Memasuki Bulan Puasa? Ini Cara Terbaik Merawat Mobil Agar Tetap Prima

 

 


Perawatan yang dilakukan pada mobil tentu harus dilakukan jika memang sudah waktunya. Jangan pernah menunda waktu untuk melakukan service karena akan ada dampak buruk yang terjadi. Dampak buruk mulai dari mobil yang tidak nyaman dikendarai dan juga berpotensi mengalami mogok dan tidak bisa menyala. Jika sudah seperti ini maka tentu akan membuat pemilik kerepotan dan juga biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit tetapi lumayan besar karena harus memperbaiki beberapa komponen sekaligus.

Apalagi di momen puasa seperti ini tentu ada banyak kegiatan yang harus dilakukan sejak pagi sampai malam hari. Jika banyak orang yang bekerja di siang hari maka di malam hari harus melakukan ibadah di masjid yang menggunakan mobil. Dengan banyaknya aktivitas di bulan puasa ini yang juga melibatkan kendaraan roda empat maka penting untuk merawat mobil agar tetap prima. 

Berikut ini ada beberapa cara terbaik dalam merawat kendaraan roda empat ketika banyak aktivitas seharian.

Selalu memanaskan mobil

Untuk bisa membuat mesin tetap dalam kondisi prima maka hal paling mudah yang bisa dilakukan para pemilik kendaraan adalah sering memanaskan mobil. Tujuan dari memanaskan mobil adalah agar cairan oli bisa melumasi ruang mesin dengan sempurna. Bukan hanya itu, proses memanaskan mobil dengan sering tentunya akan membuat kapasitas pada aki menjadi normal kembali. Jadi luangkan waktu untuk memanaskan mobil dari 10 sampai 15 menit agar selalu prima.

Cek mesin

Selama bulan puasa, biasanya mobil akan dipakai hampir setiap hari mulai dari untuk kegiatan ibadah sampai buka bersama bareng keluarga atau teman. Maka itu penting untuk mengecek mesin dan memastikan kondisinya masih normal. Jika memang ada gangguan pada mesin misalkan kebocoran atau rusak maka jangan tunda untuk langsung bawa ke bengkel resmi untuk ditangani lebih lanjut.

Cek air radiator

Selanjutnya adalah cek air radiator karena ini menjadi komponen yang juga penting. Dengan adanya air radiator maka kecil kemungkinan mobil terjadinya overheat, tetapi jika tidak ada air radiator maka kemungkinan besar akan terjadi overheat. Selain itu, cek juga sistem pendingin dan pastikan tidak ada yang bocor karena jika terjadi kebocoran tentu akan membuat mobil lebih cepat mengalami panas.

Aki dalam keadaan bagus

Sistem kelistrikan sebuah mobil tentunya dipengaruhi oleh aki, jika aki dalam keadaan bagus maka semua sistem kelistrikan akan berjalan normal. Pemilik kendaraan juga harus tahu beberapa indikasi yang menandakan fungsi aki sudah mulai menurun yaitu sulit dihidupkan dan juga lampu redup atau tidak berfungsi sama sekali.

Itulah 4 cara merawat mobil yang bisa diterapkan ketika bulan puasa yang banyak aktivitasnya. Apalagi jika ingin lebaran di kampung tentu harus melakukan perawatan pada mobil dengan lengkap. Jika mobil lama sudah tidak layak diajak mudik maka bisa langsung buka aplikasi SEVA untuk beli yang baru. Di aplikasi ini ada banyak model mobil, salah satunya adalah Toyota Rush yang termasuk SUV yang tangguh dan cocok diajak mudik, jadi langsung saja ajukan pembelian unit baru di SEVA.

You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.