.

    BalasHapus
  21. Saya jadi teringat dulu sekali, saat memasak nasi secara manual, nenek saya suka mengambil air berasnya untuk saya minum, katanya sehat. Sejak rice cooker menyerang, budaya itu seperti tidak ada lagi

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.