Mengenal Beragam Keuntungan QRIS Untuk Konsumen

 


Sekarang ini sangat umum ketika akan melakukan pembayaran tidak perlu menggunakan uang tunai. Anda bisa melakukan pembayaran lewat kartu seperti menggunakan debit atau kartu kredit yang dipunyai.

 

Selain itu yang paling mudah adalah dengan menggunakan dompet digital yang tersedia, sehingga bisa mendapatkan keuntungan dengan promo yang membuat transaksi menjadi lebih hemat. Ada juga pembayaran yang menggunakan metode scan code dari smartphone sehingga lebih praktis yaitu menggunakan QRIS.

 

Hal yang perlu diperhatikan pertama adalah dari cara pengucapan QRIS terlebih dahulu. Sehingga Anda tidak salah mengucapkannya dan malu ketika akan melakukan pembayaran dengan metode ini. Karena karyawan di merchant juga kadang salah dan tidak mengetahui cara pengucapan cara pembayaran QRIS yang benar.

 

Untuk pengucapan QRIS sendiri dibaca sebagai KRIS dan bukan Kyuris seperti banyak yang diketahui dan diucapkan oleh orang. Sehingga pembayaran menggunakan QR Code QRIS bisa menjadi pilihan terbaik untuk pembayaran yang memberikan banyak keuntungan termasuk juga bagi konsumen seperti berikut ini:

 

1.      Tidak perlu menyediakan uang cash

Ketika menggunakan metode pembayaran QRIS, keuntungan yang bisa dirasakan oleh konsumen adalah dengan tidak perlu membawa uang cash. Metode pembayaran sekarang ini lebih canggih menggunakan uang elektronik termasuk juga dari QRIS yang cukup lewat smartphone yang dipunyai.

 

Teknologi pembayaran QRIS bisa digunakan untuk pembayaran cashless yang bisa digunakan untuk belanja barang yang diinginkan atau mendapatkan layanan tertentu. Sehingga membuat konsumen tidak perlu untuk membawa uang cash atau perlu mengambil uang di ATM ketika nominal uang yang dipunyai masih kurang untuk melakukan pembayaran.


 

2.      Kemudahan bertransaksi

Keuntungan selanjutnya yang dirasakan oleh penggunaan QRIS untuk konsumen adalah karena mempunyai cara untuk bertransaksi yang mudah. Pembayaran online menggunakan uang elektronik memang memberikan keunggulan karena dapat untuk menikmati kemudahan dalam bertransaksi karena tidak perlu untuk membawa uang cash dan cukup menggunakan smartphone.

 

Cukup membuka aplikasi yang menyediakan pembayaran dengan QRIS, dan kemudian memindai barcode, kemudian akan dapat terbaca secara otomatis dan melakukan pembayaran dengan mengurangi saldo yang ada di aplikasi yang digunakan. Langkah bertransaksi menggunakan QRIS memberikan keuntungan karena dapat menikmati kemudahan untuk bertransaksi cukup menggunakan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet serta aplikasi dengan layanan QRIS yang dapat digunakan.

 

3.      Lebih higienis

Keuntungan selanjutnya bagi konsumen yang melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS adalah dapat untuk meminimalisir kontak. Pembayaran menggunakan uang digital mulai marak dilakukan ketika pandemi karena dinilai lebih higienis. Uang tunai mempunyai banyak kuman ketika dipegang, sehingga ketika pandemi akan bisa berbahaya dengan virus yang mengancam. Oleh karena itulah untuk meminimalisir penggunaan uang tunai, penggunaan uang digital menjadi lebih banyak digunakan.

 

Termasuk perkembangannya sekarang ini yang bisa untuk menggunakan QRIS dalam melakukan transaksi. Menggunakan pembayaran lewat QRIS dapat membantu untuk melakukan transaksi keuangan yang lebih higienis karena tidak perlu kontak dari uang tunai yang banyak dipegang oleh banyak orang dan menyimpan banyak virus dan juga bakteri.

 

4.      Lebih aman

Penggunaan uang digital seperti QRIS untuk melakukan pembayaran juga dapat membantu untuk mendapatkan keamanan ketika bertransaksi. Contohnya adalah konsumen yang bisa menghindari tindakan penipuan yang dapat terjadi. Penggunaan QRIS bisa dilakukan untuk bertransaksi di banyak merchant yang jujur dan transparan.

 

Sehingga bisa untuk mempunyai mutasi pembayaran yang dapat dibuktikan untuk berbagai transaksi yang dilakukan menggunakan QRIS. Hal tersebut bisa memberikan keuntungan dengan penggunaan uang digital dari QRIS yang dapat memberikan perlindungan konsumen sehingga lebih aman dari tindakan penipuan yang dapat terjadi.

 

Di atas merupakan keuntungan yang didapatkan ketika konsumen yang memilih untuk menggunakan QRIS. Selain untuk keuntungan bagi konsumen, pembayaran QRIS juga bisa dimanfaatkan untuk penjual atau bisnis yang bisa menyediakan pembayaran QRIS sehingga juga mendapatkan keuntungan dengan bisa menghindari uang palsu, bisa mempunyai laporan keuangan dengan lebih rapi, dan menerima transaksi uang digital yang membuat konsumen lebih nyaman.

 

Bagi merchant yang ingin mendapatkan berbagai keunggulan dengan pembayaran QRIS, bisa didapatkan dari layanan aplikasi merchant BCA yang bisa memudahkan menampilkan, mengunduh, dan membagikan QRIS untuk menerima pembayaran yang bisa didownload disini   bagi pengguna Android, sedangkan bagi pengguna iOS bisa klik link berikut ini  

You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.