Permen Viral Tiktok Bola Halal atau Haram? Simak Faktanya!

 

Tren viral di Tiktok sering kali muncul dan menyebar dengan cepat. Salah satu tren yang belakangan ini menjadi perbincangan hangat adalah permen viral berbentuk bola mata yang mendapatkan popularitas melalui video-video di TikTok.

Namun, apakah permen viral Tiktok dengan bentuk bola ini halal? Menurut MUI (Majelis Ulama Indonesia), permen viral bentuk bola dari Korea Selatan yang dijual di Indonesia belum semuanya halal. Hal ini dikarenakan beberapa permen bola Korea mengandung bahan-bahan yang meragukan, seperti alkohol dan gelatin yang berasal dari babi.

Dalam konteks Indonesia, kehalalan produk makanan dan minuman adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat Muslim. Oleh karena itu kamu wajib melakukan cek melalui status halal di website halalmui.org atau halal.go.id, dan jangan lupa untuk cek nomor BPOM yang tertera pada kemasan melalui cekbpom.pom.go.id. Selain itu kamu juga wajib simak fakta-fakta lainnya tentang permen ini sebelum membelinya.


Apa itu Permen Viral di Tiktok?



Permen yang sedang viral di TikTok adalah sebuah produk permen dengan bentuk bulat yang ukurannya mirip dengan bola pingpong. Permen ini telah menjadi sorotan karena bentuknya yang tidak biasa, ada yang berbentuk bola mata, motif unik, dan motif hewan, dan lain sebagainya.

Permen ini memiliki tekstur yang kenyal seperti jelly. Namun, beberapa permen ini di dalamnya tidak ada informasi mengenai merk, bahan-bahan yang digunakan, kandungan, apalagi logo label halal dan BPOM.

Pada awalnya, para konten kreator di TikTok dengan antusias membuat review tentang permen viral ini. Permen tersebut berasal dari Korea Selatan dan mendapatkan popularitas di media sosial.

Karena berasal dari luar negeri, tentu memunculkan berbagai pertanyaan terkait kandungan yang ada dalam permen tersebut. Apalagi penduduk Korea Selatan mayoritasnya non-muslim, berbeda dengan Indonesia.

Permen Viral di Tiktok Halal atau Haram? Apakah Berbahaya? Ini Faktanya!

Permen viral ini sering disebut dengan permen Jelly Korea. Dalam permen jelly untuk pembuatannya sendiri menggunakan gelatin. Namun apakah gelatin yang ada dalam permen viral yang berasal dari Korea Selatan ini halal? Bisa saja gelatin yang ada pada permen ini berasal dari hewan Babi.

 

Maka dari itu, saat ini banyak orang yang menyebut permen viral di Tiktok yang berasal dari Korea Selatan ini haram. Karena ada beberapa dari permen ini yang tidak jelas informasi kandungan dan bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan permen. Selain itu, beberapa juga masih belum ada logo halal dari MUI dan izin keamanan produk yang disetujui oleh BPOM.

 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) menyatakan bahwa belum semua permen bola dari Korea Selatan ini halal. Artinya terdapat permen-permen bola serupa yang masih diragukan status keamanan dan kehalalannya.

 

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) juga menyatakan bahwa semua produk dari luar negeri yang masuk ke Indonesia harus terjamin keamanan dan kehalalannya.

 

LPPOM MUI menekankan pentingnya penjaminan keamanan dan kehalalan produk dari luar negeri sebelum dijual dan dikonsumsi di Indonesia. Hal ini bertujuan untuk melindungi konsumen Muslim Indonesia dan memastikan bahwa produk yang mereka konsumsi sesuai dengan prinsip-prinsip agama yang dianut.

 

Terkait dengan kontroversi mengenai kehalalan produk ini, Alangkah baiknya kalian menghindari mengkonsumsi permen yang belum jelas kehalalan dan keamanannya.

 

Adapun berbagai tips agar kalian tidak salah dalam memilih permen yaitu :

 Pastikan sudah ada logo halalnya dalam kemasan permen. Jika sudah ada logo halalnya, tetap wajib cek kembali di website resmi MUI yaitu halalmui.org atau di halal.go.id.

 Pastikan sudah ada logo BPOM dan cek di website nomor BPOM yang ada di kemasan, apakah nomor tersebut sama dengan yang ada di website. Untuk mengeceknya bisa melalui website resmi BPOM yaitu https://cekbpom.pom.go.id/.

 Cermati bahan dan kandungan yang ada di dalam permen.

Adapun daftar permen halal yang bisa kamu lihat di link tersebut ya! Semoga informasi diatas bisa bermanfaat, ya! Pastikan kalian selalu mengkonsumsi permen yang halal dan aman di konsumsi.

You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.