Pemanfaatan Teknologi Dalam Bisnis Untuk Meningkatkan Produktivitas

 


Anda bisa mendapatkan banyak informasi mengenai dunia bisnis mulai dari membaca buku-buku dengan topik bisnis sampai mencari informasi di internet. Nah, berbicara soal bisnis, pasti akan berhubungan dengan pemanfaatan teknologi untuk menunjang aktivitas dan produktivitas dalam bisnis Anda. Apalagi di era persaingan seperti saat ini, perusahaan Anda bisa lebih mudah bertahan apabila mempunyai karyawan yang mempunyai kemampuan andal.

Anda juga perlu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak teknologi canggih yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah pemanfaatan teknologi dalam bisnis untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Pemanfaatan Teknologi Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Pemanfaatan teknologi dalam bisnis untuk meningkatkan produktivitas karyawan adalah:

Menghemat Waktu

Pemanfaatan teknologi dalam bisnis yang pertama adalah untuk meningkatkan kemampuan karyawan dengan memudahkan saat membagikan file maupun folder yang berkaitan dengan pekerjaan. Anda juga tidak akan menghabiskan kapasitas memori yang terlalu banyak di komputer atau laptop apabila ingin membagikan file. Caranya adalah memanfaatkan penyimpanan yang berbasis cloud karena sangat praktis.

Alat ini bisa memangkas sejumlah keluhan dari karyawan saat mencari berkas maupun file. Dengan cara menyimpan semua data bisnis atau perusahaan di dalam sistem penyimpanan berbasis cloud ini, maka file yang dicari atau dibutuhkan oleh karyawan akan lebih mudah diakses. Bagi Anda yang mau informasi selengkapnya di dunia bisnis mengakses Makin Tahu.

Membantu Memberi Feedback

Pemanfaatan teknologi dalam bisnis untuk meningkatkan produktivitas karyawan juga bisa membantu untuk memberikan feedback kinerja karyawan di waktu tertentu. Apalagi pemberian feedback kepada kinerja karyawan sebaiknya dilakukan secara real time maupun dalam waktu yang sebenarnya. Tujuannya adalah agar karyawan dapat segera tahu bagian mana dari performa mereka yang sebaiknya diperbaiki dan juga perlu ditingkatkan.

Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk keperluan yang satu ini. Agar bisa meningkatkan kemampuan karyawan, ada banyak software khusus HR yang mempunyai fitur review performa kinerja karyawan. Nah, dengan memanfaatkan software ini, Anda akan lebih leluasa dalam memberikan feedback ke karyawan secara real time.

Mendorong Kolaborasi

Meningkatkan karyawan juga bisa dilakukan apabila terjadi kolaborasi di perusahaan. Kolaborasi ini bisa terjadi di antar karyawan pada satu divisi, beda divisi, maupun karyawan dengan perusahaan lain yang sudah jadi mitra bisnis Anda. Teknologi dapat membantu Anda, seperti adanya media sosial bisnis yang bisa menciptakan kolaborasi.

Karyawan Anda akan terhubung secara langsung dengan para pakar yang sudah berpengalaman. Mereka juga bisa mengikuti webinar maupun menciptakan komunitas khusus dalam memperluas koneksi di bisnis Anda. Dari sanalah pemanfaatan teknologi bisa meningkatkan skill komunikasi karyawan sehingga mereka terlatih untuk berkomunikasi dengan atasan atau sesama karyawan hingga pihak lainnya.

Pembelajaran Skill Baru bagi Karyawan

Teknologi juga dapat membantu Anda memberikan skill baru untuk karyawan. Pembelajaran skill baru bisa dilakukan secara online dengan mudah jadi tidak perlu jauh-jauh datang ke lokasi pelatihan. Salah satu contohnya adalah memakai sistem manajemen pembelajaran online yang berbasis cloud.

Dengan menggunakan sistem pembelajaran online seperti ini, Anda tidak perlu repot mengirimkan karyawan mengikuti training maupun mencetak modul. Semua pembelajaran bisa dilakukan secara online dan jauh lebih mudah. Untuk perusahaan, metode ini bisa melengkapi pada sistem training konvensional jadi lebih efisien.

Begitulah pemanfaatan teknologi dalam bisnis untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

 

You Might Also Like

5 komentar

  1. Setuju banget, teknologi sangat membantu bisnis terutama antar karyawan - atasan dan client - freelancer. Yang paling sering memang berbagi file, biasanya menggunakan one drive atau google drive jadi pekerjaan bisa cepat di share dan diselesaikan.

    BalasHapus
  2. Aku setuju banget kalau teknologi itu menghemat waktu. Engga kebayang dulu serba manual lama banget dikerjain satu per satu, dibanding sekarang yang serba digital.

    BalasHapus
  3. Salah satu fungsi hadirnya teknologi itu mempermudah pekerjaan manusia, makanya setuju banget aku kalau teknologi ini bakal membuat waktu jadi banyak dihemat, jadinya produksi pun bisa meningkat

    BalasHapus
  4. Dalam sebuah bisnis tidak bisa lepas dari yang namanya tekhnologi karena memudahkan. Btw belum pernah coba sih computer cloud itu kayak apa. Mungkin semacam penyimpanan google foto kali ya?

    BalasHapus
  5. Setuju sekali kak. Teknologi sekarang sepertinya membantu banget di berbagai bidang dan situasi termasuk dalam bisnis.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.