5 Manfaat Email Hosting untuk Kembangkan Bisnis

 

Photo by Lex Photography: https://www.pexels.com/photo/silver-magic-keyboard-1109543/

 

Pernah menerima email dari alamat berbeda dari alamat email pada umumnya? Bukan alamat Gmail, Yahoo atau sejenisnya, melainkan nama perusahaan atau nama seseorang di bagian belakang. Itulah yang disebut dengan istilah email hosting Indonesia. Layanan kustomisasi email ini sekarang banyak digunakan para pebisnis.


Istilah email hosting dan website hosting identik dengan pengembangan bisnis masa kini. Keduanya sama-sama tempat untuk menyimpan data namun berbeda dalam hal yang disimpan. Website hosting menyimpan file penyusun website dengan layanan web server. Sedangkan email hosting menyimpan email untuk digunakan secara lebih privat.


Apa itu Email Hosting?


Email hosting merupakan layanan email berbayar yang memungkinkan pengguna bisa membuat email dengan domain sendiri. Server pada layanan email berbayar ini dibuat terpisah dari server website hosting. Karena itulah, performa dari akun-akun email yang menggunakan layanan ini bisa terjaga.


Dulunya sebelum ada layanan email hosting, jika ingin memiliki email sendiri harus juga memiliki website. Sayangnya tidak semua orang bisa mengelola website dengan baik. Karenanya banyak yang akhirnya tidak bisa memiliki email sendiri dan hanya bisa menggunakan layanan email gratis.


Keuntungan Menggunakan Email Hosting


Email hosting sekarang banyak digunakan di kalangan pebisnis. Dengan biaya yang dikeluarkan, banyak fasilitas premium yang akan didapatkan pengguna. Termasuk untuk tujuan mengembangkan bisnis, layanan ini memberikan keuntungan sebagai berikut:


1. Sebagai Alat Branding


Dalam bisnis, membangun branding menjadi strategi penting yang wajib dilakukan. Branding yang terbangun dengan baik akan mengundang kepercayaan masyarakat. Sampai akhirnya sebuah brand yang sudah dipercaya masyarakat tidak akan sulit untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.


Sebelum sampai pada tahap percaya, masyarakat yang jadi target pasar suatu perusahaan harus terlebih dulu mengenal. Di tahap awal membangun branding ini, email hosting bisa menjadi alat untuk mengenalkan perusahaan tersebut. Dengan nama domainnya, target pasar tahu dari mana email yang ia terima berasal.


2. Lebih Kredibel dan Profesional


Orang yang menerima email dari penyedia layanan email gratis cenderung mengabaikannya. Bahkan tak jarang yang menganggap email tersebut sebagai spam. Apalagi selalu ada peringatan untuk tidak sembarangan menindaklanjuti email dari sumber tidak dikenal karena ada kemungkinan sebagai upaya pencurian data.


Berbeda dengan email berbayar, penerima akan menganggap itu berasal dari sumber yang terpercaya. Nama perusahaan yang menjadi nama domain pada email akan meningkatkan kepercayaan penerima. Perusahaan itupun akan dipandang sebagai bisnis yang kredibel dan dikelola secara profesional.


3. Sebagai Backup


Arsip penting dalam bisnis online merupakan hal yang penting untuk selalu dijaga dan disimpan dengan baik. Tidak lagi berupa arsip fisik yang disimpan pada ruang khusus, arsip dalam bisnis online berupa data atau file. Simpanan data penting itu berguna untuk berbagai tujuan yang berkaitan dengan bisnis online.


Gmail sebagai platform surat elektronik memiliki fitur untuk menyimpan data atau file penting. Pebisnis bisa menggunakannya untuk menyimpan arsip bisnis online. Sayangnya fitur tersebut memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Layanan email hosting menjadi solusi untuk penyimpanan arsip bisnis dengan kapasitas yang lebih besar.


4. Sistem Keamanan Lebih Baik


Tak jarang isi email dari penyedia layanan email gratis disertai dengan iklan. Kebanyakan orang menganggap iklan sebagai suatu hal yang mengganggu. Parahnya lagi, adanya iklan merupakan indikasi bahwa penyedia layanan email gratis sebenarnya bisa melihat konten dalam email.


Sementara di layanan email berbayar, privasi pengguna lebih terjaga. Isi dalam email tidak akan bisa dilihat siapapun bahkan oleh penyedia layanan. Privasi perusahaan juga lebih terjamin dengan sistem keamanan yang baik ini. Dalam isi email kemudian juga tidak akan ditemui tampilan iklan yang mengganggu


5. Pengaturan Akun Lebih Fleksibel


Layanan email berbayar memungkinkan pengguna memakai nama sesuai bidang masing-masing tanpa khawatir usulan nama ditolak karena sudah digunakan akun lain. Seluruh akun dalam satu domain juga bisa dikelola dengan lebih mudah. Sampai urusan broadcast, terdapat fitur untuk mengirimkan pesan ke seluruh email dalam satu domain.


Untuk bisnis yang lebih kredibel dan profesional, seorang pebisnis harus berani membayar lebih untuk layanan email hosting. Pastikan memilih perusahaan web hosting Indonesia dari DomaiNesia terbaik seperti DomaiNesia untuk mendapatkan layanan ini.


 

 

 

 

You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.