7 Festival Musim Semi di Jepang yang Sayang untuk Dilewatkan

 

Unsplash

Musim semi menjadi salah satu musim yang banyak dipilih wisatawan untuk pergi berwisata ke Jepang. Kini berwisata ke Jepang di musim semi bisa dilakukan secara mudah dengan memanfaatkan keuntungan Reksadana Pendapatan Tetap.

Ada beberapa alasan mengapa musim semi menjadi waktu yang banyak disukai wisatawan. Di Jepang, musim semi menjadi waktu dimana bunga sakura mulai bermerakaran. Selain itu, ada banyak sekali festival musim semi di Jepang yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Festival Musim Semi di Jepang yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berikut beberapa festival yang bisa Anda saksikan ketika berwisata ke Jepang di musim semi:

Onsen Beppu Hatto

Seperti yang Anda ketahui, onsen atau pemandian air panas merupakan pemandian yang menjadi ciri khas dari Jepang. Untuk merayakan banyaknya sumber air panas, masyarakat di kota Beppu rutin melakukan festival Onsen Beppu Hatto setiap tahunnya.

Festival ini dilakukan setiap tanggal 1 April selama kurang 1 minggu. Salah satu hal yang menarik dari festival ini yaitu selama festival berlangsung, Anda akan menjumpai banyak sumber air panas yang dibuka secara gratis.

Selain itu, Anda juga akan menjumpai parade musik dan tarian tradisional dimana peserta parade akan membawa mikoshi sambil berkeliling distrik. Saat parade, peserta juga akan menyiramkan air ke arah mikoshi dan penonton.

Hirosaki Cherry Blossom Festival

Berikutnya ada festival bunga sakura Hirosaki yang digelar di Taman Istana Hirosaki yang berlokasi di Aomori. Festival tahunan ini termasuk festival yang paling dicari di Jepang karena Anda bisa melihat kecantikan ribuan bunga sakura di acara ini.

Di taman ini, Anda akan dibuat takjub dengan keindahan 2.600 pohon sakura dan terowongan bunga sakura sepanjang 300 meter. Tidak hanya itu, di taman ini juga terdapat bunga sakura yang berusia mencapai 300 tahun.

Anda bisa melakukan hanami atau melihat bunga sakura dengan cara menyewa karpet khas Jepang sambil menikmati beragam kuliner seperti matcha di sekitar taman. 

Saat malam hari, pepohonan akan dihiasi dengan lampu sehingga taman sakura menjadi terlihat lebih indah. Anda bisa menikmati pemandangan indah ini dengan memanfaatkan Reksadana Pendapatan Tetap. 

Ushibuka Haiya Festival

Festival musim semi yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah Ushibuka Haiya Festival. Acara ini dibuka dengan peserta menyanyikan sebuah lagu cerita rakyat yaitu haiya bushi. Lagu tersebut mengungkapkan kekhawatiran wanita terhadap pelaut.

Festival ini sudah dilakukan sejak zaman Edo dimana sekitar 3.000 orang akan berkumpul untuk mengikuti parade dan tarian di jalanan Ushibuka. 

Seihakusai Dekayama Festival

Seihakusai Dekayaman Festival adalah sebuah festival yang dilakukan selama kurang lebih 3 hari dengan menampilkan kendaraan kayu raksasa yang dihias. Fesival ini diadakan di Kuil Otonakushi di kota Nanao, Ishikawa. 

Selama festival berlangsung, terdapat 3 kendaraan raksasa dengan tinggi mencapai 20 meter yang akan diarak di kota dan ditampilkan kepada penonton. Selain itu, saat festival juga akan ada penampilan adegan-adegan populer dari drama Kabuki. 

Hakata Dontaku

Berikutnya ada festival Hakata Dontaku yang merupakan salah satu festival musim semi terbesar di Jepang. Festival ini sudah dilakukan secara rutin sejak periode Heian yaitu sekitar tahun 1179 dan berlangsung hingga saat ini. 

