Jaga Kelestarian Laut Indonesia Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’

 


Hal kecil apa sih yang sudah Sobat lakukan untuk mencintai serta menjaga kelestarian bumi tercinta ini? Kalau saya beberapa tahun terakhir sudah 95% Mengurangi penggunaan plastik. Baik itu plastik belanja, sedotan minum, maupun botol minuman kemasan. 

Saya juga mewanti-wanti pada keluarga besar Saya untuk mulai mengurangi penggunaan plastik. Nggak apa-apa dibilang ibu-ibu yang cerewet, Karena hal ini apabila tidak dibiasakan entah kapan akan disiplin memulainya.

Sementara kondisi bumi semakin lama akan semakin rusak. Sampah yang menggunung setiap harinya tak hanya menggotori bumi tercinta kita namun juga lautan. Yang membuat semua mahkluk hidup di lautan Menjadi tercemari.

Pernah suatu hari saya mengajak keluarga kecil saya pergi ke tempat pembuangan sampah akhir. (kaya nggak ada kerjaan kan berwisata ke tempat sampah) namun menurut saya untuk mengedukasi anak-anak memang harus memberi lihat kenyataan real di depan mata, tidak hanya sekedar video ataupun foto di sosial media.

Dan hal ini ternyata sangat efektif lho. Anak-anak jadi lebih tahu makna menghargai, memilah ataupun membuang sampah. Mereka sekarang nggak asal memakai kantong plastik setelah mengetahui fakta plastik susah diurai. kebayang dong ya kalau kita hidup berdampingan dengan sampah setiap hari.


Pengelolaan Sampah Keluarga


Sebelum bicara ke lingkup luar yang lebih luas. Permasalahan klasik dari setiap keluarga setiap hari adalah sampah plastik yang memang masih menjadi salah peer besar yang dihadapi oleh seluruh rakyat Indonesia. karena nggak semua orang itu melek dengan bagaimana cara mengurangi sampah, mereka tidak sadar bahwa sampah itu akan merusak ekosistem bagi anak cucu mereka kelak. 

Untuk mengatasinya, ada beberapa permasalahan yang perlu jadi perhatian mulai dari jumlah sampah yang besar, pengelolaan sampah yang kurang bertanggung jawab, dan perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan sehingga mencemari lingkungan, terutama lingkungan laut Indonesia. 

Fakta Data BPS dan NPAD

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 disebutkan bahwa limbah plastik di negara Indonesia  pada tahun 2021 itu sudah mencapai 66 juta ton per tahun. yang mana diperkirakan sebanyak 3,2 juta ton tersebut merupakan sampah plastik yang terbuang ke laut. 

Selain dari data badan pusat statistik (BPS) ada juga Data National Plastic Action Partnership (NPAP) juga menunjukkan bahwa ada 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tidak berhasil diolah dengan cara yang lebih baik. Yakni sebanyak 48% di antaranya bahkan hanya dibuang ke alam terbuka dan sementara 9% dari sampah plastik berakhir di laut. Kebayang kan gimana kacaunya pengelolaan Sampah di bumi Indonesia ini?


Program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ 


Melihat data-data yang sangat memprihatinkan itu Blackmores tergerak untuk ikut berkontribusi dengan membawa dampak baik yang nyata dalam membantu mengurangi jumlah sampah botol plastik yang dapat mengotori laut demi mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Program blackmores peduli tukar botol ini berlangsung sejak 1 September hingga 30 November 2022 ini lho sobat, yang mana program ini merupakan salah satu bentuk wujud komitmen kepedulian Blackmores Indonesia terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut. 

Jujur saya sangat mengapresiasinya. Karena melalui program Blackmores peduli tukar botol ini juga, Kita sebagai masyarakat Indonesia diajak untuk ikut bertanggung jawab atas sampah plastik dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya sampah botol plastik bekas vitamin dari merek apapun agar bisa dikelola atau didaur ulang dengan baik sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut. 

