Cara Mudah Menaikan DA Blog

Hai Gaes, Welcome to my sweet Blog again. Apa kabarnya Domain Authority blognya? Masih suram kah? Semoga tidak ya.

Mau bahasan yang berat namun santai nggak? Kepoin blognya kak Anna Rosanna gih tentang gimana cara pecahin masalah gagal  tracking data demografi google analytic.

Oh ya kali ini saya mau sharring sedikit nih cerita tentang kekonyolan dalam menaikan DA. Jadi saya pikir, Domain Authority itu akan naik sesuai umur domain blog. 

Awalnya DA saya hanya 2. Ah mungkin karena baru. Belum ada satu tahun, begitu pikir saya.

Saya menunggu...
Sabar menunggu...
Terus menunggu...
Hingga satu tahun waktu berlalu....

Whats 1 tahun. Iyes, 1 tahun. Seiring perpanjangan domain blog saya hanya bertambah 1 angka. Jadi DA saya 3. 

Perih Jendral kalau mengingatnya.
Apakah ada yang senasib? Atau saya saja yang dodol mengharap miracle itu datang menghampiri blog saya.

Mimpi terbesar saya adalah algoritma Google merubah DA saya ke angka 15 hingga saya bisa ikutan job-job receh, content placement, review produk dll agar uang jajan saya bertambah. Eh bukan berarti uang jajan yang dikasih suami saya kurang ya. Tapi seneng aja dapat uang dari hasil blog gitu.

Saya mencari-cari cara bagaimana blog saya bisa maju. Kepoin blog demi blog senior. Takjub dengan lalu lintas komentarnya banyak banget. Lah saya? Bisa dihitung jari. Jadilah saya mulai pencarian group optimasi blog. Sampai handphone hang karena banyaknya group yang saya ikuti. Tapi diantara semua group itu ada 3 group yang sangat berkesan dalam upaya menaikan DA blog saya. 

1. Group Whatsapp Blog Walking Asyik

Masuk di group BWA ini membuat saya begitu terpesona. Entahlah bilangnya group blog walking tapi isinya pada pamer ilmu. Tak ada satupun yang pelit. Mulai dari ilmu blog, ilmu menang lomba sampai ilmu setting-settingan blog. Paket lengkap disini, mulai yang ngebully halus sampai bikin ketawa so hard ada. Entah alangkah garingnya hidup kalau nggak ngintip group ini.

Hampir tiap minggu ada saja ucapan selamat bagi member BWA yang menang lomba. Keren abis deh. Mau nggak mau jadi terpacu semangat melombanya kan? Apalagi tak perlu jauh-jauh cari info lomba semua tersaji. Tergantung mau take it or leave it.

2. Group Whasapp Arisan Backlink

Setelah sibuk BlogWalking apakah DA meningkat? Tentu tidak. Karena bukan itu fungsi blogwalking.

Hingga saya bertemu dengan 15 teman-teman yang berjuang sama-sama menaikan DA.

Tiap hari rabu/kamis kami post satu postingan blog baru. Berisi backlink anggota arisan. Lalu dilanjut dengan blog walking.

Awalnya terasa berat. Menulis 1000 kata, lanjut bw ke homepage, lanjut ke tulisan teman-teman anggota arisan. Beberapa orang meragukan keseriusan arisan ini. Bagaimana kalau tidak amanah? Bukankah anggota lain dirugikan?

Tapi Alhamdulillah sampai ke arisan terakhir kami masih amanah memegang janji awal kami arisan. Justru nilai plusnya kami semakin dekat. Semua terasa seperti saudara. MasyaaAllah indahnya persahabatan ini. Masih terharu rasanya.

Karena jujur hasil arisan selama 15 minggu ini bukan wow banget bisa melesatkan DA. Ada yang hanya bertambah 1 angka, tapi di putaran kedua malah masih ikutan.

berkat arisan ini kami bisa terus menulis. Minimal 1 minggu sekali. Emak-emak pemalas seperti saya memang kadang harus dipaksa.

3. Belajar 30 Hari menaikan DA 

Di tengah segala cara pencapaian DA itu.  Saya mengikuti suatu kelas online untuk menaikkan DA selama 30 hari. 

Kelasnya menggoda banget ya, para fakir DA kaya saya langsung tergoda daftar pasti. Apalagi diterima sujud Syukur, sungkem sama duo suhu aka coach terbaik mas Irwin dan Mas Pewe.

Tapi yang menggoda tak selamanya indah. Hahaha malam dimasukan kelas keesokannya langsung berasa dibantai hidup-hidup. Saya yang biasa cuma nulis di blog lalu submit dan selesai dipaksa belajar dalaman isi blog. Pakai hp pula, kebayang kan susahnya?

