Pentingnya Menerapkan Gaya Hidup Sehat Mulai dari Makanan



Hidup sehat adalah impian tiap banyak orang. Tidak mudah sakit apalagi jika makan makanan tertentu, karena banyak orang yang hanya makan sesuatu saja bisa langsung sakit. 

Hidup sehat bukan hanya akan membuat hidup terasa nyaman, tidak sakit, tapi juga dengan memiliki tubuh yang sehat akan lebih mudah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan efektif.

Untuk menjaga kesehatan ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan dan asupannya. Terlebih hidup di jaman yang serba mudah dan maju ini. 

Banyak orang cenderung abai dalam memperhatikan makanan yang masuk ke dalam perut. Apakah sehat, bergizi atau tidak. Orang-orang lebih suka makan makanan yang cepat saji, tapi miskin nutrisi.

Cara Jitu Menerapkan Gaya Hidup Sehat, Mudah dan Murah

Menerapkan gaya hidup sehat adalah hal yang terkadang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Semuanya akan terasa mudah jika dibarengi dengan keinginan dan ketekunan untuk selalu sehat dan terhindar dari risiko penyakit.

Berikut adalah beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Tidak harus rumit, karena yang mudah dilakukan pun bisa berdampak besar untuk kesehatan.


1. Konsumsi Makanan Sehat

Banyak yang tidak sadar jika makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa menjadi salah satu tolak ukur dalam menilai hidup sehat. Untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang selalu terjaga, pastinya dibutuhkan asupan makanan yang bergizi. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengatur jenis makanan apa saja yang dikonsumsi setiap hari.

Termasuk salah satunya adalah tidak terlalu sering makan makanan yang mengandung MSG. Makanan tanpa MSG akan membuat tubuh bukan hanya sehat, tapi juga enteng dalam melakukan banyak hal.

Jadwal makan dalam sehari pun ikut berpengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh. Waktu makan dalam sehari idealnya adalah sarapan, makan siang dan makan malam. Nah, banyak yang cuek dengan pola seperti ini. Kebanyakan adalah mengabaikan sarapan.

Pola makan dengan jumlah yang tepat dengan frekuensi yang teratur dapat membuat tubuh menjadi sehat sekaligus ideal. Sebaliknya, pola makan yang berantakan akan mengacaukan jam biologis tubuh sehingga menimbulkan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

2. Istirahat yang Cukup

Perlu diketahui bahwa istirahat yang cukup sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh. Tubuh yang kurang mendapat asupan istirahat yang cukup akan cenderung rentan terkena penyakit. Bekerja atau melakukan kesibukan memang perlu, tapi jangan sesekali mengabaikan betapa pentingnya sebuah istirahat.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Cara menerapkan gaya hidup sehat bisa pula dengan memperbanyak asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh. Cara ini bisa dikatakan paling mudah. Dengan sering meminum air putih racun dalam tubuh akan mudah keluar melalui air seni.

Tubuh pada dasarnya sangat membutuhkan unsur cairan mengingat banyak aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Minimal dalam sehari air putih yang dikonsumsi adalah 8 gelas per hari.

4. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Pola hidup sehat agar kesehatan tubuh selalu terjaga juga bisa dilakukan dengan memperbanyak makan buah dan sayur. Banyaknya kandungan vitamin dalam buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah dan sayur apapun dapat dikonsumsi, asalkan bisa memenuhi kebutuhan asupan dan nutrisi bervitamin bagi tubuh.

5. Rutin Berolahraga

Cara lain untuk menerapkan gaya hidup sehat dapat dimulai dari meluangkan waktu untuk berolahraga. Dengan berolahraga tubuh akan menjadi sehat dan bugar. Olahraga juga bisa membuat tubuh jadi ideal serta mengeluarkan racun dalam tubuh melalui keringat.

6. Biasakan Hidup Bersih

Termasuk cara hidup sehat adalah menjaga kebersihan. Kebersihan tidak hanya membuat tubuh jadi sehat, tapi juga dapat membuat suasana hati yang baik untuk memulai segala aktivitas. 

7. Meninggalkan Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum minuman alkohol harus segera ditinggalkan agar mudah dalam mendapatkan tubuh yang sehat. Kebiasaan tersebut dapat membuat organ-organ penting dalam tubuh cepat mengalami kerusakan.

8. Batasi Makan Cepat Saji, MSG dan Pengawet




Cukup mudah menemukan makanan cepat saji, makanan berpengawet dan banyak mengandung MSG saat ini. Padahal makanan semacam ini justru akan membuat tubuh cepat dan mudah terserang penyakit karena kandungan zatnya yang tidak baik.

Mengurangi MSG menjadi salah satu cara terpenting untuk menjalani pola makan yang sehat. Untuk memaksimalkan pola makan yang sehat, alangkah bijaknya jika mengurangi penggunaan MSG dengan mengonsumsi makanan tanpa kandungan MSG dan perbanyak makanan yang sehat dan bervitamin.

Salah satu makanan sehat yang bisa menunjang pola makan hidup sehat adalah dengan mengonsumsi  mie instan sehat. Contohnya adalah Mie Jiwa Pagi dari Kobe. Merupakan mie tanpa MSG, makanan sehat ini memiliki cita rasa yang sangat enak untuk mendukung pola hidup sehat.

Mie instan tanpa MSG, terbuat dari sayur, mengandung vitamin A, B2, B9, zat besi serta zinc. Tak hanya itu, mie instan sehat ini  pun kandungan lemaknya cukup rendah karena tidak melalui proses penggorengan sehingga cocok dinikmati bagi orang yang sedang diet. Jadi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dimulai dari apa yang kita makan, yuk mulai dari Jiwa Pagi.

 

You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.