Isi Galon Mudah Dipalsukan! Manfaat Air Mineral Jadi Bisa Berkurang

Isi-galon-mudah-dipalsukan


Tubuh kita 50% terdiri dari cairan. Karena cairan memang sangat penting untuk berbagai proses dalam tubuh. Jika kekurangan cairan tentu dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Setiap hari secara umum kita perlu minum setidaknya 2 liter atau setara dengan 8 gelas air. 

Saat ini banyak ibu-ibu rumah tangga seperti saya yang lebih memilih konsumsi air mineral dalam galon. Pemilihan konsumsi air galon bisa disebabkan kualitas air dari sumber di dalam rumah tangga baik dari sumur ataupun pdam yang kurang berkualitas. Kadang ada yang berbau karat, terasa agak pahit, sepet dll. Sementara kalau air minum rasanya kurang enak kita jadi malas minum air kan?

Selain itu, dengan membeli air mineral galon juga lebih praktis. Sebelum meminumnya Kita tidak perlu merebusnya terlebih dulu sehingga lebih irit gas. Sayangnya kini isi galon mudah dipalsukan sehingga otomatis isi galon palsu itu apabila dikonsumsi terus-menerus dalam jangka waktu panjang akan berakibat tidak sehat bagi tubuh yang mengkonsumsinya

Untuk mendapatkan air mineral galon juga terbilang cukup mudah dan harganya cukup terjangkau. Hal ini yang menjadikan usaha air galon semakin berkembang pesat. Namun Kita sebagai konsumen harus smart dan paham adanya  Isi galon mudah dipalsukan banyak beredar di pasaran dengan merk galon yang sudah lama terkenal di Indonesia, sehingga memperhatikan kualitas air yang dibeli pun menjadi tanda tanya?

Manfaat Air Mineral Untuk Tubuh

Dalam tubuh kita air minum digunakan untuk mengangkut bahan makanan, zat penting pembentuk sel, untuk melancarkan kerja sel serta jaringan dan organ tubuh yang lain. 

Bukan hanya itu, air juga penting untuk membuang racun dalam tubuh sehingga Kita tetap sehat. Pada bagian tubuh  yang sangat rentan seperti hidung, tenggorokan dan telinga, air minum berfungsi sebagai pelindung.

Kekurangan air minum atau dehidrasi dapat mempengaruhi kinerja fisik dan psikis. Seseorang yang baru saja melakukan olahraga bisa kehilangan cairan sampai 36%. Dampaknya adalah dehidrasi yang ditandai dengan rendahnya konsentrasi dan gangguan pada suasana hati. Selain itu, kekurangan air juga dapat menyebabkan gejala sakit kepala.

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Air Minum

Tubuh kita itu sebenarnya ada alarm yang berbunyi Ketika tubuh mulai kekurangan sesuatunya. Seperti kalau lapar berbunyi kruk-kruk. Begitu juga ketika tubuh kekurangan cairan adalah rasa haus yang berakibat rasa sakit di tenggorokan. Karena itu, jika sudah merasa haus, harus segera minum agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. 

Jumlah air minum yang harus dikonsumsi tubuh tergantung pada beberapa hal, antara lain:


1. Kegiatan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik tentu sangat berpengaruh pada kebutuhan air minum. Ketika berolahraga, kita harus memperbanyak minum karena cairan dalam tubuh banyak keluar melalui keringat dan pernapasan selama beraktivitas. 

Kebutuhan air minum pada saat berolahraga juga terbukti sangat Penting. Karena lebih cepat mengembalikan kesehatan tubuh.


2. Cuaca Lingkungan Tempat Tinggal

Berada di lingkungan tropis atau cuaca yang panas menyebabkan tubuh berkeringat dan mudah mengalami dehidrasi. 

Dengan mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup maka semua organ tubuh dapat bekerja secara maksimal. Demikian juga sebaliknya, jika kekurangan dapat menyebabkan terganggunya aktivitas dan kesehatan.


Konsumsi air mineral

Air minum sebenarnya bukan hanya penyedia cairan bagi tubuh, tetapi juga berbagai jenis mineral penting. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak orang yang lebih memilih air mineral dibanding dengan yang berasal dari sumber mata air sehari-hari.

Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi.  Saat ini banyak produsen yang memasarkan air dalam galon sekali pakai untuk menjaga kualitas isinya. Namun ada satu Hal yang harus diwaspadai mengingat banyaknya galon palsu yang beredar.

Konsumsi air mineral tidak sama dengan air biasa karena selain memenuhi kebutuhan cairan, juga gizi yang penting bagi tubuh. Kandungan zat di dalamnya tidak selalu sama dengan sumber mata air alami di sekitar tempat tinggal.

