Jenis-jenis Hoist Crane

 


Dalam pekerjaan berat, peran hoist crane sangat penting. Mesin ini berguna untuk membantu mengangkat beban yang berat sehingga lebih mudah dan cepat. Dengan demikian pekerja bisa bekerja lebih efisien sehingga menghemat waktu dan biaya tenaga kerja.

Untuk bisa menggunakan alat ini perlu keterampilan khusus. Karena berupa alat berat yang cukup canggih, kepiawaian pekerja sangat menentukan efisiensi dan kualitas hasilnya. Hoist merupakan alat yang bisa digunakan untuk pekerjaan indoor dan outdoor. Sebagai alat katrol, perannya dalam pekerjaan berat sangat penting.


Jenis-jenis Hoist Crane


Perkembangan dalam teknologi alat katrol ini sangat cepat. Jika sebelumnya hanya terdapat jenis yang digerakkan secara manual, saat ini sudah banyak alat yang dijalankan dengan menggunakan tenaga listrik. Sedangkan berdasarkan alat penariknya, ada dua jenis yaitu chain atau rantai dan wire rope atau sling baja.

Katrol yang bergerak dengan listrik dan menggunakan penarik berupa rantai dikenal dengan nama electric chain hoist. Jenis ini banyak digunakan karena pengoperasian mudah dan efisien. Berdasarkan tipe mengoperasian dan mekanisme daya angkat, katrol atau hoist dibagi menjadi empat, yaitu:

1.    Electric hoist

Seperti namanya, alat katrol ini bergerak menggunakan tenaga yang bersumber dari listrik. Daya listrik tersebut terhubung gearbox dan komponen lainnya. Dari sambungan ini akan menghasilkan energi yang mampu untuk mengangkat serta memindahkan barang yang sangat berat.

Saat ini banyak yang menggunakan electric hoist karena efisien, mudah dan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Daya gerak yang mampu memindahkan barang dengan cepat tersebut dihasilkan dari motor yang mendapat tenaga listrik.


2.  Pneumatic hoist

Alat ini bergerak dengan menggunakan tenaga dari udara. Mungkin banyak yang bingung, apakah tekanan tenaga mampu menghasilkan cukup banyak daya sehingga dapat memindahkan barang yang cukup berat. Ternyata hal tersebut mungkin terjadi karena adanya pendant control yang bisa mengatur besar tekanan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan.


3. Manual hoist

Seperti namanya, alat katrol ini digerakkan secara manual dan merupakan jenis paling awal digunakan. Meski demikian sampai saat ini masih banyak yang menggunakanya.  Kemampuannya dalam memindah barang memang tidak sebanding dengan electric chain hoist namun untuk jenis pekerjaan tertentu sangat membantu.

Pada manual hoist terdapat chain block atau lever block berupa katrol yang mampu merubah arah gaya kerja. Dengan demikian untuk memindahkan dan mengangkat beban hanya membutuhkan daya yang terbatas.  Mekanisme penurunan gaya diperoleh dari gerigi yang berukuran berbeda dan saling terkait.


4. Hydraulic hoist

Mekanisme kerja dari katrol ini mengikuti hukum pascal dimana gaya yang dihasilkan oleh alat aka diteruskan ke semua arah. Tekanan tersebut berasal dari zat cair yang berada pada ruang tertutup.

Dengan semakin banyaknya toko yang menyediakan katrol membuat calon pembeli bingung untuk mendapatkan hoist berkualitas. Agar tidak salah pilih bisa mengunjungi situs toko online Megajaya yang menyediakan aneka jenis hoist dan peralatan berat lain yang berkualitas dan harga bersahabat.

Sudah banyak yang mempercayakan kebutuhan peralatan kerja di Megajaya dan selalu puas karena kualitas, harga dan pelayanan yang diberikan. Di toko ini semua kebutuhan untuk perlengkapan kerja, termasuk alat berat tersedia secara lengkap.

Untuk mendapatkan hoist yang tepat, sebelumnya perlu mempertimbangkan terlebih dulu jenis yang diperlukan. Dengan demikian alat yang dibeli bisa secara maksimal berguna dalam menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan, termasuk memindahkan dan mengangkat beban yang berat. Sebagai toko yang terpercaya, Megajaya menyediakan alat tersebut dan selalu menjaga kepuasan pelanggan.



You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.