Tips Mengatur Keuangan Supaya Aman dari Resesi

 

https://www.freepik.com/free-photo/cropped-unrecognizable-people-keeping-records-expenses_5698929.htm

Tips mengatur keuangan menjelang resesi tentu berbeda dari kondisi lainnya. Apapun keadaan finansial Anda sekarang ini, semua orang perlu bersiap diri menghadapi krisis ekonomi yang jadi dampak pandemi dan alasan lainnya.

Carilah contoh perencanaan keuangan pribadi, informasi tentang resesi, dan persiapan lainnya agar keuangan Anda tetap sehat saat resesi global terjadi.

Rekomendasi Tips Mengatur Keuangan Menghadapi Resesi

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi finansial menghadapi prediksi resesi 2023 nanti. Mulai dari membuat tabel celengan target menabung harian, membuat catatan pengeluaran, menaruh alokasi dana, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa tips mengatur keuangan yang bisa Anda lakukan.

1. Dana Darurat

Kalau umumnya Anda menjadikan uang sisa sebagai dana darurat, coba untuk menyisihkan lebih banyak uang. Resesi identik dengan pengeluaran besar, jadi siapkan lebih besar dana untuk menghadapi situasi krisis tersebut.

Kita tidak tahu kapan resesi mulai dan berakhir. Lebih bijaksana untuk bersiap-siap dengan dana cadangan yang besar. Anda bisa memasukkan dana darurat terlebih dahulu, baru membayar pengeluaran lainnya. Jadi, bisa memastikan kalau alokasi dana jadi bisa lebih besar.

2. Keuangan Yang Sehat

Perekonomian setelah pandemi masih dalam kondisi buruk, resesi mungkin bisa memperburuknya. Oleh karena itu, tips mengatur keuangan terbaik adalah memastikan pengeluaran tidak sebanyak pemasukkan.

Perhatikan sejarah belanja Anda, dan pikir ulang mana pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihilangkan sama sekali. Anda perlu lebih sering berhemat agar tidak terkejut ketika tiba-tiba kena imbas krisis keuangan yang terjadi secara meluas.

3. Tips mengatur Keuangan Tanpa Hutang

Saat resesi, suku bunga bank akan naik secara signifikan. Itulah sebabnya, cicilan jangka panjang bisa merugikan. Hindari untuk mengambil cicilan baru, setidaknya selama tahun 2023.

Kita tidak tahu kepastian kapan resesi terjadi atau apakah akan ada atau tidak. Menghindari hutang, selalu merupakan ide yang baik, apapun kondisi ekonomi Anda.

4. Fokus Menuntaskan Cicilan

Bagaimana kalau sudah terlanjur punya hutang? Coba untuk tidak terlambat dalam melakukan pembayaran. Kalau bisa, buat pembayaran lebih besar agar cicilan bisa segera kelar. Dengan demikian, Anda akan lebih tenang ketika memasuki tahun 2023.

5. Penghasilan Tambahan

Resesi dibayangi dengan hilangnya pekerjaan, pemotongan gaji dan pemutusan hubungan kerja atau phk. Bila Anda merasa berada dalam kerjaan yang berpotensi terimbas oleh resesi, coba untuk mencari penghasilan tambahan. Anda bisa mulai bisnis sendiri dan tidak bergantung pada perusahaan sebagai sumber pendapatan.

6. Libatkan Anggota Keluarga

Kesehatan kondisi keuangan sangat bergantung pada dukungan semua orang. Suami-istri butuh dukungan pasangannya, keluarga melibatkan semua anggota keluarga. Dengan demikian, semua orang saling mengerem pengeluaran, mencari cela untuk mendapat penghasilan, dan lebih memahami tentang bagaimana mengatur keuangan.

7. Asuransi dan Investasi

Anda bisa mempersiapkan asuransi pendidikan, kesehatan, untuk hal-hal penting lainnya. Asuransi bisa menutupi biaya yang Anda khawatirkan bisa terpengaruh dari resesi. Mengambil investasi dalam bentuk reksadana, mata uang asing, atau emas juga bisa jadi pilihan.

Kalau Anda punya uang lebih untuk dialokasikan sebagai investasi. Tentu, pada waktunya, investasi tersebut bisa berguna. Pelajari dengan cermat, jenis investasi yang paling pas untuk dana yang Anda miliki.

Ada banyak tips mengatur keuangan yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi prediksi resesi 2023. Terlepas kabar tersebut terbukti atau tidak, tidak ada salahnya untuk mengelola keuangan dengan lebih baik agar stabil. Dengan demikian, perencanaan keuangan jangka panjang bisa dicapai dengan memenuhi kondisi jangka pendek, seperti menghadapi resesi.


 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.