Berbagai Peralatan Pendukung Mengganti Ban Mobil, Apakah Sudah Punya?

 


Setiap mobil kendaraan tentunya akan memiliki kemungkinan untuk pecah ban yang disebabkan beberapa faktor. Mulai dari berkurangnya tekanan udara yang ada di dalam ban, kurang perawatan, bocor karena benda tajam, kondisi fisik, dan beragam penyebab lainnya.


Untuk menghindari pecah ban, tentunya harus selalu diperiksa apalagi masa pakai ban sudah hampir habis sehingga sudah terlihat aus yang membuat daya cengkram ban sudah kurang berfungsi.


Hal ini membuat kemungkinan besar terjadinya pecah ban bahkan mudah slip saat di jalanan yang licin. Apalagi ban merupakan komponen yang termasuk penting karena langsung beririsan dengan berbagai permukaan jalan, jadi penting untuk diganti dengan yang baru jika yang lama sudah tidak layak. Untuk mengantisipasi terjadinya pecah ban, tentunya jangan melupakan ban cadangan yang sudah siap untuk menggantikan ban yang pecah. Selain itu, jangan melupakan peralatan pendukung untuk mengganti ban mobil, apa saja?


Kunci ring


Peralatan pertama adalah kunci ring yang pada setiap bagian ujungnya terdapat lingkaran dengan berbagai macam ukuran dan fungsinya untuk membuka dan mengencangkan mur yang melekat di ban. Ukuran yang tersedia mulai dari 6 milimeter hingga 32 milimeter dan bisa digunakan untuk semua mur yang ada di mobil.


Biasanya perlengkapan ini didapat dari pabrikan saat beli mobil baru, tetapi ukurannya tidak lengkap. Jika ingin lengkap maka bisa datang ke toko spare part untuk membeli ukuran kunci ring yang belum ada karena pasti dibutuhkan untuk membuka beberapa bagian pada mobil.


Kunci roda


Selain kunci ring, alat selanjutnya yang dipakai untuk mengganti ban yaitu kunci roda yang secara fungsi hampir sama dengan kunci ring, perbedaannya ada pada bentuknya.


Bentuk dari kunci roda berbeda dengan kunci yang lain karena berbentuk X dan pada setiap sisinya terdapat ukuran mur yang berbeda-beda. Dengan bentuk seperti itu, maka setiap orang akan mudah untuk melepas serta mengencangkan mur dengan menggunakan 2 tangan sekaligus.


Dongkrak


Alat yang satu ini tidak boleh dilupakan karena untuk mengganti ban maka harus mengangkat bagian mobil tertentu yang dekat dengan posisi ban dengan menggunakan dongkrak. Hal ini tentunya akan memudahkan penggantian ban pecah ke ban cadangan. Tanpa adanya alat ini maka proses penggantian ban menjadi sulit, makanya harus selalu dibawa di dalam mobil. Selain dongkrak, jangan lupakan alat jack stand yang akan memberikan keamanan di sisi lain saat dongkrak yang digunakan gembos.


Beberapa peralatan tersebut wajib selalu ada di dalam mobil dan tidak boleh tertinggal, jika ban sering bocor atau bahkan mobil sering mogok karena faktor usia kendaraan maka bisa mulai berpikir mencari mobil bekas. Di mana mencari mobil bekas yang sudah dijamin kualitasnya tanpa harus service lagi? jawabannya ada di lelang IBID. Sistem lelang yang sesuai aturan dan transparan membuat setiap peserta bisa secara terbuka mengajukan penawaran dan akan menjadi pemenang jika tawaran yang diajukan paling tinggi. Jika penasaran dengan sistem lelang di IBID, cari tahu semuanya dengan lengkap di situs resmi IBID.

You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.