Untuk mendapatkan air mineral berkualitas, produsen mengambil dari sumber mata air tertentu yang sudah teruji secara klinik. 

Harganya memang relatif lebih mahal karena juga dibuat dengan teknologi yang modern. Air mineral dapat dengan segera mengembalikan cairan dalam tubuh dan zat yang hilang selama beraktivitas. 


Minum air dalam jumlah banyak tidak berarti sehat



Setelah mengetahui jumlah kebutuhan air minum minimal dalam satu hari, sekarang saatnya untuk selalu memenuhinya agar tubuh tetap sehat. 

Air mineral merupakan jenis minuman terbaik karena kaya akan gizi dan terhindar dari residu atau zat berbahaya. Saat ini untuk mendapatkan minuman yang benar-benar sehat tidak mudah. 

Meski minum dalam jumlah cukup, namun jika cairan tersebut mengandung zat berbahaya justru dapat mendatangkan penyakit. Sebaiknya periksa dan pastikan kebersihannya. Mengingat saat ini banyak beredar isi galon mudah dipalsukan.

Tidak sedikit penyakit yang timbul karena penumpukan zat yang berasal dari minuman kemasan. Galon sekali pakai biasa digunakan oleh produsen untuk menjamin kualitas air mineral di dalamnya.

Timbal dan residu lain sering kali tidak nampak. Jadi air minum yang kita beli Terlihat sangat jernih serta rasanya pun tidak berubah. Namun ternyata mengandung bahan yang mengganggu kesehatan, bisa juga terdapat kuman penyakit di dalamnya. Karena itu harus selektif sebelum membeli dan mengkonsumsinya. 

Apalagi sekarang banyak sekali beredar air mineral yang ternyata isi galonnya palsu? Oh iyah biar ga bingung, yang dimaksud tutup galon palsu itu adalah tutup galonnya asli, tapi bisa dengan mudah dibuka dan ditutup sehingga isinya dipertanyakan.

Untuk lebih praktis dan mendapatkan cairan yang kaya akan mineral banyak yang mengkonsumsi air kemasan berkualitas. Sayangnya, saat ini isi galon mudah dipalsukan. Jadi  meski sekilas nampak rapi dan seperti air kemasan dari produk berkualitas namun ternyata  galon palsu berisi air yang tak terjaga kebersihan serta kualitas  kesehatannya.


Tanggung Jawab Ibu Bagi Keluarga

Sebagai ibu rumah tangga yang memegang peranan penting bagi kesehatan seluruh keluarga kita. Memang puncak tanggung jawab kita lebih besar daripada suami yang mencari nafkah buat kebutuhan Kita.

Kita harus lebih teliti dengan minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak kita. Memang tugas kita untuk memastikan mereka meminum air kemasan galon asli yang mengandung mineral serta terjamin kebersihan dan kualitasnya bukan malah tertipu galon palsu.


Berikut Bahaya Meminum Air Isi Galon Palsu

1.Tidak mengandung zat yang dibutuhkan

Air minum yang sehat mengandung banyak nutrisi penting. Dalam kemasan isi ulang yang tidak berkualitas, hal ini kurang mendapat perhatian.

2. Mengandung bahan berbahaya

Bukan hanya tidak terdapat zat penting bagi tubuh, justru tidak sedikit yang mengandung bahan berbahaya. Air mineral kesegaran alami dari pegunungan yang diproses dengan benar merupakan sumber cairan terbaik bagi tubuh. 

3. Proses pembuatan tidak higienis

Dalam pembuatan air kemasan, prosesnya sangat penting. Jika tidak higienis, sumber dari air mineral kesegaran alami yang terbaik pun bisa berbahaya. salah satunya adalah dengan menggunakan bahan penjernih yang tidak sesuai anjuran kesehatan. 

Ketika membeli jangan hanya melihat merek dari kemasan. Yang perlu aku tekankan di sini adalah bukan tutup galon palsu tapi isi galonnya yang palsu karena tutup asli dari galon asli dapat dengan mudah dibuka dan ditutup kembali sehingga isinya dipertanyakan.


Bagaimana Jika Galonnya Asli, tutupnya asli tapi bisa dibuka pakai alat khusus?

Isi galon palsu belakangan menjadi isu yang sangat santer dibicarakan di berbagai sosmed. Pengusaha air kemasan yang nakal memanfaatkan tingginya kebutuhan masyarakat dengan memproduksi minuman secara asal yang justru mengganggu kesehatan. Disinilah mulai banyak beredar  galon palsu yang sangat meresahkan masyarakat.

Itu kalau kita bicara galon palsu, akan tetapi kenyataan yang terjadi saat ini di lapangan adalah tutup galonnya asli, galonnya juga asli tapi tutup galonnya bisa dibuka dengan menggunakan alat tertentu tanpa cacat. Waduh kalau begini kenyataannya semakin dibuat bingung donk, ini galonnya asli tapi isinya gimana yah?

