Tips Investasi Properti Supaya Aman dari Resesi

 

https://www.vecteezy.com/photo/10110663-a-professional-female-real-estate-agent-receives-a-house-loan-payment-or-rent-fee-from-her-client-property-investment-concept-cropped-image

Tips investasi properti berikut bisa digunakan untuk mendukung bisnis properti yang Anda jalani. Resesi dan krisis ekonomi yang diprediksikan terjadi di tahun 2023, diperkirakan tidak akan mempengaruhi sektor properti. Membeli properti bisa jadi pilihan investasi bagi Anda yang menginginkan passive income di kemudian hari. 

Tips Investasi Properti Saat Resesi Mengancam 

Pakar properti memperkirakan kalau resesi global, tidak memiliki dampak signifikan pada bidang properti. Sektor ini tetap berpeluang untuk terus meningkat. Tapi, peminat investasi properti tetap perlu melakukan kegiatannya lebih jeli. Berikut adalah beberapa tips investasi properti yang bisa Anda terapkan agar berhasil dengan menjalaninya. 

1.Developer Terpercaya 

Properti sangat ditentukan oleh pihak yang mengerjakannya. Anda tentu tidak ingin investasi yang sudah dilakukan berakhir negatif hanya karena salah pilih developer. Lihatlah projek sebelumnya yang sudah pernah dikerjakan developer tersebut. 

Calon investor properti juga bisa membandingkan beberapa developer dengan pengalaman sebelumnya. Dengan demikian, Anda telah menjatuhkan pilihan yang tepat dan tidak akan menyesalinya. 

2. Periksa Lokasi 

Tips investasi properti terbaik adalah memperhatikan lokasi. Semakin strategis lokasi tersebut, tentu harga investasinya juga lebih tinggi. 

Anda juga bisa mempertimbangkan lokasi yang belum berkembang tapi memiliki potensi di masa yang akan datang. Jadi, investasi Anda akan lebih menguntungkan setelah wilayah sekitarnya juga berkembang. 

Investor properti bisa membeli properti dengan harga terjangkau dan berlipat ganda nantinya. Oleh karena itu, lokasi sangat penting untuk menentukan perkembangannya 10 atau 20 tahun mendatang. Saat itulah investasi Anda bisa terlihat sesuai prospek atau tidak. 

3. Tips Investasi Properti Harga Pasaran 

Investor akan merasa untung kalau membeli properti dengan harga murah dan menjualnya dengan harga mahal. Oleh karena itu, Anda perlu tahu berapakah harga pasaran untuk properti yang Anda minati. Besar properti, lokasi, dan lain sebagainya, ada kisaran harga tertentu yang perlu Anda ketahui. 

Jadi, Anda membeli properti sesuai dengan harga yang ada dipasaran. Apalagi dengan potensi resesi yang akan datang. Perbedaan harga perlu diteliti secara mendetail agar tidak salah menentukan harga dan mendapatkan keuntungan yang sepadan. 

4. Fasilitas Mendukung 

Harga properti sangat ditunjang dengan fasilitas sekelilingnya. Tips investasi properti yang perlu Anda perhatikan adalah seberapa lengkap fasilitas di sekeliling properti tersebut. Sekolah, rumah sakit, mall, tempat rekreasi, adalah beberapa fasilitas yang dapat meningkatkan harga properti. 

Investor bisa menaruh minat pada suatu properti dengan beberapa pembangunan fasilitas di sekitarnya. Ada mall yang sedang dibangun, sekolah sedang didirikan atau ada jalan tol baru. Ketika Anda membelinya harga cenderung lebih terjangkau. Ketika berbagai fasilitas tersebut rampung, kemungkinan harga propertinya juga sudah lebih tinggi.  

5. Dana dan Tenor 

Investor perlu cermat dalam menentukan investasinya. Hal seperti dana untuk melakukan investasi perlu dialokasikan sesuai dengan kebutuhan. Ini adalah dana yang tidak dipakai sehingga bisa untuk berinvestasi. Targetkan untuk mencairkan investasi tidak dalam waktu dekat, dengan demikian, keuntungan bisa lebih besar. 

Tenor dan persyaratan lainnya perlu dipilih sesuai dengan dana yang Anda miliki. Walaupun Anda memiliki dana yang terbatas, bukan berarti tidak bisa mulai bisnis properti. Yang Anda perlu lakukan adalah memperhitungkan semua secara matang sebelum melakukan investasi. 

Demikianlah beberapa tips investasi properti yang bisa Anda coba. Semua investasi memiliki peluang dan resikonya masing-masing. Jadi, pertimbangkan semua aspek, terapkan tips di atas dan yakin kalau investasi yang Anda lakukan akan mendatangkan keuntungan.


 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.