Festival ini sangat besar karena melibatkan 30 ribu peserta dan menarik hingga 2 juta penonton setiap tahunnya. Festival ini dilakukan di Fukuoka pada setiap tanggal 3 dan berlangsung selama 2 hari.

Selama festival berlangsung, peserta akan memakai konstum tradisional dan menari menggunakan sendok kayu. Selain itu, Anda juga akan melihat kendaaran festival yang menyala di malam hari melintasi jalanan.

 

Unsplash

Hinamatsuri

Berikutnya ada festival Hinamatsuri yaitu festival di Jepang yang dilakukan rutin setiap tahun untuk merayakan kebahagiaan anak-anak perempuan. Festival ini diadakan setiap tanggal 3 Maret dimana hanya anak-anak perempuan yang akan berpartisipasi dalam acara ini.

Selama festival berlangsung, akan ada penampilan bermacam-macam boneka yang disusun bertingkat berdasarkan kedudukannya. Boneka yang ditampilkan bukanlah sembarang boneka.

Boneka-boneka tersebut merupakan perwakilan dari kekaisaran zaman Heian dan benda pusaka yang diwariskan secara turun-temurun. Selain menampilkan boneka kekaisaran, selama festival berlangsung juga terdapat beragam makanan tradisional Jepang.

Beberapa makanan yang ada pada saat festival Hinamatsuri yaitu hina arare, hishi mochi, chirashi zushi, dan masih banyak lagi. 

Mito no Umi Matsuri

Mito no Umi Matsuri atau festival bunga plum Mito adalah suatu festival musim semi yang diselenggarakan di Ibaraki. Saat festival ini berlangsung Anda bisa menikmati pemandangan padang rumput dan pohon plum merah yang bermekaran.

Paling tidak ada sekitar 3 ribu pohon plum yang bisa Anda lihat di Ibaraki. Festival ini diadakan secara rutin setiap bulan Februari dan Maret. Tidak hanya saat siang hari, Anda juga bisa menikmati pemandangan keindahan pohon plum di malam hari. 

Itulah beberapa festival musim semi di Jepang yang sangat sayang untuk dilewatkan. Untuk bisa menikmati keramaian festival di atas, Anda bisa berkunjung ke Jepang pada bulan Februari dan Maret. 

Ada banyak sekali manfaat Reksadana Pendapatan Tetap, salah satunya bisa digunakan untuk berlibur ke Jepang di musim semi baik bersama keluarga maupun teman terdekat. Anda bisa menjadikan perbankan prioritas DBS Treasures sebagai mitra, jika tertarik berinvestasi menggunakan instrumen ini. 

Jadi, DBS Treasures adalah mitra yang menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan bagi Anda dalam berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap. Tersedia Manajer Investasi terkemuka yang senantiasa mengelola investasi Anda, sehingga performanya semakin optimal. 

Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang analisis pasar serta peluang terkini. Anda pun bisa mengurangi risiko melalui diversifikasi penyebaran dana Anda ke berbagai jenis aset.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Menariknya lagi, Anda bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk melakukan segala aktivitas dalam berinvestasi. Mulai dari jual, beli, switching, dan proses registrasi SID (Single Investor Identification).

Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap bersama DBS Treasures agar bisa mendapatkan keuntungan sebagai dukungan dana berlibur menikmati musim semi di Jepang! Informasi lebih lanjut tentang investasi ini, klik di sini!


You Might Also Like

18 komentar

  1. Aku salut kepada Jepang karena negara ini piawai betul menyandingkan hal-hal modern dengan hal-hal kuno. Hal kuno senantiasa dipertahankan dengan penyesuaian tertentu, tapi sisi modernnya juga gak dihambat.

