From Hobbies to Income


Hari gini menghasilkan uang Sebagai tambahan income tidaklah begitu sulit. Namun sebelum mendapatkan income kita harus belajar dulu menjadi seorang freelancer yang baik dan beradab seperti yang ditulis oleh Kak Ica dalam blognya Ica on the way.

Untuk menjadi seorang pedagang tidak melulu harus memiliki modal yang besar, toko ataupun stok barang yang sangat banyak. Mulai saja dulu, caranya bisa dengan mudah kita lakukan dengan jual beli di aneka marketplace.

Seperti Pak Sofyan, salah satu top seller di shopee Balikpapan yang memulai bisnisnya berawal dari hobi. Percaya nggak percaya kini incomenya malah melebihi pendapatannya sebagai seorang pegawai di kantor lho.  Saya saja sampai takjub.

Berawal dari salah beli pancing

Bukan rahasia lagi kalau harga joran, rell pancingan ataupun aneka pernik lainnya dari hobby memancing ini harganya dari ratusan ribu sampai puluhan juta. Nah untuk mengakali agar mendapatkan harga yang lebih murah banyak engler yang membelinya dari toko peralatan pancing yang berada di luar negeri seperti Malaysia dan Singapura.

Sama seperti Pak Sofyan yang awalnya membeli alat pancing dari Singapura. Namun sayang sekali setelah barangnya datang tidak pas dengan apa yang diharapkan.

Biasalah para bapak-bapak ini kalau urusan Joran kalau nggak pegang sendiri kadang suka nggak sreg di hati. Mau dikasihkan ke orang sayang harga jutaan begitu dipakai sendiri kurang nyaman.

Akhirnya, coba-coba dijual di Shopee. Dan ternyata seminggu kemudian pancingannya laku, berikut mendapatkan keuntungan sebesar Rp250.000 wow banget kan? Habis itu jadi deh beli lalu dijual lagi, dapat keuntungan lagi. Ternyata seseru itu berdagang.

Jadi terkadang Allah menuntun seseorang untuk mendapatkan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka. Tergantung dari kita pintar menangkap peluang atau tidak.

Tips dan trick agar sukses berjualan online di Market place ala Toko Kita

- Feed Back
Tak dapat dipungkiri kalau feed back dari pembeli itu poin yang sangat penting bagi pedagang online di market place. Satu saja feed back negatif (bintang 1) bisa menurunkan nilai performa toko.

Jadi kita memang harus bekerja keras untuk mendapatkan feed back yang baik, positif  atau menjaga nama baik atau image toko.

  - Pakai Foto atau video sendiri

Seiring dengan kemudahan teknologi, banyak sekali foto dan video yang bertebaran di internet. Tapi untuk menjaga kepercayaan dari pembeli usahakan memakai foto dan video kita sendiri. 

Juga untuk meminimalisir foto dan video kita dianggap sebagai barang kw. Beri sentuhan ciri khas nama toko kita dalam setiap foto yang kita upload. 

- Deskripsi foto.


Berikan deskripsi yang jelas pada setiap toko tapi tidak melebihkan lebihkan produk kita. Jika ada cacat pada produk misalnya ada goresan sebesar rambut kita Zoom pada foto produk. Jadi ketika barang sampai pembeli tidak kecewa.

- Paket produk

Selain menarik minat pembeli agar berbelanja lebih banyak di toko kita. Paket produk juga mempercepat arus perputaran stock barang di toko. Coba terapkan paket produk yang saling berhubungan. Misalnya beli 2 gratis 1. Up sedikit harga agar kita tidak rugi tentu saja.

- Bonus

Siapa sih yang tidak suka dengan bonus? Hampir semua orang suka dengan bonus. Agar banyak pembeli yang setia usahakan selalu memberi bonus setiap ada transaksi jual beli. Tak perlu yang mahal. Tapi usahakan memberi bonus dengan barang yang masih berhubungan ya. Misal Kalau membeli jilbab bisa kita kasih bross 

Bahagiakanlah konsumen dengan memberi lebih dari yang dia harapkan dengan cara memberi beberapa bonus

- Packing yang rapi dan cantik.