Kalau kemarin Sempat dengar solusi dari produsen yang meminta pelanggan melihat di kode galon di web resmi, menyamakan kode di tutup galon dan di galon, kayaknya ga jadi solusi donk yah klo ternyata kasusnya adalah adanya alat yang memungkinkan untuk membuka dan menutup galon tanpa cacat dan tanpa cela. Makin bikin bingung gimana bedainnya donk!

Menurutku, solusi yang paling tepat  untuk masalah ini yakni dengan mencari produk galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan benar dan cari kemasan yang terlihat isinya secara gamblang/jelas. Hal ini dilakukan supaya yakin bahwa galon asli, tutup asli dan isinya juga asli.

Menjadi bijaksana dalam membeli adalah kewajiban sekaligus hak kita sebagai konsumen. Jangan sampai keinginan kita untuk bisa hidup sehat dengan rutin minum air mineral melalui galon malah menjadi penyakit bagi kita dan keluarga. 

Salam sehat untuk kita semua.



You Might Also Like

15 komentar

  1. Sangat disayangkan orang-orang cerdik seperti ini menggunakan pengetahuan dan keterampilannya untuk mencelakakan orang lain. Anyway, alat khusus yang dimaksud itu yang seperyi apa sih mbak? Bisa spill gambar/fotonya?

    BalasHapus
  2. Bahaya banget ya sekarang galon aja bisa dipalsukan. Kejahatan semakin punya ruang. Kita harus makin waspada dan makin cerdas untuk menelitinya

    BalasHapus
  3. Air sumur di rumah bau besi, karena tanahnya bekas sawah. Jadi kami mengandalkan air minum galon nih. Waduh, kalau dipalsukan gitu gimana ya, jahat banget. Harus cek-cek label dengan teliti nih kalau gitu. Terima kasih infonya...

    BalasHapus
  4. Pilih air galon emang kudu hati-hati ya, jangan sampai salah. Apalagi kalau keterusan. Pernah ada teman bilang, air galon masa ada serpihan makanannya. Ngeri juga tuh.

    BalasHapus
  5. Meskipun udah ada segel resmi, tetap harus hati-hati ya kak. Apalagi kalau timbul bau atau warnanya mencurigakan. Saya pernah beli air galon bermerk tapi bau, akhasil beli baru lagi yang sekiranya aman.

    BalasHapus
  6. Perkara galon palsu ini memang mengkhawatirkan kalau kita sudah berusaha untuk beli yang asli (harganya juga lumayan) eh tapi masih bisa diakali. jika ada kasus lagi, sebaiknya langsung diberi sanksi tegas agar tidak ada lagi kasus galon palsu

    BalasHapus
  7. Harus hati hati selektif ya ibu ibu mah cairan tubuh kalo di palsuka otomatis bahaya besar buat tubuh yang susunan tubuhnya paling banyak di cairan juga ya

    BalasHapus
  8. Pemalsuan isi galon oleh penjual sangat tidak etis sekali. Mendapatkan keuntungan dengan cara yang membahayakan orang lain. SEbaiknya tidak dilakukan. Kita sebagai pelanggan harus smart. Tks atas infonya.

    BalasHapus
  9. udah mah sekarang ini kualitas air juga berkurang, eh malah isi galon pun banyak yg memalsukan yaa. sedih euy, kita kudu makin teliti nih..

    BalasHapus
  10. Waduh, sangat berbahaya ya nih jadi kita harus teliti dalam membeli air mineral ..agar aman saat diminum

    BalasHapus
  11. Plus belinya di agen2 yang terpercaya ya mba ato kalo aku biasanya di minimarket aja hehe

    BalasHapus
  12. Biasanya yang dipalsukan yang isi ulang ya, kalau yang bukan dan beli dari produsen terpercaya mungkin kecil kemungkinannya. Tapi ya boncos juga sih kalau beli langsung bukan yang isi ulang. Yang terpenting tetap bijak dan hati-hati saja membelinya.

    BalasHapus
  13. Meresahkan banget sih kalau isi galon dipalsukan. Kita yang selama ini pakai galon jadi sulit percaya. Semoga nggak ada lagi pemalsuan isi galon demi keuntungan yang instan deh.

    BalasHapus
  14. Nah iya kok hampir sama dengan kejadian di tempat perumahan saya ya mbak. Jadi ada pengguna air galon yg merasa isi galonnya palsu terus menghimbau tetangga lain untuk berhati-hati emang harus waspada ya

    BalasHapus
  15. Serem ya mbak kalau air saja dipalsukan. Padahal ini kebutuhan utama tubuh. Memang harus teliti dan hati hati memilih air kemasan ya

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.