Investasi Reksa Dana Syariah



Kenali Investasi Reksa Dana Syariah, Jenis dan Karakteristiknya

Melakukan investasi sebagai tabungan masa depan, kini mulai banyak dilakukan oleh anak muda milenial saat ini. Jenis investasi yang jadi pilihan pun beragam, salah satunya adalah investasi reksa dana syariah.

Reksadana syariah adalah salah satu produk investasi yang menerapkan prinsip hukum Islam di pasar modal. Investasi ini merupakan jenis yang cocok bagi pemula, utamanya bagi mereka yang menginginkan produk keuangan yang memiliki prinsip syariah. Sebab di dalamnya telah ada konsep halal dan aman.

Jenis Investasi Reksadana Syariah dan Perbedaan dengan Reksadana Konvensional

Investasi reksadana syariah adalah salah satu jenis investasi yang dananya berasal dari masyarakat yang kemudian di investasikan dalam bentuk surat berharga seperti obligasi atau saham yang ketentuannya sesuai dengan prinsip syariah Islam.

Selama ini orang-orang hanya mengenal reksadana syariah, sebab reksadana syariah memang baru-baru ini dikenalkan kepada masyarakat luas, karena banyak yang menginginkan investasi yang berprinsip Islam.

Keduanya memiliki perbedaan diantaranya adalah;

1. Pengelolaan

Dari pengelolaannya, jelas keduanya berbeda. Jika reksadana syariah pengelolaannya harus sesuai dengan prinsip Islam, maka yang konvensional tidak demikian. Biasanya pengelolaanya mengacu pada peraturan perbankan konvensional.

2.Pengawasan

Dari segi pengawasan, investasi reksadana syariah memiliki dewan pengawas sendiri yakni Dewan Pengawas Syariah(DPS) dalam pengelolaan dananya. Sedangkan untuk reksadana konvensional tidak ada dewan pengawas khusus.

3.Perjanjian

Untuk perjanjiannya sendiri pun reksadana syariah memakai perjanjian khusus karena konsepnya adalah syariah Islam. 

Akad perjanjiannya menggunakan akad syariah yang disebut dengan akad wakalah dan akad mudharabah. Sedangkan akad perjanjian reksadana konvensional tetap menggunakan akad konvensional layaknya perbankan pada umumnya.

4.Pembersihan Kekayaan

Dalam reksadana syariah terdapat sistem pembersihan kekayaan yang bertujuan untuk menjaga kehalalan dana yang terkumpul. Sedangkan dalam reksadana syariah tidak dikenal sistem semacam ini. 

Berkonsep menggunakan prinsip hukum Islam, invstasi reksadana syariah memiliki beberapa jenis yang dapat dipilih oleh setiap nasabahnya sesuai dengan kemampuan diantaranya adalah;

● Reksadana syariah pendapatan tetap

● Reksadana syariah pasar uang

● Reksadana syariah saham

● Reksadana syariah campuran

● Reksadana syariah terproteksi

● Reksadana syariah indeks

● Reksadana syariah berbasis sukuk

●Reksadana syariah berbentuk KIK penyertaan terbatas

Sebagai jenis investasi yang menggunakan hukum Islam, reksadana syariah kini pun mulai banyak diminati oleh investor yang ingin dananya terjaga kehalalannya. Tidak hanya dari segi kehalalan dan keamanan, reksadana syariah pun memberikan berbagai macam keuntungan bagi para investor seperti di bawah ini;

● Pengelolaan yang Profesional

Sebagai investasi yang mengedepankan prinsip hukum Islam, jelas jika investasi satu ini memiliki pengelolaan yang profesional. Mulai dari pengumpulan dana hingga pembersihannya semuanya dilakukan secara profesional dan tidak lepas dari hukum Islam.

● Memiliki Transparansi Informasi

Berbekal pengelolaan profesional tersebut, investasi reksadana syariah pun akan memberikan informasi yang transparan kepada para nasabahnya. Dengan informasi yang transparan tersebut diharapkan tidak ada miss comunication dengan para investor.

●Pengawasan Oleh Dewan Pengawas Syariah

Keuntungan lain yang akan diperoleh oleh para investor adalah dana yang terkumpul hingga pengelolaannya akan diawasi secara khusus oleh dewan pengawas syariah sehingga tata cara hingga kehalalan proses dan dananya akan tetap terjaga.

Investasi jenis apapun tentu semuanya memiliki plus minus tersendiri. Demkian pula dengan investasi reksadana syariah. Bagi kamu yang ingin berinvestasi secara aman, bisa memilih reksadana syariah ini dan reksadana Manulife bisa jadi pilihan tepat. Terdapat banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan saat membuka investasi di sini. Nah, untuk informasi paling lengkap, kunjungi website reksadana Manulife untuk tahu lebih lanjut.


Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.