Tips Memilih Madu Asli Terbaik

 


Mengkonsumsi madu asli terbaik akhir-akhir ini memang menjadi suatu keharusan bagi sebagian orang. Karena fungsinya untuk menjaga kondisi tubuh untuk selalu sehat dan prima. Terlebih di saat seperti sekarang ini, kebutuhan madu sebagai suplemen tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh akan terus bertambah. 

Seperti yang kita tahu, madu memiliki banyak nutrisi yang lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Madu asli terbaik memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya sebagai antioksidan alami, meningkatkan imunitas tubuh serta menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu madu mengandung zat antibakteri yang mampu membantu tubuh menangkal berbagai penyakit dan madu juga dipercaya mampu membantu meningkatkan imun tubuh.

Tak heran jika madu kini banyak digunakan dalam berbagai hal, seperti pengobatan, campuran minuman hingga campuran makanan. Untuk mendapatkan madu asli terbaik, kita perlu paham apa saja ciri-ciri madu asli terbaik serta rekomendasi merk madu asli terbaik di ceklist.id Pengetahuan ini tentu sangat penting agar tidak terkecoh membeli madu yang palsu.

Adapun ciri-ciri memilih madu asli yang terbaik yang perlu kamu tahu.

1.Mempunyai tekstur sangat kental dan tidak mudah larut.

Berbeda dengan madu yang tidak asli yang biasanya dicampur dengan air gula oleh pedagang  nakal. Kita bisa mengujinya dengan cara mengambil satu sendok madu dan masukkan ke dalam segelas penuh air. 

Madu yang palsu akan mudah larut dalam air sedangkan madu asli terbaik memiliki tekstur lebih padat akan mengendap tepat di dasar gelas sebagai gumpalan.

2. Madu asli terlihat sedikit keruh apabila dilihat secara kasat mata

3. Mempunyai aroma seperti rerumputan atau wangi bunga

4. Tidak lengket

Cara menguji madu asli atau tidak

1. Menggunakan kertas tisyu

Cara mengetahui madu asli dengan menggunakan kertas tisyu adalah dengan meletakkan madu di atas tisu. Jika madu dicampur dengan air maka madu akan terserap oleh tisu dan membuat tisu menjadi basah.  

Namun, jika madu asli tanpa campuran maka tidak akan terserap oleh tisyu dan tidak membuatnya basah. Sama halnya jika membedakan madu palsu dengan madu asli menggunakan kain putih, maka jika madu asli tidak akan terserap atau meninggalkan noda. 

2. Menggunakan api

Madu asli Terbaik sebenarnya sangat mudah terbakar. Jadi cara membedakan madu asli dan palsu adalah dengan celupkan batang korek api ke dalam madu lalu nyalakan. Jika menyala, maka madu itu asli. Namun, jika korek api tidak menyala, maka madu tersebut palsu atau memiliki banyak campuran. 

3. Menyimpan di feezer

Cara membedakan madu asli dan yang palsu berikutnya adalah dengan  membekukan madu ke dalam frezzer. 

Untuk membuktikan madu itu asli atau campuran, Anda bisa mencobanya dengan memasukkan madu ke dalam freezer

Jika madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, bisa dikatakan madu tersebut asli. Madu tersebut dikatakan palsu atau telah ada campurannya jika membeku. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih madu yang tidak membeku selama di dalam freezer.

4. Menggunakan ibu jari

Letakkan sedikit madu di ibu jari lalu lihat apakah madu menetes atau menyebar. Jika iya, maka itu kemungkinan madu palsu karena madu asli atau madu murni akan menempel di permukaan yang dioleskan dan tidak menetes. Selain itu, rasa madu yang tidak murni dapat bertahan lama karena adanya tambahan gula.

5. Menggunakan kertas.

Kalian bisa mencoba menuangkan atau meneteskan madu pada kertas kosong. Kemudian cobalah untuk merobek kertas tersebut. Apabila kertas tidak mudah robek, maka madu tersebut murni atau asli. Sebaliknya, jika kertas mudah robek, maka madu tersebut telah dicampur atau palsu.

6. Menggunakan Kain Putih

Selain itu kalian juga bisa menggunakan media kain putih sebagai cara membedakan madu asli dan palsu. Caranya cukup mudah yaitu dengan meneteskan satu sendok teh madu ke kain putih atau kertas isap. Apabila madu langsung meresap, hilang ataupun meninggalkan noda, ada kemungkinan madu tersebut palsu. Hal ini karena madu asli tidak akan meninggalkan noda atau terserap pada kain putih.

7. Tes Kuning Telur

Cara membedakan madu asli dan palsu lainnya yaitu dengan tes kuning telur. Saat madu murni dicampur dengan kuning telur, nantinya kuning telur akan terlihat seperti sudah matang. Sebaliknya jika madu palsu dicampurkan dengan kuning telur, maka kuning telur tidak akan mengalami perubahan apapun alias tidak terpengaruh.

8. Tes pada Roti

Cara membedakan madu asli dan palsu yang terakhir adalah dengan tes pada roti. Apabila kalian mengoleskan madu murni pada roti, irisannya akan mengeras. Sedangkan, roti yang dioleskan dengan madu palsu, maka di atasnya akan tetap lembap.

 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.