Hargai amanah dari konsumen yang menitipkan uang kepada kita dengan packing sebaik mungkin yang bisa kita lakukan

- Problem solution

Tak semua transaksi jual beli itu berjalan mulus. Pasti akan ada jalan berliku yang siap menemani kita. Tapi ketika ada komplain maka jangan pernah menempatkan konsumen sebagai orang yang dirugikan. 

Sekian dulu sharring bisnis sks ok nya, next akan saya update lagi, see you...


Get notifications from this blog

15 komentar

  1. kalo aku belum berani terjun langsung jualan baik itu ofline ataupun online. untuk saat ini baru mencari ilmu yang sebanyak-banyaknya untuk jualan dan berbisnis. nanti sekiranya sudah siap baru aku cobadan akan aku terapkan cara kakak di atas juga. TrimS

    BalasHapus
  2. Kalo jualan online, foto itu menentukan banget yaaa mba. Mentang-mentang begitu, jangan sampai fotonya doang yg bagus tapi barangnya gak sesuai gambar. Kasihan banget customernya. Hihihi.

    BalasHapus
  3. MaayaAllah keren pak Sofyan. Saya pun jualan di shopee kak Aisyah. Tapi belum ada apa-apanya nih.. biar makin maju bisa ikutin tips di atas kali ya..

    BalasHapus
  4. Jika ditekuni hobi bisa menghasilkan duit ya, meski kadang kala ada yang merasa tertekan tapi as long as easy going asyik aja ya sis...

    BalasHapus
  5. Mba Aisyah... suami saya lagi hunting kail juga lho buat menekuni lg hobi mancingnya hehe.. Btw Pak Sofyan keren ya bermula dr hobi eh jd income.

    BalasHapus
  6. Sebagai pembeli saya juga memperhatikan foto produknya, testimoninya, sebelum membeli. Kalau pelayanannya ramah, packagingnya bagus dan rapih, itu bikin alasan pengen beli disitu lagi ^^

    BalasHapus
  7. Ngiderbae.my.id1 Juli 2020 22.44

    Aku lagi mendalami urusan packing ini, kak. Pengen custom kardus sendiri. Soalnya pengen ngurangin kirim barang pake plastik. Selama ini masih dibungkus plastik soalnya. Dan masih harus ningkatin performa di shopee juga. Huhu.. Doakan aku ya kak..

    BalasHapus
  8. wah dari ketidaksengajaan jadi dapat rezeki ya. Masyaallah, emang namanya rezeki itu gak pernah salah alamat ya mba. hihi

    BalasHapus
  9. Keren banget, dari hobi bisa jadi jalan rejeki. Kalo di marketplace biasanya yang paling diminati pembeli kayak saya itu diskonan ongkir hehehe

    BalasHapus
  10. Betul sekali kunci jualan online ada pda foto yg bagus dan jelas serta deskripsi barang yg jeas ya kak..krna sekalinya pembeli kecewa dng ekspektasi ya toko online kita bakal ga dipercaya lagi deh..

    BalasHapus
  11. Saya salfok dengan packaging barang yang mau dikirim. Pakai paralon itu ya Mbak? Kena berapa ya ongkirnya. Tapi memang kalau hobi jadi income itu menyenangkan

    BalasHapus
  12. Wah, makasih tipsnya,Mbak. Saya sering males unggah foto produk karena hasil fotonya ga keren. hehehe...

    BalasHapus
  13. aku tipe pembeli yang suka banget liat review dan menentukan keputusan membeli
    kalau online shop memang foto paling utama dijadikan acuan ya mba

    BalasHapus
  14. Paling ajib emang ya kalo memiliki hobi yang dibayar. Bahagianya berlipat ganda. Senua pasti mau begitu. Hahaha.

    BalasHapus
  15. ini mancing di laut ya? seru bgt ya ka dian, di balikpapan dkt sungai apa laut? seneng deh klo ada hobi yang bs menghasilkan gini

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya