Tips Memasang Kamera Pengintai di Ruang Tunggu Shuttle

 

Sumber: https://images.pexels.com/photos/7252109/pexels-photo-7252109.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&w=1260&h=750&dpr=1

Kamera pengintai atau CCTV sudah menjadi kebutuhan penting dalam meningkatkan keamanan di berbagai lokasi, termasuk di ruang tunggu shuttle. Dengan pemasangan piranti ini akan meningkatkan keamanan dan ketenangan pengelola maupun pengguna transportasi umum tersebut.

Fungsi kamera pengintai tidak ubahnya seperti petugas yang terus berjaga untuk memastikan keamanan suatu area. Alat ini memudahkan Anda untuk mengetahui jika ada hal yang mencurigakan sehingga bisa segera melakukan tindakan pencegahan. Selain itu, hasil rekaman juga merupakan bukti apabila ada pelaku gangguan keamanan yang menjalankan aksinya. 


Cara Tepat Pasang CCTV di Ruang Tunggu Shuttle 

Memilih kamera pengintai yang tepat sangat penting untuk menunjang keamanan ruang public seperti di tempat menunggu bus sangat penting. Dengan demikian perangkat tersebut dapat memberikan manfaat yang maksimal. Kenyamanan ini dapat meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap moda transportasi umum tersebut. 

Tidak sedikit informasi mengenai aksi gangguan keamanan di tempat umum, termasuk shuttle bus. Hal ini bisa diminimalkan dengan peningkatan sistem keamanan, termasuk pemasangan CCTV yang sesuai. Agar kamera yang dipasang dapat berfungsi secara maksimal, bisa perhatikan tips berikut ini. 

Pastikan jangkauan kamera

Sebelum membeli kamera CCTV, pastikan mengetahui jangkauan dari alat tersebut. Anda bisa memilih jenis CCTV dengan jangkauan luas sehingga dapat meminimalkan jumlah perangkat yang harus dipasang.

Namun sebaiknya pertimbangkan juga kualitas gambarnya. Jangan sampai memilih alat dengan jangkauan jauh tetapi hasil gambar kurang jelas dan tidak fokus pada objek yang ingin diamati. 

Agar tidak keliru, sebaiknya Anda baca informasi mengenai fitur dan keunggulan produk yang biasanya tertera pada kemasan. Anda juga bisa mencari referensi jenis yang sebaiknya dipilih dari penjual maupun pembeli yang sudah menggunakan CCTV tersebut. 

Cek pencahayaan

Salah satu masalah yang sering menyebabkan gambar dari ahsil tangkapan CCTV tidak jelas adalah pencahayaan. Masalah yang sering terjadi adalah rendahnya cahaya pada objek sampai pemasangan yang kurang tepat sehingga menyebabkan suar.

Suar adalah cahaya yang memancar atau memantul dari benda sehingga dalam kamera benda tersebut terlihat tidak jelas atau silau. Cahaya yang kurang dapat menyebabkan gambar terlihat kurang jelas atau kurang detail.

Untuk mengatasi hal ini sebaiknya memilih jenis kamera yang mempunyai fitur dapat menangkap objek dalam berbagai jenis dan kualitas pencahayaan. Meski hanya sedikit lebih mahal namun dapat menghasilkan gambar terbaik yang jelas dan detail. 

Jangan sampai ada penghalang ke objek

Ramainya orang yang berkerumun dapat menjadi penghalang sehingga ada bagian yang tidak dapat tertangkap oleh karena. Untuk mengatasi hal ini, pertimbangkan posisi pemasangan CCTV. Sebaiknya memasang CCTV dengan tinggi yang cukup agar perangkat dapat menangkap semua objek tanpa ada penghalang. 

Pemasangan CCTV pada tinggi tertentu sehingga susah dijangkau juga meminimalkan kemungkinan ada orang yang sengaja merusak atau menutup kamera sehingga tidak dapat menjangkau objek. 

Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan mengingat pelaku gangguan keamanan bisa saji akan berusaha menghilangkan bukti dengan cara merusak atau menutup kamera CCTV tersebut. 

Pasang beberapa kamera sekaligus

Memasang satu kamera bisa jadi belum cukup untuk memberikan pelayanan keamanan secara maksimal karena ada titik yang tidak dapat dijangkau. Karena itu, pertimbangkan untuk memasang di beberapa titik sekaligus, seperti pintu masuk shuttle dan beberapa titik dalam ruangan shuttle tersebut.

Pemasangan sesuai kebutuhan akan memaksimalkan keamanan sehingga pelaku gangguan tidak berani melakukan aksinya. Selain itu, baik petugas maupun pengguna fasilitas umum tersebut akan merasa semakin nyaman dan terhindar dari rasa khawatir ada gangguan keamanan. 

Pertimbangkan ukuran memori

Kamera CCTV akan bekerja selama 24 jam nonstop untuk menangkap objek sesuai dengan pemasangan. Selama alat tersebut bekerja, maka memori perangkat akan terisi dengan rekaman.

Agar peralatan tersebut dapat bekerja dengan maksimal dan tidak sampai ada momen yang terlewat karena memori full, pilihlah jenis memori dengan kapasitas besar. Selain itu, sebaiknya secara berkala mengecek ruang dalam memori, memindahkan file dan mengosongkan kembali agar dapat bekerja dengan baik (NVR punya fitur auto overwrite secara berkala). 

Pilih jenis yang sesuai 

Untuk pemasangan kamera di dalam dan di luar ruangan sebaiknya pilih jenis yang sesuai. Kesesuaian penggunaan ini dapat mendukung kinerja alat dan keawetan dari perangkat tersebut. 

Untuk pemasangan di luar ruangan atau outdoor, seperti pada bagian pintu masuk shuttle, sebaiknya pilih kamera jenis outdoor. Kamera ini biasanya terbuat dari bahan yang lebih kuat, tahan terhadap panas matahari, angin, debu maupun hujan. 

Sedangkan untuk pemasangan di dalam ruangan dapat memilih jenis indoor yang biasanya mempunyai desain lebih estetik. Anda dapat menggunakan kamera ini sebagai alat keamanan sekaligus aksesoris ruangan. 

Tingkatkan Keamanan Ruang Shuttle dengan kamera pengintai Hikvision ColorVu

Keamanan dan kenyamanan sara publik, seperti shuttle, merupakan tanggung jawab bersama baik oleh pengelola maupun pengguna fasilitas tersebut. Untuk meningkatkan keamanan, pengelola dapat memasang kamera pengintai yang sesuai seperti Hikvision ColorVu.

Jenis CCTV ini mampu merekam semua momen dalam warna yang terang. Fungsi kamera pengintai sebagai alat untuk meningkatkan keamanan dapat Anda peroleh dengan maksimal jika menggunakan produk Hikvision.

Kamera CCTV Hikvision ColorVu dapat merekam secara real time sehingga pengelola dapat mengetahui secara langsung apa yang terjadi di area tersebut. Dengan demikian jika terjadi hal yang mencurigakan dapat segera mengambil tindakan. 

Pemasangan kamera pengintai Hikvision ColourVu yang tepat dan sesuai kebutuhan merupakan cara terbaik untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna maupun karyawan yang bertugas di shuttle. Untuk info lebih detail bisa cek di sini

You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.