Berantas Baca Al Qur'an (BBQ) dan Lomba Baca Al Qur'an BersamaYayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML)



Pagi menyapa, semilir angin menyambut iringan kakiku menapaki tangga demi tangga masjid Madinatul Iman, Islamic Center Balikpapan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Terdengar merdu di telinga ketika. ratusan Anak di Balikpapan  mengIkuti Lomba Baca Al-Qur'an dari Yayasan Muslim Sinar Mas Land

Tepatnya tanggal 30 Oktober 2022 – Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) menyelenggarakan acara lomba membaca Al-Qur’an dalam rangka memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW serta Hari Santri Nasional yang jatuh pada bulan ini.




Acara tersebut merupakan puncak dari rangkaian program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) yang diselenggarakan bersama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Balikpapan dan Yayasan Mama Papa sejak jam 8 pagi tadi.

Aku segera bergegas menuju dalam masjid, setelah sebelumnya menaruh sepasang sepatuku ke dalam loker sepatu yang terletak di dekat aula gerbang masuknya masjid. Dimana-mana terlihat pemandangan indah anak-anak kecil berhijab rapi ditemani oleh ibu-ibunya. Begitu juga tak jauh terlihat pemandangan indah beberapa anak laki-laki mengenakan baju koko serta berpeci rapi. Tak hanya ibu-ibu mereka juga ditemani oleh ayahnya.


Aku mengira rangkaian acara lomba membaca Al Qur’annya berada di lantai yang sama. Ternyata aku salah. Karena ternyata berada di lantai 1. Menaiki tangga satu-demi satu. Aku benar-benar sangat exited sekali. Rangkaian suara yang sangat merdu mengalunkan ayat-ayat suci Al Qur’an membuatku ingin segera berada disana.


Pantas suasananya sangat rame. Rame dalam artian banyak orangnya. Kalau dalam pelaksanaan lomba sih sangat tertib. Tidak ada suara-suara yang tidak perlu. Seperti anak-anak yang berlarian ataupun ibu-ibu yang suka ghibah. Tenang dan damai sepanjang Lomba membaca Al-Qur’an tersebut yang diikuti oleh 300 peserta yang terdiri dari usia 6-15 tahun.

Tak tanggung-tanggung. Pihak panitia telah menyediakan total hadiah sebesar Rp42 juta. Adapun kategori yang dilombakan adalah Tartil dan Tahfiz Al-Qur’an. Aspek penilaian lomba tersebut meliputi tajwid, kefasihan membaca, adab dalam membaca Al-Qur’an, hingga perilaku peserta pada saat mengikuti lomba. Aku benar-benar takjub dengan Sinar Mas Land yang sudah membuat acara sebagus ini.


Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas Land – Bambang Setiawan mengatakan, “BBQ merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di bidang keagamaan yang sukses dilaksanakan di BSD City, Kota Wisata dan Legenda Wisata Cibubur serta Grand Wisata Bekasi. Untuk tahun ini, pertama kalinya kami implementasikan ke pengembangan perusahaan di luar Pulau Jawa, yakni di sekitar Grand City Balikpapan. Kami harap kegiatan ini dapat membuka akses pembelajaran Al-Qur’an dengan mudah dan cepat, agar nantinya bisa dipahami dengan baik dan ikhtiarnya dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.”



Sementara Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Balikpapan – Muslikh Umar yang diwakili Direktur LPPTKA Ust. Drs. H. Ahmari Siddiq menambahkan, “Kami sangat mendukung langkah YMSML yang telah menginisiasi program BBQ sebagai solusi umat muslim dalam mempelajari dan membaca Al-Qur’an. Semoga perlombaan membaca Al-Qur’an seperti ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun di seluruh penjuru Nusantara agar dapat membangun generasi muda cerdas, berkarakter, dan terdidik sesuai dengan ajaran atau nilai islam.”

 Tujuan Program BBQ


Program BBQ bertujuan untuk mengurangi jumlah buta aksara Al-Qur’an dengan memberikan pelatihan (training of trainers) membaca Al-Qur’an secara cepat dan mudah. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak bulan April-September 2022 dan diikuti 150 ustaz serta guru mengaji dari 50 masjid/musala/TPA yang berada di wilayah proyek Grand City Balikpapan.

Rangkaian Kegiatan dari acara  Training of Trainers (ToT) menggunakan Metode Mama Papa diajarkan kepada ustaz serta guru mengaji dan berlangsung selama 3 jam per sesinya. Selama pelatihan, para peserta juga dibekali buku panduan dan alat peraga agar mudah memahami metode tersebut.

 Kemudian, para ustaz atau guru mengaji akan menerapkan metode pengajaran tersebut dalam mengajarkan cara membaca Al-Qur'an kepada anak didik mereka. Kegiatan BBQ tahun ini merupakan yang ke-empat kalinya dan sebanyak 3.404 murid dari taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) telah mengikuti kegiatan ini, sejak program BBQ diluncurkan pertama kalinya di tahun 2018 lalu. 

Menurut Managing Director President Office Sinar Mas Land Donni Martadisata “Tujuan membantu pemerintah bahwa data riset kemenag RI bahwa 65 persen umat muslim buta al Quran. Dengan program Yayasan Sinar Mas Land dengan metode mama papa akan membantu sehingga banyak umat muslim yang bisa bebas dari buta Al Qur,an.

Rangkaian acara intinya dimulai sejak siang hari bakda sholat dzuhur. Jam 13.05 – 14.30. dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Qori dan Saritilawah. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Yayasan Muslim Sinar Mas Land, sambutan dari Walikota, ada Tausiah dan acara yang ditunggu-tunggu yaitu pengumuman pemenang dan penyerahan plakat lalu yang terakhir foto bersama.

Pemenang Lomba membaca Al-Qur’an



KATEGORI A TARTIL:

JUARA 1:  Ridho Naufal A – TPA Nurul Mukminin

JUARA 2: Nur Aini Rahma Dania – TPA Nurul Qur’ an

JUARA 3:  Muhammad Wahyu T – Baitul Hamdi Unit 036

KATEGORI B TAHFIZ:

JUARA 1:  Hanifah Shakila – Babul Jannah

JUARA 2:  Reyhanah Putri A – Baitul Jannah

JUARA 3: Dzakira Aftani SP – Masjid Jabbal Hassan

KATEGORI C TARTIL:

JUARA 1:  Intan Nurul Sabrina – TPA Al-Ikhlas

JUARA 2: Nur Aisyah Kharimah – TPQ Al Ikhlas

JUARA 3: Ahmad Turmudzi M – Nurul Haq 

KATEGORI D TAHFIZ:

JUARA 1: Kynthia Putricia W – TPA Nurul Haq

JUARA 2: Jailani Samman A – TPA Al Ikhlas

JUARA 3:  Syafira Eischa Putri – Nurul Iman

 

Membangun Ukhuwah Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML)



Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) adalah wadah untuk berbagi kebaikan bagi karyawan muslim di lingkungan kerja Sinar Mas Land. YMSML terus melakukan serangkaian kegiatan program dalam membangun ukhuwah di antaranya penyerahan ratusan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha, wakaf Al-Qur’an, Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ), bazar minyak goreng, pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat umum hingga penyediaan sentra vaksin bagi lansia dan takmir masjid.

 

 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.