Salah satu terobosan yang patut diapresiasi bukan? Mengingat sampah botol obat-obatan ini termasuk yang sulit dihindari. Kita bisa saja tidak lagi menggunakan kantong plastik diganti kantong lain reusable, sedotan plastik dengan sedotan kaca. Namun botol-botol Bekas obat maupun vitamin ini jelas tidak bisa kita hindari bukan?


PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”)


Bapak Astrid Prasetyo selalu Head of Marketing dari Kalbe Blackmores Nutrition mengatakan bahwa “Secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan. 

Sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. 

Hal inilah yang mendasari Kalbe Blackmores Nutrition untuk terus mendukung segala upaya dalam hal menurunkan sampah plastik di laut dengan kembali menghadirkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’.

Program ini sendiri merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan Blackmores Indonesia untuk mendukung pemerintah dan mengajak masyarakat Indonesia peduli menjaga kebersihan lingkungan laut, karena menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan.”

PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”) melalui produk unggulannya Blackmores Odourless Fish Oil kembali meluncurkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. 

KALBE Blackmores Nutrition (KBN) saat ini hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan produk suplemen premium di Indonesia. 

KBN berkomitmen dalam menyediakan produk kesehatan berbahan dasar alami serta layanan yang berkualitas tinggi dan menyediakan suplemen kesehatan  yang aman dan efektif. Ditunjang oleh distribusi yang kuat. Lagipula melengkapi layanan konsumen yang terpadu seperti customer care dan home delivery, untuk membantu kesehatan sehari-hari Anda dan keluarga.


Mekanisme penukaran botol plastik dalam program Blackmores Peduli 


Mekanisme penukaran botol plastik dalam program Blackmores Peduli ini sebenarnya sangatlah mudah. Kita selalu konsumen yang memiliki botol plastik bekas vitamin merek apapun dapat mengumpulkan dan membawanya ke apotek independent yang tersedia dropbox Blackmores dan juga Blackmores Pop Up Store yang berada di beberapa titik mall di Indonesia. 




Kerennya lagi dari program Blackmores peduli tukar botol ini pihak Blackmores sendiri juga menyiapkan bentuk apresiasi bagi seluruh masyarakat ini untuk setiap keikutsertaannya pada kegiatan ini, dimana setiap botol plastik dapat ditukarkan dengan voucher belanja. 

Selain itu, untuk membantu proses pendauran ulang botol plastik yang telah terkumpul, Blackmores juga menggandeng organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik eRecycle.

Masalah sampah ini tentu akan menjadi masalah yang besar jika terus dibiarkan, hal ini tentu saja akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup umat manusia di bumi dan mengakibatkan kerusakan pada lingkungan apabila secepatnya tidak ditemui akar Permasalahannya.

Menurut Tasya Kamila selalu Pemerhati Lingkungan, mengatakan, bahwa “Sampah plastik telah menjadi permasalahan yang harus dituntaskan bersama, karena lingkungan yang bersih tanpa sampah plastik merupakan keinginan semua makhluk hidup. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. 







18 komentar

  1. Aku apresiasi banget perusahaan-perusahaan yang concern terhadap lingkungan kayak Blackmores ini. Di beberapa kota, sudah banyak mesin yang mana kalau orang masukin botol plastik diupah jadi koin atau poin. Di luar negeri (terutama negara maju) lebih banyak lagi. Semoga ke depan makin banyak perusahaan yang bikin program kayak Blackmores ini, amiin.

    BalasHapus
  2. Program yg diadakan oleh Blackmores keren ya mbak. Dimana Blackmores mengajak masyarakat untuk turut melindungi laut. Ditambah apresiasi keikutsertaan berupa voucher belanja, pasti org tertarik dong. Keren ih.

    BalasHapus
  3. Mantooool untuk program Blackmores ini, Mbak. Ikut menjaga bumi dengam cara program tukar botol dengan voucher, asyiiiiiiik!

    Daripada botol terbuang percuma, lebih baik dimanfaatkan kembali dengan cara ikutan program Blackmores donk. Jaga bumi iya, dapat voucher iya juga

    BalasHapus
  4. Bener banget. Sebuah program besar tuh bermulai dari lingkungan kecil terlebih dahulu. Dan itu adalah keluarga. Memulai dengan pengurangan penggunaan materi plastik adalah hal kecil yang bisa kita jalankan. Sedikit demi sedikit toh akhirnya jadi pembiasaan juga.

    Saya kebetulan pengguna aktif produk-produk Blackmores. Botol-botol yang kosong sepertinya sudah mulai banyak juga. Kapan-kapan ah mampir ke stand nya Blackmores untuk nyumbang botol kosongnya.

    BalasHapus
  5. Dengan adanya kepedulian dari Blackmores mengenai sampah plastik diharapkan menggerakkan banyak pihak untuk ikut berpartisipasi memberikan kontribusi yang sama yakni bertanggungjawab atas sampah yang dihasilkan.
    Senang sekali kalau Blackmores memberikan apresiasi, jadi semakin semangat sehat bersama Blackmores dan jaga lingkungan laut dengan program "Tukar Botol".

    BalasHapus
  6. hepi banget bacanya, Blackmores gak hanya menyiapkan suplemen agar anak bangsa cerdas
    Juga mengajak masyarakat agar planet bumi terjamin keberlanjutannya

    BalasHapus
  7. Lumayan juga nih dapat voucer belanja. Mpo cuma satu botol vitamin. Mau di masukin ah.

    BalasHapus
  8. Blackmores tidak hanya menjaga imun tubuh yang mengonsumsinya, tapi juga peduli dengan laut yang menjadi habitat komponen utama produknya. Semoga gerakan tukar botol ini juga ditiru oleh brand lain.

    BalasHapus
  9. Program Blackmores ini menginspirasi sekaligus jadi pengingat biar kita dapat meminimalisir sampah botol plastik, dan sadar buat menjaga lingkungan

    BalasHapus
  10. keren nih blackmores, sangat peduli pada lingkungan kita. semoga semakin banyak yang mengikuti jejak ini sehingga sampah-sampah plastik bisa ditekan jumlahnya

    BalasHapus
  11. Wah, Blackmores ini salah satu suplemen yang saya minum selama hamil dan menyusui mom.
    Karena memang jenis suplemen nya sangat lengkap dan dapat membantu saya memenuhi kucukupan gizi saat hamil dan menyusui.
    Sekarnag Blackmores tambah keren aja sih

    BalasHapus
  12. Bagus program dari Blackmores ini
    Paling tidak dengan program ini upaya penanganan sampah plastik bisa lebih terarah lagi. Semoga semakin banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan yang sama. Karena penanganan limbah plastik adalah PR bersama

    BalasHapus
  13. Saya pun sudah mulai pelan-pelan mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari mbak. Sebuah langkah kecil untuk turut serta menjaga kelestarian alam.

    Wah program blackmores tukar botol ini ternyata untuk sampah botol plastik bekas vitamin dari merek apapun ya, kirain cuma botol bekas blackmores aja.

    BalasHapus
  14. waahh semakin banyak ya program tukar kemasan ini menjadi voucher atau imbalan yg juga menarik hati pelanggan. semoga semakin banyak perusahaan yg tergerak sehingga semakin terjaga juga bumi kita.

    BalasHapus
  15. Asyik ih programnya ini. Solusi untuk menjaga kelestarian laut, pastinya bikin customer juga senang bisa dapat voucher. Semoga progam-program baik seperti ini bisa berkelanjutan, dan dicontoh oleh perusahaan lainnya.

    BalasHapus
  16. Asyik ih programnya ini. Solusi untuk menjaga kelestarian laut, pastinya bikin customer juga senang bisa dapat voucher. Semoga progam-program baik seperti ini bisa berkelanjutan, dan dicontoh oleh perusahaan lainnya.

    BalasHapus
  17. Salut dengan program tukar botol dari Blackmores ini ya kak
    Ini jadi bentuk kepedulian terhadap lingkungan
    Ikut berpartisipasi menjaga laut

    BalasHapus
  18. Setuju..karena emang sampah plastik susah diuraikan...dan tempat saya juga ada program kampung ramah lingkungan yg mencoba mengelola sampah dengan bijak..

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.