Tips Membangun Hubungan Keluarga Harmonis



Keluarga yang harmonis menjadi kunci kebahagiaan dalam keluarga. Sayangnya, terkadang kesibukan dalam pekerjaan dan aktivitas sehari-hari membuat antara anggota keluarga sulit bersama. Yang berakibat hubungan dalam keluargapun semakin merenggang.

Tentu saja jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut Maka akan menjadi tidak baik. Untuk mengatasi hal ini, simak tips membangun hubungan yang baik antara orang tua dan anak agar semakin harmonis.

Membangun Hubungan Orang Tua dan Anak

Semakin bertambah usia, anak akan lebih mudah dalam mengekspresikan emosinya. Mereka mulai memiliki hobi atau dunianya sendiri. Tanpa kita sadari anak juga mulai disibukkan dengan berbagai tugas sekolah dan aktivitas lainnya. Terkadang anak-anak lebih memilih menghabiskan waktu bersama teman dibandingkan keluarga.

Selain itu, orang tua pun disibukkan dengan pekerjaan setiap harinya. Sehingga waktu bertemu antara orang tua dan anak semakin sedikit meskipun tinggal dalam satu atap. Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut adalah cara membangun hubungan orang tua dan anak di tengah kesibukkan:

1. Menerima Emosi Anak

Saat anak bahagia, secara otomatis orang tua juga akan memiliki mood yang bagus. Namun, Tak jarang orang tua malah ikut terpancing emosi ketika anak menunjukkan rasa marah, kecewa, atau sedih. 

Seharusnya hal yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah memvalidasi emosi mereka dengan penuh cinta Dan kasih sayang.

Anak yang masih dalam masa pertumbuhan belum dapat mengontrol perasaan dengan baik. Maka diperlukan peran orang tua untuk membantu dan menenangkan mereka. Kebiasaan ini juga akan membuat anak lebih terbuka karena merasa selalu mendapat dukungan dalam kondisi apapun.


2.Mendengarkan Cerita Anak 

Ketika anak mengalami sebuah masalah, terkadang mereka ragu untuk berbagi kepada orang tua karena merasa takut dihakimi atau bahkan dimarahi. Cobalah untuk mendengarkan semua cerita si kecil hingga selesai tanpa menyela. Tanyakan apa yang sedang mereka rasakan saat ini dan bagaimana Anda bisa membantu menyelesaikannya. Keterbukaan seperti ini akan membuat keluarga tetap erat meskipun di tengah kesibukan satu sama lain.

3. Luangkan Waktu Bersama

Sering meluangkan waktu antar anggota keluarga merupakan kunci dari hubungan emosional yang dekat. 

Moment bersama keluarga yang penuh dengan keceriaan akan menjadi kenangan yang menyenangkan bagi anak. Meski waktu yang Anda habiskan setiap harinya tidak selalu banyak akibat pekerjaan yang padat, mereka akan tetap merasa diperhatikan oleh orang tuanya. 

Anda bisa melakukannya dengan menemaninya belajar atau menyelesaikan tugas bersama. Cara lainnya adalah memanfaatkan momen setelah mandi saat menggunakan popok, lotion, atau bedak dengan mengajaknya bercanda.

4. Berlibur Bersama

Liburan memang selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota keluarga. Pada saat inilah semua bisa dengan leluasa menghabiskan waktu bersama tanpa perlu mengkhawatirkan pekerjaan. 

Anda bisa mengajak buah hati wisata alam dengan berkemah atau pergi ke pantai untuk meningkatkan bonding. Sedangkan waktu libur singkat bisa diatasi dengan bepergian ke museum atau kebun binatang yang tidak kalah menyenangkan.

 5. Sering Membaca Buku Bersama Anak

Selain menjadi jendela dunia, buku juga bisa menjadi media mendekatkan diri Anda dengan buah hati. Lakukan secara rutin sebelum tidur atau dengan memangku si kecil. Cara tersebut akan membuat mereka merasa lebih dekat dengan orang tuanya serta meningkatkan rasa nyaman saat bersama.

6.  Memberikan Sentuhan Fisik

Sentuhan fisik sering dilakukan orang tua saat anak baru lahir dan semakin berkurang seiring mereka dewasa. Padahal cara ini merupakan kunci dari kedekatan hubungan orang tua dan anak. Sedikit gestur seperti mengelus kepala, menepuk punggung, mencium, hingga memeluk sangat diperlukan mereka

7. Jangan Menghakimi

Adakalanya anak-anak tidak sejalan dengan apa yang kita harapkan. Bahkan saat salah langkahpun sebagai orang tua hendaknya jangan terlalu Menghakimi. Agar anak-anak tidak semakin menjauh dan salah langkah. Berikan solusi yang terbaik seperti ke pusat rehabilitasi Ashefa Griya Pusaka

Usahakan memiliki rutinitas ini setiap hari Untuk meningkatkan bonding secara emosional. Seperti sentuhan fisik yang bisa diterapkan antara lain kecup pipi saat mengantar ke sekolah,  sebelum tidur, memeluk saat membacakan buku, dan mengelus kepala ketika mereka bercerita

Ada banyak sekali cara yang bisa kita manfaatkan untuk lebih meningkatkan hubungan dengan buah hati. Ingat, kegiatan ini perlu dilakukan terus hingga mereka dewasa untuk menjaga kedekatan. Tidak perlu terlalu banyak menghabiskan waktu bersama keluarga tapi selalu pastikan untuk meluangkan waktu setiap hari. 



Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.