    BalasHapus
  2. Nyenengin konsep festival di Jepang, apalagi buat penggemar jejepangan kayak aku

    BalasHapus
  3. Duh keren juga yah kalau tinggal di negara yang banyak musimnya šŸ˜ someday I wish i can visit Japan

    BalasHapus
  4. Musim semi di Jepang adalah waktu yang ajaib, di mana bunga sakura bermekaran dan seluruh negeri berubah menjadi lautan warna-warni. Ini juga merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi Jepang dan mengalami berbagai festival musim semi yang semarak. Tinggal disesuaikan keinginan mau liat yang mana

    BalasHapus
  5. Orang Jepang memang suka mengadakan festival festival rakyat yang menampilkan budaya dan tradisi masyarakatnya, dan sudah dilakukan turun temurun disana.

    BalasHapus
  6. Salah satu negara yang pengen kukunjungi itu jepang, semoga suatu saat bisa ke sini, catet dulu ini festival-festival yang ada jadi nanti kalau bikin itinerary bisa sesuai sama waktu eventnya

    BalasHapus
  7. Jepang termasuk negara yang kaya akan budaya dan tradisi, gak heran kalau di sebagian besar film atau anime Jepang pasti selalu nampilin momen ketika festival

    BalasHapus
  8. Banyak juga yaahhh festivalnya, dari tujuh minimal satu deh yahh yang boleh dikunjungi dalam seumur hidup hehehehe. Semuanya menarik punya daya tarik masing-masing.

    BalasHapus
  9. Bisa nih direncanakan tahun depan pada Februari atau Maret menghadiri beberapa festival musim semi di Jepang yang sangat sayang untuk dilewatkan karena keunikannya ini

    BalasHapus
  10. Musim semi di Jepang terasa begitu istimewa ya. Selama ini baru bisa lihat di video atau foto. Duh, kapan ya bisa merasakan langsung di sana.

    BalasHapus
  11. Jepang adalah salah satu negara yang pengin saya kunjungi karena karakter orang2nya, dan juga katanya banyak tempat wisata indah. Mungkin bisa ya nanti datang pas musim semi begini. Banyak banget festivalnya.

    BalasHapus
  12. Wuih Jepang, salah satu negara wishlistku yang kepengen dikunjungi. Salah satunya ya karena di sana banyak festival-festival keren yang disebutkan di atas. Aamiin semoga bisa main ke Jepang dan bisa lihat keseruan festival musim semi tersebut. :)

    BalasHapus
  13. Tak heran Jepang banyak dijadikan destinasi wisata oleh masyarakat, selain keindahan alamnya, banyak juga ternyata acara-acara semacam festival di setiap musimnya

    BalasHapus
  14. musim semi di Jepang itu salah satu musim yang banyak menghadirkan festival yang tak boleh dilewatkan ya, bisa dibilang kalau mau jalan-jalan ke Jepang itu pilih musim semi ya, aakk jadi pengen lihat sakura ini.
    Mbak, tambahin foto-foto festivalnya juga doong :D

    BalasHapus
  15. Ada banyak festival musim semi di Jepang yang menarik ya. Saya sendiri sepertinya tertarik dengan festival pemandian air panas. Sepertinya bisa diandalkan untuk relaksasi tubuh langsung.

    BalasHapus
  16. Seru banget festival-festival di Jepang ini! Kayak Jepang itu meskipun menjadi negara yang terkenal dengan teknologi modernnya, tetap bisa mengusung budaya untuk tetap diperkenalkan meskipun era sudah berganti. Keren sih Jepang bisa memadukan budaya "lama" tetap eksis dan semakin menarik untuk dilihat.

    BalasHapus
  17. Wah membayangkan musim semi di Jepang aja udah happy banget apalagi kalau berkesempatan ke sana beneran nih. Jepang memang salah satu negara yang kental akan budaya, apalagi festival2nya bejibun. Dari semua festival yang disebut paling sering denger soal Hinamatsuri.

    BalasHapus
  18. Saya tak bisa membayangkan lokasi kota-kota yang disebut. Baru bisa bayangkan bisa sekalian keliling Jepang untuk lihat festivalnya. Btw saya cuma kenal Hanamatsuri karena lebetulan beberapa kali baca jurnal tentang festival untuk anak gadis ini.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.