Berdonasi untuk Peningkatan Pendidikan Generasi Muda di Platform Galang Dana Online

 


Masa depan bangsa ada di tangan generasi muda. Seperti itulah kiranya jargon yang sering kita dengar. Tentu, hal ini benar adanya. Sebab di masa depan, generasi muda sekarang, akan mengendalikan kehidupan. 

Entah itu kehidupan di dalam negara maupun kehidupan bernegara dalam tatanan dunia. Sebaliknya, kita yang produktif sekarang, di masa depan akan menjadi tua. Dan lalu mati.

Bertitik tolak dari hal tersebut, timbul satu pertanyaan logis. Apa jadinya jika generasi muda sekarang banyak yang putus sekolah? Sudah pasti, kehidupan di masa depan tidak akan lebih baik dari kehidupan sekarang. 

Jika keadaannya berlangsung terus menerus, boleh jadi, negara kita akan ‘tenggelam’ di antara negara-negara adidaya bahkan di antara negara-negara tetangga. Bukan tidak mungkin, anak cucu cicit kita di masa depan menjadi generasi yang bodoh, miskin, dan dikuasai bangsa lain.

Pendidikan Anak Indonesia Sekarang

Untungnya masa itu belum terjadi. Kita masih bisa mengubah itu semua menjadi seperti yang kita mau. Caranya yakni dengan menyekolahkan anak-anak kita setinggi-tingginya. Ya, membekali generasi penerus dengan pendidikan dan ilmu yang tinggi.

Namun menciptakan masa depan yang lebih baik tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada yang tak seberuntung anak-anak kita. Jangankan bersekolah yang tinggi, bersekolah di sekolah negeri yang bahkan gratis saja mereka tak bisa. Sebab mereka harus membantu orang tuanya mencari nafkah.

Iya sih, masa depan anak-anak kita mungkin gemilang, karena mereka sekolah tinggi. Namun untuk bisa menciptakan kehidupan yang harmonis dan kondusif, tidak hanya anak-anak kita saja yang harus berpendidikan tinggi. Semua anak Indonesia harus berpendidikan tinggi. 

Yuk Lebih Peduli dengan Pendidikan Anak Indonesia

Nah ini yang harus kita semua lakukan. Untuk kehidupan bangsa yang lebih baik, untuk kehidupan anak cucu cicit kita yang harmonis, kita juga harus peduli dengan pendidikan anak-anak lain secara umum. Caranya jelas, yaitu dengan berdonasi pada aksi atau program donasi pendidikan.

Menyalurkan donasi pada platform galang dana yang tepat bisa kita lakukan. Sebab program mereka ada banyak jenisnya. Termasuk donasi pendidikan. Menyalurkan donasi ke sana pastinya akan bisa membawa perubahan pada tingkat pendidikan anak Indonesia.

Akan tetapi kita harus jeli, tak semua platform galang dana amanah dengan donasi yang diberikan para donatur. Hanya platform galang dana yang aman dan terpercayalah yang harus kita pilih.

Seperti apa platform galang dana yang aman dan terpercaya? Karakteristik berikut mungkin bisa teman-teman jadikan sebagai patokan.

1. Identitas platformnya jelas

Platform galang dana yang bisa dipercaya sudah pasti punya identitas yang jelas. Mereka punya nama yang jelas, alamat kantor yang jelas (sekalipun platformnya online), program yang jelas, visi misi yang jelas, hingga pengurus yang jelas. Hal ini membuat kita bisa menghubungi mereka secara langsung, tak hanya sebatas online.

Sebaliknya, yang tidak terpercaya biasanya malah menyembunyikan identitas asli mereka. Mereka tak segan-segan untuk memalsukan identitas mereka. 

2. Track record-nya jelas dan bagus

Platform galang dana yang bisa dipercaya punya track record yang jelas dan bagus. Sebab di setiap program dan aksinya mereka bersungguh-sungguh untuk bisa menyukseskannya. Jika dicari, kita pasti tidak akan menemukan satu pun kasus yang sifatnya negatif atas mereka. Pun demikian juga sebaliknya. 

Jika menemukan platform galang dana yang punya track record yang jelek, apalagi kasus negatifnya banyak, akan lebih baik jika kita menghindari berdonasi ke sana. Karena sudah pasti tujuan kita tidak bisa tercapai.

3.Segala sesuatunya bersifat transparan

Platform galang dana yang bisa dipercaya pasti akan sangat berhati-hati dalam menggunakan dana hasil penggalangan. Jadinya mereka akan transparan dalam hal apa pun. 

Baik itu penerimaan donasinya hingga penyalurannya semua bisa dilihat secara transparan. Jangankan para donaturnya, masyarakat umum bahkan bisa melihat laporan pertanggung jawabannya yang transparan itu.

4. Donatur terakomodasi dengan baik

Pernahkah teman-teman ingin berdonasi dalam bentuk e-wallet? Atau mungkin berdonasi dalam bentuk aset kripto? Nah platform galang dana yang baik pastinya akan bisa mengakomodasi hal tersebut. Mereka tak akan memberatkan dan menyusahkan donaturnya. Jadinya, apa pun yang bisa diberikan donaturnya, mereka akan menerimanya.

5. Tidak ada unsur paksaan

Sekarang ini ada banyak sekali lembaga atau platform galang dana. Sebagian dari mereka ada yang mengajak kita secara halus untuk berdonasi, dan ada yang sebaliknya. Platform galang dana yang bisa dipercaya tidaklah memaksa. 

Mereka mengetuk hati kita dengan cara yang lembut yang membuat kita merasa terpanggil. Tak hanya ajakannya saja, dalam hal nominal donasinya pun mereka tidak ada unsur pemaksaan. Mereka memberi pilihan kepada kita untuk berdonasi dalam nominal berapa pun. Baik itu kecil atau pun besar.

6. Dikonfirmasi dengan jelas

Dalam berdonasi kita pastinya ingin harta yang kita donasikan jelas diterima dan disalurkannya. Nah platform galang dana yang terpercaya bisa memenuhi harapan kita tersebut. Mereka akan mengonfirmasi dengan baik mengenai donasi yang sudah kita berikan. Bentuknya bisa berupa notifikasi via sms, via chat WhatsApp, via email, atau via media lainnya.

Untuk teman yang ingin berdonasi untuk peningkatan pendidikan anak Indonesia, tetapi tidak mau repot dalam mencari platform galang dana yang sudah terjamin aman dan terpercaya, bisa langsung ke Ayobantu.com. Sudah terbukti, semua kriteria yang menjadi ciri platform galang dana yang bisa dipercaya, dimiliki Ayobantu.

Sebagai sebuah platform donasi online di Indonesia yang aman dan terpercaya, informasi mengenai penerimaan dan penyaluran dana dilaporkan secara real time dan transparan. 

Setiap donatur Ayobantu pun akan mendapatkan notifikasi setelah berdonasi secara langsung melalui Whatsapp, serta dapat mengakses laporan dana yang terkumpul di laman website resmi www.ayobantu.com Mari tingkatkan kualitas pendidikan yang merata di Indonesia dengan berdonasi!


 




Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.