Asli rasanya mau nangis. Nyerah. Tapi ingat domain authority blog aisyahdian masih di angka 3 saya bertahan. Tapi sempet bikin status galau di whatsapp dan dibaca coach Irwin. Sumpah asli bikin malu. Setelah itu saya nggak nulis status apa-apa lagi

hal yang paling pertama diajarkan adalah mengaudit SEO dalam blog. Kalau pakaianmu compang-camping bagaimana bisa masuk ke dalam Mall. Kalimat ini yang terus terngiang dalam benak saya.

Jadi ketika saya akhirnya tak naik kelas karena kesibukan saya yang luar biasa di toko, persiapan lebaran, serta kebetulan handphone saya rusak. Saya masih dong semangat untuk memperbaiki blog agar DA  saya perlahan naik. 

Dan kini saya berani nulis ini karena DA saya sudah diatas angka 10. Finnaly setelah teman-teman yang lain sudah berlari saya baru merangkak, tapi tak apa-apa asal sampai di tujuan. Emak-emak kadang super duper lemot dan lola jadi ya beginilah.

Bersahabat dengan SEOPTIMER

Sebelum belajar SEO mari kita check dalaman blog kita dulu. Kita bisa buka di https://www.seoptimer.com/  lalu masukan url blog kita. Sampai disini silahkan di uprek sampai minimal semuanya mendapatkan nilai A+ .

Perbaiki satu demi satu yang masih ada tanda silang merahnya. Ini memang tak mudah. I know it. Akupun setelah berbulan-bulan masih ada nilai D bahkan F.

Tapi sesuatu yang sulit bukan berarti sulit bagi orang lain. Aku ingat kak citra bilang lho itu dasar banget lho sista. well kadang kita yang baru nyebur di dunia blog memang harus mengalami hal-hal yang seperti ini. 

Bertanyalah sesama rekan blogger senior yang tak pelit ilmu.  Sampai detik ini saya beruntung bisa memiliki kesempatan berguru sama kakak Rosanna. Beberapa settingan blog saya bahkan saya jiplak, tiru sama persis. Tapi izin dong, orang saya nanyanya langsung dihadapan beliau. Sambil makan snack ringan bikinan kak Safalie Raya. makan satu dijamin nambah lagi dan lagi.



Get notifications from this blog

31 komentar

  1. Sebagai pejuang DA juga ini tulisan yang bermanfaat sekali mbak, salam kenal

    BalasHapus
  2. wow ternyata setelah saya coba cek blog seoptimer.com rata-rata dapat minus, btw bagaiamana cara agarjadi A+ Plus ?

    BalasHapus
  3. Sama mba.
    Aku juga pernah ikut beberapa grup blogwalking, karena mengira, iya, mengira DA akan terdongkrak.

    Ternyata aku salah. Malah apes kadang DA malah turun. Ini pegimana ikut blogwalking DA kog turun, hihihi.

    Tapi, don't got me wrong, bukan aktivitas BWnya yang salah ya. Akunya saja kurang paham teknik mendongkrak DA.

    Salah satunya kudu meningkatkan backlink berkualitas.
    DA ini memang masih PR juga untukku, mba.

    Yuk, atuh lah, semangat!

    BalasHapus
  4. Luar biasa dongkrak DA dengan mudah benar ya mbak. Suka deh bacanya:)

    BalasHapus
  5. Nuhun pisan. Ini adalah hal yang buat saya bingung setiap di BWA membahas DA. Sebagai orang yang baru di Blog, saya gagal paham. Saya langsung cek SEOptimer dan saya masih banyak C dan D nilainya.

    BalasHapus
  6. Intinya sih kalo aku sering update artikel aja mbak., masalah visitor nanti datang sendiri. Namun hal itu juga diimbangi dengan cara membagikannya ke grup media sosial yang relevan dengan topik yang sedang kita bahas didalam blog. Jika audien tertarik dengan tulisan kita maka mereka tanpa kita suruhpun akan ikut menyebarkan artikel kita. Itu sih versi aku mbak., boleh diterima atau enggak nya gak masalah hehe.. sedikti sharing pengalaman aja..

    BalasHapus
  7. Wah asik nih kiat sama tips nya. Bisa dicoba dan dipraktekkan nih

    BalasHapus
  8. Aku belum keangkut juga ke kelas ini kak Aisyah .. hahaha
    Tapi aku seneng kok ada di grup arisan kita. Da ku memang masih 9. Tapi cukup senang karena aku kan masih piyik.. hihihi

    BalasHapus
  9. Terimakasi sharingnya mbak. Emang bener banget loh, aku udah ngelakuin ketiga cara yang mbak sebutin di atas, emang bisa banget buat menaikan DA blog aku.

    BalasHapus
  10. Da pa saya juga ga bgs, jarang cek juga. Emang perlu sekali meningkatkan kualitas blog. Apalagi jd blogger ya kan
    Tq sharingnyaaa

    BalasHapus
  11. Nah ini ilmu penting nih.. Tips2nya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  12. Oh mba Dian ikut yang gelombang 1 yah, saya ikut yang gelombang 2. Alhamdulillah DA naik 7 poin. Semangat mba :)

    BalasHapus
  13. Auto ngecek blogku dan kagett hiihiih... ternyata buanyaaak banget yang harus diperbaiki huhuhuhu. Makasih kak tulisannya mencerahkan akuuu

    BalasHapus
  14. Semangaatt para pejuang DA. Perih jenderal liat DA ga naik2 emang huhu

    BalasHapus
  15. Mbak, daftar ke mana ikut kelas 30 hari naikain DA? Mau ikutan juga. Hehehe, aslinya aku cuek sih tentang DA, yang penting aku bahagia nulis di blog itu.

    BalasHapus
  16. Sebagai sesama pejuang DA akhirnya jadi tau ya mbak plus minus blog kita.. emang penuh perjuangan bikin DA cantik jelita tuh hihi..semangat mbak...

    BalasHapus
  17. Mbaaaa mau dong join grup arisan back linknya huhu. Aku ikut arisan tapi di grup lain, itu ngga jalan ya Allaah perihh deh

    BalasHapus
  18. hebat mbak, sekarang DA sudah diatas 10 ya. Hasil perjuangan yang berbuah manis ya.

    saya juga jadi ngecek di https://www.seoptimer.com, dapat nilai C+

    BalasHapus
  19. balik lagi ya tujuan ngblog apa..apa cm srkedar curhat atau mau menghasilkan ya mb diyah

    BalasHapus
  20. Wah kaka setahun baru DA 3 ya huhuh aku kira aku aja yang DAnya kecil, kmrn aku juga lihat yang sering juara lomba ternyata DAnya sama dengan aku 9 dan aku blm setahun nanti agustus akhir pas aku punya blog setahun semoga bisa 20 hahahah ngarep.com. Waktu daftar kelas naikin DA aku ga diangkut ga tau kenp? semangat kak.

    BalasHapus
  21. Selalu salut sama temen-temen pejuang DA. Berperih-perih di awal, job job baru bakal datang kemudian hehe. Semangat semuanya

    BalasHapus
  22. Terus semangat Mba Aisyah, insyaallah hasil tidak akan pernah mengkhianati ikhtiar ya... dg segala usaha DA/PA pun meroket, uwuwuw senengnyaaa, selamat yaa

    BalasHapus
  23. Semangat, kak. Yakin, kalau kita menikmati prosesnya enggak bakal rugi. Suatu saat akan kerasa banget ilmu-ilmu yang dah kita pelajari itu mendatangkan manfaat.

    BalasHapus
  24. Saya rasanya tergoda banget ingin ikut kelas 30 hari itu. Tapi kok takut belum bisa totalitas ya.

    BalasHapus
  25. aku juga alumni kelas 30 hari menaikkan da mbak. banyak banget pelajaran yang diambil. cara belajarnya juga fun banget.

    BalasHapus
  26. Makasih artikel nya sangat membantu

    BalasHapus
  27. yang dua diatas sudah ikutan ... tinggal yang belum ikutan 30 hari menaikkan DA . . belum coba.. tapi memang DA menjadi PR nya bloogger sekarang ini ya kak

    BalasHapus
  28. Artikelnya sangat membantu, baru tahu kali ini saya. Kira-kira gimana ya cara supaya bisa A+ semua?

    BalasHapus
  29. wah mbak dian sekarang udah 21 aja DAnya sekarang keren, ayo yuuu kita menaikkan DA dan kualitas konten jugaa

    BalasHapus
  30. Wow. Keren sekali sirimu mengejar ketertinggalan. Dari DA 3 menjadi dinatas 10. Mantap jiwa. Saya ynag dati 17, anjlok ke 10, lalu melorot lagi ke angka 8, terus ikut arisan beklink naik naik lagi ke 10, sekarang dah naik.lagi ke 13. Alhamdulillah.

    BalasHapus
  31. Aku juga masih PR banget naokkin DA. Entah kenapa, betah di angka 7. Mungkin karena kelahiran 77, hahaha

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya