Membangun Keterampilan Membaca Anak dengan Metode Fonik Montessori

  


Bunda, apakah Bunda semua ingin membekali anak-anak dengan keterampilan membaca yang kokoh dan berkelanjutan? Kalau iya, Metode Fonik Montessori jawabannya. Karena metode ini menyajikan pendekatan unik yang tidak hanya memperkenalkan anak pada membaca, tetapi juga merangsang rasa ingin tahu dan kecintaan anak-anak terhadap literasi. 

Dalam artikel ini, saya akan memandu Bunda sekalian melalui proses melatih anak belajar membaca metode montessori.  Dengan menggunakan metode Montessori, dapat memberikan pemahaman mendalam tentang metode ini. Dan yang terpenting adalah bagaimana Bunda dapat menerapkannya di rumah nanti.

Apa itu Metode Fonik Montessori?

Metode Fonik Montessori adalah pendekatan pembelajaran membaca yang menggabungkan prinsip-prinsip pendidikan Montessori dengan teknik-teknik fonik yang efektif. Berdasarkan filosofi Maria Montessori yang menghormati keunikan dan kebutuhan setiap anak, metode ini menekankan pentingnya pembelajaran aktif, pengalaman langsung, dan lingkungan yang mendukung.

Langkah-langkah dalam Melatih Anak Menggunakan Metode Fonik Montessori:



  1. Pengenalan Suara Huruf:

Mulailah dengan memperkenalkan anak pada suara-suaranya huruf secara individual. Menggunakan metode Montessori, ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan sensoris seperti Huruf Sandpaper Montessori atau Abjad Bergerak.

 

  1. Membangun Kata dengan Bunyi.

Setelah anak mengenal suara huruf, bawa mereka ke tahap selanjutnya dengan membantu mereka membangun kata-kata sederhana dengan menggabungkan suara-suaranya. Metode Montessori menyediakan berbagai alat dan materi untuk memfasilitasi proses ini, seperti Moveable Alphabet.

  1. Mempraktikkan Membaca

Ajak anak untuk mempraktikkan membaca kata-kata yang telah mereka bangun dengan suara huruf. Bahan bacaan Montessori yang beragam, seperti buku cerita berilustrasi, dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran ini.

  1. Meningkatkan Keterampilan Memahami 

Seiring dengan perkembangan kemampuan membaca anak, dorong mereka untuk memahami makna dari apa yang mereka baca. Diskusikan cerita-cerita yang mereka baca, tanyakan pertanyaan, dan ajak mereka untuk menyampaikan pemahaman mereka.

Manfaat Melatih Anak Menggunakan Metode Fonik Montessori

 

  1. Pembelajaran yang Berbasis Eksplorasi: Metode Montessori menekankan pembelajaran aktif dan eksploratif, memungkinkan anak untuk belajar melalui pengalaman langsung dan penemuan sendiri.

  1. Pembangunan Kemandirian: Dengan memberikan anak alat dan kebebasan untuk menjelajahi bahasa dan membaca, metode ini membantu meningkatkan kemandirian dan rasa percaya diri mereka.

  1. Stimulasi Kreativitas: Pendekatan Montessori yang kaya akan alat-alat sensoris dan materi yang menarik merangsang kreativitas dan imajinasi anak, membuat pembelajaran membaca menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menarik.

  1. Pengembangan Kemampuan Literasi yang Kokoh: Dengan fokus pada fonik dan pemahaman bahasa, metode Montessori membantu anak membangun fondasi literasi yang kuat yang akan membawa manfaat sepanjang hidup mereka.

Penutup

Belajar membaca metode montessori merupakan hal pendekatan yang unik dan efektif untuk melatih anak membaca. 

Dengan menggabungkan prinsip-prinsip pendidikan Montessori dengan teknik-teknik fonik yang terbukti, metode ini memberikan fondasi yang kokoh bagi kemampuan membaca anak, sambil merangsang eksplorasi, kreativitas, dan kecintaan mereka terhadap literasi. 

Dengan menerapkan pendekatan ini secara konsisten dan mendukung di rumah, Anda membantu membuka pintu menuju dunia membaca yang luas dan memuaskan bagi anak Anda.

 


You Might Also Like

24 komentar

  1. Pada dasarnya ini yang saya ajarkan ke anak saya
    Kemudian baru tahu kalau istilahnya fonik montessori
    Alhamdulillah dari anak pertama hingga anak ketiga turun temurun
    Senang sekali bisa tahu keterampilan ini

    BalasHapus
  2. Pengenalan lewat bunyi²an bisa memberikan pengaruh bagus ya untuk perkembangan si kecil. Bisa ini jadi pilihan para orangtua dengan metode fonik montessori ini

    BalasHapus
  3. unik ya metode montessori ini. anak jadi belajar membaca sekaligus merangsang kreativitasnya. dengan begini anak pasti jadi suka membaca jika sudah besar nanti :)

    BalasHapus
  4. Saya baru tahu tentang metode fonik Montessori ini, dimulai dengan pengenalan huruf dan secara bertahap hingga anak bisa membaca.
    Sebenarnya guru TK saya dulu ngajarinnya gini juga sih, tapi nggak tahu kalau ternyata ada nama patennya

    BalasHapus
  5. Saya makin penasaran dengan metode ini, Mba. Mungkin selanjutnya bisa membahas tentang Moveable Alphabet, ya. Saya kira artikel akan akan memberikan lebih banyak wawasan baru.

    BalasHapus
  6. Metode Fonik Montessori ini memungkinkan bonding yang baik antara anak dan yang membacakan cerita.
    Idealnya, metode ini diterapkan dalam kelas kecil, gitu yaa.. ka Dian?

    BalasHapus
  7. Bagus banget metode fonik montessori ini untuk mengajarkan anak membaca dengan cara yang nyaman dan menyenangkan. Dari bunyi-bunyian saja anak sudah bisa. Anak makin terangsang kreativitasnya dan semakin mahir membaca dari huruf kemudian kalimat-kalimat. TFS.

    BalasHapus
  8. Ini waktu dulu di TK anakku cara bacanya seperti ini, kebetulan memang TK anakku itu metode belajarnya memang montessori. Selain memang mengenal huruf, membaca dan mencari benda-benda dengan huruf awalan yang diberikan oleh gurunya.

    BalasHapus
  9. I laways find the Montesorri method to be interesting. Dan abanyak yang memang bagus karena memberi hasil yang oke dan juga bagus untuk anak - anak, termasuk untuk membaca ya mba

    BalasHapus
  10. Metode Montessori ini unik ya
    Mengajarkan anak sesuatu dengan cara unik
    Termasuk mengajarkan keterampilan membaca dengan metode fonik ini

    BalasHapus
  11. Dulu aku pengennya pakai metode ini juga pas ngajarin anak pertama membaca. Tapi kenyataannya akhirnya anakku les membaca aja sama guru tk nya heu. Kalau yang nomor 2 belum tahu nih apakah bakal les juga apa nggak

    BalasHapus
  12. Wah aku baru tahu nih dengan keterampilan membaca anak dengan metode fonik montessori ini. Menarik ya. Banyak juga manfaatnya. Akan sangat bagus jika diajarkan ke anak sedini mungkin. Kalo udah usia anak-anak aku kayaknya sudah susah. Semoga banyak orang tua yang tahu dengan teknik ini nih. Biar anak suka membaca dan kreatif.

    BalasHapus
  13. Alhamdulilah anak aku dulu mudah belajar baca, mulai dari mengenal huruf dan praktekin langsung..baru tau kalo itu ada istilahnya montessori...makasih mak..

    BalasHapus
  14. Sepertinya bakal menyenangkan mengajak anak belajar dengan metode fonik montessori ini. Makasih infonya Mak.

    BalasHapus
  15. Metode fonik Montessori menggabungkan pendekatan fonik tradisional dengan filosofi pendidikan Montessori, mengajarkan anak mengenali suara huruf sebelum menggabungkannya menjadi kata. Metode ini memberikan kebebasan belajar sesuai kecepatan masing-masing anak, mendorong kemandirian dan tanggung jawab. Pendekatan multisensori, melibatkan melihat, mendengar, dan menyentuh, membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif. Dengan metode ini, anak-anak tidak hanya belajar membaca lebih cepat tetapi juga mengembangkan keterampilan motorik halus dan berpikir kritis. Metode fonik Montessori membantu membangun dasar kuat untuk kecintaan anak terhadap belajar dan sukses di masa depan.

    BalasHapus
  16. Walau belum menikah dan belum punya anak, tetapi aku suka ngulik tentang montessori karena ada basic pendidikan keguruan. Menarik banget metode belajar ini karena bener2 bikin orang tua juga perlu ikut kreatif berpartisipasi.

    BalasHapus
  17. Baru dengar istilah fonik Montessori ini. Catatan banget nih untuk bekal mendampingi proses tumbuh kembang dan belajar anak ke depannya

    BalasHapus
  18. Terkenal banget memang Metode Montessori ini. Salah satu keyakinan Montessori yang paling revolusioner adalah pentingnya lingkungan anak ketika ia belajar. Hal itu dipercaya bisa menumbuhkan kesenangan belajar dan cinta keteraturan.

    BalasHapus
  19. Anakku dulu juga belajar membaca dari bunyi huruf, Alhamdulillah usia 4 tahun sudah bisa membaca..Metode ini lebih mudah dipahami anak anak emang.

    BalasHapus
  20. Pas banget lagi cari ilmu tambahan buat pembelajaran anak. Karena beberapa metode belum ngasih hasil yang maksimal. Jadi pengen coba metode fonik montessori ini.

    BalasHapus
  21. Suka dengan metode ini karena dapat membantu anak membangun keterampilan membaca mereka. Pas banget ya mbak metode ini bisa diterapkan secara praktis dalam pendidikan anak. Dengan pendekatan yang berbasis pada pemahaman bunyi huruf, anak-anak dapat belajar membaca dengan lebih mudah dan menyenangkan. Ini adalah langkah yang positif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak-anak.

    BalasHapus
  22. Wah ini parenting yang bagus. Gak sembarangan mengajari anak cara membaca, tapi cara ini efektif.

    BalasHapus
  23. Saya pun setuju dengan metode montessori karena anak jadi lebih beragam skill dan kecerdasannya ya mb

    BalasHapus
  24. metode belajar membaca dengan Montessori ini memang lagi happening banget ya, tapi emang benar sih lebih mudah ngajarin anak belajar membaca dengan metode ini, saya juga terapin seperti ini ajar si Tengah membaca :)

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.