Review Film Onde Mande

 

Onde Mande Film

Film Onde Mande ini asli pecah di hatiku. Beneran deh ini film Indonesia  terbaik sepanjang tahun ini yang aku tonton. Penuh dengan nilai-nilai kebudayaan, nasehat, pesan hidup yang dibungkus dengan adegan mendayu plus kocak.  Sekeren itu kan film ini.

Belajar Tentang Falsafah Hidup dari Film Onde Mande

Menurutku kamu wajib banget nonton film ini minimal seumur hidup sekali, agar kamu bisa belajar dari bagaimana sih hidup ini sebenarnya sederhana. “Ketika kamu sudah Tawakkal sama Allah, rezeki itu akan datang menemui kamu” bahkan dalam bentuk memenangkan sayembara. Nggak main-main cuy 2 Milyar lho. Dan “ketika rezekimu sudah habis biarpun sudah di depan mata kamu nggak dapat menggenggamnya ketika nyawamu sudah dicabut”.

Belajar dari hal ini sebenarnya agak serem sih, pengingat suatu kematian itu nyata ya. So, sebelum kita meninggal sebaiknya melakukan hal yang sebaik-baiknya. Bikin perencanaan yang matang agar ketika kita meninggal ada ahli waris, keluarga kita terdekat yang bisa membantu merealisasikan semua mimpi dan niat baik kita. Meninggalkan sesuatu yang baik itu bagus lho, kalau bermanfaat buat orang lain maka pahala kita akan terus mengalir ketika sudah meninggal.

Sinopsis Film Onde Mande



Onde Mande merupakan film yang sangat kental dengan budaya Minangkabau dan mengangkat kisah kehidupan masyarakat desa Sigiran di tepi Danau Maninjau, Film ini  mengangkat salah satu mimpi warganya untuk memajukan tempat tinggalnya itu.

Film arahan sutradara Paul Fauzan Agusta ini dibintangi oleh banyak bintang Top, seperti Jajang C. Noer, Jose Rizal Manua, Shenina Cinnamon, hingga Emir Mahira.

Berawal dari seorang pensiunan guru bernama Angku Wan (Musra Dahrizal), sesepuh desa Sigiran di tepi Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Beliau dikenal sebagai sosok yang visioner dan memimpikan kemajuan bagi desanya yang cukup tertinggal. Sosoknya pun cukup dihormati karena ide-ide briliannya.

Pada suatu malam, setelah  meneguk teh telur favorit di lapau Da Am, Angku Wan bercerita dirinya tengah mengikuti sebuah sayembara dari perusahaan sabun.

Angku Wan pun meminta Ni Ta untuk menyalakan televisi dan menyaksikan pengumuman langsung pemenang. Tanpa disangka, Angku Wan memenangkan sayembara berhadiah Rp2 miliar setelah mengirimkan puluhan bungkus sabun. Ia menyatakan bahwa uang tersebut akan ia prioritaskan untuk pembangunan dan kemajuan desa. Hal itu pun didukung penuh oleh Da Am dan Ni Ta yang memang selalu menjadi pendengar setia Angku Wan.

Keesokan harinya, saat menjemput Angku Wan di rumahnya, Da Am justru menemukan seniornya itu telah wafat. Padahal, mereka berdua berencana pergi ke kota Padang untuk mengurus hadiah tersebut.

Setelah proses pemakaman Angku Wan, situasi mengenai hadiah itu pun dibincangkan Ni Ta dan Da Am. Menurut Ni Ta, informasi meninggalnya Angku Wan tidak perlu dilaporkan terlebih dahulu ke pihak perusahaan pusat di Jakarta. Ide pun seketika muncul, Ni Ta dan Da Am berencana mengklaim hadiah Rp2 miliar tersebut. Mereka mengajak beberapa orang lain karena tidak dapat bergerak sendiri.
Anak Ni Ta dan Da Am, Si Mar (Shenina Cinnamon) mulanya menolak mentah dan menganggap rencana orang tuanya sama dengan dosa.

Tetapi usai dibujuk Da Am menggunakan pesan terakhir Angku Wan, Si Mar sedikit luluh. Sejumlah perangkat desa pun berkumpul dan menyiapkan strategi besar untuk mengamankan hadiah tersebut.
Namun situasi justru menjadi semakin pelik ketika Da Am menelepon ke pihak perusahaan sabun dan mengaku sebagai Angku Wan.

70 Persen Menggunakan Bahasa Minang

Onde Mande! merupakan film yang mengusung budaya Minang dengan latar sebuah desa di danau Maninjau, Sumatera Barat. Dan kerennya lagi hampir 70% dialognya  menggunakan bahasa minang. Percayalah setelah nonton film Onde Mande langsung berasa pinter deh. Yang awalnya hanya tahu Unni dan Uda jadi banyak kosa kata baru yang dimengerti.

Ringan, Kocak, Bintang 5

Meskipun film Onde Mande ini kesannya berat, namun jangan salah. Justru film ini sangat ringan dan kocak. Beneran terhibur deh menontonnya. Apalagi ending ceritanya plot twist banget, asli terharu… nggak salah deh kalau aku memberi bintang 5 buat film ini.. asli keren.





You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.