Beragam Destinasi Banyuwangi yang Menarik Perhatian Banyak Orang, Tertarik Kesana?

 


Dalam beberapa tahun terakhir, daerah Banyuwangi semakin populer sehingga bisa dimasukkan ke daftar tujuan wisata berikutnya. 

Alasannya ada banyak perkembangan tempat wisata yang menarik perhatian setiap orang, salah satunya adalah keberadaan Pelabuhan Ketapang yang menjadi tempat untuk menyeberang dari Jawa menuju Bali. 

Hal ini membuat tempat wisata di sekitar pelabuhan juga menjadi lebih dikenal dan ternyata mampu meningkatkan minat untuk menikmati beragam destinasi Banyuwangi yang ada sekarang.

Jika dilihat di peta, daerah Banyuwangi ini memang letaknya ada di ujung Jawa Timur yang berseberangan dengan Pulau Bali dan persis berada di pinggir pantai dan terdapat pelabuhan. 

Selain pelabuhan, ternyata Banyuwangi menyimpan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi sebelum memulai liburan ke Bali. Ada apa saja? berikut ini akan dijelaskan tentang daftar tempat wisata yang ada di Banyuwangi.

Kawah Ijen

Bagi yang suka liburan di alam terbuka, maka bisa datang ke Kawah Ijen yang termasuk tempat wisata terpopuler yang ada di Jawa Timur. 

Letaknya ada di perbatasan antara Banyuwangi dengan Bondowoso dan terkenal karena berwarna hijau sehingga menghadirkan panorama indah dan masih ada pertambangan belerang yang bisa dilihat pengunjung. 

Keunikan lain yang ada di kawah ini adalah adanya blue fire yang merupakan hasil dari pembakaran gas sulfur akibat retakan yang terjadi di Gunung Api Ijen dengan suhu mencapai 600 derajat Celcius. Api ini termasuk yang terbesar di dunia dibanding yang ada di Gunung Dallol Negara Ethiopia.

Taman Nasional Baluran

Tempat wisata lainnya yang masih terletak di Banyuwangi yaitu Taman Nasional Baluran yang juga populer di masyarakat umum. 

Pemandangan di taman ini seperti savana yang ada di Afrika dengan hamparan sawah yang luas sehingga menjadi daya tarik dari taman yang satu ini. Sekalipun Taman Nasional ini berada di Kabupaten Situbondo tetapi tidak terlalu jauh dari Banyuwangi sehingga bisa mampir menikmati sejuknya udara di tempat ini.

 Hal menarik lainnya adalah adanya satwa-satwa liar yang bebas seperti rusa, kemudian bisa foto di savana Bekol dan mampir ke Pantai Bama yang jaraknya cukup dekat.

Teluk Hijau

Di Banyuwangi terdapat sebuah teluk dengan air yang berwarna hijau yaitu Teluk Hijau. Berada di dalam Taman Nasional Meru Betiri, teluk yang satu ini dilengkapi dengan pasir berwarna putih yang sangat lembut. 

Teluk ini juga berada di tengah atau dikelilingi oleh pepohonan yang berwarna hijau sehingga menghadirkan pesona yang mengagumkan. Disini juga sering ditemukan satwa liar seperti monyet di sekitar pantai karena memang teluk ini berada di Taman Nasional.

Itulah destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Banyuwangi, apalagi semua tempat wisata tersebut sudah menerapkan konsep ecotourism. 

Jadi apa itu ecotourism? ecotourism sama halnya dengan ekowisata yaitu sebuah bentuk tanggung jawab tempat wisata terhadap kelestarian lingkungan yang masih dalam kondisi alami. 

Kemudian memberikan dampak dan manfaat secara ekonomi dan menjaga keutuhan budaya pada masyarakat sekitar. Jadi bisa dikatakan bahwa ecotourism ini perlu diterapkan pada semua tempat wisata yang ada di Indonesia.

 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.