5 Cara Mencukur Bulu Ketiak tanpa Iritasi dan Noda Hitam



Cukur bulu ketiak menjadi salah satu rutinitas penting bagi perempuan. Sayangnya aktivitas ini bisa meninggalkan noda hitam di ketiak atau bahkan iritasi yang membuat kulit terasa perih. Sebenarnya masalah ini bisa dihindari jika Anda berhati-hati dan tahu cara mencukur bulu ketiak yang benar.

Mencukur Bulu Ketiak dengan Aman

Biasanya pencukuran bulu ketiak ini dilakukan untuk alasan kecantikan. Terutama bagi kaum perempuan yang gemar memakai baju tanpa lengan. 

Ada juga yang memilih untuk mencukur bulu di area ketiak karena merasa kurang nyaman. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan supaya pencukuran bulu ketiak tidak meninggalkan bekas hitam maupun iritasi:

1.  Basuh Pakai Air Hangat

Langkah pertama, coba basuh dulu area ketiak dengan menggunakan air hangat. Basuhlah ketiak Anda selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. 

Langkah ini dilakukan untuk membuat kulit ketiak jadi lebih lembap. Selain itu ini juga membantu bulu ketiak jadi basah sehingga akan lebih mudah dicukur. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan scrubing terlebih dahulu sebelum mulai mencukur.

2. Gunakan Alat Cukur yang Bersih

Siapkan alat cukur yang bersih karena ini akan sangat berpengaruh pada hasil pencukuran bulu ketiak. Jangan memakai alat cukur bekas pakai apalagi yang kondisinya sangat kotor. Lebih aman jika Anda menggunakan alat cukur baru yang belum pernah dipakai.

Namun banyak orang memilih alat cukur yang bisa dipakai berulang kali. Tidak masalah selama pisau pencukurnya diganti setiap kali Anda akan melakukan pencukuran. Ini dilakukan demi menjaga kebersihan dan menghindari iritasi. Ingat, bakteri yang menempel pada alat cukur bisa dengan mudah masuk ke pori-pori kulit ketiak dan menimbulkan iritasi.

3.  Aplikasikan Krim Cukur

Cobalah untuk menggunakan krim cukur saat mencukur area ketiak. Krim cukur akan membantu melembapkan kulit ketiak dan mempermudah alat cukur untuk memotong bulu yang ada di sana. Biasanya iritasi disebabkan oleh tarikan ketika alat cukur memotong bulu ketiak. Jika kamu memakai krim cukur maka kulit bisa lebih lembap dan tarikan dari alat cukur akan lebih ringan.

Lalu bagaimana jika tidak ada krim cukur? Kamu bisa menggunakan sabun atau sampo bayi sebagai gantinya. Keduanya sama-sama bisa memberi kelembapan dan membuat bulu ketiak lebih mudah untuk dicukur.

4. Cukur dengan Hati-Hati

Pastikan untuk mencukur area kulit ketiak dengan hati-hati. Gerakan mencukur yang terlalu kasar bisa membuat kulit ketiak mengalami iritasi. Pelan-pelan saja dan pastikan semua bulu tercabut sampai bersih. Jika terasa mulai kering, Anda bisa menambahkan krim cukur. Jangan menggesekkan alat cukur terlalu kencang dengan tekanan kuat karena bisa menimbulkan luka.

5.  Gunakan Pelembap Terlebih Dahulu

Setelah selesai mencukur, oleskan pelembap di bagian kulit ketiak. Ini bisa membantu melembapkan kulit ketiak sehingga terhindar dari iritasi dan noda hitam. Pilih jenis pelembap yang tepat dan pastikan cocok dengan tipe kulit Anda. Bagian ketiak memang sangat sensitif jadi lebih baik dirawat dengan hati-hati memakai produk yang tepat.

Supaya bisa terhindar dari noda hitam, coba gunakan produk pelembap yang bisa memutihkan atau mencerahkan. Tujuannya agar kulit ketiak yang sudah selesai dicukur bisa bersih dan tidak gelap. Tapi ingat, tetap pilih produk yang aman dan sudah BPOM.

Coba terapkan cara mencukur bulu ketiak ini di rumah. Kebiasaan ini bisa memberi banyak manfaat. Tidak hanya demi alasan penampilan tapi juga demi menghindari bau badan. Jangan lupa gunakan produk deodoran yang tepat setiap kali akan beraktivitas.

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.